Pendaftaran Ulang SBMPTN 2019/2020

Pendaftaran Ulang SBMPTN 2019 -- Pendaftaran Ulang Jalur SBMPTN, Daftar Ulang SBMPTN, Daftar Ulang Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Jadwal Daftar Ulang SBMPTN, Tata Cara Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Tanggal Daftar Ulang SBMPTN, Pendaftaran Ulang PTN, Registrasi Ulang Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Berkas Daftar Ulang Jalur SBMPTN, Pengumuman Tata Cara Registrasi (Daftar Ulang) Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN. 2021. 2022.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Ulang SBMPTN 2019/2020. Informasi ini ditujukan khususnya bagi para peserta SBMPTN yang baru saja dinyatakan lulus seleksi dan akan segera melakukan pendaftaran ulang di PTN penerima. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Sekali lagi, selamat bagi kalian yang dinyatakan lulus seleksi SBMPTN. Setelah dinyatakan lulus SBMPTN, selanjutnya apa yang harus dilakukan?

Bagi kalian yang telah dinyatakan lulus SBMPTN, selanjutnya mencari informasi mengenai pendaftaran ulang SBMPTN di PTN penerima. Pertama-tama, buka alamat resmi website PTN penerima. Kemudian baca persyaratan pendaftaran, baca prosedur pendaftaran ulang, lihat jadwal daftar ulang, lihat besarnya biaya daftar ulang dan biaya kuliah semester 1, dan lain-lain.

Daftar ulang SBMPTN harus dilakukan oleh setiap peserta di masing-masing PTN penerima. Apabila kalian tidak melakukan pendaftaran ulang, maka bisa dinyatakan gugur sebagai mahasiswa baru di PTN penerima.

Pendaftaran ulang SBMPTN ada yang dilakukan secara online dan ada pula yang dilakukan secara offline (langsung di kampus). Kalian harus mengetahui tentang hal ini agar tidak salah ketika akan melakukan daftar ulang.

Jika pendaftaran ulang dilakukan secara online, maka kalian harus membuka website resmi PTN dan mengisi formulir online pendaftaran ulang di PTN tersebut hingga finish. Namun apabila pendaftaran ulang dilakukan secara offline / secara langsung, maka kalian harus datang ke kampus untuk melengkapi berkas pendaftaran ulang secara lengkap.

Untuk penjelasan lebih rinci mengenai Pendaftaran Ulang SBMPTN akan dijelas  di bawah ini.

A. Prosedur Pendaftaran Ulang SBMPTN

Pendaftaran ulang mahasiswa baru jalur SBMPTN secara umum dilakukan melalui sistem online. PTN telah menyediakan website yang digunakan untuk daftar ulang mahasiswa baru. Mahasiswa harus mengakses website resmi tersebut untuk mengisi sejumlah data daftar ulang. Berikut perkiraan prosedur pendaftaran ulang di PTN secara umum.
  1. Mengisi formulir pendaftaran ulang secara online di website PTN penerima
  2. Mengikuti Verifikasi UKT sesuai jadwal dengan membawa kelengkapan berkas
  3. Mengikuti wawancara (khusus calon penerima program beasiswa bidikmisi)
  4. Melakukan pembayaran UKT di Bank yang telah bekerja sama dengan pihak kampus
  5. Mencetak bukti registrasi ulang melalui laman web setelah melakukan pembayaran UKT
  6. Mendaftarkan diri di Gedung Registrasi kampus sesuai jadwal masing-masing calon dengan membawa kelengkapan berkas
  7. Verifikasi berkas pendaftaran oleh panitia
  8. Mengikuti pemeriksaan kesehatan saat mendaftar ulang di kampus
  9. Ada baiknya berpakaian rapi dan sopan (tidak mengenakan kaus oblong), baju putih lengan panjang, celana kain hitam untuk laki-laki, rok panjang hitam untuk wanita dan memakai sepatu.

