Pendaftaran POLIBAN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

poliban.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLIBAN Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru POLIBAN, Pendaftaran Kuliah di POLIBAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLIBAN, Jalur Masuk POLIBAN ; Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Syarat - Jadwal - Cara Daftar. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran POLIBAN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di POLIBAN.


Politeknik Negeri Banjarmasin dikenal pula dengan nama POLIBAN adalah salah satu Politeknik Negeri di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang vokasi.

Lokasi kampus POLIBAN yaitu di alan Brigjen H. Hasan Basry, Pangeran, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pada awal berdirinya tahun 1986 bernama Politeknik Univesitas Lambung Mangkurat. Kemudian Politeknik tersebut dinyatakan telah mandiri dan berubah statusnya menjadi Politeknik Negeri Banjarmasin yang didasarkan pada terbitnya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 080 pada tanggal 28 April 1997.

Jurusan dan Program Studi yang ada di POLIBAN, yaitu :

Jurusan Teknik Sipil dan Kebumian, terdiri dari program studi :
  • D4 Teknik Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • D4 Teknik Bangunan Rawa
  • D4 Tekonologi rekayasa geomatika dan survei
  • D3 Teknik Sipil
  • D3 Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Rekayasa Otomotif
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Alat Berat
  • D2 Tata Operasi Dan Pemeliharaan Prediktif Alat Berat

Jurusan Teknik Elektro, terdiri dari program studi :
  • D4 Sistem Informasi Kota Cerdas
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  • D4 Teknologi Rekayasa Otomasi
  • D3 Teknik Listrik
  • D3 Elektronika
  • D3 Teknik Informatika

Jurusan Akuntansi, terdiri dari program studi :
  • D4 Akutansi Lembaga Keuangan Syariah
  • D3 Akutansi
  • D3 Komputerisasi Akutansi

Jurusan Administrasi Bisnis, terdiri dari program studi :
  • D4 Bisnis Digital
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D3 Manajemen Informatika

Itulah sekilas informasi mengenai kampus POLIBAN. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa POLIBAN adalah politeknik negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang vokasi.

Banyak pilihan program studi yang ada di POLIBAN yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru, baik program studi jenjang Diploma 3 ataupun program studi jenjang Diploma 4.

Dengan mengetahui program studi yang ada di POLIBAN, maka nanti saat mendaftarkan diri untuk masuk kuliah di POLIBAN telah memiliki satu pilihan program studi yang sangat diminati sebagai pilihan utama dan juga tentukan program studi pilihan kedua sebagai program studi cadangan.

Pada saat pendaftaran sebagai mahasiswa baru, calon peserta harus melakukan pendaftaran secara online. Nah disitulah data-data pendaftaran diinput, salah satunya data pilihan program studi.

Setelah semua data diisi secara lengkap sesuai formulir pendaftaran online yang tersedia, selanjutnya menyerahkan berkas pendaftaran pada panitia baik secara langsung ataupun via jasa pengiriman  sesuai ketentuan dari masing-masing jalur seleksi yang diikuti.

Ada beberapa jalur seleksi masuk POLIBAN yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa baru. Jalur seleksi yang dimaksud yaitu jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur Mandiri yang ada beberapa macam.

Silahkan ikuti satu jalur seleksi yang diinginkan. Jika nanti dinyatakan lulus, selanjutnya melakukan pendaftaran ulang. Dan apabila dinyatakan tidak lulus dari jalur seleksi tersebut, maka ikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka.

Sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi ujian seleksi untuk jalur tes, maka dapat mengikuti bimbel, privat, atau belajar mandiri dengan serius, membaca buku-buku pelajaran dan pelajari trik-trik cepat menyelesaikan soal.

Dengan persiapan yang maksimal, mudah-mudahan harapan untuk diterima sebagai mahasiswa baru POLIBAN dapat terwujudkan. Amin.

