Pendaftaran Politeknik Statistika STIS 2024/2025 (Polstat STIS)

spmb.stis.ac.id 2024 -- Pendaftaran Politeknik Statistik STIS, Pendaftaran STIS, SPMB Polstat STIS, Pendaftaran STIS Online, Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS, Pendaftaran Calon Mahasiswa Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS, Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS, Jadwal - Syarat - Cara Pendaftaran Politeknik Statistika STIS, jadwal pendaftaran stis, syarat pendaftaran stis, www.stis.ac.id pendaftaran, tanggal pendaftaran stis, syarat masuk stis, pendaftaran stis, jurusan di stis, tes stis, prediksi soal stis. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Politeknik Statistika STIS 2024/2025 (Polstat STIS). Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin menjadi calon mahasiswa ikatan dinas STIS. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau disingkat Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang statistik yang pembinaan secara fungsional dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI), dan pembinaan teknisnya dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan Nasional.

Sejarah Singkat : Awal bedirinya berstatus sebagai Akademi Ilmu Statistik (AIS) pada tanggal 11 Agustus 1958. Kemudian mengalami peningkatan status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) berdasarkan Keppres No.163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS. Kemudian pada tahun 2017 STIS berubah nama menjadi Politeknik Statistik STIS.

Lokasi kampus Politeknik Statistika STIS yaitu di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C , Jakarta 13330 

Visi dari Politeknik Statistiak STIS adalah "Menjadi institusi pendidikan profesional yang berkualitas dan unggul di bidang statistik".

Politeknik Statistik STIS menyelenggarakan 3 (tiga) Program Studi yaitu:
  • Program Studi Diploma III Statistika
  • Program Studi Diploma IV Statistika
  • Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik

Lulusan Program Diploma III akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.) dan lulusan Program Diploma IV akan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.)

Setelah membaca informasi di atas, tentunya kalian memiliki gambaran sedikit mengenai kampus STIS ini. Dengan begitu maka ketertarikan kalian untuk kuliah di Polstat STIS semakin kuat.

Bersarkan penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa Polstat STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang statistik pada program Diploma III dan Diploma IV.

Nah, untuk kalian yang ingin menjadi seorang ahli statistika yang berkualitas, unggul, dan berintegrasi,  Polstat STIS lah kampus yang tepat untuk tempat menuntut ilmu.

Berstatus sebagai perguruan tinggi kedinasan yang ikatan dinas tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Status ikatan dinas tersebut menjadi satu point penting bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi ini.

Melalui perguruan tinggi ikatan dinas, maka nantinya saat kuliah mahasiswa akan mendapatkan gratis biaya kuliah dan bahkan uang saku, serta setelah lulus kuliah bisa langsung ditempatkan kerja di satu kantor / perusahaan milik pemerintah dan juga bisa langsung diangkat menjadi PNS melalui prosedur yang telah ditetapkan.

Catatan : Informasi di bawah ini didasarkan pada informasi tahun sebelumnya. Untuk informasi tahun ini akan diupdate segera. Namun setidaknya informasi ini bisa menjadi prediksi sebagai persiapan untuk pendaftaran tahun ini.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS

Polstat STIS membuka penerimaan mahasiswa baru melalui 2 (dua) jalur, yaitu jalur ikatan dinas dan jalur tugas belajar.

1. Jalur Ikatan Dinas

Jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA / MA jurusan IPA/IPS. Mahasiswa yang diseleksi melalui jalur ini, setelah lulus pendidikan di STIS, akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/A (sesuai dengan peraturan yang berlaku), untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten / kota.

Selama masa menempuh pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas (uang saku) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mahasiswa memiliki ikatan dinas selama mengikuti pendidikan di STIS, dan setelah lulus, wajib bekerja di BPS selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.

2. Jalur Tugas Belajar

Jalur Tugas Belajar merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN / BUMD, atau anggota TNI / POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugaskan oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.

-- Di bawah ini Hanya diberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa ikatan dinas !!! --

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Jalur Ikatan Dinas

A. Persyaratan dan Ketentuan Jalur Ikatan Dinas Polstat STIS

1. Persyaratan Umum Pendaftaran Polstat STIS
    1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba;
    2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri;
    3. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA atau SMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi Informasi;
    4. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;
    5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2024;
    6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
    7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
    8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
    9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
    10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan sesuai pilihan formasi penempatan pada saat pendaftaran;
    11. Bersedia tidak mengajukan pindah lokasi penempatan dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 (tujuh) tahun sejak diangkat sebagai PNS, kecuali terdapat kebutuhan organisasi.

