Pendaftaran Politeknik AKA Bogor 2024/2025

pmb.aka.ac.id 2024 -- Pendaftaran Politeknik AKA Bogor, PMB AKA Bogor, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik AKA Bogor, Cara Pendaftaran Online Politeknik AKA Bogor, Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik AKA Bogor, Pendaftaran Kuliah di Politeknik AKA Bogor. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Politeknik AKA Bogor 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di Politeknik AKA Bogor pada tahun ini. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Politeknik AKA Bogor adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Terapan Analisis Kimia.

Pada mulanya, Politeknik AKA Bogor didirikan pada  8 Oktober 1959  dengan nama Akademi Analis dan kemudian berubah lagi menjadi Akademi Kimia Analisis (AKA) pada tahun 29 September 1964. Sejak Desember 2014, bentuk kelembagaan AKA Bogor berubah menjadi Politeknik AKA Bogor.

Kampus Politeknik AKA Bogor berlokasi di dua tempat, yaitu Kampus I di Jl. Pangeran Sogiri No. 283, Tanah Baru, Kec. Bogor Utara dan Kampus II di Jl. Ir. H. Juanda No. 7, Bogor.

Penyelenggaraan pendidikan di Politeknik AKA Bogor bertujuan untuk menghasilan lulusan Ahli Kimia Analisis dan Terapannya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan dan mengembangkan industri.
Baca juga : Pendaftaran Politeknik Pos Indonesia
Nah, bagi kalian yang ingin menjadi tenaga ahli dibidang kimia analis yang sangat dibutuhkan oleh Industri, maka dapat menuntut ilmu di kampus Politeknik AKA Bogor. Banyaknya peluang kerja yang luas dan jelas menjadi salah satu daya tarik untuk kuliah di kampus ini.

Selain itu, fasilitas pembelajaran yang lengkap seperti Laboratorium pendidikan; Sarana perkuliahan seperti lab. bahasa, lab. komputer, dan perpustakaan; Laboratorium uji AKA; Gedung aset dan fasilitas lainnya.

Hal itu tentunya sangat menunjang keberhasilan dalam belajar. Oleh karena itu, silahkan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru Politeknik AKA Bogor. 

Ada beberapa pilihan program studi yang ada di Politeknik AKA Bogor, yaitu :
  • D3 Analisis Kimia
  • D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan
  • D3 Pengolahan Limbah Industri

Silahkan pilih salah satu program studi tersebut sesuai keinginanmu. Setelah menentukan satu pilihan, selanjutnya pahami proses pendaftaran calon mahasiswa baru Politeknik AKA Bogor berikut ini.

A. Jalur Pendaftaran

Ada 4 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik AKA Bogor, yaitu :

1. Jalur Undangan / PMDK

Jalur ini khusus diperuntukkan bagi SMK dibawah Kementerian Perindustrian dan Khusus Untuk Sekolah-sekolah dimanapun yang Siswa Almuni nya berprestasi di kampus Politeknik AKA Bogor, dan untuk informasinya bisa di cek melalui website resmi Politeknik AKA Bogor atau melalui sekolah nya masing-masing.

2. Jalur Seleksi Rapor

Jalur Seleksi Rapor diperuntukkan khusus bagi SMU / SMK / MA Jurusan IPA, yang Saat ini aktif di semester akhir, ketentuan terlampir.

3. Jalur Ujian Masuk Gelombang I

Jalur ini dilakukan melalui test ujian tertulis yang diselenggarakan di kampus Politeknik AKA Bogor. Untuk Pendaftar yang tidak lolos jalur ini, maka otomatis dapat mengikuti jalur ini tanpa membayar biaya pendaftaran, dengan syarat melakukan konfirmasi melalui website resmi www.aka.ac.id

4. Jalur Ujian Masuk Gelombang II

Jalur ini akan dibuka dan diselenggarakan setelah Gelombang I berakhir. Bagi pendaftar yang tidak lolos di gelombang I, maka pendaftar boleh mengikuti gelombang II ini, namun harus membayar kembali biaya pendaftaran dan mendaftarkan diri lagi ke Politeknik AKA Bogor.

B. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Jalur Undangan (PMDK) :
  1. Pendaftaran harus melalui sekolah
  2. Masih tercatat sebagai siswa aktif di semester akhir tahun ajaran ini
  3. Sekolah merekomendasikan siswa terbaik nya (Melampirkan surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah)
  4. Jika tidak lolos jalur PMDK maka otomatis sudah terdaftar di jalur tes tulis gelombang I, dan tidak perlu lagi melakukan registrasi/pembayaran pendaftaran, cukup melakukan konfirmasi keikutsertaan mengikuti tes tulis gelombang I melalui pmb.aka.ac.id

2. Persyaratan Jalur Seleksi Rapor :
  1. Terbuka untuk umum siswa/i SMA / MA jurusan IPA atau SMK yang ada mata pelajaran KIMIA dalam struktur kurikulumnya
  2. Masih tercatat sebagai siswa aktif di semester akhir tahun ajaran ini.
  3. Jika tidak lolos jalur PMDK maka otomatis sudah terdaftar di jalur tes tulis gelombang I, dan tidak perlu lagi melakukan registrasi / pembayaran pendaftaran, cukup melakukan konfirmasi keikutsertaan mengikuti tes tulis gelombang I melalui pmb.aka.ac.id

3. Persyaratan Ujian Masuk Gelombang I :
  1. Terbuka untuk umum siswa/i SMA/MA jurusan IPA atau SMK yang ada mata pelajaran KIMIA dalam struktur kurikulumnya
  2. Terbuka bagi siswa alumni lulusan tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya
  3. Jika tidak lolos jalur tes tulis gelombang I, maka masih mengikuti gelombang II, dengan syarat melakukan registrasi dan membayar biaya pendaftaran kembali.

Info Tambahan:
  • Jika mengundurkan diri maka biaya-biaya yang sudah masuk ke Politeknik AKA Bogor tidak dapat dikembalikan.

C. Cara Pendaftaran
  1. Buka alamat website : pmb.aka.ac.id
  2. Input data registrasi secara lengkap
  3. Kemudian akan mendapatkan username & password
  4. Login ke pmb.aka.ac.id menggunakan username & password
  5. Isi biodata, pilih jalur pendaftaran, input nilai raport (khusus siswa aktif), dan data lainnya
  6. Jika sudah, klik simpan dan cetak bukti formulir online
  7. Membayar biaya pendaftaran via ATM / Teller Bank
  8. Melampirkan berkas (dikirim via POS / paket kiriman ke alamat kampus) berupa :
    • Print out formulir online
    • Bukti pembayaran pendaftaran
    • Foto copy raport semester 1 - 5 (Khusus siswa aktif)
    • Surat rekomendasi Kepala Sekolah (Khusus jalur undangan)
    • Pas photo ukuran 3x4 dan 4x6, masing-masing 1 lembar

D. Jadwal Pendaftaran

1. Jalur Undangan (PMDK)
  • Pendaftaran jalur ini biasanya dimulai dari bulan Januari sampai bulan Maret. Jadwal lengkap dapat dilihat di website resmi www.aka.ac.id

2. Jalur Seleksi Rapor
  • Pendaftaran jalur seleksi raport biasanya dibuka pada bulan Januari hingga bulan Maret. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di website Politeknik AKA Bogor

3. Jalur Ujian Masuk Gelombang I dan II
  • Pendaftaran gelombang I biasanya dibuka mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Mei, sedangkan gelombang II dibuka mulai Mei sampai dengan Juli. Jadwal lengkap dapat dilihat di alamat website : www.aka.ac.id

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Politeknik AKA Bogor. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat langsung di website resmi di alamat pmb.aka.ac.id . Apabila ada perubahan atau perbedaan info, maka ikuti yang ada di website resmi tersebut.

Mari Baca Juga :
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Politeknik AKA Bogor. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan gambaran awal bagi yang ingin kuliah di kampus ini.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa diterima di Politeknik AKA Bogor. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk kembali lagi bersama teman lainnya.