Pendaftaran Universitas YARSI 2024/2025

www.yarsi.ac.id 2024 -- PMB Universitas YARSI, Pendaftaran Universitas YARSI Jakarta, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas YARSI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas YARSI, Pendaftaran Kuliah di Universitas YARSI, Pendaftaran Jalur USM, Jalur PMB Universitas YARSI, PMB Pascasarjana Universitas YARSI. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Universitas YARSI 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk kamu yang berkeinginan untuk kuliah di Universitas YARSI. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.
http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/
Universitas YARSI adalah Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTS Islam) yang berada di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, tepatnya di Jl. Letjen Suprapto, Cempaka Putih Jakarta, 10510.

Universitas YARSI didirikan pada 15 April 1967. Moto yang dimiliki yaitu "Smart Campus That You Can Rely On".

Bagi kamu yang ingin menuntut ilmu di Perguruan Tinggi Islam Swasta di Jakarta, Universitas YARSI adalah salah satu pilihan yang tepat.

Kamu bisa mempelajari ilmu pengetahuan yang kamu perlukan untuk membekalimu dalam menjalani kehidupan di dunia ini dan sekaligus mempelajari ilmu-ilmu keislaman yang berguna untuk akhirat.

Jika kamu tertarik, maka silahkan mendaftarkan diri di kampus ini. Lakukan pendaftaran pada saat jadwal pendaftaran dibuka. Kamu bisa memilih salah satu program studi yang ada di Universitas YARSI yang informasinya dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas dan Program Studi di Universitas YARSI :
  • Fakultas Teknologi Informasi terdiri dari program studi Teknik Informatika, dan Ilmu Perpustakaan
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Kedokteran, dan Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Akuntansi, dan Manajemen
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi Psikologi
  • Sekolah Pascasarjana terdiri dari program studi Magister Manajemen, dan Magister Kenotariatan

Itulah beberapa pilihan program studi yang ada di Universitas YARSI. Silahkan pilih salah sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakatmu. Selanjutnya kamu perlu untuk mengetahui informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Universitas YARSI. Silahkan disimak di bawah ini.

I. Pendaftaran Mahasiswa Baru Jenjang S1

A. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Pendaftaran untuk Fakultas Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi
  1. Pas foto terbaru ukuran 3x4, berwarna, 4 lembar.
  2. Menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala sekolah yang menyatakan bahwa pendaftar adalah siswa kelas 12 dan fotokopi rapor (rapor kelas 10, 11, dan 12). Atau, 
  3. Bagi lulusan Tahun Ajaran sebelum ini: Menyerahkan fotokopi Ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir kepala sekolah dan fotokopi rapor lengkap.
  4. Menyerahkan bukti tanda pemeriksaan kesehatan dari Klinik YARSI
  5. Berasal dari SMA / MA jurusan IPA dengan kelulusan maksimal 3 tahun terakhir
  6. Khusus Lulusan Sekolah Luar Negeri, Kelas Akselerasi, Sekolah dengan program Internasional : 
    • Dokumen (Surat penyetaraan UN) diserahkan kepada PMB terlebih dahulu untuk diproses lebih lanjut.

2. Persyaratan Pendaftaran Fakultas Ekonomi, Hukum, Teknologi Informasi, dan Psikologi
  1. Pas foto terbaru ukuran 3x4, berwarna, 4 lembar.
  2. Menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala sekolah yang menyatakan bahwa pendaftar adalah siswa kelas 12 dan serta fotokopi rapor (rapor kelas 10, 11, dan 12). Atau, 
  3. Bagi lulusan Tahun Ajaran sebelumnya: Menyerahkan fotokopi Ijazah, SKHUN yang telah dilegalisir kepala sekolah, dan fotokopi rapor lengkap.
  4. Menyerahkan bukti tanda Pemeriksaan Kesehatan dari Klinik YARSI.
  5. Berasal dari SMA / MA jurusan IPA/IPS dan SMK.
  6. Khusus Lulusan Sekolah Luar Negeri, Kelas Akselerasi, Sekolah dengan program Internasional : Dokumen (Surat penyetaraan UN) diserahkan kepada PMB terlebih dahulu untuk diproses lebih lanjut.

