Pendaftaran ITENAS 2024/2025 (Institut Teknologi Nasional)

pmb.itenas.ac.id 2024 -- PMB ITENAS Bandung, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITENAS, Cara Pendaftaran ITENAS Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITENAS, Pendaftaran Kuliah di ITENAS, Jalur Pendaftaran Maba ITENAS ; Jalur PMDK, USM, Beasiswa Cahaya Itenas, One Day Test,  Pendaftran Calon Mahasiswa Baru Institut Teknologi Nasional Bandung. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran ITENAS 2024/2025 (Institut Teknologi Nasional). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi kamu dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiwa baru ITENAS. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Teknologi kini semakin terus mengalami perkembangan. Pengaruhnya dapat dirasakan langsung dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja jaringan internet yang sudah sampai level 4G (mungkin nanti lebih tinggi lagi), kecanggihan smartphone yang terus berkembang, dan lain-lain. Semua itu dibuat oleh keahlian manusia yang memiliki keahlian di bidang teknologi.

Kuliah di kampus yang berbasis teknologi adalah salah satu solusi untuk menjadikan diri kita ahli atau minimal mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.

ITENAS adalah salah satu kampus yang bisa dipilih sebagai tempat kuliah yang cocok untuk kamu.

ITENAS atau yang memiliki kepanjangan nama Institut Teknologi Nasional adalah perguruan tinggi swasta (PTS) terkemuka yang menyenggarakan kegiatan akademik di bidang teknologi, sains, dan seni.

Kamu bisa kuliah di ITENAS untuk mendalami ilmu di bidang teknologi sehingga nantinya diharakan kamu bisa menjadi salah satu orang ternama dan sukses dengan teknologi yang kamu ciptakan. Selain itu, di kampus ini juga kamu juga bisa mempelajari tentang sains dan seni.

Perlu diketahui bahwa ITENAS telah resmi didirikan pada tahun 1972. Melihat tahun didirikannya ITENAS, tentu ITENAS sudah berpengalaman dan terus berkembang semakin maju.

Banyak pilihan program studi yang ada di ITENAS. Kamu bisa memilih salah satu progam studi yang kamu minati. Selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas dan Program Studi di ITENAS
  • Fakultas Teknologi Industri terdiri dari progam studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia, Informatika, dan Sistem Informasi
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari progam studi Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Geomatika (Teknik Geodesi), Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Teknik Lingkungan
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain terdiri dari progam studi Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual
  • Progam Pascasarjana terdiri dari Magister Teknik Mesin, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Sipil

Itulah sekilas informasi mengenai ITENAS. Bagi yang tertarik untuk kuliah di ITENAS, maka perlu untuk membaca informasi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh ITENAS. 

Disini admin telah merangkum informasinya untuk kamu semua. Langsung saja baca di bawah ini.

I. Penerimaan Mahasiswa Baru ITENAS Jenjang Sarjana (S1)

Ada banyak jalur-jalur pendaftaran mahasiswa baru ITENAS, yaitu :
  1. Jalur PMdK (Penelusuran Minat dan Bakat)
  2. Jalur Ujian Saringan Masuk
  3. Jalur One Day Test
  4. Jalur Beasiswa Cahaya
  5. Jalur Masuk Program Magister
  6. Pindahan dan Lulusan Politeknik, Program D3

Penjelasan dari jalur-jalur di atas diberikan di bawah ini

A. Jalur PMdK (Penelusuran Minat dan Bakat)

Jalur PMdK atau Penelusuran Minat dan Bakat adalah jalur seleksi masuk ke ITENAS yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi di bidang akademik ataupun non akademik yang mana seleksinya dilakukan tanpa tes.

Persyaratan Jalur PMdK :
  1. Calon mahasiswa merupakan lulusan SMA / SMK / MA tahun ini
  2. Calon mahasiswa mendaftarkan diri secara online di pmdk.itenas.ac.id
  3. Calon mahasiswa menyerahkan berkas-berkas persyaratan ke ITENAS secara langsung atau melalui pos
  4. Berkas-berkas persyaratan :
    • Rapot semester 1 – 4 dilegalisir dengan nilai minimum 75
    • Surat keterangan tidak buta warna untuk Jurusan Teknik Lingkungan, Teknik Kimia,
    • Desain Interior, Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual
    • Portofolio sebanyak 1 buah dengan tema interior dalam kertas 1 lembar dan dilegalisir untuk Jurusan Arsitektur Karya / gambar yang pernah dibuat selama 5 tahun terakhir sebanyak 18 buah, dengan ukuran bebas ditambah +2 gambar terbaru dengan tema sesuai peminatan (DI/DP/DKV) pada format kertas A3 yang dilegalisir untuk Jurusan Desain Interior (DI), Desain Produk (DP) dan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kelengkapan Bekas Pendaftaran :

Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran PMdK dilengkapi dengan persyaratan berikut :
  1. Untuk pilihan Program Studi Teknik adalah melampirkan foto copy legalisir raport kelas X dan Kelas XI (semester 1 s.d. 4) nilai rata-rata ≥ 7,50 (Matematika dan Fisika). Khusus Teknik Kimia ditambah dengan nilai Kimia pada Kelas X dan Kelas XI. Khusus Teknik Arsitektur melampirkan 1 buah portofolio karya di Kertas A3 (gambar tangan) dan dilegalisir Kepala Sekolah.
  2. Untuk pilihan Program Studi Desain adalah melampirkan foto copy legalisir raport kelas X dan Kelas XI (semester 1 s.d. 4) nilai rata-rata ≥ 7,50 (semua mata pelajaran) dan melampirkan Portofolio sebanyak minimal 20 buah di kertas A3 dan dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  3. Untuk pilihan jurusan Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual diharuskan melampirkan surat keterangan tidak buta warna yang asli

Bila memilih PMdK jalur Prestasi / Non Akademik harus melampirkan salinan bukti sertifikat prestasi (dapat dilegalisir oleh pihak sekolah). fotocopy rapor terlegasilir asli semester 1 s.d. 4 tetap harus dilampirkan.

B. Jalur Beasiswa Cahaya ITENAS

Jalur beasiswa cahaya Itenas merupakan program bantuan bebas biaya pendidikan di kampus Itenas selama waktu kuliah 4 tahun yang dapat diikuti oleh siswa-siswi SMA / MA / SMK dari berbagai jurusan.

Setiap calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti jalur Beasiswa Cahaya ini wajib melakukan pendaftaran secara online di bsc.itenas.ac.id

Kelengkapan formulir pendaftaran dapat diunduh di website tersebut, berkas lampiran Beasiswa Cahaya dikirimkan ke alamat kampus ITENAS.

Persyaratan Beasiswa Cahaya :
  1. Surat keterangan tidak mampu
  2. Surat rekomendasi dari pihak sekolah
  3. Rekening listrik bulan terakhir
  4. Kartu keluarga dan akta kelahiran
  5. Photo 3×4 berwarna sebanyak 2 buah
  6. Rapot semester 1 – 5 dilegalisir
  7. Fotocopy KTP orang tua

C. Jalur USM

USM atau Ujian Saringan Masuk merupakan jalur seleksi masuk ke ITENAS yang seleksinya dilakukan melalui tes. Peserta USM bebas memilih Program Studi di ITENAS.

1. Persyaratan Umum :
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA / MA / SMK / MAK dalam dan luar negeri.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  3. Tidak buta warna baik total maupun parsial, bagi yang memilih program studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual.
Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Proses Pendaftaran Online yaitu menyiapkan file pas foto berwarna dengan ukuran file maksimal 100 Kb (format jpeg).

2. Tata Cara Pendaftaran :
  1. Melakukan pemesanan voucher, mencetak bukti pemesanan (nomor voucher) kemudian melakukan pembayaran melalui loket atau ATM Bank BNI 46 untuk mendapatkan nomor pin.
  2. Mengisi formulir online (biodata) di web PMB ITENAS pada menu pendaftaran jalur USM
  3. Upload / unggah foto (berwarna & maksimal 100 Kb)
  4. Download dokumen pendukung (Surat Pernyataan DPP) di web PMB ITENAS
  5. Menyerahkan Surat pernyataan DPP wajib dan sukarela yang sudah diisi dan bermaterai pada saat pelaksanaan Ujian.
  6. Cetak kartu USM / SPMB.

Penting !!!
  • Persyaratan Lengkap dan dokumen pendukung dapat di download di web PMB ITENAS

D. Jalur One Day Test

One Day Test (ODT) merupakan layanan penerimaan mahasiswa baru selama 1 (satu) hari, dimulai dari proses pendaftaran, pelaksanaan ujian sampai dengan pengumuman hasil ujian.

