Pendaftaran POLNEP 2018/2019 (Politeknik Negeri Pontianak)

pmb.polnep.ac.id 2018 -- Pendaftaran POLNEP Pontianak 2018, PMB POLNEP, Penerimaan Mahasiswa Baru POLNEP, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru POLNEP, Syarat - Jadwal - Cara Pendaftaran Kuliah di POLNEP, Jalur Masuk POLNEP ; Jalur PMDK-PN, UMPN, Bidikmisi. 2020.

Informasi yang admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran POLNEP 2018/2019 (Politeknik Negeri Pontianak). Informasi ini diujukan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Pontianak. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak di bawah ini.


Politeknik Negeri Pontianak atau disingkat dengan nama POLNEP adalah Politeknik Negeri di Pontianak yang menyelenggarakan pendidikan di bidang vokasi.

Lokasi kampus POLNEP yaitu di l. Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) berdiri pada areal tanah 6.3 hektar berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 80/DIKTI/KEP/1985. Pada awal berdirinya Polnep memiliki nama Politeknik Universitas Tanjungpura dengan 3 jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro.

Seiring berjalannya waktu, POLNEP terus mengalami peningkatan, baik dari jumlah jurusan, program studi ataupun sarana dan prasarana pendidikan, dan lainnya.

Jurusan dan Program Studi yang ada di POLNEP, yaitu
  • Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari Program Studi : Program Studi Teknik Sipil (D3) dan Program Studi Perencanaan Perumahan Dan Pemukiman (D4).
  • Jurusan Teknik Mesin terdiri dari Program Studi : Program Studi yaitu Program Studi Teknik Mesin (D4), Program Studi Teknik Mesin (D3) dan Program Studi Operator & Peralatan Alat Berat (D1).
  • Jurusan Teknik Elektro terdiri dari Program Studi : Program Studi Teknik Listrik (D3) , Program Studi Teknik Elektronika (D3) dan Program Studi Teknik Informatika (D3) .
  • Jurusan Adminsitrasi Bisnis terdiri dari program studi Diploma III  Administrasi Bisnis, Diploma IV Administrasi Negara
  • Jurusan Akuntansi terdiri dari program studi Diploma III Akuntansi, Diploma IV Akuntansi
  • Jurusan Teknologi Pertanian terdiri dari program studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (D3), Manajemen Perkebunan (D4), dan Budidaya Tanaman Perkebunan (D4).
  • Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program studi : Budidaya Perikanan (D3), Teknologi Penangkapan Ikan (D3), dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (D3)
  • Jurusan Teknik Arsitektur terdiri dari Program studi : Program Studi Arsitektur (D3), Program Studi Arsitektur Bangunan Gedung (D4) dan Program Studi Desain Kawasan Binaan (D4)

Serta PPD berikut :

  • PDD Kota Singkawang dengan Program Studi D2 Teknik Informatika dan D2 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.
  • PDD Kabupaten Polewali Mandar dengan Program Studi D2 Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan dan D2 Teknik Mesin.
  • PDD Kabupaten Kapuas Hulu dengan Program Studi D3 Teknik Sipil, D3 Teknologi Budidaya Perikanan dan D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.

Bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di POLNEP, maka bisa memilih salah satu program studi yang ada di atas. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kalian miliki.

Dengan pemilihan program studi yang tepat dan sesuai harapan, maka nantinya saat menjalani perkuliahan bisa berjalan lancar dan nyaman tanpa masalah yang berarti.

Nah, sebagai langkah awal yang harus dilakukan untuk bisa menempuh pendidikan di POLNEP yaitu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru. Pendaftaran calon mahasiswa baru dilakukan di setiap tahun ajaran baru karena di saat itulah POLNEP membuka penerimaan.

Penerimaan mahasiswa baru POLNEP dilakukan melalui beberapa jalur seleksi seperti jalur PMDK-PN, jalur UMPN Nasional, jalur UMPN Mandiri, dan Bidikmisi.

Jalur PMDK-PN hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi dan lulusan tahun ini. Sedangkan jalur UMPN Nasional dan jalur UMPN Mandiri diperuntukkan bagi diperuntukkan bagi siswa lulusan SLTA sederajat dan juga bagi yang telah bekerja dengan batas usia sesuai ketentuan. Sedangkan Bidikmisi diperuntukkan bagi lulusan SLTA tahun ini dan tahun kemaren.

Kalian dapat mengikuti salah satu jalur seleksi tersebut dengan cara melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi yang diadakan oleh panitia. Jika nantinya dinyatakan lulus seleksi, maka segera melakukan pendaftaran ulang sesuai ketentuan.

Namun jika tidak lulus dari jalur seleksi tersebut, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka. Untuk kesempatan yang kedua ini, jangan sampai disia-siakan. Persiapkan diri kalian untuk serius dalam menghadapi ujian / tes yang diberikan oleh panitia. 