Nah berikut ini langsung saja admin sampaikan tentang jalur-jalur seleksi masuk POLIBAN beserta ketentuan-ketentuannya. Simak dengan baik ya.

A. Pendaftaran POLIBAN Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri / PTN di Indonesia, salah satunya POLIBAN. Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari sekolahnya tahun ini.

Seleksi jalur SNBP bukan didasarkan pada hasil ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport. Dapat dikatakan bahwa jalur ini adalah jalur tanpa tes.

Proses pendaftaran SNBP diawali dengan pengisian data di laman PDSS oleh pihak sSekolah sebagai bentuk rekomendasi terhadap siswa-siswi terbaiknya. 

Siswa yang telah direkomendasikan selanjutnya membuat akun SNPMB lalu melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi seperti persyaratan pendaftaran, prosedur pendaftaran, pemberian rekomendasi oleh kepala sekolah, pengisian data oleh siswa, jadwal pelaksanaan, pilihan program studi, daftar Politeknik, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran Mahsiswa Baru Jalur SNBP atau Pendaftaran SNBP Online.

B. Pendaftaran POLIBAN Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke POLIBAN yang dilaksanakan serentak dengan Politeknik Negeri lainnya.

Seleksi di jalur SNBT ini dilakukan mellaui jujian tulis berbasis komputer atau UTBK. Melekatnya UTBK pada jalur SNBT sehingga jalur ini sering disebut jalur UTBK SNBT.

Jalur SNBT terbuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir (lulus tahun ini, tahun kemaren, dan kemarennya lagi) yang memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya untuk membuat akun SNPMB dan melengkapi data pendaftaran. Link pendaftaran akan ditemukan pada artikel lanjutan di bawah ini.

Untuk keterangan lain seperti link pendaftaran, persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftarm pilihan perguruan tinggi dan program studi, dan lain-lain silahkan temukan pada artikel Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBT atau Pendaftaran UTBK SNBT.

C. Pendaftaran KIP Kuliah POLIBAN

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang ditujukan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, salah satunya Poliban.

Calon peserta harus terdaftar di salah satu jalur KIP Kuliah yang dibuka oleh POLIBAN yaitu KIP Kuliah untuk peserta SNBP, KIP Kuliah untuk peserta SNBT, dan KIP Kuliah untuk peserta jalur mandiri (jika dibuka) . 

Penjelasan lainnya tentang KIP Kuliah seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tanggal pendaftaran, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, keunggulan KIP Kuliah dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

D. Pendaftaran POLIBAN Jalur Mandiri

Selain membuka jalur seleksi nasional, POLIBAN juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menerima calon mahasiswa baru.

Ada 3 jalur mandiri yang dibuka oleh POLIBAN yaitu :
  • Jalur Mandiri Prestasi
    • Jalur ini dapat diikuti oleh siswa-siswi berprestasi yang memenuhi kriteria sesuai ketentuan. 
  • Jalur Mandiri Tes
    • Jalur ini dapat diikuti oleh calon peserta yang berkeinginan mendaftar
  • Jalur Mandiri Kerjasama
    • Jalur ini hanya bisa diikuti oleh SMK terpilih untuk mendaftarkan siswa-siswinya.

Untuk pendaftaran jalur mandiri melalui laman https://pmb.poliban.ac.id lalu pilih salah satu jalur mandiri yang akan diikuti. Infomasi yang dibutuhkan silahkan kunjungi laman tersebut.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke POLIBAN. Silahkan ikuti jalur yang diperkirakan bisa memberikan peluang besar untuk lulus seleksi. 

Untuk informasi lain yang diperlukan dapat ditemukan di website resmi POLIBAN. Apabila ada perubahan atau perbedaan info, maka ikuti yang ada di website resmi tersebut.

Mari Baca Juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran POLIBAN Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan di atas dapat memberikan manfaat dan dapat dijadikan sebagai panduan dalam melakukan proses pendaftaran.  Terima kasih dan jangan lupa terus berkunjung kesini