Cara Melihat / Cek Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian SNBT 2024/2025

Pengumuman SNBT 2024 -- Cara Melihat / Cek Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian SNBT, Cara Cek / Melihat Pengumuman Kelulusan SNBT, Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Tes UTBC / UTBK SNBT, Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Seleksi SNBT, Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Ujian Tertulis & Keterampilan SNBT. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Cara Melihat / Cek Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian SNBT 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi para peserta SNBT yang sebentar lagi akan segera melihat hasil ujian SNBT. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.


SNBT dikenal sebagai jalur seleksi ujian masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Berbeda dengan SNMPTN yang hanya memberikan kesempatan bagi siswa berprestasi saja. Jalur SNBT ini memberikan kesempatan yang sama bagi siswa yang berprestasi ataupun tidak berprestasi untuk masuk ke PTN melalui tes jalur SNBT.

Kalian yang telah mendaftarkan diri pada jalur SNBT ini serta telah mengikuti ujian beberapa waktu yang lalu, kini tiba saatya untuk mengecek kelulusan atau melihat pengumuman SNBT. Artikel sebelumnya : Proses Pendaftaran, Seleksi, hingga Pengumuman SNBT

Sebelum melihat pengumuman SNBT, ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan dengan baik, diantaranya yaitu :
  • Laptop / komputer untuk membuka laman website
  • Koneksi internet yang cepat dan stabil.

Jika kedua hal tersebut telah disiapkan dengan baik, berarti kalian telah siap untuk mengecek atau melihat pengumuman SNBT.

Laptop / komputer dan koneksi internet yang cepat dan stabil diperlukan agar proses pengecekan kelulusan hasil seleksi SNBT dapat berjalan lancar sesuai harapan. Namun terkadang ada kendala lain yang bisa saja terjadi, yaitu situs resmi error atau lambat loading

Error atau lambat loading disebabkan oleh peserta SNBT yang secara bersamaan mengakses / membuka situs resmi pengumuman SNBT secara bersamaan.

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, sebagai solusinya, para peserta SNBT dapat melakukan pengecekan hasil seleksi / tes / ujian SNBT di laman mirror PTN yang telah disiapkan oleh panitia. Hasil pengecekan di laman mirror PTN tersebut dipastikan sama dengan hasil pengecekan di laman resmi. Jadi, tidak perlu ragu mengenai hasil pengecekan. Baca selengkapnya di bawah ini.
Laman Mirror PTN / Situs Alternatif Pengumuman SNBT
Mungkin sebagai dari peserta SNBT ada yang merasa kebingungan bagaimana cara mengecek / melihat pengumuman hasil tes / seleksi / ujian SNBT. Disini admin akan membantu kalian dengan memberikan informasi mengenai tata cara pengecekan / melihat pengumuman SNBT. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Ingat dulu Jadwalnya : Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / UjianSNBT diumumkan secara online melalui laman resmi dan laman mirror PTN. Cek Disini : Tanggal Pengumuman SNBT

Temukan disini :  Link Pengumuman SNBT, Website Resmi dan Laman Mirror PTN

Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian SNBT di Laman Resmi
  • Buka laman pengumuman SNBT di pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  • Tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini. (tampilan tahun lalu)
  • Silahkan isikan nomor peserta, tanggal lahir, dan kode captcha yang tampil di layar
  • Selanjutnya klik tombol "Cari"
  • Munculkan keterangan kelulusan SNBT. Baca keterangan tersebut, apakah ada dinyatakan lulus SNBT atau tidak lulus.

Itulah cara melihat pengumuman hasil tes / seleksi / ujian SNBT. Silahkan diikuti dengan catatan tetap menyesuaikan dengan cara melihat pengumuman SNBT saat ini yang ada di situs resmi.

Ucapan selamat admin sampaikan untuk peserta SNBT yang dinyatakan lulus. Kelulusan SNBT ini tentu merupakan hasil belajar yang telah kalian lakukan pada persiapkan sebelumnya. Ada sedikit kata-kata mutiara dari admin : "Panen akan diraih setelah menanam dan merawat tanaman tersebut dengan baik"

Selanjutnya kalian harus melakukan registrasi ulang di kampus yang telah menerima kalian. Baca terlebih dahulu informasi mengenai pendaftaran ulang yang ada di websitenya. Temukan informasi seperti jadwal pendaftaran ulang, prosedur pendaftaran ulang, syarat-syarat pendaftaran ulang, dan lain-lain.

Informasi Lanjutan : Pendaftaran Ulang SNBT

Sedangkan untuk peserta SNBT yang dinyatakan tidak lulus seleksi, maka jangan bersedih, jangan menyerah dan putus ada. Harapan kalian untuk masuk ke kampus yang kalian impikan masih besar, kalian bisa mengikuti seleksi jalur mandiri atau jalur lainnya yang dibuka. Biasnya, peluanya lebih besar karena pesaingnya telah berkurang. Namun persiapan yang baik harus dilakukan agar harapan untuk bisa lulus seleksi dapat terkabulkan.

Alternatif lain bagi yang tidak lulus SNBT yaitu kuliah di kampus swasta ternama yang ada di Indonesia. Banyak sekali kampus-kampus swasta yang bisa kalian pilih, baik itu perguruan tinggi muhammadiyah, perguruan tinggi PGRI, perguruan tinggi Islam, dan perguruan tinggi swasta lainnya.

Maksimalkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin agar keinginan untuk lulus tes bisa terwujudkan. Ingat! persiapan yang baik dan doa akan mengantarkan kalian lulus seleksi.

Itulah penjelasan yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Kalian bisa juga membaca informasi pengumuman SNBT pada artikel di bawah ini :

Demikian artikel tentang Cara Melihat / Cek Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian SNBT. Semoga bisa memberikan pencerahan untuk kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi dan mengajak teman lain membaca di blog ini. Cukup sekian, terima kasih dan semoga sukses.