Pendaftaran IT DEL 2024/2025 (Institut Teknologi Del)

spmb.del.ac.id 2024 -- SPMB IT DEL, Pendaftaran IT DEL Sumatera Utara, Cara Pendaftaran IT DEL Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IT DEL, Pendaftaran Kuliah di IT DEL, Jalur Pendaftaran IT DEL ; Jalur PMDK & USM, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Institut Teknologi Del. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran IT DEL 2024/2025 (Institut Teknologi Del). Informasi ini ditujukan untuk kamu yang berkeinginan untuk kuliah di kampus IT DEL. Nah, informasi yang diberikan diharapkan dapat membantu kamu untuk mendapatkan gambaran dalam melakukan proses pendaftaran. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

DEL dimaknai sebagai "Pemimpin yang Selangkah Lebih Maju"

IT DEL atau Institut Teknologi Del merupakan perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan para technopreneur baru di bidang teknologi informasi.

Moto Institut Teknologi Del (DEL) yaitu "MarTuhan, MarRoha, MarBisuk"

Institut Teknologi Del (DEL) berlokasikan di Jl. Sisingamangaraja, Sitoluama, Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia.

Fakultas dan Program Studi di IT DEL :
  • Fakultas Teknik Informatika dan Elektro terdiri dari program studi : D-III Teknik Informatika, D-III Teknik Komputer, D-IV Teknik Informatika, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Informatika, dan S1 Sistem Informasi
  • Fakultas Bioteknologi terdiri dari program studi : S1 Teknik Bioproses
  • Fakultas Teknologi Industri terdiri dari program studi : S1 Teknik Manajemen Rekayasa

Pada tiap tahun ajaran baru, IT DEL selalu membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi PMDK dan USM. PMDK diperuntukkan bagi siswa berpretasi, sedangkan USM diperuntukkan bagi siswa umum yang tidak harus berprestasi.

Bagi kamu yang berkeinginan untuk menjadi seorang yang ahli di bidang teknologi informasi, maka kuliah di kampus IT DEL adalah sebuah solusi yang tepat untukmu.

Kamu telebih dahulu membaca informasi mengenai persyaratan pendaftaran, ketentuan pendaftaran, prosedur pendaftaran, jadwal, dan lain sebagainya agar ketika melakukan proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Nah, berikut ini admin telah menyiapkan informasi seputar penerimaan mahasiswa baru IT DEL. Silahkan disimak dengan baik.

A. Pendaftaran Maba IT DEL Jalur PMDK

PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademik adalah jalur seleksi masuk ke IT DEL yang diperuntukkan bagi siswa - siswi yang berprestasi akademik atau non akademik.

Jalur PMDK hanya ditujukan untuk beberapa sekolah SMA / SMK Teknik yang berada di Tobasa, Taput, Humbanghas, Samosir, Sibolga, Tapteng, Dairi, Simalungun dan Nias.

Pendaftaran calon mahasiswa baru jalur PMDK dilakukan di kampus IT Del di Sitoluama, Laguboti. 

Seleksi jalur PMDK dilakukan berdasarkan penilaian kelengkapan administrasi dan evalusasi terhadap pencapaian atau prestasi akademik dan non akademik siswa.

Siswa yang dinyatakan lulus melalui jalur PMDK diharuskan mengikuti Psikotest TNI AD namun bukan sebagai penentu kelulusan tetapi hanya sebagai profiling karakter saja.

Syarat Pendaftaran Jalur PMDK IT Del :
  • Selalu menempati peringkat 1 s/d 10 siswa terbaik di kelasnya; atau
  • Secara konsisten di setiap semester memperoleh nilai minimal 8 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.

