Pendaftaran UIN Malang 2024/2025

pmb.uin-malang.ac.id 2024 -- PMB UIN Malang, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Malang, Pendaftaran UIN Malang Online, Pendaftaran Online UIN Malang, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang, Jalur SPAN PTKIN, Jalur UM PTKIN, KIP Kuliah, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UIN Malang, Universitas Islam Negeri Malang. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin berikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UIN Malang 2024/2025. Dengan adanya informasi pada artikel ini, mudah-mudahan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UIN Malang. Mari simak pembahasan selengkapya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Malang adalah salah kota terbesar kedua yang ada di Jawa Timur. Di kota Malang banyak sekali didirikan Perguruan Tinggi Negeri seperti UIN Malang, UB, UM, ITN Malang, dan lain-lain.

UIN Malang atau juga disebut Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang berada di kota Malang tepatnya di Jl. Gajayana No. 50, Malang 65144, Indonesia.

UIN Malang telah didirikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50 tanggal 21 Juni 2004. Moto dari Universitas Islam Negeri Malang (UIN-Malang) adalah Bilingual University, Menciptakan Professional Yang Ulama' dan Ulama' yang Professional.

Pada saat ini, telah banyak Fakultas dan Program Studi di UIN Malang, yaitu :
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari : S-1 Pendidikan Agama Islam, S-1 Pendidikan IPS, S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), S-1 Pendidikan Bahasa Arab, S-1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, S-1, Manajemen Pendidikan Islam.
  • Fakultas Syariah terdiri dari : S-1 Hukum Keluarga Islam (al-Ahwal al-Syakhshiyyah), S-1 Hukum Bisnis Syariah, S-1 Hukum Tatanegara (Siyasah)
  • Fakultas Humaniora terdiri dari : S-1 Bahasa dan Sastra Arab, S-1 Bahasa dan Sastra Inggris
  • Fakultas Psikologi terdiri dari : S-1 Psikologi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari : S-1 Manajemen, S-1 Akuntansi, S-1 Perbankan Syariah, D-III Perbankan Syariah.
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari : S-1 Matematika, S-1 Biologi, S-1 Kimia, S-1 Fisika, S-1 Teknik Informatika, S-1 Teknik Arsitektur, S-1 Farmasi
  • Sekolah Pascasarjana terdiri dari : S-2 Manajemen Pendidikan Islam, S-2 Pendidikan Bahasa Arab , S-2 Studi Ilmu Agama Islam , S-2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, S-2 Pendidikan Agama Islam, S-2 Al-Ahwal al-Syakhsiyyah , S-2 Ekonomi Islam, S-3 Manajemen Pendidikan Islam, S-3 Pendidikan Bahasa Arab, S-3 Pendidikan Agama Islam Berbasis Studi Interdispliner

Dari sekilas informasi mengenai UIN Malang, mungkin bisa sedikit menginspirasi anda terutama yang memiliki niat untuk kuliah di UIN Malang.

Pada saat anda ingin kuliah di UIN Malang, maka anda perlu mengetahui salah satu informasi penting berkaitan dengan proses pendaftaran mahasiswa baru. Informasi penting yang harus anda ketahui tersebut yaitu jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Malang.

Dengan mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Malang, maka anda dapat menentukan jalur mana yang akan anda ikuti dan tentunya dalam menentukan pilihan jalur tersebut anda harus memperhitungkan bahwa dengan mengikuti jalur tersebut anda bisa lulus seleksi.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Malang tediri dari jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Berikut informasi selengkapnya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Pemerintah untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Ada banyak jalur nasional yang diikuti oleh UIN Malang yaitu jalur SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan KIP Kuliah. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran UIN Malang Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah tahun ini.

Meskipun SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswa yang ingin masuk ke PTN, namun UIN Malang sebagai PTKIN tergabung dalam jalur seleksi ini.

Di UIN Malang, program studi yang ditawarkan melalui jalur SNBP merupakan program studi bidang umum selain program bidang keagamaan.

Bagi peserta yang ingin memilih program studi bidang keagamaan, maka dapat mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN.

Bagi calon peserta SNBP yang ingin mendaftar, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data sekolah dan data siswa di laman PDSS SNBP. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya calon peserta dapat melakukan pendaftaran SNBP.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, PDSS SNBP, kriteria penerimaan, jadwal dan hal penting lainnya dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SNBP Undangan atau Pendaftaran SNBP

Bagi peserta dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi, maka dapat mengajukan diri atas usulan Kepala Sekolah untuk mendaftar dan mengikuti seleksi KIP Kuliah yaitu KIP Kuliah jalur SNBP.

