Pendaftaran ITI 2024/2025 (Institut Teknologi Indonesia)

pmb.iti.ac.id 2024 -- PMB ITI Serpong, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITI, Cara Pendaftaran ITI Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITI, Pendaftaran Kuliah di ITI, Jalur Pendaftaran Maba ITI ; Jalur PMDK, Jalur STTB, Jalur Seleksi, Jalur Pindahan, Pendaftran Calon Mahasiswa Baru Institut Teknologi Nasional. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran ITI 2024/2025 (Institut Teknologi Indonesia). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi kamu dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiwa baru ITI. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Institut Teknologi Nasional atau disebut ITI adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dibentuk pada 2 Juni 1984 oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) melalui Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tenaga insinyur teknik di Indonesia.

ITI memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam mengangkat Daya Saing dan Martabat Bangsa Indonesia, melalui system pendidikan khususnya dalam bidang Pendidikan Tinggi Keteknikan / Teknologi yang Efisien – Berkualitas.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang yang ahli di bidang teknik, maka kuliah di ITI adalah pilihan yang tepat. Adapun pilihan program studi yang ada di ITI dapat dilihat berikut ini.

Program Studi Jenjang Sarjana (S1) di ITI :
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Teknik Industri
  • Teknik Kimia
  • Informatika
  • Teknik Sipil
  • Arsitektur
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Teknologi Industri Pertanian
  • Manajemen
Program Studi Jenjang Diploma III di ITI :
  • D3 Teknik Mesin Otomotif

Itulah sekilas informasi mengenai kampus ITI. Dari beberapa pilihan program studi yang ada di ITI, mungkin salah satunya ada yang kamu minati. Oleh karena itu, maka silahkan daftarkan dirimu di ITI lalu pilih program studi tersebut.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya kamu perlu mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru ITI. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pendaftaran Mahasiswa Siswa Baru ITI (Institut Teknologi Indonesia)

A. Persyaratan Umum
  1. Lulusan SMU jurusan IPA (untuk semua program studi)
  2. Lulusan SMU jurusan IPA / IPS (untuk program studi tertentu)
  3. Lulusan SMK / STM (untuk program studi yang sejenis)
  4. Pindahan dari Perguruan Tinggi lain (untuk program studi yang sejenis)

B. Pendaftaran
  1. Pendaftaran dapat dilakukan langsung di Kampus ITI, Jl. Puspiptek raya Serpong Tangerang Selatan, atau melalui e-mail : pmb@iti.ac.id
  2. Untuk mahasiswa yang berada diluar daerah atau provinsi bisa mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran online di pmb.iti.ac.id lalu klik menu "Pendaftaran Online"
  3. Membayar biaya Formulir
  4. Bagi calon mahasiswa jalur USM, biaya tersebut sudah termasuk biaya USM.
  5. Bagi calon mahasiswa jalur prestasi harus meyerahkan sertifikat / piagam kejuaraan.

C. Pengisian Formulir
  1. Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar melalui kampus ITI bisa mengisi formulir di panitia penerimaan mahasiswa baru atau E-mail : pmb@iti.ac.id
  2. Bagi mahasiswa yang berada di luar daerah dan provinsi bisa langsung mengisi formulir di pmb.iti.ac.id lalu klik menu "Pendaftaran Online"

D. Pengembalian Formulir
  1. Formulir dikembalikan ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru ITI : Jl. Raya Puspiptek Serpong Tangerang Selatan.
  2. Pengembalian formulir Harus disertai :
    • Pas foto berwarna ukuran 2×3 (2 lembar) dan 3×4 (1 lembar)
    • Bagi mahasiswa pindahan / lintas jalur harus disertai Surat Permohonan melanjutkan studi/surat pindahan dari Perguruan Tinggi Asal. Transkrip Nilai & Printout dari Forlap Dikti Perguruan Tinggi Asal.

E. Jalur Pendaftaran dan Sistem Seleksi
  1. Jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) yaitu dengan menyeleksi nilai rapor kelas I, II dan III, serta prestasi tertentu di tingkat provinsi.
  2. Jalur STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) dan NEM (Nilai Ebtanas Murni).
  3. Jalur Seleksi : dengan mengikuti ujian seleksi masuk.
  4. Jalur pindahan / lintas : jalur dari program D-2 atau D-3 dari Perguruan Tinggi lain.

F. Ujian Seleksi Masuk
  1. Ujian seleksi masuk dimaksudkan untuk mengukur dan menyeleksi kemampuan akademik calon mahasiswa baru agar dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di ITI sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.
  2. Ujian seleksi masuk dilakukan terjadwal sesuai dengan gelombang pendaftaran, dan dilaksanakan di kampus ITI.
  3. Materi yang diujikan adalah kemampuan Umum, Fisika dan Matematika.

G. Pengumuman Hasil Ujian Masuk
  1. Pengumuman hasil ujian masuk dilakukan sesuai dengan jadwal gelombang pendaftaran.
  2. Pengumuman dapat dilihat langsung di kampus ITI atau melalui Website ITI : www.iti.ac.id
  3. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus segera melakukan daftar ulang.

H. Beasiswa
  1. Bagi setiap mahasiswa baru yang memenuhi syarat berhak mendapatkan beasiswa dari Yayasan Beasiswa ITI, berupa keringanan biaya UPP.
  2. PMDK : Beasiswa / keringanan biaya UPP Rp. 0,- hingga Rp. 8.000.000,- diberikan kepada calon mahasiswa peringkat 1 sampai 5 di Sekolah dari Semester 1 sampai Semester 5.
  3. Prestasi Non Akademik : Beasiswa / keringanan Biaya UPP Rp.0,- hingga 8.000.000,- diberikan kepada calon mahasiswa yang berprestasi di bidang seni, Olahraga & Karya Ilmiah Juara I, II dan III Tingkat Kabupaten / Provinsi / Nasional.
  4. Beasiswa/keringanan biaya UPP sebesar Rp.1.000.000,- diberikan kepada calon mahasiswa jalur USM yang mendapatkan nilai Grade A.
  5. Beasiswa / keringanan biaya UPP sebesar Rp. 750.000,- diberikan kepada calon mahasiswa jalur USM yang mendapatkan nilai Grade B.

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITI. Untuk informasi lain yang dibutuhkan sapat dibaca langsung di web resmi PMB ITI.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web PMB ITI

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Pendaftaran ITI (Institut Teknologi Indonesia). Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang berkeinginan untuk kuliah di ITI.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini pada teman lainnya dan mengajak mereka membaca artikel di blog ini. Cukup sekian dan salam sukses selalu.