Pendaftaran PENS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.pens.ac.id 2024 -- Pendaftaran PENS Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB PENS, Pendaftaran PENS Surabaya, Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru PENS, Pendaftaran Online PENS, Jalur Masuk PENS ; Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Kerjasama, Bidikmisi, KIP Kuliah, PJJ, Syarat - Jadwal - Cara Pendaftaran PENS. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi infomasi tentang Pendaftaran PENS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yan ingin menempuh pendidikan tinggi di kampus PENS. Sebelum memasuki bahasan inti, terlebih dahulu kita simak ulasan singkat mengenai kampus PENS berikut ini.


Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau dikenal pula dengan nama PENS adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Surabaya yang menyelenggarakan pendidikan teknologi rekayasa di bidang emerging technology.

Lokasi kampus PENS yaitu di Kampus ITS Sukolilo, Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) memiliki sejarah yang cukup panjang pada masa pendiriannya. Pada awal berdirinya bernama Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET) di tahun 1988 - 1992, kemudian pada tahun 1992 - 1996 namanya adalah Politeknik Elektronik Surabaya (PES), dan akhirnya sejak tahun 1996 hingga sekarang namnya yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Awal sejarah PENS dimulai pada tahun 1985 saat tim studi awal Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk bantuan dan kerjasama teknik yang dikepalai oleh Prof. Y. Naito dari Tokyo Institute of Technology, datang ke politeknik ini.

Setelah melakukan pengamatan dan studi kelayakan di tahun 1986, JICA menyetujui untuk memulai kerjasama teknik di tahun 1987 dengan mengirim 5 orang pengajar Indonesia ke perguruan tinggi teknologi di Jepang. Kemudian terus mengalami serangkaian pengembangan dan kemajuan hingga seperti saat ini.

Visi PENS :
"Menjadi pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa di bidang emerging technology dalam skala nasional maupun internasional"

Program Studi Jenjang Diploma 3 (D3) :
  • Teknik Elektronika
  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Elektro Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknologi Multimedia Broadcasting
  • Teknik Informatika Kampus Lamongan
  • Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Lamongan
  • Teknik Informatika Kampus Sumenep
  • Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Sumenep

Program Studi Jenjang Sarjana Terapan (D4) :
  • Teknik Elektronika
  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Elektro Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknik Komputer
  • Teknik Mekatronika
  • Sistem Pembangkit Energi
  • Teknologi Game
  • Teknologi Rekayasa Internet
  • Teknologi Rekayasa Multimedia
  • Sains Data Terapan

Program Studi Jenjang Pasca Sarjana :
  • Magister Terapan Teknik Elektro
  • Magister Terapan Teknik Informatika dan Komputer

Pendidikan Jarak Jauh :
  • PJJ Teknik Informatika
  • PJJ Teknik Telekomunikasi

Itulah sekilas informasi mengenai kampus PENS. Dilihat dari program studi yang ada di PENS, banyak sekali pilihannya. Kaian bisa memilih satu program studi utama dan pilih juga program studi cadangan.

Nanti pada saat pendaftaran calon mahasiswa baru, kalian harus mengisi data pendaftaran yang cukup banyak. Salah satu data yang harus diisi adalah pilihan program studi, ada program studi pilihan 1, pilihan 2, dan kadang sampai pilihan ke 3. Jadi, harus dipersiapkan dari sekarang pilihan program studinya.

Untuk bisa masuk ke PENS, maka kalian harus memilih salah satu jalur seleksi yang dibuka. Tentu saja jalur seleksi yang dibuka tidak hanyak satu. PENS membuka cukup banyak jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yaitu jalur SNBP, SNBT, dan SIMANIDRIPENS

Kalian dapat memilih salah satu jalur seleksi tersebut lalu mendaftarkan diri jika dapat memenuhi persyaratan yang ditentukan. Setelah melakukan pendaftaran, kemudian mengikuti seleksi yang telah ditentukan. Selanjutnya tunggu pengumuman kelulusan.

