Pendaftaran POLTEKPOS 2024/2025 (Politeknik Pos Indonesia)

pmb.poltekpos.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLTEKPOS, PMB POLTEKPOS, Pendaftaran Kuliah Politeknik Pos Indonesia, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekpos Bandung, Pendaftaran Online POLTEKPOS, Penerimaan Mahasiswa Baru POLTEKPOS, Pendaftaran Jalur Prestasi / PMDK, Reguler / USM, Undangan, Mandiri, Panduan Pendaftaran POLTEKPOS, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran POLTEKPOS 2024/2025 (Politeknik Pos Indonesia) Informasi ini ditujukan bagi lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Pos Indonesia. Langsung saja simak informasi berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Politeknik Pos Indonesia atau dikenal dengan nama POLTEKPOS adalah institusi pendidikan tinggi yang dinaungi oleh Pos Indonesia yang berlokasi di Jalan Sariasih No. 54 Sarijadi - Bandung 40151.

Pendidikan di POLTEKPOS difokus untuk menyiapkan lulusan yang qualified & competence dalam bidang Logistics, Supply Chain Management dan E-Commerce.

Lulusan dari kampus POLTEKPOS berpeluang besar untuk direkrut oleh PT Pos Indonesia atau disalurkan ke berbagai perusahaan mitra Politeknik Pos Indonesia. 

Jadi untuk urusan kerja setelah lulus kuliah, lulusan POLTEKPOS memiliki peluang besar untuk cepat kerja. Tertarik untuk kuliah di POLTEKPOS? segera daftarkan diri kalian.

Ada banyak pilihan program studi yang bisa dipilih di POLTEKPOS. Program Studi yang ada di POLTEKPOS yaitu program studi D.3 dan program studi D.4.. Berikut informasinya.

Program Ahli Madya (D.III) yaitu :
  • Teknik Informatika D3
  • Manajemen Informatika D3
  • Logistik Bisnis D3
  • Manajemen Bisnis D3
  • Akuntansi D3

Program Sarjana Terapan (D.IV) yaitu :
  • Teknik Informatika D4
  • Akuntansi Keuangan D4
  • Logistik Bisnis D4
  • Manajemen Bisnis D4

Dari beberapa program studi yang ada di atas, silahkan pilih salah satu program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kalian miliki. 

Setelah menentuan satu pilihan program studi yang diinginkan. Selanjutnya kalian dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru.

Ada banyak pilihan jalur seleksi masuk POLTEKPOS yang bisa diikuti yaitu jalur Prestasi / PMDK, Reguler / USM, Undangan, Mandiri. Kalian dapat mengikuti salah satu jalur seleksi yang diinginkan.

Sebelum memasuki informasi lengkap mengenai jalur-jalur seleksi pendaftaran mahasiswa baru, berikut admin berikan informasi cara pendaftarannya yang berlaku untuk semua jalur.

Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru POLTEKPOS dapat dilakukan secara langsung ataupun online. Pendaftaran langsung dilakukan dengan cara :
  • Membeli Formulir Pendaftaran di Kampus POLTEKPOS atau di Sekolah melalui Guru BK, atau membelinya di Kantor POS yang ditunjuk.
Sedangkan pendaftaran online dilakukan dengan mengisi data-data pada formulir online yang ada di website. Cara pendaftaran online semua jalur seleksi :

  • Buka alamat form.poltekpos.ac.id
  • Pilih salah satu jalur seleksi lalu klik "Next"
  • Isi formulir registrasi online yang tersedia hingga finish

Itulah cara pendaftaran yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa baru. Informasi selanjutnya yang harus dipahami yaitu mengenai jalur-jalur seleksi dan ketentuannya.

A. Pendaftaran POLTEKPOS Jalur Prestasi / PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan)

Jalur Prestasi atau PMDK merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / SMK / MA kelas XII berlaku untuk semua jurusan yang mana seleksinya didasarkan pada penilaian dari prestasi akademik atau prestasi olah raga dan seni.

1. Persyaratan Umum
  1. Berkelakuan baik, tidak terlibat pengedaran dan pemakaian Narkoba (NAPZA), dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang, yang dipenuhi setelah calon dinyatakan lulus seleksi.
  2. Tidak mempunyai cacat tubuh, yang dapat mengganggu kelancaran belajar.

2. Persyaratan Khusus
  1. Lulusan SMA, SMK, MA / sederajat untuk semua jurusan dengan tahun Ijazah yaitu tahun ini
  2. Memiliki nilai rata-rata mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris semester 1 s/d 4 minimal = 70 (Kurikulum 2006) / 2.6 (Kurikulum 2013)
  3. Memiliki Sertifikat Prestasi Olah Raga dan Seni (jika ada)
    • Juara I – III Olahraga untuk tingkat Regional / Nasional / Internasional (Basket, Futsal, Bulu Tangkis, dan lain-lain)
    • Juara I – III Kesenian untuk tingkat Regional / Nasional / Internasional  (Seni Tari, Seni Suara, Seni Lukis, dan lain-lain)

Melampirkan Fotocopy Piagam Kejuaraan tersebut  jika ada (dilampirkan pada saat pengumpulan berkas pendaftaran atau diupload secara online) (Poin No. 3 Tidak Wajib Ada)

3. Persyaratan Online
  1. Pendaftaran melalui Online di Web Resmi PMB Online
  2. Upload Scan Nilai Raport semester 1 – 4 yang sudah dilegalisir (dalam Format PDF Maksimal 2Mb)
  3. Upload Softcopy Pas Photo Terbaru (dalam Format JPG/PNG Maksimal 1Mb)
  4. Upload Scan Surat Rekomendasi Jalur Prestasi dari Sekolah atau dari form yang sudah kami sediakan (dapat di download disini )
  5. Upload Scan Sertifikat Prestasi Olah Raga atau Seni (jika ada)

Ketentuan : Softcopy / hasil scan  dalam format .jpg/.png/.pdf dengan kapasitas maksimal 2Mb dan di upload pada saat pengisian data diri secara online

4. Alur Pendaftaran
  1. Mendaftar online di form.poltekpos.ac.id
  2. Isi data dan upload persyaratan
  3. Registrasi sukses
  4. Konfirmasi pembayaran
  5. Pengumuman seleksi

5. Cara Pendaftaran
  • Silahkan lihat dibagian atas

6. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka dalam dua gelombang yang dimulai dari November tahun lalu hingga bulan juni tahun ini. Jadwal lengkap dapat dilihat di website resmi

B. Pendaftaran POLTEKPOS Jalur Reguler / USM (Ujian Saringan Masuk)

Jalur Reguler atau USM merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi seluruh siswa/siswi lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat yang mana seleksi / tesnya dilakukan melalui ujian tertulis.

1. Persyaratan Umum
  1. Lulusan SMA, SMK, MA / sederajat semua jurusan.
  2. Berkelakuan baik, tidak terlibat pengedaran dan pemakaian Narkoba (NAPZA), dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang, yang dipenuhi setelah calon dinyatakan lulus seleksi.
  3. Tidak mempunyai cacat tubuh, yang dapat mengganggu kelancaran belajar.

2. Persyaratan Online
  1. Pendaftaran melalui Online di Web Resmi PMB Online
  2. Softcopy Pas Photo Terbaru (dalam Format JPG / PNG Maksimal 2Mb)

3. Cara Pendaftaran
  • Lihat kembali di bagian atas

4. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran jalur Reguler / USM terbagi menjadi 3 gelombang yang dimulai dari Januari hingga Agustus. Rincian jadwal dapat dilihat di web resmi

5. Lokasi Ujian

Ujian dilaksanakan di kampus POLTEKPOS dan kantor Pos Regional atau Kantor Pos Pusat di masing-masing Kota. Lokasi selengkapnya bisa di cek di web resmi

6. Waktu dan Tanggal Ujian
  • Tanggal Ujian : Berdasarkan Gelombang (Sesuai Jadwal)
  • Waktu Pelaksanaan Tes : 08.00 – 09.30 (Tes Matematika) | 10.00 – 11.30 (Tes Bahasa Inggris)

C. Pendaftaran POLTEKPOS Jalur Undangan / (Tanpa Tes)

Jalur Undangan / Tanpa Tes adalah jalur pendaftaran mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mendapatkan undangan dari Panitia PMB POLTEKPOS.

Surat Undangan dikirimkan oleh Panitia melalui layanan pengiriman jasa Pos Expres atau melalui email resmi Sekretariat PMB POLTEKPOS.

Bagi Calon Mahasiswa Baru yang mendapatkan Undangan, bisa langsung mendaftarkan diri dan melakukan proses Her-Registrasi (Daftar Ulang) melalui online / datang langsung ke Sekterariat PMB POLTEKPOS.

1. Persyaratan Umum

Peserta yang bisa mendaftar di jalur undangan hanya bagi mereka yang mendapat surat undangan resmi yang telah Panitia PMB POLTEKPOS kirim melalui Kantor Pos atau Email resmi.

2. Persyaratan Online
  1. Pendaftaran melalui Online di Web Resmi PMB Online
  2. Upload Scan Surat Undangan yg sudah diberikan oleh Panitia PMB POLTEKPOS (dalam Format PDF Maksimal 2Mb)
  3. Upload Softcopy Pas Photo Terbaru (dalam Format JPG/PNG Maksimal 2Mb)

3. Alur Pendaftaran
  1. Pengiriman undangan mellaui POS / email
  2. Surat undangan diterima
  3. Registrasi online

4. Cara Pendaftaran
  • Lihat kembali dibagian atas

5. Jadwal Pendaftaran
  • Jadwal pendaftaran dan daftar ulang biasanya dibuka dari April hingga Juli

D. Pendaftaran POLTEKPOS Jalur Mandiri / (Jalur Khusus)

Jalur Undangan atau Jalur Khusus adalah jalur penerimaan mahasiswa baru periode akhir khusus bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah di POLTEKPOS tanpa harus mengikuti tes saringan masuk / tes tertulis.

1. Persyaratan Online
  1. Pendaftaran melalui Online di Web Resmi PMB Online
  2. Upload Scan Raport Semeter I – V yang sudah dilegalisir (dalam Format PDF Maksimal 2Mb)
  3. Upload Scan Surat Keterangan Lulus Sementara / SKHUN sementara {(jika Ijazah / SKHUN yang bersifat asli belum keluar dari sekolah)  (Scan dalam Format PDF Maksimal 2Mb)}
  4. Softcopy Pas Photo Terbaru (dalam Format JPG / PNG Maksimal 2Mb)

2. Cara Pendaftaran
  • Silahkan lihat dibagian atas

3. Jadwal Pendaftaran
  • Pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Juli hingga September

Itulah informasi mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru POLTEKPOS. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dilihat langsung di website resmi. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti saja yang ada di website resmi PMB POLTEKPOS.

Mari Baca Juga :

Demikian informasi dari admin tentang Pendaftaran POLTEKPOS (Politeknik Pos Indonesia). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk kambali bersama teman lainnya. Please share this article.