Pendaftaran Universitas PGRI Palembang 2024/2025

pmb.univpgri-palembang.ac.id 2024 -- PMB UPGRI Palembang, Pendaftaran Universitas PGRI Palembang, Cara Pendaftaran Universitas PGRI Palembang Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas PGRI Palembang, Pendaftaran Kuliah di Universitas PGRI Palembang, Jalur Pendaftaran Universitas PGRI Palembang, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas PGRI Palembang. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Universitas PGRI Palembang 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat atau mahasiswa pindahan yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas PGRI Palembang. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Universitas PGRI Palembang atau dikenal pula dengan nama UPGRI Palembang merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Palembang, tepatnya di Jl. Jend A. Yani Lorong Gotong Royong No. 9/10, 13 Ulu, Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Utara 30116.

Awal berdirinya, Universitas PGRI Palembang berstatus sebagai STKIP PGRI. Peresmian sebagai Universitas PGRI Palembang dilakukan pada tahun 2000.

Fakultas dan Program Studi di Universitas PGRI Palembang :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pendidikan Olahraga, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bhs. Inggris, Pendidikan Bhs. Indonesia, Penddidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Akuntansi, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan PG – PAUD, Pendidikan Guru SD (PGSD)
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Manajemen, dan Akuntansi
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Kimia
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi Biologi, dan Fisika
  • Fakultas Perikanan terdiri dari program studi Budidaya Perikanan, dan Ilmu Perikanan
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Manajemen Pendidikan

Itulah sedikit informasi mengenai kampus Universitas PGRI Palembang. Dengan mengetahui informasi di atas, maka kamu memiliki gambaran mengenai kampus ini. Selanjutnya kamu perlu untuk mengetahui informasi tentang penerimaan mahasiswa baru Universitas PGRI Palembang.

Pada tiap tahun ajaran baru, Universitas PGRI Palembang selalu melakukan penerimaan mahasiswa baru. Bagi kamu yang berkeinginan untuk kuliah di kampus ini, silahkan lakukan pendaftaran.

Berikut ini admin sampaikan informasi mengenai Pendaftaran Universitas PGRI Palembang. Silahkan disimak dengan baik.

I. Penerimaan mahasiswa Baru Jenjang Diploma dan Sarjana

A. Syarat Pendaftaran
  1. Lulusan SMA / MA / SMK / sederajat
  2. Fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) dan STTB yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) rangkap.
  3. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 3 lembar.
  4. Surat Keterangan Kelakukan Baik (SKKB) dari sekolah, atau SKCK dari Kepolisian.
  5. Khusus untuk Prodi Olahraga, tinggi badan minimal 155 cm untuk Putri, 160 cm untuk Putra.
  6. Sehat Jasmani dan Rohani.
  7. Khusus FKIP tidak cacat fisik.

B. Jalur Pendaftaran

Jalur pendaftaran mahasiswa baru Universitas PGRI Palembang yaitu jalur tes, jalur tanpa, dan jalur tes bersama perguruan tinggi lain di Palembang. 

Jalur tes diperuntukkan untuk siswa-siswi lulusan SLTA pada umumnya. Ketentuan pendaftaran dan lain-lainnya dapat dibaca pada bagian ini dari bagian I sampai IV.

Sedangkan jalur tanpa tes diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi. Adapun syarat-syarat pendaftaran calon mahasiswa untuk jalur tanpa tes adalah :
  1. Calon mahasiswa memiliki prestasi akademik yaitu, apabila rata-rata nilai rapor dari semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) sekurang-kurangnya 7.5, dibuktikan dengan membawa fotokopi raport dari semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) yang telah dilegalisasi.
  2. Calon mahasiswa memiliki prestasi di bidang olahraga dan seni seperti :
    • Juara 1 (satu) sampai dengan 3 (tiga) tingkat kabupaten / kota;
    • Juara 1 (satu) sampai dengan 3 (tiga) atau juara harapan 1 (satu) sampai dengan 3 (tiga) tingkat provinsi; atau
    • Juara 1 (satu) sampai dengan 3 (tiga) atau juara harapan 1 (satu) sampai dengan harapan 3 (tiga) tingkat nasional.

