Pendaftaran UM PTKIN Online 2024/2025 (UIN, IAIN, STAIN)

um.ptkin.ac.id 2024 -- PMB Jalur UM-PTKIN, Pendaftaran Online UM-PTKIN, Pendaftaran UM-PTKIN Online, Jadwal dan Tata Cara Pendaftaran UM-PTKIN Online, Pendaftaran UM-PTKIN Online, Pendaftaran Jalur Tertulis UM-PTKIN, Pendaftaran Jalur Nasional UM-PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran UM PTKIN Online 2024/2025 (UIN, IAIN, STAIN). Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri melalui jalur ujian tertulis UM-PTKIN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Saat tahun ajaran baru tiba, setiap Perguruan Tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, semuanya membuka penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur.

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri.

Jalur nasional terbagi menjadi 2 jalur, yaitu SPAN PTKIN dan UM PTKIN. SPAN PTKIN dikenal dengan jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, sedangkan UM PTKIN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang seleksinya dilakukan dengan ujian tertulis.

Kedua jalur nasional tersebut dibuka untuk menjaring calon mahasiswa baru yang memenuhi kriteria masing-masing jalur. Jika anda siswa-siswi berprestasi, maka mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SPAN PTKIN. Jika anda memiliki kemampuan yang sedang-sedang saja, maka anda dapat mengikuti seleksi UM-PTKIN. Pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai UM-PTKIN.

UM-PTKIN yang memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tiinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang ada di Indonesia.

Seleksi UM-PTKIN dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Peserta datang ke lokasi ujian sesuai dengan yang tertera pada kartu ujian UM-PTKIN.

Melihat data peserta tahun 2015 lalu yang mencapai 77.224 peserta. Maka data tersebut menunjukkan bahwa peserta yang berminat mengikuti seleksi UM-PTKIN cukup banyak. Dengan dan peserta yang mendaftar, maka persaingan akan semakin banyak pula sehingga untuk bisa lulus juga sulit.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda sebaiknya rajin belajar mempelajari materi-materi yang berkaitan dengan materi yang akan diujikan saat seleksi UM-PTKIN. Selain itu, anda pula bisa mengikuti bimbel atau les di lembaga pendidikan terkenal.

Semoga dengan persiapan anda yang telah maksimal dapat membantu anda dalam mencapai keinginan anda untuk bisa lulus seleksi UM-PTKIN.

Ketika anda akan melakukan pendaftaran UM-PTKIN, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa persyaratan pendaftarannya. Jika anda dapat memenuhi persyaratan pendaftaran UM-PTKIN, maka anda selanjutnya dapat melakukan pendaftaran UM-PTKIN secara online. Berikut informasi persyaratan pendaftaran UM-PTKIN.

A. Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / SPM / PDF / PKPPS / sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024.
    • Peserta lulusan tahun 2022 dan 2023 wajib memiliki Ijazah / Surat Keterangan Lulus (SKL), 
    • Peserta lulusan 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL) / Pengumuman Lulus / KTP / Kartu Siswa.
  2. Peserta wajib memiliki:
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
    • Email yang aktif dan dapat dihubungi;
    • Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi ketika akan mendaftar UM-PTKIN. Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran UM-PTKIN dengan memahami alur berikut ini.

B. Alur Pendaftaran UM-PTKIN

1. Pendaftaran dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
  1. Daftar Akun
    • Calon peserta bisa login menggunakan akun SPAN PTKIN, atau bagi yang belum memiliki akun dapat memilih "Daftar Akun"
  2. Isi Data
    • Masukkan NISN, tanggal lahir, nomor WA dan email aktif.
  3. Password
    • Password akun akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan
  4. Login
    • Login dengan NISN dan password yang telah didapatkan, kemudian lengkapi formulir online yang tersedia
  5. Cetak Invoice
    • Cetak invoice tagihan pembayaran
  6. Pembayaran
    • Lakukan pembayaran sesuai tagihan melalui moteode pembayaran yang tersedia

2. Pemilihan Program Studi, Pemilihan Titik Lokasi Ujian, Cetak Kartu Ujian, Ujicoba, dan Ujian SSE UM-PTKIN dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
  1. Login
    • Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali lagi ke laman https://um.ptkin.ac.id
  2. Unggah Foto
    • Unggah file foto berwarna dengan ukuran sesuai ketentuan
  3. Pilih Prodi
    • Calon peserta dapat memilih maksimal 3 program studi. Urutan pemilihan menunjukkan prioritas
  4. Titik Lokasi Ujian
    • Calon peserta memilih tiitk lokasi ujian
  5. Cetak Kartu
    • Cetak kartu peserta ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal
  6. Mengikuti Ujicoba dan Ujian UM PTKIN
    • Ikuti ujicoba dan ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian

Baca lebih rinci : Tata Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Itulah tata cara pendaftaran yang dapat anda ikuti saat akan mendaftar  UM-PTKIN. Saat melakukan pengisian data pendaftaran  UM-PTKIN di atas, anda diminta untuk mengisi banyak data, diantaranya mengisi data pilihan PTKIN dan Program Studi. Ada ketentuan tersendiri untuk menentukan pilihan PTKIN dan Program Studi. Berikut informasinya.

C. Jumlah Pilihan PTKIN dan Program Studi
  1. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
  2. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
  3. Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang sangat anda minati.