Pendaftaran jalur ODT dilakukan secara online melalui laman simpmb.itenas.ac.id

Persyaratan Umum dan Tata Cara Pendaftaran sama seperti pada jalur USM. Silahkan lihat kembali di atas pada jalur USM.

Jurusan yang dibuka melalui jalur One Day Test adalah:
  • Fakultas Teknologi Industri (Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia, Informatika dan Sistem Informasi)
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (Teknik Sipil, Teknik Geodesi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Lingkungan)

E. Jadwal Pendaftaran Jenjang S1

Jadwal pendaftaran jalur-jalur seleksi masuk ke ITENAS dibuka dalam beberapa periode atau gelombang pendaftaran yang hampir dibuka sepanjang tahun yang biasanya dimulai dari Oktober tahun sebelumnya hingga September tahun ini. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di web resmi.

II. Penerimaan Mahasiswa Baru Pindahan dan Lulusan Politeknik, dan Program D3 

A. Penerimaan Mahasiswa Baru Pindahan

Yang dimaksud dengan mahasiswa pindahan adalah mereka yang pernah terdaftar sebagai mahasiswa, tetapi sekarang tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa di perguruan tinggi, dalam dan luar negeri.

Syarat Penerimaan :
  1. Program studi yang akan dimasuki di Itenas sama dengan program studi di perguruan tinggi semula.
  2. Bagi mereka yang akan pindah ke program studi yang tidak sama dengan program studi di perguruan tinggi semula, harus mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM).
  3. Status akreditasi program studi di perguruan tinggi semula, lebih tinggi atau sama dengan status akreditasi program studi yang akan dimasuki di Itenas.
  4. Lulus wawancara dengan Ketua Program Studi di Itenas.
  5. Lulus Ujian Saringan Masuk bagi calon mahasiswa pindahan dengan total sks mata kuliah yang dapat diekivalensi kurang dari 36 sks.
  6. Tidak buta warna total maupun partial, bagi yang pindah ke program studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk, atau Desain Komunikasi Visual.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru Lulusan Politeknik atau Program D-3 

Syarat Penerimaan :
  1. Program studi yang akan dimasuki di Itenas sama dengan program studi ketika di Politeknik atau Program D-3.
  2. Memiliki ijazah Politeknik atau Program D-3 dari Program Studi yang telah berakreditasi atau memiliki ijazah negara bagi lulusan dari politeknik atau program D-3 yang belum terakreditasi.
  3. Lulus wawancara dengan Ketua Program Studi di Itenas.
  4. Tidak buta warna total maupun partial, bagi yang pindah ke program studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual.

III. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister (S2)

A. Persyaratan Umum
  1. Sarjana (S1) lulusan dari Program Studi yang terakreditasi atau yang disamakan
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

B. Alur Pendaftaran 
  1. Melakukan pemesanan voucer dan mencetak bukti pemesanan voucer di simmagister.itenas.ac.id (bisa dilakukan di Biro Akademik atau secara online).
  2. Melakukan pembayaran melalui teller atau ATM Bank BNI 46 untuk mendapatkan nomor PIN dengan menunjukkan pemesanan voucer.
  3. Mengisi formulir biodata secara online dan upload / unggah foto (berwarna & ukuran file maksimal 100 kb.) dan cetak kartu ujian di simmagister.itenas ac.id
  4. Menyerahkan persyaratan ke Biro Akademik:
    • Surat pernyataan (bisa diunduh di  simmagister.itenas.ac.id)
    • Salinan Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir
    • Salinan Ijazah S1 yang dilegalisir
    • Transkrip Akadmeik yang dilegalisir
    • Sertifikat NIlai Eglish Language Proficiency Test (ELP ITENAS atau TOEFL ITP)
  5. Mengikuti ujian saringan masuk (seleksi) berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh Program Studi masing-masing.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru ITENAS. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dibaca langsung di web resmi PMB ITENAS di alamat pmb.itenas.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan / perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web PMB ITENAS

Baca juga artikel terkait :

Demikian informasi dari admin tentang Pendaftaran ITENAS (Institut Teknologi Nasional). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kamu yang ingin kuliah di ITENAS.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di ITENAS melalui jalur seleksi yang kamu ikuti. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses. Please share.