Pendaftaran UNUD 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unud.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNUD Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, Pendaftaran UNUD Online, Pendaftaran Online UNUD, PMB UNUD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNUD, Penerimaan Mahasiswa Baru UNUD, Seleksi Mahasiswa Baru UNUD, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Info Pendaftaran UNUD, Cara Pendaftaran UNUD, Panduan Pendaftaran UNUD, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNUD, Universitas Udayana. 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan kali ini berjudul Pendaftaran UNUD 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informaasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNUD. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Bali adalah salah satu kota wisata ternama di Indonesia. Di Bali banyak sekali Perguruan Tinggi Negri ternama seperti UNUD, UNDIKSHA, dan lain-lain.

UNUD atau Universitas Udayana adalah salah satu Perguruan Tinggi tertua yang berada di Provinsi Bali yang telah didirikan pada 29 September 1962. Moto dari Universitas Udayana (UNUD) adalah Takitakining Sewaka Guna Widya.

Lokasi dari Universitas Udayana (UNUD) beralamatkan di Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia.

Pada saat ini telah banyak Fakultas dan Program Studi yang ada di UNUD, yaitu :
  • Fakultas Sastra dan Budaya terdiri dari Program Studi Antropologi Budaya, Arkeologi, Ilmu Sejarah, Sastra Bali, Sastra Daerah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jawa Kuno, dan Sastra Jepang.
  • Fakultas Kedokteran Fisioterapi terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Gigi, Pendidikan Dokter, Psikologi, Sp1 Ilmu Anestesi dan Terapi Intensif, Sp1 Ilmu Bedah, Sp1 Ilmu Kandungan, Sp1 Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi, Sp1 Kardiologi, Sp1 Kesehatan Anak, Sp1 Kesehatan Kulit & Kelamin, Sp1 Mata, Sp1 Pathologi Anatomi, Sp1 Penyakit Dalam, Sp1 Penyakit Syaraf, Sp1 Psikiatri, Sp1 THT
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Teknik terdiri dari Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknologi Informasi
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi AkuntanAkuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi Akuntan.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Peternakan
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Biologi, Farmasi, Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Komputer/Teknik Informatika, Matematika, dan Profesi Apoteker.
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari Program Studi Kedokteran Hewan
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Teknik Pertanian
  • Fakultas Pariwisata terdiri dari Program Studi D4 Pariwisata, Destinasi Pariwisata, Industri Perjalanan Wisata.
  • Fakultas Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi Ilmu Kelautan terdiri dari Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari Program Studi S2 Agribisnis, S2 Agroteknologi, S2 Akuntansi, S2 Bioteknologi Pertanian, S2 Ergonomi Fisiologi Kerja, S2 Fisiologi Olahraga, S2 Ilmu Biologi, S2 Ilmu Biomedik, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Kenotariatan, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Ilmu Peternakan, S2 Kajian Budaya, S2 Kajian Pariwisata, S2 Kimia Terapan, S2 Linguistik, S2 Manajemen, S2 Teknik Arsitektur, S2 Teknik Elektro, S2 Teknik Mesin, S2 Teknik Sipil, S2 Teknologi Pangan, S3 Ilmu Ekonomi, S3 Ilmu Hukum, S3 Ilmu Kedokteran, S3 Ilmu Manajemen, S3 Ilmu Peternakan, S3 Ilmu Teknik, S3 Kajian Budaya, S3 Pariwisata, dan S3 Pertanian

Dari sejumlah program studi yang terdapat di UNUD, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda untuk menjadi calon mahasiswa UNUD pada tahun ini.

Pada saat anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNUD, maka anda perlu mengetahui informasi penting, salah satunya yaitu informasi tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNUD.

Mengapa hal itu penting untuk diketahui?, karena dengan mengetahui jalur-jalur tersebut, maka anda dapat menentukan jalur mana yang akan diikuti dimana jalur tersebut harus diprediksikan terlebih dahulu bahwa jalur yang akan anda pilih memiliki peluang paling besar untuk kelulusan anda.

Pada tahun ini, UNUD kembali membuka  jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, jalur nusantara dan jalur mandiri. Keterangan lebih lanjut mengenai jalur nasional, jalur nusantara dan jalur mandiri UNUD tersebut akan diberikan berikut ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru UNUD Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNBP, dan SNBT. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran UNUD Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi. Mereka adalah siswa yang duduk di kelas 12 di tahun ini (siswa yang akan lulus di tahun ini).

Seleksi yang dilakukan pada jalur SNBP didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Rekomendasi dari kepala sekolah menjadi titik awal dari serangkaian proses pendaftaran SNBP. yang dilakukan dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu, siswa dapat melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi penting seperti persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi,  jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNUD Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukan bagi calon peserta yang telah lulus jenjang SLTA / sederajat pada lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi SNBT dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di laman resminya.

Informasi berupa persyaratan pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan info lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNUD

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dengan potensi akademik yang baik di SLTA tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

UNUD adalah salah satu kampus yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah pada para penerimanya yang memenuhi syarat.

Bagi yang ingin mendaftar KIP Kuliah, maka dapat melakukannya secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi lebih lanjut seperti syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

Penerimaan Mahasiswa Baru UNUD Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggrakan oleh UNUD untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memenuhi kriteria.

Jalur ini dapat dapat juga disebut sebagai jalur alternatif masuk ke UNUD. Mungkin sebelumnya anda telah mengikuti seleksi masuk UNUD melai jalur nasional atau jalur nusantara, tetapi anda dinyatakan tidak lulus, maka jalur mandiri menjadi solusinya. Berikut informasi mengenai jalur mandiri.

1. Pendaftaran Jalur Non Reguler UNUD

Penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Non Reguler diperuntukkan bagi lulusan SLTA / sederajat serta lulusan Diploma untuk melanjutkan pendidikan di UNUD.

Jalur non Reguler UNUD meliputi program Non SKS, program Ber-SKS, dan program kelas paralel.
  • Jalur Non Reguler Nol-SKS adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi lulusan SLTA/sederajat yang seleksinya dilakukan melalui tes tulis TPA (Tes Potensi Akademik), dan TKD (Tes Kemampuan Dasar).
  • Jalur ber-SKS adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang telah mempunyai transkrip nilai dari institusi pendidikan tinggi yang diakui oleh pemerintah, diperuntukkan bagi lulusan Diploma yang ingin lanjut ke jenjang Sarjana pada bidang yang relevan dimana seleksinya dilakukan melalui tes tulis (TPA) dan Tes Wawancara. 

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat https://nonreguler.unud.ac.id/ . Untuk informasi lainnya juga dapat anda akses melalui alamat tersebut.

2. Pendaftaran Pascasarjana UNUD

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNUD, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur Pascasarjana yang dibuka oleh UNUD. Calon peserta yang berminat mendaftar, maka dapat melakukan pendaftaran di alamat pendaftaran-pasca.unud.ac.id . Informasi lain yang diperlukan dapat diakses melalui alamat tersebut.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNUD (Universitas Udayana). Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda .

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi disini.

Sekian informasi dari admin dan semoga kita bisa termasuk dalam orang-orang yang sukses yang sukses sejak semuda. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.