Pendaftaran ITN Malang 2024/2025 (Institut Teknologi Nasional Malang)

itn.ac.id 2024 -- PMB ITN Malang, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITN Malang, Cara Pendaftaran ITN Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITN Malang, Pendaftaran Kuliah di ITN, Jalur Pendaftaran Maba ITN Malang ; Jalur Ujian, Jalur Kemitraan, Jalur Prestasi, Jalur Bidik Misi,  Pendaftran Calon Mahasiswa Baru Institut Teknologi Nasional Malang. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini amin akan berbagi informasi yang berjudul Pendaftaran ITN Malang 2024/2025 (Institut Teknologi Nasional Malang). Informasi ini ditujukan untuk kamu yang berkeinginan kuliah di ITN Malang. Sebelum membahas mengenai pendaftaran maba ITN Malang, terlebih dahuu kita mengenal kampus ITN Malang. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

ITN Malang atau Institut Teknologi Nasional Malang adalah lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bermula dari Akademi Teknik Nasional (ATN) Malang yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional Malang pada tahun 1969.

Pada tahun 1981, ATN Malang dikembangkan menjadi ITN Malang dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0104/0/1983.

ITN Malang memiliki 2 alamat kampus, yaitu :
  • Kampus I di Jl. Bendungan Sigura-gura No. 2 Malang 65145 Telp. (0341) 551431 Fax. (0341) 553015
  • Kampus II di Jl. Raya Karanglo, Km 2 Malang Telp. (0341) 417636 Fax. (0341) 417634

Fakultas dan program studi di ITN Malang

Fakultas Teknologi Industri terdiri dari program studi :
  • Teknik Mesin S-1, Teknik Elektro S-1, Teknik Industri S-1, Teknik Kimia S-1, Teknik Informatika S-1, Teknik Mesin DIII, Teknik Listrik DIII, Teknik Industri DIII
Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan terdiri dari program studi :
  • Teknik Sipil S-1, Arsitektur S-1, Perencanaan Wilayah dan Kota S-1, Teknik Geodesi S-1, Teknik Lingkungan S-1
Program Pascasarjana terdiri dari program studi :
  • Manajemen Industri S-2, dan Manajemen Konstruksi S-2

Itulah sekilas informasi mengenai kampus Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Dari informasi yang ada di atas, terutama dilihat dari program studi, mungkin salah satunya ada yang kamu minati. Oleh karena ituu, silahkan daftarkan dirimu di kampus ITN Malang lalu pilih program studi yang kamu minati tersebut.

Selanjutnya kamu perlu untuk mengetahui informasi tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru ITN Malang, beserta hal terkait lainnya. Langsung saja simak di bawah ini.

I. Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Sarjana

A. Ketentuan Umum

1. Pendaftaran Mahasiswa dari Indonesia
  1. Menyerahkan fotokopi rapor kelas XII yang telah dilegalisir.
  2. Membayar biaya pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran
  3. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3 x 4  sejumlah 3 (tiga) lembar
  4. Menyerahkan fotokopi STTB / STL (Surat Tanda Lulus), atau Ijazah Paket C yang sudah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar (Jika STTB SMA / SMK masih dalam proses penyelesaian, maka harus menyerahkan STTB SMP).
  5. Menyerahkan fotokopi Kartu Identitas KTP, KK dan Akte Kelahiran 1 (satu) lembar.

2. Pendaftaran Mahasiswa Asing

Calon mahasiswa asing adalah calon mahasiswa bukan warga Negara Indonesia yang ingin mengikuti pendidikan S2. S1 atau D3 di ITN Malang

B. Jalur Pendaftaran

1. Jalur Ujian

Jalur ujian adalah jalur seleksi masuk ke ITN Malang yang diperuntukkan bagi siswa SMU / SMA, SMK (bidang teknik) atau MA yang seleksinya dilakukan melalui tes.

2. Jalur Kemitraan

Jalur kemitraan merupakan jalur seleksi masuk ke ITN Malang berdasarkan kerjasama antara ITN Malang dengan SMA, SMK (bidang teknik), MA atau Pemerintah Daerah dan Negara sahabat.

Siswa-siswi tersebut dapat diterima tanpa tes sebagai calon mahasiswa ITN Malang dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Pengusulan dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah asal, Pemerintah Daerah atau pihak lain atas undangan ITN malang berdasarkan MOU yang telah disepakati bersama
  2. Menyelesaikan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

3. Jalur Prestasi

Jalur prestasi adalah jalur seleksi tanpa tes masuk ke ITN Malang berdasarkan prestasi akademik dan non akademik (prestasi pada bidang olah raga dan/atau seni) siswa-siswa SMA / SMU, SMK (bidang teknik) atau MA selama berada di kelas XII.

