Pendaftaran POLINES 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polines.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLINES Jalur SNBP - SNBT - MandiriSPMB Polines, Cara Pendaftaran Online POLINES, Pendaftaran Polines Semarang, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLINES, Jalur Masuk Polines ; Jalur SNBP, SNBT, SPA, Kerjasama PT. PLN, UM, SST, Penerimaan Mahasiswa Baru POLINES, KIP Kuliah, Informasi Jadwal - Persyaratan - Cara Pendaftaran Maba POLINES. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran POLINES 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang akan melakukan pendaftaran kuliah di POLINES. Informasi selengkapnya dapat diketahui di bawah ini.


Politeknik Negeri Semarang atau disingkat dengan nama POLINES adalah salah satu Politeknik Negeri di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi.

Kampus POLINES berlokasikan di Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275

Politeknik Negeri Semarang merupakan satu dari enam politeknik yang didirikan dengan bantuan Bank Dunia sesuai Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 03/Dj/Kep/1979. Dengan surat keputusan tersebut, didirikan politeknik di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang dan Malang.

Pada awal didirikan bernama Politeknik Universitas Diponegoro, kemudian mengalami perubahan nama menjadi Politeknik Negeri Semarang (Polines) yang sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kepmendikbud) Nomor 175/O/1997 tanggal 6 Agustus 1997.

Visi POLINES :
"Politeknik Negeri Semarang menjadi Perguruan tinggi Vokasi yang Diakui, Mampu Bersaing, Akuntabel, Berkarakter dan Beretika dalam Penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Bisnis."

Adapun jurusan an program studi yang ada di POLINES yaitu sebagai berikut :

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D3 Konstruksi Gedung
  • D3 Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung
  • D4 Konstruksi Sipil
  • D4 Perancangan Jalan & Jembatan

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Konversi Energi
  • D4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan​
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi​

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Listrik
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik
  • D4 Teknologi Rekayasa Komputer
  • D4 Teknologi Rekayasa Elektronika
  • S2 Teknik Telekomunikasi

Jurusan Akuntansi terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D3 Keuangan dan Perbankan
  • D4 Komputerisasi Akuntansi
  • D4 Perbankan Syariah
  • D4 Analis Keuangan
  • D4 Akuntansi Manajerial

Jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari program studi :
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D3 Manajemen Bisnis Internasional
  • D4 Manajemen Pemasaran
  • D4 Administrasi Bisnis Terapan

Dari penjelasan singkat di atas mengenai POLINES, mungkin kalian semakin tertarik untuk menuntut ilmu di kampus ini. Untuk mewujudkan itu, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLINES.

Dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru, POLINES membukanya di setiap tahun ajaran baru. Ada beberapa jalur seleksi yang bisa diikuti sebagai jalur masuk ke POLINES.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru POLINES yang dimaksud adalah jalur SNMPN, jalur SBMPN, jalur SPA, jalur Kerjasama PT. PLN, jalur UM, jalur SST, dan jalur MST, serta jalur KIP Kuliah.

Dari banyaknya jalur masuk ke POLINES, kalian dapat mengikuti salah satu. Atau jika telah mengikuti satu jalur namun dinyatakan tidak lulus pada jalur tersebut, maka dapat mengikuti jalur berikutnya yang dibuka.

Ketahuilah bahwa POLINES merupakan salah satu Politeknik Negeri ternama. Dengan demikian, tentu saja sangat banyak calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri di POLINES.

Sebagai bentuk kesungguhan kalian untuk bisa diterima menjadi mahasiswa baru POLINES, maka yang sebaiknya dilakukan adalah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin dengan cara belajar , mengikuti try out, bimbel / les privat, ataupun mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran secara lengkap. Dengan persiapkan tersebut, mudah-mudahan keinginan kalian untuk diterima di POLINES dapat terkabulkan. Amin.

Nah, untuk mengetahui seperti apa penjelasan dari masing-masing jalur seleksi masuk ke POLINES, langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

I. Pendaftaran POLINES Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri di Indonesia yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari Sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasinya dengan mengisi data sekolah dan data siswa di laman PDSS. 

