Pendaftaran STMKG 2024/2025 (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)

ptb.stmkg.ac.id 2024 -- Pendaftaran PTB STMKG, Pendaftaran Calon Taruna STMKG, Seleksi Penerimaan Catar STMKG Pria dan Wanita, Sipencatar STMKG, Kuliah Ikatan Dinas STMKG Gratis, Tahapan Seleksi dan Prosedur, Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran PTB STMKG, Tips Masuk STMKG, Kuliah Gratis di STMKG, Ketentuan Pendaftaran STMKG, pendaftaran stmkg, pendaftaran stmkg, tanggal pendaftaran stmkg, jadwal pendaftaran stmkg, jumlah pendaftar stmkg, gaji stmkg, stmkg semarang, ptb.stmkg.ac.id. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran STMKG 2024/2025 (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi kamu dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon praja IPDN. Langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/


Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau dikenal dengan nama STMKG adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan BMKG.


STMKG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta.

Setelah itu, AMG mengalami berbagai perubahan, baik lokasi kampus ataupun Badan yang menaunginya. Pada tahun 2014, Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) berubah status menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

STMKG adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang ikatan dinas. Jadi, kamu bisa kuliah di STMKG secara gratis karena biayanya telah ditanggung oleh Pemerintah dan setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja

Seluruh taruna / taruni lulusan STMKG dipersiapkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan menduduki jabatan fungsional Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG), Peneliti, Perekayasa dan Dosen.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak siswa-siswi lulusan SLTA yang sangat berminat kuliah di STMKG. Selain STMKG, masih ada kampus ikatan dinas lainnya seperti PKN STAN, Polstat STIS, IPDN, STTD, STSN, STIN, Poltekip, Poltekim, dan beberapa kampus lainnya.

Adapun tugas yang akan dilaksanakan oleh calon Taruna / Taruni setelah lulus adalah pengamatan, pengelolaan dan pelayanan informasi MKG 24 jam dalam seminggu, serta pemeliharaan alat BMKG.

Bagi kamu yang ingin kuliah di STMKG, silahkan melakukan pendaftaran pada saat penerimaan calon taruna baru STMKG dibuka. Kemudian mengikuti berbagai tahapan seleksi yang diadakan, setelah itu melihat pengumuman hasil seleksi.

Dengan serangkaian proses yang panjang mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman, tentunya cukup melelahkan untuk kamu. Namun lelahnya dirimu akan terbayar lunas saat kamu dinyatakan diterima sebagai taruna baru STMKG.
Baca juga : Pendaftaran Taruna Lainnya : AKPOL, AKMIL, AAL, & AAU

Adapun pilihan program studi yang bisa dipilih pada saat pendaftaran ada 4, yaitu :
  • Program Studi D-IV Meteorologi
  • Program Studi D-IV Klimatologi
  • Program Studi D-IV Geofisika
  • Program Studi D-IV Instrumentasi

Nah, sekarang yang harus kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran sebagai calon taruna baru STMKG. Berikut persyaratan dan semua ketentuan pendaftaran taruna baru STMKG.

Catatan : Informasi di bawah ini didasarkan pada informasi tahun sebelumnya. Untuk informasi tahun ini akan diupdate segera. Namun setidaknya informasi ini bisa menjadi prediksi sebagai persiapan untuk pendaftaran tahun ini.

A. Kriteria Peserta

Kebutuhan (formasi) dari tiap tiap program studi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria sebagai berikut :
  1. Formasi Reguler adalah formasi penerimaan taruna baru bagi peserta dari seluruh wilayah Negara Republik Indonesia
  2. Formasi Afirmasi adalah formasi penerimaan taruna baru yang dikhususkan bagi putra - putri dari wilayah Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Tenggara.

B. Persyaratan Pendaftaran STMKG

1. Persyaratan Umum Pendaftaran STMKG :
  1. Pria / Wanita, Warga Negara Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata dengan Lensa Spheris Maksimal Minus (-) 4 D, dan Lensa Silindris Maksimal Minus (-) 2 D dan bersedia untuk melakukan pengobatan LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) dengan biaya sendiri apabila diterima / lulus seleksi.
  3. Umur tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun.
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Tinggi badan minimal 160 cm untuk Pria dan 155 cm untuk Wanita, dengan berat badan seimbang.
  8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  9. Khusus untuk peserta afirmasi terdapat syarat tambahan sebagai berikut :
    • Memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
    • Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
    • Khusus bagi perserta Orang Asli Papua (OAP) mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Aketua / Anggota dari Majelis Rakyat Papua atau Papua Barat.

2. Persyaratan Akademik :
  1. Lulus / akan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau yang sederajat untuk SEMUA JURUSAN.
  2. Bagi yang lulus pada tahun ini dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan Lulus / Surat Keterangan Aktif di Kelas XII.


      C. Tahapan Seleksi STMKG

      Seleksi terdiri atas 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur :
      • Seleksi kompetensi dasar (SKD)
      • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran fisika, matematika, dan bahasa inggris
      • Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan Wawancara

      D. Alur Pendaftaran STMKG
      1. Pendaftaran dilakukan secara online terintegrasi melalui portal SSCASN DIKDIN BKN : https://dikdin.bkn.go.id
      2. Peserta melanjutkan pendaftaran di laman : https://simas.stmkg.ac.id/spmbfront/
      3. Peserta harus terlebih dahulu yakin telah memenuhi seluruh Syarat dan Ketentuan sebelum melakukan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka peserta tidak dapat diterima/dibatalkan sebagai calon taruna.
      4. Tata cara pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada website (https://ptb.stmkg.ac.id) dan akun media sosial resmi STMKG (STMKG Official).
      5. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-, dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp. 50.000,-. Tata cara pembayaran dapat dibaca pada Buku Pedoman PTB-STMKG

                                          E. Jadwal Pendaftaran STMKG

                                          Pendaftaran dibuka selengkapnya dapat dibaca pada artikel Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

                                          F. Lain - lain
                                          Website PTB: https://ptb.stmkg.ac.id/
                                          Website STMKG: https://stmkg.ac.id/
                                          Instagram: @stmkgofficial
                                          Twitter: @stmkgofficial
                                          Facebook: STMKG Jakarta

                                                    Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru STMKG. Persiapkanlah dirimu sebaik mungkin sejak sekarang, baik persiapan fisik, mental, psikologi, serta persiapan lainnya seperti berkas pendaftaran, dan lain-lain.

                                                    Dengan persiapan yang matang, mudah-mudahan kamu bisa lulus semua tahapan seleksi dan akhirnya diterima sebagai taruna baru STMKG. 

                                                    Catatan Penting!!!
                                                    • Untuk informasi lain terkait PTB STMKG, dapat dilihat di website resmi
                                                    • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

                                                    Mari Baca Juga :

                                                    Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kamu semuanya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.