Jadwal Pendaftaran :

Pendataran jalur PMDK biasanya dimulai dari awal bulan Desember tahun kemaren hingga akhir Januari tahun ini. Jadwal selengkapnya dapat dilihat langsung di website resmi IT DEL

B. Pendaftaran Maba IT DEL Jalur USM

USM atau Ujian Saringan Masuk merupakan jalur seleksi masuk ke IT DEL yan diperuntukkan bagi lulusan SMA atau SMK Teknik dari seluruh daerah di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Syarat Pendaftaran USM IT Del :
  1. Lulusan SMA atau SMK Teknik pada semua jurusan dengan untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Usia maksimum 21 tahun yang dibuktikan dengan akta kelahiran / akta kenal lahir

Berkas yang harus dibawa saat pendaftaran adalah:
  • Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 (4 lembar)
  • Biaya pendaftaran USM

Tes dan Hasilnya :

Peserta mengikuti Tes Potensi Akademik sesuai jadwal. Pengumumamnya dapat dilihat di web spmb.del.ac.id

Peserta yang dinyatakan lulus Tes Potensi Akademik diharuskan untuk mengikuti tes berikutnya yaitu Psikotest dari TNI AD. Peserta yang dinyatakan lulus Psikotest selanjutnya dapat mendaftar ulang di Kampus IT Del.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus USM IT Del dan tidak dapat menunjukkan Surat Tanda Lulus dan Nilai UN pada saat pendaftaran akan dinyatakan gugur dan hak menjadi mahasiswa IT Del dibatalkan.

Jadwal Jalur USM :

Jalur USM IT DEL terbagi menjadi beberapa gelombang, biasanya sampai 3 gelombang yang dimulai dari bulan Februari hingga Juli. Jadwal lengkap dapat dilihat di website resmi SPMB IT DEL

Cara Pendaftaran Online Jalur USM :
  1. Buka alamat spmb.del.ac.id lalu klik menu "Pendaftaran Online" atau boleh langsung menuju laman ini : http://spmbapp.del.ac.id/index.php/site/login
  2. Isi Data untuk Register (Jangan lupa username dan password yang anda isi)
  3. Kode verifikasi untuk login akan dikirim ke email anda
  4. Silahkan isi kode verifikasi yang dikirim di ke email anda agar bisa login
  5. Setelah login, silahkan isi data anda
  6. Setelah selesai mengisi data, pada menu Verifikasi Pembayaran, anda harus mengupload bukti bayar pendaftaran USM
  7. Setelah upload bukti bayar, maka konfirmasi pending untuk sementara karena masih melakukan pengecekan pembayaran anda
  8. Admin akan melakukan verifikasi dan mengirimkan sms ke anda bahwa Kode Ujian anda telah dikonfirmasi
  9. Silahkan simpan atau print Kode Verifikasi Ujian sebagai bukti untuk menerima Kartu Ujian dari Panitia PMB pada hari berlangsungnya Tesk Akademik USM
  10. Jangan lupa membawa foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar untuk Kartu Ujian hari berlangsungnya Test Akademik USM

Catatan :
  • Jika tidak bisa login atau lupa password, silahkan klik menu Reset Password
  • Jika kode verifikasi tidak sampai ke inbox email, silahkan cek SPAM terlebih dahulu, jika masih belum mendapat kode verifikasi ke email, silahkan sms ke nomor berikut : 08222543606

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke IT DEL beserta ketentuan terkait lainnya. Bagi kamu yang tertarik, silahkan lakukan pendaftaran sesuai jalur yang kamu minati.

Untuk informasi penting lainnya yang kamu butuhkan silahkan baca langsung di website resmi. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang diikuti adalah yang ada di web IT DEL.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar harapanmu lulus seleksi dapat terwujudkan. Disini pun admin turut mendoakan yang terbaik untuk kamu.

Mari Baca Juga :

Demikian informasi mengenai Pendaftaran IT DEL (Institut Teknologi Del). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bisa membantu kamu mendapatkan gambaran dalam proses pendaftaran.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dan mengajak teman lainnya untuk membaca artikel di blog ini. Cukup sekian dan salam sukses.