Pendaftaran UNIPA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unipa.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNIPA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, Pendaftaran UNIPA Online, Pendaftaran Online UNIPA, PMB UNIPA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIPA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIPA, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNIPA, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNIPA, Universitas Papua. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNIPA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran online sebagai calon mahasiswa baru UNIPA. Ayo ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNIPA atau Universitas Papua adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Papua yang berlokasi di Sorong, Manokwari, dan Raja Ampat.

Universitas Papua (UNIPA) didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 153 tahun 2000, tanggal 3 November 2000.

UNIPA merupakan pengembangan dari Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih. UNIPA diresmikan pada hari Sabtu, tanggal 28 Juli 2001 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi atas nama Menteri Pendidikan Nasional.

Universitas Papua (UNIPA) telah memiliki beberapa program studi seperti berikut ini yaitu :

Program Studi Bidang IPA Jenjang Diploma dan Sarjana
  • Agribisnis, Agroteknologi, Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kehutanan, Kimia, Manajemen Sumberdaya Perairan, Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Peternakan, Teknik Geologi, Teknik Informatika, Teknik Listrik, Teknik Pertambangan, Teknologi Hasil Pertanian

Program Studi Bidang IPS Jenjang Diploma dan Sarjana
  • Akuntansi, Antropologi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris

Program Pascasarjana
  • Ilmu Lingkungan, Ilmu Pertanian, dan Ilmu Peternakan.

Itulah daftar Program Studi yang ada di UNIPA yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIPA.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UNIPA untuk menyeleks calon mahasiswa baru. Simak informasinya berikut ini.

A. Pendaftaran UNIPA Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK yang duduk di kelas 12 di tahun ini (siswa yang akan lulus di tahun ini).

Siswa-siswi tersebut tentunya adalah siswa-siswi berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di tiap semester. Prestasi-prestasi tersebut didasarkan pada hasil penelusuran nilai rapor dan portofolio akademik.

Bagi yang ingin mendaftar SNBP, silahkan mengikuti tahapan-tahapan pendaftaran SNBP.  Mintalah rekomendasi kepala sekolahmu.

Info lengkap tentang persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi,  jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UNIPA Jalur SNBT

Jalur SNBT adalah jalur seleksi nasional masuk PTN yang mensyaratkan pesertanya harus memiliki nilai UTBK. Nilai tersebut diperoleh dari hasil tes ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT ini dapat diikuti oleh siswa SMA / SMK / sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Jika tertarik untuk mendaftar SNBT, silahkan kunjungi laman resmi SNBT untuk mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia. Isilah data sesuai dengan data diri yang kamu miliki.

Panduan lainnya seperti persyaratan pendaftaran, langkah-langkah pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT

C. Pendaftaran UNIPA Jalur SESAMA

Seleksi Siswa Andalan Masuk UNIPA (SESAMA-UNIPA) adalah jalur seleksi masuk ke UNIPA yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis.

Seleksi SESAMA-UNIPA hanya diperuntukan khusus bagi siswa-siswi dari SMA, SMK dan MA yang berada di Tanah Papua (Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat).

Persyaratan yang harus dipenuhi:
  • Mengisi formulir pendaftaran peserta SESAMA-UNIPA yang dapat diperoleh melalui Kepala Sekolah, mengambil langsung di BPAK-UNIPA, atau mengunduh di website UNIPA: http//:www.unipa.ac.id
  • Melampirkan fotocopy raport semester 3, 4 dan 5 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah / Pejabat berwenang.

Kemudian mengirim berkas pendaftaran yang dapat diantarkan langsung ke Panitia atau dikirim melalui jasa pengiriman misalnya melalui POS ke alamat:
PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIPA
TAHUN AKADEMIK .....
JL. GUNUNG SALJU AMBAN MANOKWARI, KODE POS 98314
Selanjutnya menunggu pengumuman kelulusan yang dapat dilihat di website UNIPA pada alamat unipa.ac.id atau melalui pihak sekolah masing-masing.

Catatan : Tahun akademik di atas harus di isi sesuai dengan tahun akademik saat ini.

D. Pendaftaran UNIPA Jalur Seleksi Lokal

Jalur seleksi lokal merupakan salah satu jalur seleksi masuk ke UNIPA yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Bagi anda yang telah mengikuti jalur seleksi di atas namun telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur Seleksi Lokal ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat unipa.ac.id . Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat melalui alamat tersebut.

E. Pendaftaran KIP Kuliah UNIPA 

Bidikmisi merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berpotensi akademik.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

UNIPA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan bantuan KIP Kuliah tersebut. 

Bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, silahkan daftarkan diri secara online ke alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lebih lanjut tentang syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

F. Pendaftaran Pascasarjana UNIPA.

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNIPA juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Untuk informasi pendaftaran dapat anda akses melalui alamat website UNIPA pada unipa.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Itulah informasi mengenai Pendaftaran UNIPA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin berikan tersebut dapat menambah atau melengkapi informasi yang telah anda miliki sebelumnya.

Ayo bantu bagikan artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa kembali.