Pendaftaran UIN Walisongo 2024/2025

pmb.uin-walisongo.ac.id 2024 -- PMB UIN Walisongo, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Walisongo, Pendaftaran UIN Walisongo Online, Pendaftaran Online UIN Walisongo, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Walisongo, Jalur SPAN PTKIN, Jalur UM PTKIN, KIP Kuliah, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UIN Walisongo, Universitas Islam Negeri Walisongo. 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UIN Walisongo 2024/2025. Dengan adanya informasi pada artikel ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai mahasiswa baru UIN Walisongo. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Semarang adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Di Semarang banyak sekali didirikan Perguruan Tinggi Negeri ternama seperti UNDIP, UNNES, UIN Walisongo, dan lain-lain.

UIN Walisongo adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di Semarang. UIN Walisongo sebelumnya adalah IAIN Walisongo yang sekarang telah berubah status menjadi UIN Walisongo yang diresmikan pada 19 Desember 2014 bersamaan dengan dua UIN lainnya, yaitu UIN Raden Fatah dan UIN Sumatera Utara

Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Walisongo yaitu :
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Faculty of Education and Teacher Training) : Pendidikan Agama Islam (Islamic Education), Pendidikan Bahasa Arab (Arabic Education), Manajemen Pendidikan Islam (Islamic Educational Management), Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris (English Education), Tadris (Pendidikan) matematika (Mathematics Education), Tadris (Pendidikan) Biologi (Biology Education), Tadris (Pendidikan) Kimia (Chemistry Education), Tadris (Pendidikan) Fisika (Physics Education), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education), Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (Raudhatul Athfal Teacher Education).
  • Fakultas Ushuluddin (Faculty of Usul al-Din) : Perbandingan Agama (Comparative Religion), Akidah dan Filsafat (Aqidah Philosophy), Tafsir Hadits (Tafsir Hadith), Tasawuf dan Psikoterapi (Tasawuf and Psychotherapy).
  • Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam (Faculty of Sharia and Islamic Economics) : Hukum Keluarga /Ahwal Shakhsiyyah (Islamic Family Law), Hukum Pidana Islam /Jinayah Siyasah (Criminal Law & Islamic State Structure), Hukum Ekonomi Syari`ah/Muamalat (Islamic Economics), Falak (Islamic Astronomy).
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Faculty of Islamic Economics and Business) : Perbankan Syari'ah (Islamic Banking), Ekonomi Islam (Sharia Economics).
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Faculty of Da'wa and Communication) : Komunikasi dan Penyiaran Islam ( Islamic Communications and Broadcasting), Journalism Concentration, Advertising (Advertising) Concentration, Broadcasting (Broadcasting) Concentration, Bimbingan dan Penyuluhan Islam (Islamic Guidance and Counseling), Mental Guidance Concentration, Civics Guidance Concentration, Manajemen Dakwah (Propagation management), Pengembangan Masyarakat Islam (Islamic Community Development).
  • Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo)

Informasi di atas merupakan sedikit gambaran mengenai UIN Walisongo yang diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahui terutama bagi anda yang ingin kuliah di UIN Walisongo.

Pada saat anda akan kuliah di UIN Walisongo, tentunya anda telah menentukan beberapa pertimbangan seperti biaya kuliah, pilihan program studi, serta menentukan pilihan jalur masuk ke UIN Walisongo.

Jalur-jalur masuk ke UIN Walisongo terdiri dari beberapa jalur yaitu jalur nasional dan jalur mandiri yang masing-masing jalur tersebut terbagi ke dalam beberapa jalur lagi.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Walisongo Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur nasional yang ikuti oleh UIN Walisongo terdiri dari jalur SNBP, SPAN-PTKIN, SNBT, dan UM-PTKIN.

1. Pendaftaran UIN Walisongo Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi dilakukan dengan menilai prestasi-prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport dan prestasi-prestasi lain yang relevan.

Program studi yang ditawarkan merupakan program studi bidang umum selain bidang keagamaan islam. Jika anda ingin memilih program studi bidang keagaamaan, maka dapat mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN,

Untuk peserta yang ingin mendaftar SNBP, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, Setelah mendapatkan rekomendasi selanjutnya dapat melakukan pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, dan hal penting lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP Undangan atau Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran UIN Walisongo Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke PTKIN di Indonsia seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Jalur ini hanya diperuntukan bagi siswa-siswi prestasi yang akan lulus pada tahun ini dan berkeinginan untuk memilih program studi bidang keagamaan islam.

Proses pendaftaran SPAN PTKIN diawali oleh Kepala Sekolah dengan memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya dengan mengisi data-data siswa pada PDSS SPAN PTKIN. Setelah itu siswa dapat melakukan entri data hingga mencetak kartu peserta.

Tata cara pendaftaran, link, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN

3. Pendaftaran UIN Walisongo Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi masuk ke PTKIN yang diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulus sekolah jenjang SLTA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi jalur SNBT dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Lulusan 3 tahun terakhir dari jenjang SMA / SM / SMK / sederajat yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar di jalur ini.

Calon peserta yang ingin mendaftar SNBT dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman resminya. Lakukan entri data pada pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN / PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran SNBT Online atau Pendaftaran SNBT

3. Pendaftaran UIN Walisongo Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Untuk program studi yang bisa dipilih di jalur UM PTKIN adalah program studi bidang keagamaan islam.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar di jalur ini.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses laman resmi UM PTKIN. Lakukan pengisian data pada laman pendaftaran hingga mencetak kartu peserta UM-PTKIN.

Panduan tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.

5. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Walisongo

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Baca juga : Pendaftaran Bidikmisi , Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Walisongo Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan langsung oleh UIN Walisongo. Penerimaan program pascasarjana juga diselenggarakan secara mandiri.

1. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Walisongo

Jalur mandiri dapat dikatakan sebagai jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional di atas namun tidak lulus, maka dapat kembali mengajukan diri untuk mengikuti seleksi jalur mandiri.

Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri selengkapnya dapat anda baca pada alamat pmb.walisongo.ac.id

2. Pendaftaran Pascasarjana UIN Walisongo

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UIN Walisongo, maka anda dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur masuk Pascasarjana yang dibuka. 

Informasi lebih lanjut dapat anda baca di alamat pasca.walisongo.ac.id


Dari sekian banyaknya jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Walisongo, maka tentukanlah satu pilihan dengan tepat. Dengan jalur yang anda piliah tersebut, semoga bisa membuat harapan anda untuk lulus seleksi bisa terkabulkan. Aamiin.

Baca juga :

Demikanlah informasi tentang Pendaftaran UIN Walisongo yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat utamanya bagi anda yang ingin kuliah di UIN Walisongo.

Admin mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi disini.

Sekian dari admin dan mari kita sama-sama berdoa semoga kita bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Aamiin. Ayo bagikan artikel ini dan sukai halaman web kami.