2. Pendaftaran UIN Malang Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN, IAIN, atau STAIN yang ada di Indonesia.

Program studi yang ditawarkan melalui jalur ini yaitu program studi bidang keagamaan islam

Calon peserta yang ingin mendaftar SPAN PTKIN terlebih dahulu harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran sampai selesai.

Panduan pendaftaran, link, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan dan lain sebagainya dapat d baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN

3. Pendaftaran UIN Malang Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulusan jenjang SMA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Sama seperti pada SNBP bahwa untuk program studi yang ditawarkan pada jalur SNBT adalah program studi bidang umum selain bidang keagamaan islam.

Untuk pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, laman pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar PTN / PTKIN, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNBT Online atau Pendaftaran SNBT

Untuk peserta SNBT yang berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi rendah, maka dapat mengajukan KIP Kuliah atas usulan Kepala Sekolah. KIP Kuliah yang diusulkan adalah KIP Kuliah jalur SNBT.

4. Pendaftaran UIN Malang Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis yang diperuntukkan bagi peserta yang telah lulus SMA / sederajat maksimal lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN, IAIN, atau STAIN di Indonesia.

Program studi yang ditawarkan pada jalur UM-PTKIN terdiri dari program studi keagamaan islam.

Calon peserta yang ingin mendaftar UM PTKIN jalur ini dapat melakukannya sendiri dengan mengakses laman resmi pendaftaran.

Untuk panduan pendaftaran, laman pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN

5. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Malang

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi.

Calon peserta yang ingin mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah harus terdaftar sebagai salah satu dari jalur seleksi yang dibuka oleh UIN Malang.

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

B.  Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Malang Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh UIN Malang. Jalur ini dibuka untuk menerima mahasiswa jenjang Diploma 3 dan Sarjana.

Jalur ini dapat juga dikatakan sebagai jalur alternatif bagi anda yang mungkin sebelumnya telah mengikuti jalur seleksi nasional namun pada saat pengumuman tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri ini. Berikut penjelasannya.

1. Pendaftaran Jalur Mandiri Ujian Tertulis UIN Malang

Jalur mandiri ujian tertulis merupakan jalur seleksi masuk ke UIN Malang yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Setiap calon peserta wajib membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk dan selanjutnya mendaftar secara online.

2. Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi UIN Malang

Jalur mandiri prestasi merupakan jalur seleksi mandiri masuk ke UIN Malang yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik dan/atau non-akademik siswa yang berasal dari SMA / MA / SMK / MAK / Diniyah Ulya (Mu’adalah). Termasuk dalam seleksi melalui jalur ini adalah siswa yang hafal al Quran minimal 10 juz.

Setiap calon peserta wajib membayar biaya pendaftaran melalui bank yang telah ditunjuk dan selanjutnya mendaftar secara online ke alamat pendaftaran.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri Mahasiswa Luar Negeri UIN Malang

Jalur ini diperuntukan bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang ingin kuliah di UIN Malang melalui program kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah negara lain atau melalui program non kerjasama bilateral.

4. Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi UIN Malang

Program Beasiswa Santri Berprestasi merupakan program pemberian bantuan pembiayaan kepada santri berprestasi yang telah lulus dari sekolah jenjang MA, SMA, SMK, Diniyah Ulya (Mu’adalah) atau Pendidikan Kesetaraan C yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren untuk mengikuti program Pendidikan Tinggi di UIN Malang. Seleksi dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama RI.

Penting!!!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UIN Malang, maka selengkapnya dapat anda baca melalui alamat pmb.uin-malang.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UIN Malang

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma atau Sarjana, UIN Malang juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Calon peserta harus memenuhi persyaratan pendaftaran. Informasi lebih lanjut silahkan lihat di website resmi Pascasarjana UIN Malang di pasca.uin-malang.ac.id


Demikanlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UIN Malang. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UIN Malang melalui jalur seleksi yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di web ini. 

Sekian info dari admi dan semoga kita semua selalu mendapatkan kesuksesan semuda mungkin. Amin. Ayo bagikan artikel ini pada teman-teman lainnya. Jangan lupa untuk menyukai halaman web kami. Terima kasih.