B. Prosedur Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran di yarsi.ac.id , lalu klik "Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB)", lalu klik "Pendaftaran Online", lalu klik "Pendaftaran Baru", lalu mengisi data pendaftaran online atau mendaftar di konter PMB Universitas YARSI.
  2. Calon mahasiswa baru wajib melengkapi berkas persyaratan kepada petugas PMB Universitas YARSI.
  3. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti Pemeriksaan Kesehatan di Klinik YARSI dan menyerahkan bukti pemeriksaan ke petugas PMB Universitas YARSI.
  4. Bagi wilayah JABODETABEK : Pengambilan kartu ujian dan Pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan sehari setelah pengisian formulir pendaftaran sesuai dengan jadwal yang ditentukan. 
  5. Bagi wilayah diluar JABODETABEK : Pengambilan kartu ujian dan Pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan maksimal 2 (dua) hari sebelum Hari Ujian berlangsung.
  6. Mencetak Kartu Ujian masuk dan jadwal pelaksanaan Seleksi Tahap 1 (Tes Akademik) .
  7. Bagi Calon mahasiswa baru yang telah lengkap persyaratan administrasi maka dilanjutkan ke Seleksi Penerimaan Tahap 1 (Tes Akademik).
  8. Pengumuman resmi hasil Seleksi Tahap 1 dapat dilihat melalui situs http://www.yarsi.ac.id/pendaftaran-mahasiswa-baru.html atau di konter PMB Universitas YARSI.
  9. Apabila dinyatakan memenuhi syarat dalam hasil Seleksi Tahap 1, maka diwajibkan mengikuti Seleksi Tahap 2 (meliputi Tes Bakat dan Kemampuan serta Tes Kesehatan Lanjutan).
  10. Melakukan pembayaran Tes Bakat dan Kemampuan serta Tes Kesehatan Lanjutan ke Rekening atas nama Yayasan YARSI melalui Bank Mandiri atau Bank BRI atau melalui petugas pendaftaran pada hari Tes Seleksi Tahap 2.
  11. Keputusan penerimaan mahasiswa baru adalah setelah dinyatakan Lulus Seleksi Tahap 1 dan Seleksi Tahap 2.

C. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dibuka hingga 5 gelombang, bahkan lebih dari itu. Pendaftaran dibuka sekitar bulan oktober tahun sebelumnya hingga bulan Agustus tahun ini. Jadwal lengkap dapat dilihat di web resmi

II. Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 berwarna masing-masing 4 lembar.
  2. Menyerahkan surat rekomendasi dari atasan (bagi yang sudah bekerja) atau dosen S1 (bagi yang belum bekerja)
  3. Menyerahkan fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai S1 yang telah dilegalisir oleh Perguruan Tinggi Asal (masing-masing 2 lembar)
  4. Menyerahkan bukti tanda pemeriksaan kesehatan dari Klinik YARSI
  5. Prodi Magister Manajemen berasal dari S1 untuk semua bidang studi dengan IPK minimal 2.5
  6. Prodi Magister Kenotariatan berasal dari S1 Ilmu Hukum dengan IPK minimal 2.7

B. Prosedur Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran di yarsi.ac.id, lalu klik "PMB S2", lalu klik menu "Pendaftaran Online", lalu klik "Pendaftaran Baru", lalu isi data pendaftaran online, atau mendaftar di konter PMB Universitas YARSI
  2. Calon mahasiswa baru wajib melengkapi berkas persyaratan kepada petugas PMB Universitas YARSI.
  3. Calon mahasiswa baru wajib mengikuti Pemeriksaan Kesehatan di Klinik YARSI dan menyerahkan bukti pemeriksaan ke petugas PMB Universitas YARSI.
  4. Bagi wilayah JABODETABEK : Pengambilan kartu ujian dan Pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan sehari setelah pengisian formulir pendaftaran sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  5. Bagi wilayah diluar JABODETABEK : Pengambilan kartu ujian dan Pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan maksimal 2 (dua) hari sebelum Hari Ujian berlangsung.
  6. Melakukan pembayaran formulir pendaftaran mahasiswa baru ke Rekening atas nama Yayasan YARSI melalui Bank Mandiri atau Bank BRI
  7. Menyerahkan bukti pembayaran formulir pendaftaran ke petugas PMB Universitas YARSI langsung atau melalui nomor fax 021 4213065 atau email ke pmb@yarsi.ac.id
  8. Mencetak Kartu Ujian masuk dan jadwal pelaksanaan Seleksi Tahap 1 (Tes Akademik)
  9. Bagi Calon mahasiswa baru yang telah lengkap persyaratan administrasi maka dilanjutkan ke Seleksi Penerimaan Tahap 1 (Tes Akademik)
  10. Pengumuman resmi hasil Seleksi Tahap 1 dapat dilihat melalui situs http: http://www.yarsi.ac.id/pendaftaran-mahasiswa-barus2.html atau di konter PMB Universitas YARSI
  11. Apabila dinyatakan memenuhi syarat dalam hasil Seleksi Tahap 1, maka diwajibkan mengikuti Seleksi Tahap 2 meliputi Tes Bakat dan Kemampuan, Tes Kesehatan Lanjutan dan Wawancara (khusus untuk Program Studi Magister Manajemen).
  12. Keputusan penerimaan mahasiswa baru adalah setelah dinyatakan Lulus Seleksi Tahap 1 dan Seleksi Tahap 2

Panitia PMB YARSI
Sekretariat / Tempat Pendaftaran
Gedung baru Universitas YARSI lantai dasar
Jl. Letjen Suprapto, Cempaka Putih Jakarta, 10510.
Telp. 021-4206674, 021-4206675, 021-4206676
Fax: 021-4203065
email: pmb@yarsi.ac.id
www.yarsi.ac.id
Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Universitas YARSI. Silahkan ikuti pendaftarannya. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat di website Univeristas YARSI.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informsi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Universitas YARSI. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut daoat menjadi gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di Universitas YARSI.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di kampus ini. Terima kaish telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk mengajak teman lainnya untuk berkunjung ke blog ini. Thanks.