Kemudian siswa yang telah direkomendasikan dapat memulai proses pendaftaran dengan membuat akun SNPMB lalu melengkapi data pendaftaran sampai selesai.

login ke alamat tersebut untuk melakukan pengecekan data di alamat tersebut dan melanjutkannya dengan mengisi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi seperti cara pendaftaran, link, prosedur, persyaratan, jadwal, biaya, daftar pilihan program studi, pilihan Politeknik, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBP.

II. Pendaftaran POLINES Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri yang seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Jalur ini dapat diikuti oleh lulusan 3 tahun terakhir tingkat SMA, MA , SMK, dan sederajat.

Pendaftaran SNBT diawali dengan membuat akun SNPMB lalu melengkapi data pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Informasi seperti cara pendaftaran, link, prosedur, persyaratan, jadwal, biaya, daftar pilihan program studi, pilihan Politeknik, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBT.

III. Pendaftaran POLINES Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi masuk ke POLINES yang diperuntukkan bagi lulusan SMA / SMK / MA / MAK baik negeri ataupun swasta.

Ada 2 jalur mandiri yang dibuka oleh POLINES, yaitu :

1. Jalur Mandiri : Seleksi Polines Berdasarkan Prestasi (SPBP)

Jalur SPBP dapat diikuti oleh lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang memiliki prestasi, nilai raport semester 1 s.d. 5., serta memiliki surat keterangan mengenai peringkat pararel dari sekolah.

Prestasi yang dimaksud adalah prestasi unggul di bidang akademik / non akademik pada kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir yang dibuktikan dengan sertifikat / piagam penghargaan dengan kategori prestasi keagamaan, seni, keolahragaan, atau organisasi.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur SPBP.

2. Jalur Mandiri : Seleksi Polines Berdasarkan Tes (SPBT)

Jalur SPBT dapat diikuti oleh lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang berprestasi unggul ataupun tidak berprestasi unggul. Jalur ini seleksinya melalui tes tertulis.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur SPBT.

IV. Pendaftaran POLINES Jalur Kerjasama

Selain jalur reguler, POLINES juga membuka jalur kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dan perusahaan. Biasanya ada PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara), PT MAJ (Mekar Armada Jaya), MSU (Management and Science University) Malaysia, dan lainnya.

Untuk pendaftaran jalur kerjasama ini, dilakukan secara online di pmb.polines.ac.id. Silahkan lakukan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta. Pendaftaran diprediksikan dibuka bulan Maret.

V. Pendaftaran KIP Kuliah POLINES

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dna berpotensi akademik baik.

Calon mahasiswa dapat mengikuti KIP Kuliah dengan mengikuti salah satu jalur seleksi yang dibuka ole POLINES yaitu SNBP, SNBT, atau Mandiri. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut tentang KIP Kuliah seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tanggal pendaftaran, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

VI. Pendaftaran POLINES Jalur SST

Jalur SST atau jalur Sarjana Terapan Lanjut merupakan program pendidikan alih/lanjut jenjang dari jenjang pendidikan D3 ke D4 di Politeknik Negeri Semarang.

Infomasi lebih lanjut silahkan baca di pmb.polines.ac.id lalu klik lanjut jenjang

VII. Pendaftaran POLINES Program Magister Terapan

Jalur Magister Terapan merupakan jalur masuk ke program magister terapan di Politeknik Negeri Semarang.

Untuk informasi pendaftaran dapat dilihat langsung di alamat pmb.polines.ac.id lalu klik program magister


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri Semarang (POLINES). Silahkan pilih salah satu jalur seleksi yang ingin diikuti dengan prediksi bahwa jalur tersebut dapat memberikan peluang besar untuk kelulusan anda.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan info, maka ikuti yang ada di website resmi POLINES.

Mari Baca Juga :
Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran POLINES (Politeknik Negeri Semarang). Mudah-mudahan informasi yang telah disampaikan di atas dapat memberikan pencerahan bagi kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk sharing dan mengajak teman lainnya.