Pendaftaran UPGRIS 2024/2025 (Universitas PGRI Semarang)

pmb.upgris.ac.id 2024 -- PMB UPGRIS, Pendaftaran Universitas PGRI Semarang, Cara Pendaftaran UPGRIS Semarang Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas PGRI Semarang, Pendaftaran Kuliah di UPGRIS, Jalur Pendaftaran Universitas PGRI Semarang ; Jalur Reguler, Jalur Prestasi, Jalur Minat, Jalur Pascasarjana, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru PGRI Semarang. 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran UPGRIS 2024/2025 (Universitas PGRI Semarang). Informasi ini ditujukan untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas PGRI Semarang. Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/


Universitas PGRI Semarang atau disingkat dengan nama UPGRIS adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berkedudukan di Semarang, tepatnya di Jl. Sidodadi Timur Nomor 24 - Dr. Cipto Semarang - Indonesia.

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) didirikan oleh Pengurus Daerah Tingkat I PGRI Provinsi Jawa Tengah melalui Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) IKIP PGRI Jawa Tengah dan merupakan perubahan bentuk dari IKIP PGRI Semarang dengan Akademi Teknologi Semarang.

Dalam sejarah perkembangannya, Universitas PGRI Semarang mengelami lima periode besar, yaitu :
  • Periode pertama adalah periode perintisan kelembagaan (1981-1986)
  • Periode kedua adalah periode pembangunan kelembagaan (1987-1992).
  • Periode ketiga adalah periode pembangunan akademik (1993-1997)
  • Periode keempat adalah periode pengembangan (2001-2009)
  • Periode kelima (2009-sekarang) merupakan periode yang menekankan pada pendidikan karakter

Tujuan pendirian Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) adalah untuk menyiapkan calon pemimipin yang unggul dan berkarakter kebangsaan sehingga dapat menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mencapai kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Visi dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) yaitu "Menjadi Universitas yang Unggul dan Berjatidiri".

Fakultas dan Program studi di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru PAUD, dan Bimbingan dan Konseling
  • Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan terdiri dari program studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi
  • Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi terdiri dari program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Teknologi Informasi
  • Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah
  • Fakultas Teknik dan Informatika terdiri dari program studi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Arsitektur, Informatika, Teknologi Pangan, Teknik Lingkungan
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Hukum
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari program studi Manajemen
  • Pascasarjana terdiri dari program studi Manajemen Pendidikan, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Informasi di atas merupakan sedikit gambaran tentang Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Hal ini penting untuk diketahui khususnya untuk para calon mahasiswa baru agar lebih tahu tentang kampus yang akan dijadikan sebagai tempat menuntut ilmu.

Salah satu tujuan dari Universitas PGRI Semarang yaitu mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni dengan wawasan global, komitmen nasional, dan kearifan lokal.

Melihat tujuan terlebih, maka kamu yang diterima di kampus ini bisa mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni.

Hal ini sangat cocok untuk masing-masing tujuan mahasiswa yang kuliah disini. Yang ingin mempelajari ilmu pengetahuan, bisa belajar di kampus ini. Yang ingin belajar teknologi, bisa pula belajar di kampus ini. Yang ingin mempelajari budaya, bisa kuliah di kampus ini. Yang ingin belajar seni, bisa kuliah dikampus ini. Atau yang ingin mempelajari semua atau sebagian, maka bisa belajar di kampus ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di kampus ini, maka silahkan baca terlebih dahulu informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Semarang berikut ini.

I. Pendaftaran UPGRIS Jalur Reguler

Jalur Reguler adalah jalur seleksi masuk ke UPGRIS yang diperuntukkan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang seleksinya dilakukan melalui tes potensi akademik, skala kepribadian dan wawancara.

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Terdaftar sebagai siswa kelas XII di tahun ini atau lulusan tahun sebelumnya.
  2. Fotocopy nilai raport kelas X dan XI bagi siswa kelas XII tahun ini
  3. Fotocopy ijazah yang dilegalisasi bagi siswa yang lulus sebelum tahun ini
  4. Tidak Buta warna untuk program studi PJKR, Pend. Biologi, PG PAUD dan semua program studi pada fakultas teknik.
  5. File pas foto berwarna ukuran 3x4 cm untuk diunggah pada saat mengisi formulir pendaftaran online
  6. Membayar uang pendaftaran 
  7. Mengikuti tes akademik, kepribadian dan wawancara
  8. Mengikuti tes kesehatan dan keterampilan bagi yang mengambil program studi PJKR

B. Prosedur Pendaftaran
  1. Mendaftar secara Online pada laman pmb.upgris.ac.id untuk mendapatkan nomor PIN, pilih menu pendaftaran dengan pilihan jalur reguler.
  2. Cetak formulir pendaftaran rangkap 2 (dua).
  3. Membayar uang pendaftaran di Bank Mandiri, Bank BRI, atau Bank Jateng
  4. Cetak kartu tes secara online maksimal 2 hari setelah melakukan pembayaran di Bank dengan membuka website pmb.upgris.ac.id
  5. Semua berkas persyaratan dimasukkan dalam stopmap dikumpulkan pada saat tes di Sekertariat PMB UPGRIS Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang.

C. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru UPGRIS biasanya dibuka dalam 3 gelombang yang dimulai dari Desember tahun sebelumnya hingga September tahun ini. Jadwal lengkap silahkan lihat di web resmi.