                        2. Persyaratan Khusus untuk Program Afirmasi

                        Program afirmasi ditujukan untuk Orang Asli Papua yaitu orang yang berasal dari Rumpun Ras Melanesia yang terdiri atas suku-suku asli Papua dan atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh masyarakat adat Papua, dibuktikan dengan Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Pemerintah Daerah/Majelis Rakyat Papua setempat.

                        B. Alur / Prosedur Pendaftaran Polstat STIS
                        1. Pendaftar membaca pengumuman penerimaan mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS dengan seksama dan menyiapkan dokumen-dokumen antara lain:
                          • Pas Foto
                          • Kartu Identitas (KTP/KIA)
                          • Kartu Keluarga
                          • Akta Kelahiran
                          • Ijazah dan Transkrip Nilai atau Rapor Kelas 12 Semester Gasal.
                          • Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Pemerintah Daerah setempat untuk pendaftar program afirmasi.
                        2. Pendaftar mengakses portal DIKDIN SSCASN di alamat https://dikdin.bkn.go.id lalu membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
                        3. Pendaftar login kembali ke Portal DIKDIN SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
                        4. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan melengkapi data/dokumen yang menjadi persyaratan.
                        5. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
                        6. Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
                        7. Pendaftar melakukan verifikasi email dan melengkapi data/dokumen yang diperlukan.
                        8. Pendaftar menunggu hasil seleksi administrasi.
                        9. Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kode billing pembayaran.
                        10. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan kode billing mengikuti panduan pembayaran sebelum batas waktu pembayaran yang ditetapkan.
                        11. Pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mengunggah bukti pembayaran .
                        12. Pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM) setelah pembayaran terverifikasi.
                        13. Pendaftar mencetak Kartu Ujian SKD pada portal DIKDIN SSCASN (informasi akan disampaikan kemudian).
                        14. Pendaftar mengikuti seleksi sesuai waktu dan lokasi yang akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

                        Baca selengkapnya : Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id)

                        C. Tahapan Seleksi Polstat STIS

                        Seleksi calon mahasiswa baru Polstat STIS dilakukan melalui tahapan berikut :
                        1. Seleksi Administrasi (dilakukan langsung setelah proses pendaftaran).
                        2. Seleksi Kompetensi Dasar, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS.
                        3. Seleksi Lanjutan yang terdiri dari:
                          • Seleksi Matematika dan Psikotes
                          • Seleksi Kesehatan dan Kebugaran
                        4. Pengumuman akhir hasil seleksi

                          Setiap tahapan seleksi berlaku sistem gugur. Peserta yang ingin diterima menjadi mahasiswa Polstat STIS harus lolos dari setiap tahapan seleksi yang diujikan.

                          D. Jadwal Pendaftaran STIS 2024

                          Jadwal Pendaftaran hingga Pengumuman dan Lokasi Tes Polstat STIS akan diupdate segera.


                          Jadwal pendaftaran STIS dibuka bersamaan dengan sekolah ikatan dinas lainya. Jadwal lengkap silahkan baca pada artikel : Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

                          E. Biaya Seleksi STIS
                          1. Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Pusat Statistik. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Biaya seleksi yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
                          2. Panduan pembayaran Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BCA
                          3. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar mengunggah dokumen bukti pembayaran di https://spmb.stis.ac.id
                          4. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

                          F. Pengumuman Hasil Ujian STIS

                          Pengumuman hasil seleksi tiap tahapan dapat dilihat secara online melalui website Polstat STIS.

                          G. Lain-lain
                          1. Pertanyaan terkait PMB hanya dilayani melalui portal helpdesk dengan alamat https://helpdesk.stis.ac.id/ 
                          2. Peserta ujian yang memberikan keterangan atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Politeknik Statistika STIS berhak membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
                          3. Setiap perkembangan informasi seleksi akan disampaikan melalui Website SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id/ ), Kantor BPS Provinsi, dan Kampus Politeknik Statistika STIS.
                          4. Akibat kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab peserta.
                          5. Politeknik Statistika STIS tidak menerbitkan pembahasan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak membuat prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun termasuk dengan UKM BIMBEL/BIUS.
                          6. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Politeknik Statistika STIS/BPS. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan di luar tanggung jawab panitia.
                          7. Pengaduan dugaan adanya pelanggaran pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru dapat dilaporkan melalui email ke pengaduan@stis.ac.id.

                                      Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ikatan dinas Polstat STIS. Silahkan kalian ikuti seleksi masuk Polstat STIS ini. Persiapkan diri sebaik mungkin agar harapan untuk diterima dapat terwujudkan.

                                      Untuk infomasi lain yang diperlukan dapat dilihat langsung di website resmi Polstat STIS di alamat spmb.stis.ac.id . Dan jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi Polstat STIS di alamat di atas.

                                      Mari Baca Juga :

                                      Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Mari bantu share artikel ini.