Pengumuman Hasil Seleksi SNBT 2024/2025

Pengumuman Hasil Seleksi SNBT 2024 -- Pengumuman Hasil UTBK SNBT, Pengumuman Kelulusan SNBT, Tanggal Pengumuman Hasil Seleksi SNBT, Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi SNBT, Laman Mirror / Situs Alternatif Pengumuman Hasil Seleksi SNBT, Jadwal Pengumuman SNBT, Link Pengumuman SNBT. 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pengumuman Hasil Seleksi SNBT 2024/2025. Informasi ini ditujukan khususnya bagi para peserta SNBT yang tidak lama lagi akan segera melihat pengumuman hasil seleksi SNBT. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Seperti yang telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya bahwa SNBT merupakan salah satu jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Namun sejak tahun 2019, seleksinya dilakukan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Calon peserta SNBT sebelumnya mengikuti tes terlebih dahulu yang dikenal dengan nama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), lalu kemudian nilai UTBK tersebut digunakan untuk mendaftar SNBT. Dan setelah mendaftar tinggal menunggu hasil seleksi SNBT saja.

Dalam menentukan hasil seleksi SNBT, panitia SNPMB berpedoman pada beberapa kriteria penerimaan mahasiswa baru jalur SNBT, diantaranya yaitu :
  • Pilihan PTN,
  • Pilihan program studi,
  • Daya tampung / kuota prodi,
  • Jumlah peminat,
  • Nilai UTBK, dan
  • Tingkat keketatan program studi

Melihat daftar kriteria di atas, tentunya cukup banyak kriteria yang harus dipenuhi oleh peserta SNBT agar bisa lulus seleksi dan diterima sebagai mahasiswa baru di PTN.

Satu kriteria yang dapat kalian diupayakan dengan sungguh-sungguh yaitu harus memiliki nilai UTBK yang tinggi. Tentu nilai UTBK ini diperoleh saat tes UTBK dan sebelum pendaftaran SNBT.

Sekarang sudah tidak ada kesempatan lagi untuk memperbaiki nilai UTBK. Mungkin ini bisa diikuti oleh adik-adik kelas kalian bagi yang ingin mendaftar SNBT tahun depan. Beri motivasi pada mereka agar memaksimalkan nilai saat tes UTBK.

Nah, untuk kalian sendiri yang telah mendaftar SNBT, sekarang tinggal menunggu hasil seleksi saja. Jika lupa tanggal berapa pengumuman hasil seleksi SNBT, maka dapat dicek pada artikel berikut : Tanggal Pengumuman SNBT dan Waktunya

Menjelang detik-detik pengumuman SNBT, kalian harus mempersiapkan beberapa hal untuk proses kelancaran melihat hasil seleksi SNBT seperti laptop atau smarphone, kuota internet yang cukup dan memiliki kecepatan maksimal, serta siapkan pula kartu peserta SNBT.

Laptop atau smarphone sebagai peralatan utama untuk melakukan pengecekan kelulusan SNBT, dan supaya bisa terkoneksi dengan link pengumuman SNBT, maka dibutuhkan kuota internet. Dikarenakan website pengumuman SNBT terkadang mengalami server down atau sulit diakses, upayakan untuk memiliki kecepatan internet yang tinggi agar kalian bisa menjadi yang nomor satu mengetahui hasil seleksi SNBT... hehehe.. 😁

Pengumuman SNBT ini akan diumumkan secara online melalui website resminya yang akan diberikan dipembahasan ini.


Selain diumumkan di website resminya, pengumuman hasil seleksi SNBT juga dapat di lihat di laman mirror PTN. Tentunya tidak semua PTN turut membantu mengumumkan hasil seleksi SNBT. Hanya ada beberapa laman mirror PTN saja.


Dengan adanya laman mirror PTN, diharapkan dapat lebih lancar bagi para peserta SNBT untuk mengecek hasil seleksi SNBT. Jadi, ketika website / situs resmi SNBT down, maka peserta dapat mengecek hasil seleksi di laman mirror PTN.

Cara melihat pengumuman hasil seleksi SNBT telah banyak di bahas pada artikel sebelumnya. Namun kali ini akan kembali admin berikan lagi cara-cara melihat hasil seleksi SNBT. Silahkan pahami di bawah ini.

Pengumuman Hasil Seleksi SNBT di website resmi :
  • Buka alamat https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Masukkan nomor peserta dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia
  • Isi pula kode captcha yang tampil di layar
  • Klik cek kelulusan atau cari
  • Lihat keterangan yang muncul. Baca dengan teliti apakah anda dinyatakan lulus atau tidak.

Cara melihat pengumuman SNBT di atas didasarkan dari pengalaman tahun sebelumnya. Jika di tahun ini ada perubahan atau perbedaan dalam cara-cara melihatnya, silahkan disesuaikan saja.

Lebih lanjut baca : cara melihat pengumuman SNBT di website resmi dan laman mirror di sertai gambar tampilan layarnya. 

Selamat untuk kalian yang dinyatakan lulus seleksi SNBT. Segera cara informasi pendaftaran ulang di PTN penerima. Bagi kalian yang dinyatakan tidak lulus seleksi, jangan bersedih, ayo daftarkan dirimu dengan mengikuti jalur seleksi mandiri PTN atau kuliah di kampus PTS ternama.

Apapun hasil dari SNBT ini, yakin saja itu adalah yang terbaik untuk kalian. Walaupun sedih untuk menerimanya (bagi yang tidak lulus), tetapi inilah kenyataan. Harus segera bangkit dan melangkah kedepan.

Temukan juga informasi pengumuman SNBT di :

Artikel Lanjutan : Pendaftaran Ulang SNBT

Demikianlah informasi mengenai Pengumuman Hasil Seleksi SNBT 2024/2025. Semoga apa yang telah admin sampaikan di atas dapat memberikan pencerahan bagi kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo turut bagikan pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses selalu untuk semua.