Pendaftaran ITATS 2024/2025 (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)

pmb.itats.ac.id 2024 -- PMB ITATS Surabaya, Pendaftaran ITATS Surabaya, Cara Pendaftaran ITATS Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITATS, Pendaftaran Kuliah di ITATS, Jalur Pendaftaran Maba ITATS ; Jalur Kelas Reguler, Kelas Paralel, Kelas Karyawan, Pindahan / Lanjutan, Pendaftran Calon Mahasiswa Baru Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran ITATS 2024/2025 (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya). Dengan adanya informasi ini, diharapkan dapat membantu kamu untuk mendapatkan gambaran dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiwa baru ITATS. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

ITATS atau Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya adalah perguruan tinggi teknik yang berada di Jawa Timur, yaitu di Jl. Arif Rahman Hakim, Klampis Ngasem, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60117

Awal berdirinya kampus ini bernama Akademi Teknik Surabaya (ATS), kemudian sejak tanggal 29 Desember 1983 berubah menjadi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS).

Dalam proses pembelajaran, ITATS didukung oleh sekitar 200 dosen, 51 laboratorium dan workshop, 140 ruang kuliah yang ber-AC dan dilengkapi dengan LCD, perpustakaan, WIFI, sport centrestudent center, masjid, dan fasilitas pendukung lainnya.

Bagi kamu yang berkeinginan untuk kuliah di ITATS, maka dapat melakukannya pada saat pendaftaran dibuka. Adapun pilihan progam studinya dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas dan Program Studi di ITATS Surabaya, yaitu :
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari program studi Teknik Sipil, Arsitektur, Desain Produk, dan Teknik Lingkungan
  • Fakultas Teknologi Industri terdiri dari program studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Teknik Industri
  • Fakultas Teknologi Informasi terdiri dari program studi Teknik informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer
  • Fakultas Teknologi Mineral & Kelautan terdiri dari program studi Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Perkapalan
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi Magister Teknik Lingkungan, dan Magister Teknik Industri

Itulah sekilas informasi mengenai kampus ITATS. Dengan mengetahui informasi tersebut, tentunya semakin meyakinkan dirimu untuk kuliah di kampus ini.

Perlu diketahui bahwa ITATS membuka jalur penerimaan untuk mahasiswa baru reguler, mahasiswa transfer, dan mahasiswa pindahan.
  • Mahasiswa baru reguler merupakan mehasiswa baru yang berasal dari lulusan SLTA sederajat
  • Mahasiswa transfer merupakan mahasiswa lulusan Diploma yang melanjutkan ke jenjang Sarjana di ITATS
  • Mahasiswa pindahan merupakan mahasiswa yang pindah dari perguruan tinggi lain ke ITATS

Untuk informasi seperti persyaratan pendaftaran, prosedur pendaftaran, ketentuan, jadwal pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca langsung di bawah ini.

I. Penerimaan Mahasiswa Baru Reguler

A. Persyaratan Pendaftaran

Diterima tanpa test apabila memenuhi salah satu syarat di bawah ini :
  1. Rata-rata nilai rapor kelas X dan XI minimal 7 (khusus bagi siswa / siswi kelas XII yang belum lulus), ATAU
  2. Rata-rata Nilai UNAS minimal minimal 6,0 (untuk skala nilai 0 – 10)

B. Ketentuan Pendaftaran

Bagi siswa-siswi SMA / SMK / MA kelas XII atau sudah lulus yang ingin mendaftar di ITATS harus mengetahui dan mengikuti ketentuan pendaftaran berikut ini :
  1. Siswa-siswi diterima tanpa test apabila memenuhi persyaratan di atas
  2. Siswa-siswi memperoleh potongan Dana Pembangunan ( DP ) yang besarnya sesuai dengan periode pendaftaran yang dilakukan. Mendaftar di periode pertama akan mendapatkan Potongan Dana Pembangunan terbesar dibanding periode berikutnya.
  3. Bagi siswa-siswi calon mahasiswa baru ITATS yang memiliki prestasi olah-raga, seni, akademik, dan lain-lain akan memperoleh potongan DP maksimal 25 % untuk tingkat propinsi, 40 % tingkat nasional, 60 % tingkat internasional.
  4. Pembayaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP), Dana Pembangunan (DP), Dana Kegiatan Pendahuluan dan biaya lain-lainnya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali kecuali memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan.

C. Prosedur Pendaftaran
  1. Menyerahkan fotocopy rapor kelas X dan XI yang disahkan Kepala Sekolah (untuk sementara) bagi yang belum lulus, atau menyerahkan Ijasah dan SKHUN bagi yang sudah lulus.
  2. Membayar uang pendaftaran sebesar sesuai ketentuan
  3. Mengisi dan menyerahkan Formulir pendaftaran calon mahasiswa.
  4. Menyerahkan pas foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 5 lembar, fotocopy Kartu Keluarga (KK), dan foto copy Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) 1 lembar (bila sudah punya).
  5. Pendaftaran bisa dilakukan secara individu dengan datang langsung ke sekretaríat pendaftaran mahasiswa baru di kampus ITATS atau secara kolektif yang dikoordinir oleh pihak sekolah, atau melalui pendaftaran online melalui laman pmb.itats.ac.id

II. Penerimaan Mahasiswa Transfer (dari jenjang Diploma ke Sarjana)

Mahasiswa Transfer adalah mahasiswa yang berasal dari Jenjang Diploma PTN, Perguruan Tinggi Kedinasan, atau PTS yang program studinya telah terakreditasi BAN-PT dengan melampirkan :
  1. Foto copy Ijazah dari perguruan tinggi asal yang sudah dilegalisir.
  2. Foto copy Transkrip nilai dari perguruan tinggi asal yang sudah dilegalisir.
  3. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 cm sebanyak 3 lembar.
  4. Fotocopy KK dan KTP masing-masing 1 lembar. 

III. Penerimaan Mahasiswa Pindahan jenjang Sarjana (S1)

Mahasiswa Pindahan adalah mahasiswa yang berasal dari PTN, Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTS yang program studinya telah terakreditasi BAN-PT dengan melampirkan :
  1. Surat pindah dari perguruan tinggi asal.
  2. Foto copy daftar nilai komulatif dari perguruan tinggi asal yang sudah dilegalisir.
  3. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 cm sebanyak 3 lembar

IV.  Sekretariat Pendaftaran & Penerimaan Mahasiswa Baru ITATS

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut kamu dapat menghubungi :
Ruang Pelayanan Satu Atap ( PSA ) – Kampus ITATS
Jl. Arief Rahman Hakim No. 100 Surabaya – 60117
Telp & Fax.  031-5997244
Senin – Jum’at  : 08.00 – 21.00 WIB
Itulah informasi mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru ITATS beserta hal terkait lainnya. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dibaca langsung di web ITATS.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITATS.

Baca juga :

Demikianlah informasi dari admin tentang Pendaftaran ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya). Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di kampus ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya).

Terima kasih admin sampaikan untuk kamu yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk kembali lagi ke blog ini dan mengajak teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses. Please share this information to your friends.