Jalur tes bersama merupakan jalur seleksi yang dilakukan bersama dengan perguruan tinggi lain di Palembang yang bernama jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB). Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat usm.unsri.ac.id. Baca lebih lanjut : Pendaftaran USM UNSRI

C. Prosedur Pendaftaran Jalur Tes

Prosedur pendaftaran mahasiswa baru Universitas PGRI Palembang secara online yaitu :
  1. Calon mahasiswa harus membayar uang pendaftaran dengan mendatangi Bank Sumselbabel (baik Kantor Pusat, Kantor Cabang atau Kantor Kas Pembantu) di seluruh wilayah Sumatera Selatan dengan Nomor Rekening : 172-307-0077 a/n Universitas PGRI Palembang pada hari kerja (Senin s.d. Jumat) mulai pukul 08.00 -- 15.00 WIB.
  2. Selain BANK SUMSEL-BABEL pembayaran uang pendaftaran dapat dilakukan pada Bagian Keuangan Universitas PGRI Palembang pada hari kerja (Senin s.d Jumat) mulai pukul 14.00 – 17.00 WIB. Untuk hari Sabtu buka mulai pukul 08.00 s.d 17.00 WIB.
  3. Setelah melakukan pembayaran uang pendaftaran, calon mahasiswa akan mendapatkan bukti pembayaran yang di dalamnya tercantum USER ID dan PASSWORD.
  4. Setelah mendapat USER ID dan PASSWORD, calon mahasiswa melakukan login dan pendaftaran secara online dengan mengakses website pmb.www.univpgri-palembang.ac.id
  5. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran online sesuai dengan form yang tersedia.
  6. Setelah mengisi seluruh komponen formulir pendaftaran, Calon mahasiswa mengirim formulir dengan meng-klik tombol “SIMPAN” di bagian bawah.
  7. Jika data komponen formulir pendaftaran telah disimpan, maka akan muncul halaman Cetak Kartu Ujian. Cetaklah Nomor Ujian tersebut (Pada kartu Ujian telah terdapat Nomor dan Jadwal Ujian).
  8. Nomor ujian yang telah dicetak, ditempel foto pada tempat yang telah disediakan. Kemudian Kartu Ujian dilaporkan ke Panitia PMB untuk disahkan (disetempel). Proses stempel dapat dilakukan sebelum tanggal ujian atau sebelum ujian berlangsung.
  9. Selanjutnya calon mahasiswa mengikuti ujian berbasis komputer (Computer Based Test) sesuai dengan jadwal yang tercantum pada kartu ujian.
  10. 10. Bagi calon mahasiswa yang memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Olahraga dan Pendidikan Sendratasik diiwajibkan mengikuti tes khusus, yaitu :
    • Tes wawancara untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
    • Tes fisik untuk Program Studi Pendidikan Olahraga.
    • Tes keterampilan seni untuk Program Studi Pendidikan Sendratasik. Untuk jadwal pelaksanaan tes khusus telah tertera pada Kartu ujian.
  11. Dokumen dan syarat pendaftaran dibawa dan diserahkan kepada panitia PMB pada saat ujian. (lihat syarat pendaftaran)

D. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka dari bulan April sampai dengan bulan September. Jadwal lengkap dan update silahkan lihat di website resmi PMB Universitas PGRI Palembang.

II. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana

Cara Pendaftaran :
  1. Membayar formulir pendaftaran dan ujian penerimaan mahasiswa baru
  2. Untuk Alumni Universitas PGRI Palembang yang lulus dengan predikat Cumlaude maka di bebaskan uang pendaftaran.
  3. Persyaratan :
    • Fotokopi KTP 2 (dua) lembar.
    • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai program S-1 / sederajat dari semua jurusan / program studi yang telah dilegalisasi sebanyak 2 (dua) lembar.
    • Pasfoto ukuran 2x3 cm, 3x4 cm, masing- masing sebanyak 3 (lima) lembar. (Diberi nama dibelakang foto)
    • Materai Rp. 6000,- sebanyak 1 lembar
  4. Seluruh persyaratan dimasukan dalam map :
  5. Untuk Program Studi :
    • Magister Pendidikan Bahasa Inggris : Map Warna Merah
    • Megister Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia : Map Warna Hijau
    • Magister Pendidikan Manajemen Pendidikan : Map Warna Kuning

Jadwal pendaftaran dilakukan bersamaan dengan dengan jadwal pendaftaran jenjang Diploma / Sarjana. Jadwal lengkap dapat dilihat di website resmi.

III. Penerimaan Maba Calon Mahasiswa Pindahan dan Transfer

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjanng Sarjana dan Pascasarjana, Universitas PGRI Palembang juga melakukan penerimaan untuk calon mahasiswa baru pindahan dan transfer. Untuk informasi lebih lanjut dapat dibaca langsung di website resmi PMB Universitas PGRI Palembang.


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Universitas PGRI Palembang. Silahkan ikuti jalur seleksi yang kamu minati dengan memenuhi semua ketentuan dari panitia.

Penting!!!
  • Untuk informasi lain yang diperlukan silahkan baca di website resmi PMB Universitas PGRI Palembang di alamat pmb.univpgri-palembang.ac.id
  • Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, makam ikuti yang ada di website tersebut.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Universitas PGRI Palembang. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan gambaran proses pendaftaran kuliah di Universitas PGRI Palembang.

Jangan lupa untuk selalu membaca artikel-artikel di blog ini, dan mengajak teman lainnya untuk berkunjung ke blog ini. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses selalu. Please share this article to your friends.