II. Pendaftaran UPGRIS Jalur Prestasi

Jalur Prestasi merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UPGRIS yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi di bidang akademik atau non akademik, sebagai berikut :
  1. Peringkat 1 s.d 10 di kelas X dan XI untuk kelulusan tahun ini, atau
  2. Rata-rata nilai rapor 7,5 di kelas X dan XI untuk kelulusan tahun ini, atau
  3. Memiliki prestasi olah raga, seni, atau karya ilmiah minimal tingkat Kabupaten / Kota.

A. Syarat Pendaftaran
  1. Terdaftar sebagai siswa kelas XII tahun ini.
  2. Menduduki peringkat 1 s.d. 10 di kelas X dan XI ini, atau fotocopy piagam prestasi yang dilegalisasi (di bidang olahraga, seni atau karya ilmiah minimal di tingkat Kabupaten / Kota), atau fotocopy nilai rapot kelas X dan XI minimal 7,5 (tujuh koma lima) dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
  3. Tidak buta warna untuk program studi PJKR, Pend. Biologi, PG PAUD dan semua program studi pada fakultas teknik
  4. File pas foto berwarna ukuran 3x4 cm untuk diunggah pada saat mengisi formulir pendaftaran online
  5. Membayar uang pendaftaran sesuai ketentuan
  6. Mengikuti tes kepribadian dan wawancara
  7. Mengikuti tes kesehatan dan keterampilan bagi yang mengambil Pilihan 1 atau Pilihan 2 prodi PJKR
  8. Semua berkas persyaratan dimasukkan dalam amplop, dikumpulkan ke Sekertariat PMB Universitas PGRI Semarang Jl. Sidodadi Timur No. 24 (Dr. Cipto) Semarang, selambat-lambatnya 1 hari sebelum pelaksanaan tes kepribadian dan wawancara.

B. Prosedur Pendaftaran
  1. Mendaftar secara online pada laman pmb.upgris.ac.id untuk mendapatkan nomor PIN, pilih menu pendaftaran dengan pilihan jalur prestasi.
  2. Cetak formulir pendaftaran rangkap 2 (dua)
  3. Membayar uang pendaftaran
  4. Cetak kartu tes dan Surat Pernyatan Sumbangan Pengembangan Kampus (SPK) secara Online 2 hari setelah melakukan pembayaran di Bank dengan membuka website pmb.upgris.ac.id

C. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dimulai dari bulan Desember tahun sebelumnya hingga April tahun ini. Jadwal lengkap dapat dilihat langsung di website resmi PMB UPRGIS.

III. Pendaftaran UPGRIS Jalur Minat

Jalur Minat merupakan jalur seleksi masuk ke UPGRIS yang diperuntukkan bagi siswa SMA / SMK / MA kelas XII yang akan lulus tahun ini atau lulusan tahun sebelumnya yang benar-benar berminat untuk melanjutkan studi di Universitas PGRI Semarang. Calon mahasiswa jalur ini hanya mengikuti tes skala kepribadian dan wawancara, tanpa tes potensi akademik.

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Terdaftar sebagai siswa kelas XII tahun ini atau lulusan tahun sebelumnya
  2. Fotocopy nilai rapor kelas X dan XI bagi siswa kelas XII yang akan lulus tahun ini
  3. Fotocopy Ijazah yang dilegalisasi bagi lulusan sebelum tahun ini.
  4. Tidak Buta warna untuk program studi PJKR, Pendidikan Biologi, PG PAUD, dan Fakultas Teknik.
  5. File pas foto berwarna ukuran 3x4 cm untuk diunggah pada saat mengisi formulir pendaftaran online
  6. Membayar uang pendaftaran sesuai ketentuan
  7. Mengikuti tes kepribadian dan wawancara
  8. Mengikuti tes kesehatan dan keterampilan bagi yang mengambil Pilihan 1 atau Pilihan 2 Program Studi PJKR.
  9. Semua berkas persyaratan dimasukkan dalam amplop selanjutnya dikumpulkan ke Sekertariat PMB UPGRIS Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang, selambat-lambatnya 1 hari sebelum pelaksanaan tes kepribadian dan wawancara.

B. Prosedur Pendaftaran
  1. Mendaftar secara Online pada laman pmb.upgris.ac.id untuk mendapatkan nomor PIN, pilih menu pendaftaran dengan pilihan jalur Minat.
  2. Cetak formulir pendaftaran rangkap 2 (dua)
  3. Membayar uang pendaftaran
  4. Cetak kartu tes dan Surat Pernyatan Sumbangan Pengembangan Kampus (SPK) secara Online 2 hari setelah melakukan pembayaran dengan membuka website pmb.upgris.ac.id

C. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru jalur minat biasanya dibuka dari Desember tahun sebelumnya hingga April tahun ini.


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas PGRI Semarang. Untuk Informasi lebih lanjut hubungi contact person/WA ke nomor 081326072225 atau 081326072226 (pin BBM 5211435E), atau membaca di web pmb.upgris.ac.id

Catatan : Apabila ditemukan perbedaan atau perubahan info, maka ikuti info di web PMB UPGRIS.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UPGRIS (Universitas PGRI Semarang). Semoga informasi yang telah admin sampaikan bermanfaat untuk kamu.

Admin turut mendoakan semoga kamu diterima sebagai mahasiswa baru di UPGRIS. Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang kamu luangkan untuk membaca artikel ini. Please share this article.