Pendaftaran ISI Padangpanjang 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.isi-padangpanjang.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISI Padangpanjang Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISI Padang Panjang, Pendaftaran SMPT, SNBP, SNBT, SMMPTN Barat, Bidikmisi, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah Sarjana dan Pascasarjana di ISI Padangpanjang, Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Padangpanjang, Pendaftaran Online ISI Padangpanjang.  2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran ISI Padangpanjang 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di kampus ISI Padangpanjang. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Institut Seni Indonesia Padangpanjang atau yang dikenal pula dengan sebutan ISI Padangpanjang adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang seni.

Lokasi kampus ISI Padangpanjang yaitu di Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang 27128 Sumatera Barat - Indonesia.

Sejarah kelahiran ISI Padangpanjang didahului dengan berdirinya Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padangpanjang (1965). Kemudian ASKI Padangpanjang resmi berubah status menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Padangpanjang 15 Juni 1999. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya 1 Januari 2010 STSI berubah menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) dan peresmiannya dilakukan pada 17 Juli 2010 oleh diresmikan oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Prof. Dr. Fasli Jalal, P.hd.

Untuk kalian yang ingin menjadi seorang yang ahli dan profesional di bidang seni, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah memilih tempat kuliah. Salah satu tempat kuliah yang tepat yaitu kampus yang sedang kita bahas ini yaitu ISI Padangpanjng.

Di kampus ini, kalain bisa menuntut ilmu semaksimal mungkin untuk menunjang kesuksesan di masa depan. Fasilitas pendidikan yang lengkap sangat menunjang keberhasilan dalam belajar. Fasilitas-fasilitas tersebut yaitu :
  • Gedung perpustakaan dengan koleksi buku-buku yang memadai dan terbaru
  • Gedung Pertunjukan Hoeridjah Adam dan Bostanul Arifin Adam yang dapat digunakan sebagai pertunjukan dan pameran karya seni mahasiswa dan dosen
  • Ruang perkuliahan yang dilengkapi dengan peralatan penunjang pembelajaran seperti LCD, peralatan audio visual, dan lain-lain
  • Televisi Kampus
  • Studio Rekaman, Studio / Bengkel Seni Kriya
  • Peralatan penunjang pendidikan
  • Cafetaria, Masjid, Galery, Gedung UKM
  • dan lain-lain

Sedangkan Fakultas dan Progam Studi yang ada di ISI Padangpanjang yaitu :

1. Fakultas Seni Pertunjukan
  • Prodi Seni Karawitan, Prodi Seni Musik, Prodi Seni Tari, Prodi Seni Teater
2. Fakultas Seni Rupa & Desain
  • Prodi Seni Kriya, Prodi Televisi & Film, Prodi Seni Murni, Prodi Fotografi, Prodi Desain Komunikasi Visual
3. Program Pascasarjana
  • Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Seni

Banyaknya pilihan program studi yang ada di ISI Padangpanjang memudahkan calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi. Memilih program studi harus disesuaikan dengan kemampuan diri, minat, bakat, ataupun potensi diri lainnya. Dengan begitu, maka nantinya kalian dapat menjalani proses perkuliahan pada program studi tersebut dengan nyaman.

Nah, bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa ISI Padangpanjang, maka dapat mengikuti salah satu dari beberapa jalur seleksi yang dibuka oleh ISI Padangpanjang. Ikuti satu jalur yang diprediksikan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusanmu.

Jalur seleksi yang dibuka oleh ISI Padangpanjang terdiri dari jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur seleksi nasional terdiri dari SNBP, SNBT dan SMMPTN Barat. Sedangkan jalur mandirinya yaitu SMPT. Selain itu, dibuka pula penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana.

Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai jalur-jalur seleksi tersebut, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Penerimaan Karyasiswa Baru Program Sarjana (S1)

I. Jalur Seleksi Nasional

Jalur seleksi nasional yang diikuti oleh ISI Padangpanjang yaitu SNBP, SNBT dan SMM-PTN Barat. Berikut penjelasannya.

A. Pendaftaran ISI Padangpanjang Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional masuk ke PTN, salah satunya yaitu ISI Padangpanjang. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi dilakukan tanpa tes tertulis, namun didasarkan pada penelusuran nilai rapor dan portofolio akademik siswa berprestasi tersebut. 

Rekomendasi dari kepala sekolah menjadi langkah awal dari proses pendaftaran SNBP ini. Calon peserta yang telah direkomendaskam dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran ISI Padangpanjang Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke PTN, salah satunya yaitu ISI Padangpanjang

Jalur ini dapat diikuti oleh siswa lulusan SLTA sederajat yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir termasuk tahun ini.

Tanpa melalui pihak sekolah, pendaftaran SNBT dilakukan sendiri secara langsung oleh calon peserta  untuk mengisi formulir pendaftaran online di laman resminya.