Selanjutnya anda perlu mengetahui kriteria penerimaan UM-PTKIN yang digunakan oleh panitia seleksi agar anda dapat memprediksikan sendiri kelulusan UM-PTKIN. Berikut informasinya untuk anda.

D. Materi Ujian UM-PTKIN

1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:
  • Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
  • Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
  • Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.
2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

E. Tipe Ujian

Hanya ada satu tipe ujian UM-PTKIN yaitu Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. 

F. Kriteria Penerimaan UM-PTKIN
  1. Telah lulus dari satuan pendidikan menengah atas (SMA / MA / Sederajat)
  2. Lulus UM-PTKIN tahun ini
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.
  5. Melakukan Pendaftaran Ulang pada PTKIN Penerima

Itulah kriteria penerimaan yang digunakan oleh panitia  UM-PTKIN untuk menentukan kelulusan mahasiswa baru yang telah mengikuti seleksi jalur  UM-PTKIN.

Selain informasi di atas, anda perlu mengetahui informasi penting lainnya yaitu jadwal pelaksanaan UM-PTKIN. Jadi ini penting anda ketahui karena dengan jadwal, anda dapat mengetahui semua kegiatan pelaksanaan UM PTKIN. Berikut informasinya untuk anda

G. Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN 2024
  • Pendaftaran / Pembayaran : 06 Mei 2024 pukul 08.00 WIB - 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • Finalisasi Pendaftaran : 06 Mei 2024 pukul 08.00 WIB - 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN : Dimulai pada 29 Juni 2024 pukul 15.00
  • Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN : 24 Juni - 04 Juli 2024
  • Pengumuman : 17 Juli 2024, Baca : Pengumuman hasil ujian tulis 
  • Pendaftaran ulang di masing-masing PTKIN

Untuk melengkapi informasi yang telah anda peroleh dari pembahasan di atas, maka informasi terakhir yang perlu anda ketahui adalah daftar nama PTKIN yang tergabung dalam UM PTKIN. Dengan mengatahui daftar berikut, maka anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan PTKIN. Berikut informasinya.

H. Daftar Nama-nama PTKIN pada UM-PTKIN

Berikut ini admin akan memberikan daftar nama-nama PTKIN pada pelaksanaan UM-PTKIN. PTKIN-PTKIN berikut terbagi dalam beberapa wilayah. Berikut informasinya.

Daftar PTKIN Zona I
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sumatera Utara Medan
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Imam Bonjol Padang
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bukittinggi
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Batusangkar
  9. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Lhokseumawe
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Bengkalis
  12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Sultan Abdurrahman
  14. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Mandailing Natal

Daftar PTKIN Zona 2
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Fatah Palembang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Intan Lampung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bengkulu
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kerinci Jambi
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Curup
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Metro
  8. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Daftar PTKIN Zona 3
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pontianak
  6. Pendaftaran UM-PTKIN UNSIKA

Daftar PTKIN Zona 4
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Walisongo Semarang
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Surakarta
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Purwokerto
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Salatiga
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pekalongan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kudus

Daftar PTKIN Zona 5
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Antasari Banjarmasin
  4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Mataram
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Jember
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Samarinda
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palangkaraya
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Tulungagung
  9. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Madura
  10. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kediri
  11. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ponorogo

Daftar PTKIN Zona 6
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Alauddin Makassar
  2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Amai Gorontalo
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ambon
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Manado
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Dato Karama Palu
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palopo
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kendari
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ternate
  9. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pare-Pare
  10. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bone
  11. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Fattahul Muluk Papua
  12. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sorong
  13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Majene

    Itulah daftar nama-nama PTKIN yang tergabung dalam seleksi  UM-PTKIN. Silahkan anda tentukan pilihan sesuai keinginan anda.

    Sedikit tips untuk anda agar bisa lulus seleksi  UM-PTKIN yaitu pilihlah PTKIN dimana peserta yang mendaftar di PTKIN tersebut sedikit, lalu pilih program studi yang sedikit pula yang mendaftar. Yang terpenting yaitu pemilihan PTKIN dan Program Studi tersebut tentunya harus sesuai dengan keinginan anda. Jika tidak sesuai jangan dilakukan.

    Informasi tambahan :
    Bagi calon mahasiswa yang mendaftar UM-PTKIN namun memiliki keterbatasan dalam segi ekonomi, maka calon mahasiswa tersebut dapat mengikuti seleksi Bidikmisi jalur  UM-PTKIN di PTKIN tersebut jika PTKIN tersebut membuka Bidikmisi.

    Bidikmisi merupakan bantuan dana pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keuarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi. Untuk bisa mendaftar Bidikmisi jalur UM-PTKIN, tentunya anda harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan. Informasi Bidikmisi jalur  UM-PTKIN dapat dilihat diwebsite resmi masing-masing PTKIN.

    Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web resmi

    Silahkan Baca Juga Jalur Tertulis Lainnya :

    Baca Juga :

    Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UM-PTKIN Online. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam mendaftar UM-PTKIN.

    Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi UM-PTKIN dan diterima di PTKIN pilihan anda dan memperoleh Program Studi yang anda minati. Aamiin.

    Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi yang ada di web ini. Admin pun turut merasa senang jika informasi yang ada di web ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

    Mari kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan untuk kita semua agar bisa menjadi orang-orang yang berilmu dan bisa sukses semuda mungkin. Aamiin Ya Robbal Alamin.