Pendaftaran STIN 2018/2019 (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

pmb.stin.ac.id 2018 -- Pendaftaran STIN 2018, PMB STIN, Pendaftaran Online STIN, Tes Masuk STIN, Penerimaan Taruna Ikatan Dinas Baru STIN, Registrasi Taruna STIN, Persyaratan - Jadwal - Cara Pendaftaran Taruna Baru STIN, Pendaftaran Kuliah Ikatan Dinas di STIN. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran STIN 2018/2019 (Sekolah Tinggi Intelijen Negara). Informasi ini disampaikan untuk kalian yang berkeinginan untuk menjadi calon taruna STIN di tahun ini. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau dikenal dengan nama STIN adalah perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang intelijen yang bernaung di bawah Badan Intelijen Negara (BIN).

Pada awalnya, STIN bernama Institut Intelijen Negara yang peresmian berdirinya dilaksanakan pada 9 Juli 2003. Tahun 2004 dimulai kuliah perdana dan IIN berubah menjadi STIN. 

Sesuai UU 17/2011 bahwa alumni STIN menjadi sumber utama Sumber Daya Manusia (SDM) di BIN. Jadi, nantinya lulusan dari STIN dapat langsung bekerja di BIN. Ini tentunya sangat menarik sekali, lulus kuliah langsung kerja.

STIN yang berstatus sebagai sekolah ikatan dinas tentu sangat diminati oleh siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ketika diterima di STIN, maka bisa kuliah dengan gratis, serta mendapatkan uang saku sesuai ketentuan, dan setelah lulus bisa langsung bekerja di BIN.

Keunggulan-keunggulan tersebut jangan sampai disia-siakan. Silahkan persiapkan diri kalian agar bisa bersaing dengan lainnya dalam proses seleksi masuk ke STIN. Cukup banyak pesaing yang harus dikalahkan. Jika kalian mampu menjadi yang terbaik, maka akan diterima menjadi taruna baru STIN.

Untuk itu, persiapkan diri kalian sebaik mungkin agar harapan kalian diterima sebagai taruna baru STIN dapat terwujudkan. Admin turut mendoakan yang terbaik untuk kalian semua.

Di STIN, ada beberapa program studi yang bisa dipilih. Program Studi tersebut yaitu :
  • Program Studi Agen Intelijen, dan Program Studi Analisis Intelijen

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk kuliah di STIN, silahkan mendaftarkan diri, kemudian mengikuti tahapan seleksi yang telah ditentukan. Berikut ini admin berikan informasi mengenai penerimaan taruna baru STIN. Silahkan disimak.

A. Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Siswa SMA / SMK / MA kelas XII tahun 2018 serta lulusan tahun 2016 dan 2017.
  3. Nilai rata-rata rapor kelas X, XI dan semester 1 kelas XII minimal 7,0.
  4. Bukan penyandang disabilitas dan gangguan mental.
  5. Tinggi badan minimal dengan berat badan ideal:
    • Putra : 160 (seratus enam puluh) cm.
    • Putri  : 155 (seratus lima puluh lima) cm.
  6. Bagi putra tidak pernah bertato dan bertindik serta bagi putri tidak pernah bertato dan bertindik dibagian tubuh yang tidak wajar/semestinya.
  7. Jika berkacamata tidak lebih dari +(plus) atau –(minus) 1,0.
  8. Tidak pernah mengalami patah tulang.

B. Persyaratan Khusus
  1. Surat ijin orang tua / wali.
  2. Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh kepala sekolah.
  3. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).
  4. Surat keterangan bebas narkoba dari RSUD.
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian setempat.
  6. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa / Kelurahan.
  7. Pas foto berwarna ukuran 4x6 cm sebanyak 1 buah, bagi putra berlatar belakang merah dan bagi putri berlatar belakang biru.
  8. Foto seluruh badan berwarna terbaru ukuran postcard dengan pakaian atas putih, bawah hitam (tampak depan, samping kanan dan samping kiri).
  9. Fotokopi akta kelahiran.
  10. Fotokopi Kartu Keluarga.
  11. Fotokopi hasil psikotes pada saat SMA.
  12. Sesuai PP no 63 tahun 2016, setiap calon peserta yang lulus seleksi administrasi dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000 (lima  puluh  ribu  rupiah) dengan mekanisme pembayaran diatur oleh BKN dan akan diberitahukan kemudian.
  13. Calon peserta dapat memilih jadwal dan tempat seleksi di tiap-tiap kota pelaksanaan seleksi sebanyak maksimal 1 (satu) kota melalui portal pendaftaran online melalui website: www.stin.ac.id

C. Alur Pendaftaran
  1. Melakukan pendaftaran di portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id
  2. Melakukan pengisian data dan lalu akan mendapatkan username dan password yang akan dikirimkan ke email
  3. Selanjutnya mendaftar secara online ke portal STIN melalui alamat pmb.stin.ac.id
  4. Login dengan mempergunakan user dari email yang di terima
  5. Melengkapi data pendaftaran sesuai ketentuan hingga mencetak kartu peserta
  6. Kemudian ikuti pentunjuk berikutnya.
D. Tahapan Seleksi dan Lokasi Tes

Tahapan seleksi STIN yaitu :
  1. Seleksi administrasi
  2. Tes Kompetensi Dasar meliputi : tes wawasan kebangsaan, tes intelektual umum dan tes karakter pribadi
  3. Tes Kemampuan Bekerja meliputi : tes potensi umum, tes psikologi, tes kesehatan fisik, tes kesehatan jiwa, tes kesemaptaan jasmani, dan tes wawancara 

Lokasi Tesnya di 8 kota meliputi Palembang, Medan, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Jayapura.

E. Jadwal Pendaftaran STIN

Pendaftaran STIN dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi ikatan dinas lainnya. Jadwal Pendaftaran tahun selengkapnya dapat dilihat pada artikel : Jadwal Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

F. Lain-lain
  • Informasi penting lainnya yang diperlukan dapat dibaca di stin.ac.id
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, ikuti yang ada di website resmi

Itulah informasi mengenai penerimaan taruna baru STIN. Silahkan ikuti proses pendaftaran dan seleksinya. Tunggu hasilnya, semoga sesuai harapan.

Mari Baca Juga :
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara). Semoga apa yang telah admin sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan sukses.