Penjelasan lebih lanjut mengenai SNBT seperti persyaratan pendaftaran, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran ISI Padangpanjang Jalur SMMPTN Barat

ISI Padangpanjang juga tergabung dalam jalur SMMPTN Barat. Jalur SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi mandiri yang dilakukan bersama oleh PTN-PTN yang ada di wilayah barat Indonesia.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.smmptn.ac.id . Lengkapi pendaftaran di alamat tersebut hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lengkap mengenai SMMPTN Barat dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SMMPTN Barat

D. Pendaftaran KIP Kuliah ISI Padangpanjang

Bidikmisi merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berpotensi akademik.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online dengan mengakses alamat web resmi : alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

II. Jalur Seleksi Mandiri

Jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh ISI Padangpanjang dikenal dengan nama SMPT. SMPT atau Seleksi Masuk Perguruan Tinggi ISI Padangpanjang merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan memperhatikan nilai kesenian dan prestasi siswa SMA / SMK / MA tanpa melalui tes tertulis.

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Siswa SMA / SMK / MA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk didalamnya lulusan tahun ini
  2. Fotokopi Rapor semester 4 dan 5 bagi lulusan tahun ini, dan Fotokopi Ijazah yang dilegalisir bagi lulusan sebelumnya
  3. Sertifikat Penghargaan di bidang seni
  4. Pasfoto berwarna
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dari Kelurahan atau Slip Gaji bagi orang tua yang bekerja sebagai PNS atau pegawai BUMN
  7. Surat rekomendasi dari kepala sekolah untuk mengikuti jalur SNBP ISI Padangpanjang.
  8. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) ke Bank Nagari nomor rekening 0900.0101.00193-9 a.n BPN011 ISI Padangpanjang
  9. Pendaftaran dapat dilakukan secara online pada laman: https://www.spmb.isi-padangpanjang.ac.id/ dengan mengupload semua persyaratan atau datang langsung ke kampus ISI Padangpanjang jalan Bahder Johan Kel. Guguk Malintang.

B. Cara Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan secara online atau secara langsung. Pendaftaran online pada laman: www.smpt.isi-padangpanjang.ac.id dengan mengupload semua persyaratan hingga mencetak kartu peserta. Sedangkan datang langsung dilakukan di kampus ISI Padangpanjang yang beralamatkan di Jl. Bahder Johan Kel. Guguk Malintang.

C. Jadwal 

Pendaftaran biasanya dimulai dari bulan Februari hingga Mei. Jadwal lengkap silahkan lihat di web resmi.

III. Biaya Pendidikan

Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 39 tahun 2016 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal, maka biaya yang wajib dibayarkan bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus adalah:
  • Kelompok I : Rp. 0- Rp. 500.000
  • Kelompok II : Rp. 501.000 – Rp. 1.000.000
  • Kelompok III : Rp. 1.001.000 – Rp. 2.000.000
  • Kelompok IV : Rp. 2.001.000 – Rp. 3.000.000

IV. Beasiswa

Beasiswa yang disediakan oleh ISI Padangpanjang yaitu :
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • KIP Kuliah untuk calon mahasiswa kurang mampu & berprestasi
Penerimaan Karyasiswa Baru Program Magister (S2)

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Menyerahkan salinan ijazah S1 dan Transkrip Nilai Akademik dengan IPK minimal 2, 75, masing masing 1 lembar.
  2. Pasfoto ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar.
  3. Fotocopy KTP sebanyak 1 lembar.
  4. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  5. Melampirkan rekomendasi kelayakan mengikuti pendidikan Program Magister (S2) dari dua orang, Doktor ataupun Guru Besar.
  6. Untuk minat Penciptaan Seni, melampirkan rekaman karya yang orisinal, baik berbentuk VCD, DVD maupun
  7. Untuk minat Pengkajian, melampirkan rencana penelitian tesis (proposal).
  8. Melampirkan surat izin kuliah dari pimpinan instansi, baik lembaga pemerintah maupun swasta, bagi yang sudah bekerja.
  9. Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi dari instansi atau surat pernyataan kesanggupan biaya sendiri (materai Rp 6.000,-)
  10. Memenuhi persyaratan lainnya yang berlaku umum.

B. Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan langsung di kampus. Formulir pendaftaran dapat diambil pada Sekretariat Program Pascasarjana, Jln. Bahder Johan Kampus Institut Seni Indonesia Padangpanjang

C. Jadwal Pendaftaran
  • Pendaftaran biasanya dibuka dalam dua gelombang yang mulai dari April hingga Juli.

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru pada program Sarjana dan Pascasarjana ISI Padangpanjang. Silahkan ikuti pendaftaran dengan memilih jalur seleksi yang diinginkan.

Catatan Penting!!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Mari Baca Juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran ISI Padangpanjang Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan gambaran dalam proses pendaftaran dan seleksi masuk ke kampus ini.

Admin turut mendoakan semoga kalian diterima sebagai mahasiswa baru di ISI Padangpanjang. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk kembali bersama teman lainnya juga.