Pendaftaran STMKG 2018/2019 (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)

ptb.stmkg.ac.id 2018 -- Pendaftaran PTB STMKG, Pendaftaran Calon Taruna STMKG, Seleksi Penerimaan Catar STMKG Pria dan Wanita, Sipencatar STMKG, Kuliah Ikatan Dinas STMKG Gratis, Tahapan Seleksi dan Prosedur, Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran PTB STMKG, Tips Masuk STMKG, Kuliah Gratis di STMKG. 2020. 2021.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran STMKG 2018/2019 (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi kamu dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon praja IPDN. Langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau dikenal dengan nama STMKG adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan BMKG.

STMKG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta.

Setelah itu, AMG mengalami berbagai perubahan, baik lokasi kampus ataupun Badan yang menaunginya. Pada tahun 2014, Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) berubah status menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

STMKG tergolong sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan yang ikatan dinas. Jadi, kamu bisa kuliah di STMKG secara gratis karena biayanya telah ditanggung oleh Pemerintah dan setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak siswa-siswi lulusan SLTA yang sangat berminat kuliah di kampus ikatan dinas seperti STAN, STIS, IPDN, STTD, dan lain-lain, termasuk di STMKG.

Bagi kamu yang ingin kuliah di STMKG, silahkan melakukan pendaftaran pada saat penerimaan calon taruna baru STMKG dibuka. Kemudian mengikuti berbagai tahapan seleksi yang diadakan, setelah itu melihat pengumuman hasil seleksi.

Dengan serangkaian proses yang panjang mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman, tentunya cukup melelahkan untuk kamu. Namun lelahnya dirimu akan terbayar lunas saat kamu dinyatakan diterima sebagai taruna baru STMKG.
Baca juga : Pendaftaran Taruna Lainnya : AKPOL, AKMIL, AAL, & AAU
Adapun pilihan program studi yang bisa dipilih pada saat pendaftaran ada 4, yaitu :
  • Program Studi Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi

Nah, sekarang yang harus kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran sebagai calon taruna baru STMKG. Berikut persyaratan dan semua ketentuan pendaftaran pendaftaran taruna baru STMKG.

A. Persyaratan Umum Calon Taruna
  1. Pria / Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal -2, spheris dan tidak silinder.
  2. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  4. Bebas narkoba.
  5. Lulus atau akan Lulus SMA / Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  6. Calon berasal dari SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk Program Studi Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak dapat diterima.
  7. Memenuhi persyaratan akademik sebagai berikut :
    • Nilai rapor untuk calon yang masih dikelas XII SMA / MA / SMK pada semester 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
    • Bagi calon yang telah lulus SMA / MA / SMK nilai rapor untuk semester 4, 5, dan 6 pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  9. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  10. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B. Ketentuan Pendaftaran
  1. Calon harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id
  2. Pada proses pendaftaran di laman SSCN, calon akan diminta memasukkan Nama, NIK, dan Nomor Kartu Keluarga (KK), alamat email yang berlaku, serta password yang dipilih.
  3. Siapkan data tersebut terlebih dahulu, ingat baik-baik password yang digunakan. Nama, NIK, dan password ini akan digunakan kembali untuk melakukan pengisian formulir di STMKG secara online melalui laman Panitia PTB-STMKG di ptb.stmkg.ac.id
  4. Calon harus terlebih dahulu yakin dapat memenuhi seluruh syarat butir (A). Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka calon tidak dapat diterima sebagai taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
  5. Sebelum melakukan pengisian formulir pendaftaran secara online di laman PTB-STMKG persiapkan lebih dahulu data yang diperlukan sesuai persyaratan butir A, alamat email yang masih berlaku, dan nomor telp (HP) yang masih aktif.


C. Jenis Tes

Test dibagi dalam tiga tahap :
  1. Tahap I : Test Kemampuan Dasar (TKD)
  2. Tahap II : Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris (bagi yang telah dinyatakan lulus TKD)
  3. Tahap III : Tes Kesehatan dan Wawancara (bagi yang telah dinyatakan lulus TKB dan termasuk pada kuota wawancara yang ditentukan)

Info!!!
  1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dilaksanakan di 10 (sepuluh) Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (Kanreg BKN) dengan sistim CAT (Computer Assisted Test), kesepuluh kota tersebut :
    • Medan, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Manado, Mataram, dan Jayapura
  2. Tes wawancara dilaksanakan di lokasi masing-masing

D. Tata Cara Pendaftaran
  1. Mendaftar secara online di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id
    • Pada proses pendaftaran di Portal SSCN, calon akan diminta memasukkan Nama, NIK, dan Nomor Kartu Keluarga (KK), alamat email yang berlaku, serta password yang dipilih.
    • Setelah itu akan memperoleh bukti pendaftaran melalui email dari Portal SSCN
  2. Melanjutkan pendaftaran di website PTB STMKG di alamat ptb.stmkg.ac.id dengan menggunakan Nama, NIK, dan password dari Portal SSCN.
  3. Setelah itu akan SMS dan email yang mencantumkan No. Pembayaran (10 digit)
  4. Selanjutnya NO. Pembayaran tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Kantor Bank BNI atau melalui ATM BNI. 
  5. Setelah itu, calon akan mendapatkan bukti pembayaran berupa No. PIN, atau No. Tagihan atau No. Registrasi (12 digit).
  6. Buka kembali alamat web ptb.stmkg.ac.id. Masukkan No. Pembayaran yang didapat dari Portal SSCN sebagai login dan No. PIN, atau No. Tagihan atau No. Registrasi (12 digit) yang didapatkan dari Bank BNI atau struk ATM BNI sebagai password.
  7. Lakukan pengisian data pendaftaran, termasuk upload foto. Setelah selesai, klik simpan.
  8. Cetak dan simpanlah tanda bukti peserta STMKG. 
  9. Tanda Peserta ini harus dapat ditunjukkan pada waktu Tes Kemampuan Dasar, Tes Kemampuan Akademik, Wawancara, dan pada waktu Pendaftaran Ulang apabila calon dinyatakan diterima sebagai Taruna.

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dibuka selengkapnya dapat dibaca pada artikel Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

F. Lain - lain
  • Calon yang dinyatakan diterima sebagai Taruna wajib menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas.
  • Informasi pendaftaran, pengumuman kelulusan tiap tahap test, atau pengumuman lain berkaitan dengan proses penerimaan taruna baru dapat diakses melalui website ptb.stmkg.ac.id
  • Panitia tidak melayani telpon atau surat menyurat antara calon atau orangtua/wali calon berkaitan dengan proses pendaftaran. Pertanyaan tentang proses pendaftaran dapat dilayani melalui help-desk pada laman Panitia.
  • Alamat resmi Panitia PTB-STMKG adalah :
Panitia Penerimaan Taruna Baru STMKG
Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteo DEPHUB,
Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.
Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru STMKG. Persiapkanlah dirimu sebaik mungkin sejak sekarang, baik persiapan fisik, mental, psikologi, serta persiapan lainnya seperti berkas pendaftaran, dan lain-lain.

Dengan persiapan yang matang, mudah-mudahan kamu bisa lulus semua tahapan seleksi dan akhirnya diterima sebagai taruna baru STMKG. 

Catatan Penting!!!
  • Untuk informasi lain terkait PTB STMKG, dapat dilihat di website resmi
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Mari Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kamu semuanya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.