Jika dinyatakan lulus seleksi, maka segera melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Namun jika dinyatakan tidak lulus seleksi, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka.

Nah, untuk mengetahui seperti apa jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh PENS, maka silahkan simak pembahasan rincinya di bawah ini.

A. Pendaftaran PENS Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN yang salah satunya adalah PENS. Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari Sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data PDSS.

Setelah direkomendasikan, siswa dapat memulai proses pendaftaran dengan membuat akun SNPMB kemudian melengkapi data pendaftaran hingga selesai.

Untuk informasi seperti persyaratan, prosedur, jadwal, biaya, mekanisme seleksi, pilihan program studi, pilihan politeknik / PTN, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBP.

B. Pendaftaran PENS Jalur SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) merupakan jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi yang pelaksanaannya seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Jalur SNBT terbuka untuk lulusan SMA, MA, SMK, sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir yang memenuhi persyaratan.

Proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri secara online melalui laman resminya dengan membuat akun SNPMB kemudian melengkapi formulir pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Untuk keterangan lebih lanjut seperti persyaratan, prosedur, jadwal, biaya, pilihan program studi, pilihan politeknik / PTN, dan lain-lain bisa ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBT.

C. Pendaftaran PENS Jalur SIMANDIRIPENS

SIMANDIRIPENS atau Seleksi Mandiri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya merupakan jalur seleksi ujian tertulis masuk ke PENS.

Jalur ini terbuka untuk lulusan SLTA sederajat maksimal 3 tahun terakhir .

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses alamat SIMANDIRI Online di simandiri.pens.ac.id

Jadwal pendaftaran jalur SIMANDIRIPENS diperkirakan dibuka pada bulan Mei s/d Juni. Untuk jadwal rinci dan keterangan lainnya silahkan lihat langsung di website resmi.

D. Pendaftaran PENS Program Lanjut Jenjang

Program Lanjut Jenjang Dibuka untuk calon mahasiswa lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke jenjang D4 di PENS.

Program Lanjut Jenjang PENS dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Lanjut Jenjang (LJ) Khusus Lulusan PENS
  • Lanjut Jenjang (LJ) Khusus Lulusan Non PENS

Program Lanjut Jenjang dibuka untuk lulusan 3 tahun terakhir pada jenjang D3.

Pendaftaran Lanjut Jenjang secara online di laman https://pmb.pens.ac.id/daftar/ . Informasi lainnya juga dapat diakses di laman tersebut.

E. Pendaftaran PENS untuk Program PJJ

Program PJJ diperuntukkan bagi Program Studi: D3 PJJ Teknik Informatika dan D4 PJJ Teknik Telekomunikasi. 

Pendidikan Jarak Jauh PENS dibuka untuk 3 jalur berikut :
  • PMB PJJ Reguler : untuk mahasiswa reguler
  • PMB LJ PJJ Poltekbang : untuk lanjut jenjang kerjasama dengan Poltekbang
  • PMB PJJ WNI Luar Negeri : untuk mahasiswa Indonesia yang ada di luar negeri.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website https://pmb.pens.ac.id . 

F. Pendaftaran KIP Kuliah PENS

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Calon peserta harus terdaftar di salah satu jalur seleksi yaitu jalur SNBP, SNBT, atau mandiri.

Panduan tentang tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tanggal pendaftaran, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, keunggulan KIP Kuliah dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa baru untuk bisa masuk dan dterima sebagai mahasiswa baru PENS. Pilihan salah satu jalur yang diprediksikan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusan.

Untuk pengumuman kelulusan dari jalur seleksi di atas dapat  di lihat secara online melalui alamat pmb.pens.ac.id

Untuk infomasi lain yang diperlukan dapat dilihat pada alamat tersebut atau alamat masing-masing jalur pendaftaran. Jika ada perubahan / perbedaan info, maka ikuti yang ada di alamat tersebut.

Sumber : 

Silahkan Baca Juga :

Demikian penyampaikan informasi tentang Pendaftaran PENS Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk sharing  pada teman.