Pendaftaran UNJ 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

penmaba.unj.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNJ Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNJ Online, Pendaftaran Online UNJ, PMB UNJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ, Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ, Seleksi Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Info Pendaftaran UNJ, Cara Pendaftaran UNJ, Panduan Pendaftaran UNJ, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNJ, Pendaftaran Maba Universitas Negeri Jakarta. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran UNJ 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, mudah-mudahan bisa memberikan panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNJ. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Jakarta adalah Ibu Kota dari Negara Indonesia yang merupakan kota tersebut di Negera kita. Di Jakarta banyak sekali berdiri Perguruan Tinggi, baik PTN ataupun PTS. PTN yang ada di Jakarta diantaranya yaitu UNJ, UT, UPN Veteran Jakarta, UIN Jakarta, dan masih banyak yang lainnya.

UNJ atau Universitas Negeri Jakarta adalah salah satu PTN yang ada di Jakarta yang terletak di Jl. Rawamangun Muka, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220, Indonesia.

UNJ telah didirikan pada tanggal 16 Mei 1964. UNJ memiliki moto yaitu "Building Future Leader"

Pada saat ini UNJ telah memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana, yaitu :
  • FIP terdiri dari Program Studi Psikologi, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, PAUD, Bimbingan Konseling, PGSD.
  • FBS terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Arab , Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Pendidikan Bahasa Mandarin.
  • FMIPA terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia , Biologi, an Sistem Komputer
  • FIS terdiri dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Ilmu Agama Islam, Pendidikan Sosiologi, Sosiologi Pembangunan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Hubungan Masyarakat, Usaha Jasa Pariwisata.
  • FT terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik ELektro, Pendidikan Teknik ELektronika, Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer, Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Sipil, Transportasi, Pendidikan Tata Boga, Tata Boga, Pendidikan Tata Busana, Tata Busana, Pendidikan Tata Rias, Tata Rias, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
  • FIK terdiri dari Program Studi Pendidikan Jasmani, Pendidikan Kepelatihan, Ilmu Keolahragaan, Konsentrasi Olahraga Rekreasi, Konsentrasi Kepelatihan Kecabangan Olahraga
  • FE Pendidikan Ekonomi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Tata Niaga, Manajemen, Akuntansi, Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Sekretari.
  • Program Magister terdiri dari Teknologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Linguistik Terapan, Pendidikan Olahraga, POR Konsentrasi Manajemen Olahraga, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Manajemen Lingkungan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris
  • Program Doktor terdiri dari Teknologi Pendidikan, TP Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Manajemen Pendidikan, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, PKLH Konsentrasi Manajemen Lingkungan,  Pendidikan Sejarah, Ilmu Manajemen-MSDM

Dari sekian banyaknya program studi yang ada di UNJ, mungkin ada salah satu yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNJ.

Ketika anda akan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNJ, maka anda harus mengetahui jalur-jalur seleksi masuk yang dibuka oleh UNJ.

UNJ melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. Berikut informasi untuk kedua jalur seleksi tersebut.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ Jalur Seleksi Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi yang diselenggarkan oleh Pemerintah untuk menerima mahasiswa baru. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNBP dan SNBT.

Jalur SNBP dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan dan biaya pendaftarannya gratis, sedangkan jalur SNBT dikenal dengan sebutan jalur tertulis dan biaya pendaftarannya ditanggung oleh peserta.

1. Pendaftaran UNJ Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang diperuntukan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa terutama dilihat dari nilai rapor dan portofolio akademik siswa tersebut serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh PTN.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah siswa mendapatkan rekomendasi, dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Panduan pendaftaran atau tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, pilihan PTN dan program studi, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran UNJ Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulus dari jenjang SLTA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi jalur SNBT dilakukan melalui tes UTBK yang dikerjakan secara tertulis berbasis komputer.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk melakukan pengisian data secara online.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNJ

Bidikmisi adalah salah satu program pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dengan memberikan bantuan biaya pendidikan.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Bagi yang memenuhi syarat, maka dapat mengajukan diri untuk bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.

Proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Keterangan lain seperti cara pendaftaran KIP-Kuliah, persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal lainnya terkait KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ Jalur Seleksi Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola secara langsung oleh UNJ. Jalur ini dapat juga disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang teleh mengikuti seleksi jalur sebelumnya tetapi tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Pendaftaran mahasiswa baru UNJ dikenal dengan sebutan Penmaba UNJ. Berikut proses Pendaftaran Penmaba UNJ :
  1. Membuat akun di situs penmaba.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Gunakan alamat e-mail dan no.hp aktif karena akan digunakan.
  2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs penmaba.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya.
  3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Anda dapat memilih Kelompok : IPA, IPS, IPC, dan AP. Kemudian Anda memilih program studi sesuai dengan yang anda inginkan. terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus Anda bayar. Anda dapat merubah pilihan-pilihan tersebut sampai anda yakin dengan pilihan Anda. Jika anda sudah yakin tekan tombol simpan. Setelah Anda menekan tombol simpan, Anda tidak dapat merubah pilihan, dan masuk ke tahapan selanjutnya.
  4. Cetak tagihan. Anda akan diberikan slip tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat id tagihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda (cara pembayaran harap di lihat pada Tab ke 4 "Cara Pembayaran"). Harap diperhatikan, setelah Anda mencetak tagihan, Anda diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika Anda tidak melakukan pembayaran, Anda diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.
  5. Download dan cetak Slip Pembayaran pada tahapan nomor 4 yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.
  6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout.
  7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Slip Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.
  8. Masuk ke dalam sistem, login di situs penmaba.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  9. Upload foto untuk dicetak di kartu ujian. Gunakan foto formal berwarna dengan latar belakang warna merah dengan ukuran maksimal 500kb dengan format .jpg
  10. Mencetak kartu Ujian Peserta Penmaba UNJ
  11. Disarankan untuk melakukan survei lokasi dua atau tiga hari sebelum ujian dilaksanakan.
  12. Mengikuti seluruh ujian Penmaba UNJ pada tanggal yang telah di tentukan

Itulah tata cara pendaftaran jalur penmaba UNJ. Adapun beberapa jalur seleksi mandiri (Penmaba UNJ) yang dibuka yaitu sebagai berikut :

1. Pendaftaran Program Diploma UNJ

Bagi anda yang ingin kuliah program Diploma di UNJ, maka anda dapat mengikuti seleksi jalur mandiri prorgam Diploma UNJ. Seleksi masuk program Diploma UNJ dibuka melalui jalur reguler dan jalur non reguler pada program studi tertentu.

2. Pendaftaran Program Sarjana UNJ

Selain dilakukan melalui jalur nasional, penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana UNJ juga dilakukan melalui jalur mandiri. Jalur mandiri program Sarjana juga dibuka melalui jalur reguler dan jalur non reguler pada program studi tertentu yang ada di UNJ.

3. Pendaftaran Jalur Alih Jenjang

Jalur alih jenjang merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru untuk lulusan Diploma 3 yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana di UNJ pada bidang yang relevan.

4. Pendaftaran Mahasiswa Pindahan

UNJ juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk mahasiswa pidahan. Mahasiswa pindahan disini dibedakan menjadi mahasiswa pindahan antarprogram Studi di Lingkungan UNJ dan mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain.

5. Pendaftaran Mahasiswa UNJ yang Putus Kuliah

Bagi mahasiswa UNJ yang masih memiliki masa studi, tetapi tidak lagi terdaftar selama 3, sampai lebih dari 10 semester maka akan diberi kesempatan hanya 1 kali meneruskan studi (pemutihan) dengan ketentuaan yang telah di atur oleh UNJ.

6. Pendafaran Pascasarjana UNJ

Bagi anda yang memiliki keinginan untuk kuliah jenjang Magister atau Doktor, maka UNJ adalah salah satu PTN yang dapat anda pilih. Program Pascasarjana UNJ dibedakan menjadi Program Magister jalur Reguler dan Non Reguler, dan Program Doktor jalur Reguler dan Non Reguler.

Persyaratan yang harus anda penuhi ketika ingin mendaftar yaitu :

Bagi Calon Mahasiswa S2
  1. Memiliki ijazah S1 di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  2. Memiliki Indeks Prestasi minimum 2,75
  3. Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa.

Bagi Calon Mahasiswa S3
  1. Memilki ijazah S2 atau setara di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  2. Memiliki Indek Prestasi minimum 3.0
  3. Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut kemudian melakukan pendaftaran dengan mendownload formulir pendaftaran di web resmi PPS UNJ dan kemudian menyerakan berkas pendaftaran.

Penting!!!
Informasi mengenai jalur mandiri UNJ yang belum disampaikan disini dapat anda lihat langsung di web resmi UNJ di alamat penmaba.unj.ac.id dan untuk program pascasarjana dapat di lihat di alamat pps.unj.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNJ (Universitas Negeri Jakarta). Semoga informasi yang telah admin berikan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda terutama yang ingin kuliah di UNJ.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNJ melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengjung setia web ini yang tela meluangkan waktu untuk membaca artikel disini. 

Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Mari turut berbagi informasi pada teman-teman lain yang membutuhkan.