Pendaftaran Poltekpar Palembang 2024/2025 (Politeknik Pariwisata Palembang)

poltekpar-palembang.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLTEKPAR Palembang, Penerimaan Mahasiswa Baru POLTEKPAR Palembang, Cara Pendaftaran Online POLTEKPAR Palembang, Pendaftaran Kuliah di POLTEKPAR Palembang, Pendaftaran Politeknik Pariwisata Palembang. 2026. 2027

Pada kesempatan yang baik ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Poltekpar Palembang 2024/2025 (Politeknik Pariwisata Palembang). Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke kampus Politeknik Pariwisata Palembang. Langsung saja disimak informasinya di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Politeknik Pariwisata Palembang atau yang dikenal pula dengan nama POLTEKPAR Palembang adalah perguruan tinggi pariwisata di bawah Kementerian Pariwisata yang menyelenggarakan pendidikan terutama di bidang kepariwisataan.

Pendirian POLTEKPAR Palembang telah mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Daerah Sumatera Selatan serta dukungan dari Kemenristek Dikti Nomor 252/C/KL/2016 Tanggal 29 Februari 2016 perihal Dukungan Pendirian Politeknik Pariwisata Palembang.

Kurangnya tenaga profesional di bidang kepariwisataan harus segera di atasi. Pendirian Poltekpar Palembang ini didasari pada kebutuhan sumber daya manusia profesional di bidang kepariwisataan, sehingga dirasa perlu didirikan lembaga pendidikan pariwisata untuk mencetak tenaga profesional di bidang pariwisata yang dibutuhkan.

Dengan banyaknya lulusan tenaga profesional di bidang pariwisata yang memiliki kualitas yang unggul, maka pariwisata Indonesia dapat dimaksimalkan dengan sebaik mungkin.

Adapun alamat Politeknik Pariwisata Palembang yaitu di Jl. Glora Sriwijaya, Komplek Jakabaring Sport City, Palembang.

Visi yang ingin dicapai oleh Poltekpar Palembang “Menjadi perguruan tinggi pariwisata yang unggul dan berdaya saing

Bagi kalian yang merupakan siswa-siswi lulusan SMA / SMK / MA / sederajat lainnya yang menjadi tenaga profesional di bidang kepariwisataan, maka bisa menuntut ilmu di kampus Poltekpar Palembang.
Baca juga : Pendaftaran Sekolah Kedinasan
Ada beberapa program studi yang bis dipilih nantinya pada saat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Program studi yang dimaksud yaitu :
  • Divisi Kamar (DIK) D3, Tata Hidang (TAH) D3, Seni Kuliner (SKU) D3, Pengelola Konvensi dan Acara (PKA) D4

Dari sejumlah program studi yang ada tersebut, silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan minatmu. Setelah itu, pahami tentang pendaftaran.

Ada 2 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke Poltekpar Palembang, yaitu SBM-STAPP dan SMM. Untuk informasi pendaftaran lengkap, maka dapat disimak berikut ini.

I. Pendaftaran Poltekpar Palembang Jalur SBMPTNP

SBMPTNP atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata adalah jalur seleksi bersama proses penerimaan mahasiswa baru masuk ke perguruan tinggi pariwisata, salah satunya Poltekpar Palembang.

Seleksi jalur SBMPTNP dilakukan melalui ujian tertulis bagi semua peserta. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SBMPTNP dapat dibaca langsung pada artikel berikut : Pendaftaran SBMPTNP

II. Pendaftaran Poltekpar Palembang Jalur SMM

SMM atau Seleksi Masuk Mandiri adalah jalur seleksi mandiri masuk ke Poltekpar Palembang yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang dikelola langsung oleh pihak kampus.

Jalur ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang telah mengikuti jalur SBM-STAPP tetapi tidak lulus, maka jalur SMM ini adalah kesempatan berikutnya yang bisa diikuti. Informasi lengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

A. Persyaratan dan Ketentuan

1. Seleksi
  • Membayar biaya pendaftaran di Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran dan mencetak kartu ujian

2. Penerimaan
  1. Lulus Ujian Nasional SMA / SMU / SMK / MA
  2. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan Poltekpar Palembang
  3. Bersedia mematuhi peraturan Poltekpar Palembang

B. Cara Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan secara online ataupun secara langsung. Cara pendaftaran online melalui web poltekpar-palembang.ac.id/admision , sedangkan pendaftaran langsung dilakukan di sekretariat Politeknik Pariwisata Palembang di komplek wisma atlet Jakabaring Sport City, Palembang.

C. Prosedur Pendaftaran

Prosedur Pendaftaran adalah sebagai berikut :
  1. Membuat akun di poltekpar-palembang.ac.id/admision
  2. Menerima email aktivasi untuk pengaktifan login (ikuti instruksi isi email untuk pengaktifan)
  3. Melakukan login di poltekpar-palembang.ac.id/admision
  4. Melengkapi data pendaftaran pada menu pendaftaran -> lengkapi pendaftaran
  5. Melihat detail data pembayaran pada halaman pendaftaran dengan menklik link Klik Lihat Nomor Rekening (data pembayaran harus dicatat atau diingat karena password anda tidak berlaku lagi ketika telah melengkapi data pendaftaran), untuk login kembali gunakan password (PIN) yang tertera pada bukti Slip Penyetoran Bank
  6. Melakukan Pembayaran Pendaftaran sebesar Rp. 250.000 di BRI
  7. Login kembali ke poltekpar-palembang.ac.id/admision dengan password sesuai yang tertera pada bukti slip penyetoran
  8. Melakukan Konfirmasi pembayaran dengan cara meng-upload bukti bayar melalui menu Bukti Bayar > Upload Bukti Bayar . (Nb: Bukti Bayar SBM-STAPP tidak berlaku di SMM)
  9. Menunggu Verifikasi Pembayaran, maksimal 1 x 24 Jam, status pembayaran dapat dilihat pada menu Bukti Bayar > Status Pembayaran
  10. Mencetak Kartu Ujian pada menu Tes -> Cetak Kartu Tes (hanya dapat dicetak jika status pembayaran telah diterima)
  11. Menunggu Jadwal Ujian yang akan disampaikan melalui laman poltekpar-palembang.ac.id
  12. Pelaksanaan ujian sesuai jadwal pada pengumuman
  13. Melihat hasil ujian, dapat dilakukan dengan cara login ke daftar.poltekpar-palembang.ac.id pada menu Tes – > Lihat Hasil Tes

D. Jenis Ujian
  1. Ujian Tulis : Bahasa Inggris dan Psikotes
  2. Ujian Lisan : Wawancara
  3. Pemeriksaan Kesehatan

E. Jadwal Pendaftaran
  • Pendaftaran biasanya dibuka dari bulan April hingga bulan Juli. Jadwal lengkap dapat dilihat di web resmi

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Politeknik Pariwisata Palembang. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat langsung di website resmi di alamat poltekpar-palembang.ac.id

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan info, maka ikuti info yang ada di website tersebut.

Mari Baca Juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Poltekpar Palembang yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan di atas dapat membantu kalian dapat proses pendaftaran hingga seleksi calon mahasiswa baru Poltekpar Palembang. Cukup sekian dan thanks.