Berikut ini langsung saja simak pembahasan inti dar artikel ini tentang penerimaan mahasiswa baru POLNEP

A. Pendaftaran POLNEP Jalur PMDK-PN

PMDK-PN adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke Politeknik Negeri di Indonesia, salah satunya POLNEP. Jalur ini ditujukan bagi siswa berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang dilihat dari nilai raport dan siswa tersebut merupakan siswa yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data pendaftaran di pmdk.politeknik.or.id/daftar/ lalu pilih menu sekolah. Siswa yang telah direkomendasikan akan diberi kode akses berupa username dan password untuk login ke alamat tersebut pada menu siswa.

Setelah login, lakukan pengisian data pendaftaran sesuai formulir yang tersedia. Lengkapi data tersebut hingga mencetak kartu peserta PMDK-PN.

Infomasi lebih lanjut seperti persyaratan, prosedur, jadwal, cara pendaftaran, pilihan program studi, daftar Politeknik Negeri lainnya, dan informasi penting lainnya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran PMDK-PN Online atau Pendaftaran PMDK-PN.

B. Pendaftaran POLNEP Jalur UMPN

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke POLNEP. Ada 2 jenis jalur UMPN di POLNEP, yaitu UMPN Nasional dan UMPN Mandiri.

UMPN Nasional pelaksanaannya dilakukan bersamaan dengan Politeknik Negeri lainnya, sedangkan  UMPN Mandiri / Lokal dilaksanakan sendiri oleh POLNEP.

Calon mahasiswa yang bisa mendaftar di jalur ini adalah calon mahasiswa reguler dan calon mahasiswa non reguler. Calon mahasiswa reguler adalah calon mahasiswa yang pada umumnya belum bekerja, sedangkan calon mahasiswa nonreguler adalah calon mahasiswa yang telah bekerja di suatu instansi pemerintah ataupun swasta.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti seleksi jalur UMPN Nasional ataupun UMPN Mandiri / Lokal beserta ketentuan penting lainnya.

1. Persyaratan Pendaftaran UMPN Nasional dan UMPN Mandiri

a. Syarat pendaftaran Calon Mahasiswa Reguler :
  1. Scan Ijazah & NEM  atau Surat Keterangan Lulus (SKL)  dilegalisir.
  2. Softcopy / file foto (latar belakang biru/laki-laki, latar belakang merah / perempuan)
  3. Scan KTP dan Kartu Keluarga
  4. Berumur maksimal 24 tahun

b. Syarat pendaftaran Calon Mahasiswa non Reguler (Khusus) :
  1. Scan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Instansi atau Perusahaan tempat bekerja.
  2. Scan Ijazah & NEM (dilegalisir).
  3. Softcopy / file foto (latar belakang biru/laki-laki, latar belakang merah/perempuan)
  4. Scan KTP dan Kartu Keluarga
  5. Berumur maksimal 45 tahun

2. Alur Pendaftaran UMPN Nasional dan UMPN Mandiri / Lokal
  1. Buka website spmb.polnep.ac.id
  2. Melakukan registrasi baru dengan mengisi data pendaftaran online
  3. Mencetak username, password, dan ID pendaftaran
  4. Membayar biaya pendaftaran di Bank Kalbar dengan menunjukkan ID pendaftaran
  5. Username dan password akan aktif setelah transaksi pembayaran
  6. Login ke alamat di atas menggunakan username dan pasword tersebut
  7. Melengkapi biodata peserta, asal sekolah, orang tua / wali, pilihan prodi, dan lainnya.
  8. Cetak kartu peserta ujian

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran UMPN Nasional diprediksikan dibuka pada bulan Mei, sedangkan UMPN Mandiri diprediksikan dibuka pada bulan Juni hingga Juli. Tanggal pendaftaran dapat dilihat langsung di web resmi.

4. Kelengkapan Berkas Setelah Lulus
  1. Scan Surat Keterangan Sehat  jasmani dan rohani dari  Dokter
  2. Scan Surat Keterangan Tidak buta warna dari Dokter (asli),  khusus Program Studi Rekayasa
  3. Scan Surat keterangan Bebas Narkoba
  4. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian /SKCK
  5. Scan Kartu Keluarga
  6. Scan Kwitansi Pembayaran Daftar Ulang (Registrasi)


C. Pendaftaran Bidikmisi di POLNEP

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Calon mahasiswa tersebut merupakan lulusan dari sekolah pada tahun kemaren dan lulusan tahun ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id . Untuk informasi penting lainnya seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, dan lain-lain dapat dibaca langsung pada artikel Pendaftaran Bidikmisi, Pendaftaran Bidikmisi Jalur PMDK-PN, dan Pendaftaran Bidikmisi Jalur UMPN.


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru POLNEP. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat ditanyakan langsung pada panitia melalui kontak yang tersedia di website atau membacanya langsung di website pada alamat pmb.polnep.ac.id 

Informasi ini berusmber dari alamat di atas. Jika ditemukan perbedaan informasi, maka ikuti update terbaru dari yang ada di web resmi tersebut.

Demikian penyampaian tentang Pendaftaran POLNEP (Politeknik Negeri Pontianak). Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kalian.

Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk berbagi pada teman lain yang membuutuhkan dan terus kunjungi blog ini ya. Semoga sukses.