Pendaftaran POLNEP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polnep.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLNEP Pontianak Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB POLNEP, Penerimaan Mahasiswa Baru POLNEP, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru POLNEP, Syarat - Jadwal - Cara Pendaftaran Kuliah di POLNEP, Jalur Masuk POLNEP ; Jalur SNBP, SNBT, Bidikmisi, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Informasi yang admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran POLNEP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini diujukan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Pontianak. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak di bawah ini.


Politeknik Negeri Pontianak atau disingkat dengan nama POLNEP adalah Politeknik Negeri di Pontianak yang menyelenggarakan pendidikan di bidang vokasi.

Lokasi kampus POLNEP yaitu di jl. Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) berdiri pada areal tanah 6.3 hektar berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 80/DIKTI/KEP/1985. Pada awal berdirinya Polnep memiliki nama Politeknik Universitas Tanjungpura dengan 3 jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro.

Seiring berjalannya waktu, POLNEP terus mengalami peningkatan, baik dari jumlah jurusan, program studi ataupun sarana dan prasarana pendidikan, dan lainnya.

Berikut daftar jurusan dan prgram studi yang ada di POLNEP :

# Jurusan Teknik Mesin terdiri dari Program Studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D4 Teknik Mesin
  • D1 Operator dan Perawatan Alat Berat

# Jurusan Teknik Sipil terdiri dari Program Studi :
  • D3 Teknik Sipil
  • D4 Perencanaan Perumahan dan Pemukiman

# Jurusan Teknik Elektro terdiri dari Program Studi :
  • D3 Teknik Listrik
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknik Informatika

# Jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari Program Studi :
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D4 Administrasi Negara
  • D4 Administrasi Bisnis Otomotif

# Jurusan Akuntansi terdiri dari Program Studi :
  • D3 Akuntansi 
  • D4 Akuntansi 
  • D3 Akuntansi PSDKU Sanggau

# Jurusan Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi :
  • D4 Pengolahan Hasil Perkebunan Terpadu (PHPT)
  • D4 Manajemen Perkebunan (MP)
  • D4 Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP)

# Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi :
  • D3 Pengelolahan Hasil Perikanan
  • D3 Teknologi Penangkapan Ikan
  • D3 Budidaya Perikanan

# PDD Politeknik Negeri Pontianak Kapuas Hulu

# Jurusan Teknik Arsitektur terdiri dari Program Studi :
  • D3 Arsitektur
  • D4 Arsitektur Bangunan Gedung
  • D4 Desain Kawasan Binaan

Bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di POLNEP, maka bisa memilih salah satu program studi yang ada di atas. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kalian miliki.

Dengan pemilihan program studi yang tepat dan sesuai harapan, maka nantinya saat menjalani perkuliahan bisa berjalan lancar dan nyaman tanpa masalah yang berarti.

Nah, sebagai langkah awal yang harus dilakukan untuk bisa menempuh pendidikan di POLNEP yaitu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru. Pendaftaran calon mahasiswa baru dilakukan di setiap tahun ajaran baru karena di saat itulah POLNEP membuka penerimaan.

Penerimaan mahasiswa baru POLNEP dilakukan melalui beberapa jalur seleksi seperti jalur SNBP, jalur SNBT, l, dan jalur Mandiri.

Jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi dan lulusan tahun ini. Sedangkan jalur SNBT dan jalur mandiri diperuntukkan bagi siswa lulusan SLTA sederajat dan juga bagi yang telah bekerja dengan batas usia sesuai ketentuan.

Kalian dapat mengikuti salah satu jalur seleksi tersebut dengan cara melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi yang diadakan oleh panitia. Jika nantinya dinyatakan lolos seleksi, maka segera melakukan pendaftaran ulang sesuai ketentuan.

Namun jika tidak lulus dari jalur seleksi tersebut, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka. Untuk kesempatan yang kedua ini, jangan sampai disia-siakan. Persiapkan diri kalian untuk serius dalam menghadapi ujian / tes yang diberikan oleh panitia. 

Berikut ini langsung saja simak pembahasan inti dar artikel ini tentang penerimaan mahasiswa baru POLNEP

A. Pendaftaran POLNEP Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN di Indonesia, salah satunya POLNEP.

Jalur ini ditujukan bagi siswa berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang dilihat dari nilai raport dan siswa tersebut merupakan siswa yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data pendaftaran di laman PDSS.

Siswa yang telah direkomendasikan dapat mulai melakukan pendaftaran dengan membuat akun SNPMB lalu lakukan pengisian data pendaftaran sesuai formulir yang tersedia. Lengkapi data tersebut hingga mencetak kartu peserta SNBP.

Infomasi lebih lanjut seperti persyaratan, prosedur, biaya, jadwal, cara pendaftaran, pilihan program studi, daftar Politeknik Negeri lainnya, dan informasi penting lainnya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBP atau Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran POLNEP Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke POLNEP yang seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat bisa mendaftar di jalur ini asalkan bisa memenuhi persyaratanya.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengisi data pendaftaran online melalui laman resminya. Mula-mula membuat akun SNPMB kemudian mengisi data pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Infomasi lebih lanjut seperti persyaratan, link, prosedur, jadwal, cara pendaftaran, pilihan program studi, daftar Politeknik Negeri lainnya, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBT atau Pendaftaran UTBK SNBT.

C. Pendaftaran POLNEP Jalur Mandiri

Selain jalur seleksi nasional, POLNEP juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya melalui tes.

Silahkan daftarkan diri untuk yang berminat mengikuti jalur seleksi mandiri ini.

Persyaratan Pendaftaran Secara Umum:
  • Memiliki NISN
  • Lulusan SMA, MA. SMK, dan Paket C
  • Memiliki Ijazah / Surat Keterangan Lulus
  • Usia tidak lebih dari 25 tahun di akhir Agustus

Alur Pendaftaran Secara Umum :
  • Membuat akun di laman spmb.polnep.ac.id
  • Melakukan pembayaran
  • Mencetak formulir dan melengkapi data pendaftaran

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan silahkan kunjungi laman pmb.polnep.ac.id

D. Pendaftaran KIP Kuliah POLNEP

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik.

Calon peserta yang ingin mengajukan diri mengikuti KIP Kuliah harus terdaftar di salah satu jalur SNBP, SNBT, atau mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id .

Penjelasan lebih lengkap tentang KIP Kuliah seperti tata cara pendaftaran, syarat pendaftaran, tanggal pendaftaran, tanya jawab KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, keunggulan KIP Kuliah dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berjudul : Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru POLNEP. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat ditanyakan langsung pada panitia melalui kontak yang tersedia di website atau membacanya langsung di website pada alamat pmb.polnep.ac.id 

Catatan : Jika ditemukan perbedaan informasi, maka ikuti update terbaru dari yang ada di web resmi tersebut.

Demikian penyampaian tentang Pendaftaran POLNEP Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kalian.

Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk berbagi pada teman lain yang membutuhkan dan terus kunjungi blog ini ya. Semoga sukses.