Persyaratan Pendaftaran :
  1. Memiliki nilai rapor kelas XII rata-rata minimal 80 atau memiliki prestasi di bidang olahraga dan/atau seni selama duduk di kelas X-XII minimal tingkat kabupaten/kota (dilengkapi piagam/bukti lain yang sah).
  2. Merupakan bentuk penghargaan atas prestasi yang telah diraih calon mahasiswa ITN Malang. ITN Malang akan membebaskan pembayaran SPP semester pertama apabila memenuhi salah satu dari persyaratan sebagai berikut :
  3. Memiliki nilai rapor kelas XII rata-rata minimal 85
  4. Memiliki prestasi di bidang olahraga dan/atau seni selama duduk di kelas X-XII minimal tingkat propinsi (dilengkapi piagam atau bukti lain yang sah).

4. Penerimaan Mahasiswa Pindahan

ITN Malang memberikan kesempatan untuk mahasiswa dari Perguruan Tinggi lain untuk pindah ke kampus ini dengan mememnuh semua persyaratan yang telah ditentukan.

Persyaratan :
  1. Indeks Prestasi (IP) minimal 2.00 dan bukan karena drop out dari Perguruan Tinggi asal.
  2. Nilai akreditasi program studi asal minimal sama dengan nilai akreditasi program studi yang dituju.
  3. Menyerahkan surat keterangan pindah dan fotokopi  transkrip akademik dari Perguruan Tinggi yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar.
  4. Menerima pengakuan jumlah sks berdasarkan hasil konversi mata kuliah oleh program studi yang dituju.
  5. Terdaftar pada Perguruan tinggi asal pada laman: forlap.ristekdikti.go.id
  6. Menyerahkan bukti setoran Bank (BNI, BRI, CIMB Niaga) untuk membayar DPP, SPP, SKS mata kuliah, biaya tambahan, jas almamater, biaya perpustakaan, biaya matrikulasi

5. Penerimaan Mahasiswa Alih Program

ITN Malang memberikan kesempatan kepada lulusan Diploma III atau Politeknik untuk melanjutkan ke jenjang program sarjana (S-1) di kampus ini dengan memenuhi semua persyaratan.

Persyaratan :
  1. Jumlah sks yang diakui setelah dilakukan konversi mata kuliah dari transkrip perguruan tinggi asal berkisar antara 90 hingga 100 sks tergantung dari ketentuan program studi yang dipilih.
  2. Sisa sks yang ditempuh selama masa studi berkisar antara 44 hingga 54 sks yang dapat diambil pada setiap semester.
  3. Menyerahkan fotokopi ijasah, transkrip akademik dari Perguruan Tinggi yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar.
  4. Nilai akreditasi program studi asal minimal sama dengan nilai akreditasi program studi yang dituju.
  5. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sejumlah 3 (tiga) lembar.
  6. Menyerahkan bukti setoran Bank (BNI,BRI,CIMB Niaga) untuk membayar DPP, SPP, SKS mata kuliah, biaya tambahan, jas almamater, biaya perpustakaan, biaya matrikulasi

C. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru ITN Malang biasanya dibuka dari bulan Januari hingga Agustus yang terbagi dalam 3 gelombang. Jadwal selengkap silahkan lihat di web resmi.

II. Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Pascasarjana

Penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana dibuka melalui 2 jalur, yaitu jalur ujian dan jalur kemitraan.

1. Jalur Ujian

Jalur ujian merupakan jalur seleksi masuk ke program Pascasarjana ITN Malang yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jika diperlukan ditindaklanjuti dengan wawancara. Seleksi juga dilakukan berdasarkan dokumen kompetensi calon mahasiswa.

2. Jalur Kemitraan

Jalur kemitraan merupakan jalur seleksi masuk ke Pascasarjana ITN Malang berdasarkan kerjasama antara ITN Malang dengan Mitra Kerja (Swasta, Pemerintah Daerah dan Negara sahabat).

Proses seleksi calon mahasiswa dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Pengusulan dilakukan secara kolektif oleh Mitra Kerja, berdasarkan MOU yang telah disepakati bersama
  2. Menyelesaikan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

III. Penerimaan Mahasiswa Baru Kelas Karyawan

Penerimaan mahasiswa baru kelas karyawan dibuka untuk jenjang Diploma III dan Sarjana. Jalur yang diikuti yaitu jalur ujian dan jalur kemitraan. Selain itu, dibuka pula untuk mahasiswa Alih Program.

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITN Malang. Silahkan ikuti jalur seleksi yang kamu minati. Persiapkan dirimu agar harapanmu dapat terwujudkan.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web resmi ITN

Baca juga:

Demikian informasi dari admin tentang Pendaftaran ITN Malang (Institut Teknologi Nasional Malang). Semoga informasi di atas dapat memberikan gambaran untuk kamu yang ingin kuliah di ITN Malang.

Jangan lupa untuk terus membaca artikel di blog ini, dan jangan lupa pula untuk mengajak teman lainnya untuk berkunjung ke blog ini. Terima kasih atas waktumu dan salam sukses selalu.