Batas Umur Masuk Polisi / Pendaftaran Polisi 2024-2025

Batas Umur Masuk Polisi / Polri 2024 -- Berapa Umur Maksimal Pendaftaran Anggota Polri, Berapa Batas Usia Masuk Polisi, Batas Umur Mendaftar Polisi, Batas Umur Pendaftaran Perwira, Bintara, Tamtama Polri, SIPSS Polri, Akpol, Batas Umur Masuk Caba - Cata Polri, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Batas Umur Masuk Polisi / Pendaftaran Polisi 2024-2025. Informasi ini ditujukan bagi kalian semua yang berkeinginan untuk menjadi calon anggota Polri / Polisi. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Polisi / Polri adalah salah satu penegak hukum yang ada di Indonesia. Untuk bisa masuk menjadi calon anggota Polisi / Polri, diperlukan persyaratan yang cukup banyak diantaranya yaitu tingkat lulusan (ijazah), umur, tinggi badan, berat badan, dan lain-lain.
Selengkapnya baca pada artikel : Persyaratan Pendaftaran Anggota Polri
Dari beberapa point di atas, salah satu faktor penentu yang menjadi batasan dalam pendaftaran calon anggota Polri / Polisi adalah umur / usia. Usia remaja adalah yang diperbolehkan mendaftar calon anggota polisi, baik itu Bintara, Tamtama, Akpol, dan lainnya. 

Usia remaja dimiliki oleh siswa-siswi tingkat SMA / SMK / sederajat. Jadi, kesempatan untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota Polisi / Polri dimiliki oleh siswa-siswi tingkat SMA / SMK / sederajat

Kesempatan ini jangan sampai disia-siakan. Manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi calon anggota Polisi / Polri.

Batasan umur yang memenuhi persyaratan, ditambah lagi fisik yang kuat, kemampuan akademik yang baik, dan dokumen-dokumen pendukung yang lengkap, dapat menjadikan kalian salah satu yang bakal diterima menjadi anggota Polisi / Polri.

Maksimalkan semua potensi dirimu karena inilah kesempatan terbaikmu. Kesempatan yang sama tidak datang dua kali. Gunakan umurmu dengan sebaik-baiknya untuk meraih dan mewujudkan cita-citamu menjadi calon anggota Polri.

Setelah diterima menjadi anggota Polisi / Polri, selanjutnya akan menempuh pendidikan dalam waktu tertentu. Setelah lulus masa pendidikan, kemudian turun kelapangan untuk menjalankan tugas sebagai anggota Polisi / Polri.

Nah, untuk mengetahui lebih rinci masing-masing Batas Umur Masuk Polisi, silahkan lihat langsung di bawah ini.

1. Batas Umur Masuk Bintara PTU dan Bintara Brimob :
  • lulusan SMA / sederajat usia minimal 17 tahun 6 bulan dan maksimal 21 tahun
  • lulusan D-III usia maksimal 24 tahun
  • lulusan D-IV/S-I usia maksimal 25 tahun
Informasi pendaftaran, baca : Pendaftaran Bintara Polisi

2. Batas Umur Masuk Tamtama Polri :
  • Lulusan SMA / sederajat, Umur minimal 17 tahun 8 bulan dan maksimal 22 tahun
Informasi pendaftaran, baca : Pendaftaran Tamtama Polri

3. Batas Umur Masuk SIPSS Polri :
  • Usia maksimal saat buka pendidikan :
    • Maksimal 40 (empat puluh) tahun untuk Dokter Spesialis;
    • Maksimal 30 (tiga puluh tiga) tahun untuk S-2, dan S-2 Profesi
    • Maksimal 28 (dua puluh sembilan) tahun untuk S-1 Profesi;
    • Maksimal 26 (dua puluh enam) tahun untuk S-1 dan D-IV.
Informasi pendaftaran, baca : Pendaftaran SIPSS Polri atau Penerimaan SIPSS Polri

4. Batas Umur Masuk AKPOL :
  • Lulusan SMA / sederajat, umur minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun
Informasi pendaftaran, baca : Pendaftaran AKPOL

5. Batas Umur Masuk Bintara TI dan Bintara Musik :
  • lulusan SMA / sederajat usia minimal 17 tahun 6 bulan dan maksimal 21 tahun
  • lulusan D-III usia maksimal 24 tahun
  • lulusan D-IV/S-I usia maksimal 25 tahun
Informasi pendaftaran, baca : Pendaftaran Bintara TI dan Bintara Musik

6. Batas Umur Masuk Bintara Perawat, Bintara Penerbangan, Bintara Teknologi Tekstil, Bintara Dakwah Islam, Bintara Kimia, dan Bintara Polair, Bintara Tata Boga :
  • lulusan SMA / sederajat usia minimal 17 tahun 6 bulan dan maksimal 21 tahun
  • lulusan D-III usia maksimal 24 tahun
  • lulusan D-IV/S-I usia maksimal 25 tahun

Batas usia masuk anggota Polisi di atas bisa saja berubah sesuai ketentuan dari Polri saat ini. Jadi harus update juga agar lebih tahu perkembangan yang terbaru. Disinipun admin akan mengupdatenya jika ada yang terbaru.

Bagi kalian yang memenuhi persyaratan batas umur masuk Polisi, maka daftarkan diri kalian nanti pada saat pendaftaran Polisi dibuka. Selengkapnya dapat dilihat di Jadwal Pendaftaran Anggota PolriPahami juga informasi Alur Pendaftaran Polri agar nanti sudah paham ketika mendaftarkan diri.

Baca Juga :

Demikianlah infomasi tentang Batas Umur Masuk Polisi / Pendaftaran Polisi yang perlu diketahui sejak sekarang terutama bagi yang ingin mendaftarkan diri. Persiapkan juga persyaratan lain untuk pendaftaran Polisi. Terima kasih telah membaca artikel ini, jangan lupa untuk sharing pada teman lainnya.