Itulah gambaran umum prosedur pendaftaran ulang jalur SBMPTN. Tentunya agar lebih pasti silahkan lihat langsung di website resmi PTN tujuanmu. Informasi ini hanyalah gambaran semata yang didasarkan pada pengalaman. Di masing-masing kampus tentu memiliki prosedur yang berbeda.

B. Berkas-berkas Pendaftaran Ulang SBMPTN

Berikut ini merupakan berkas-berkas pendaftaran ulang SBMPTN secara umum :
  1. Print out Kartu Tanda Peserta
  2. Formulir pendaftaran yang telah diisi secara Online
  3. Formulir Kesehatan 
  4. Foto copy resi pembayaran UKT dari bank
  5. STTB asli dan fotokopi STTB yang telah disahkan oleh kepala sekolah
  6. SKHU Asli dan Foto copy SKHU yang telah disahkan oleh kepala sekolah
  7. Buku Rapor asli dan foto copy yang telah disahkan oleh kepala sekolah
  8. File pas foto warna 4 x 6 cm maksimal kapasitas 100kb dengan kualitas foto studio (bukan foto dari handpone)
  9. Semua berkas diurut seperti urutan lampiran ini
  10. Berpakaian rapi dan sopan (tidak mengenakan kaus oblong), baju putih, celana kain hitam untuk laki-laki, rok hitam panjang untuk wanita dan memakai sepatu.

Berkas-berkas di atas merupakan berkas pendaftaran ulang secara umum. Untuk kepastian apa saja berkas yang harus dipersiapkan saat mendaftar ulang, silahkan cek langsung di website resmi PTN tujuanmu. Di masing-masing kampus tentu memiliki ketentuan yang berbeda.

C. Jadwal Pendaftaran Ulang SBMPTN

Pendaftaran ulang SBMPTN biasanya dilakukan tidak lama setelah pengumuman SBMPTN. Waktunya sekitar 2 mingguan dari pembukaan hingga penutupan. Kepastiannya dapat kalian cek di website resmi.

D. Biaya Kuliah Semester 1

Biaya kuliah di PTN saat ini telah menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal). Dengan sistem UKT ini, maka tidak ada lagi yang namanya uang pangkat, uang bangunan, uang semester, uang sks, dan lainnya. Yang ada adalah biaya UKT itu sendiri yang telah mencakup semua biaya perkuliahan. Keseluruhan biaya kuliah dalam 1 (satu) semester harus dibayarkan sekali pada tiap awal semester.

Pada saat registrasi ulang SBMPTN, mahasiswa baru harus mengisi dataonline untuk penentuan level UKT. UKT di PTN terbagi menjadi beberapa level yaitu dari level 1 sampai level 8. Namun ada pula PTN yang membagi UKT dalam 6 level atau lainnya.

Biaya kuliah semester 1 tentunya berbeda antara program studi yang satu dengan lainnya, dan berbeda pula antara mahasiswa yang satu dengan lainnya karena dipengaruhi oleh penghasilan orang tua

Admin rekomendasikan untuk membaca informasi lebih lanjut mengenai biaya kuliah di masing-masing PTN di www.biayakuliah.web.id atau cek langsung di web resminya.

E. Kontak Panitia

Jika kesulitan dalam melakukan proses pendaftaran ulang, maka dapat meminta bantuan pada panitia dengan menghubungi kontak yang ada di website. Gunakan bahasa yang sopan saat berkomunikasi dengan panitia agar mendapat respon yang baik pula.


Itulah gambaran singkat mengenai pendaftaran ulang SBMPTN. Informasi ini hanyalah gambaran saja. Informasi lengkap dan pasti dapat di cek langsung di website masing-masing PTN.

Dengan membaca informasi ini, setidaknya kalian memiliki gambaran seperti apa pendaftaran ulang SBMPTN yang dilakukan secara online di web PTN penerima.

Rekomendasikan Temanmu yang tidak lulus SBMPTN ; Pendaftaran Kuliah Jalur Mandiri PTN

Demikian pembahasan mengenai Pendaftaran Ulang SBMPTN. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses.