Pendaftaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya 2024/2025

www.unipasby.ac.id 2024 -- PMB UNIPA Surabaya, Pendaftaran Universitas PGRI Adi Buana, Cara Pendaftaran UNIPA Surabaya / UNIPASBY Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas PGRI Adi Buana, Pendaftaran Kuliah di UNIPA Surabaya / UNIPASBY, Jalur Pendaftaran Universitas PGRI Adi Buana, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru UNIPA Surabaya. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk kamu yang berkeinginan untuk kuliah di kampus Universitas PGRI Adi Buana. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya atau disingkat UNIPA Surabaya atau UNIPASBY adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Surabaya.

Alamat Kampus Universitas PGRI Adi Buana Surabaya :
  • Kampus I, di Jl. Ngagel Dadi III-B/37, Surabaya, 60245 
  • Kampus II:, di Jl. Dukuh Menanggal XII, Surabaya 60234 

Visinya yaitu : Menjadi Universitas Unggul yang Menghasilkan Kader Bangsa Berkarakter Peduli, Amanah, Gigih, dan Inovatif.

Sejarah singkat didirikannya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya :
  • Pada tahun 1971, didirikan perguruan tinggi yang diberi nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sarmidi Mangunsarkoro disingkat IKIP Sarmidi Mangunsarkoro berkedudukan di Surabaya
  • Pada tahun 1974, diubah namanya menjadi IKIP-PGRI Sarmidi Mangunsarkoro Surabaya
  • Kemudian pada tahun 1976, IKIP PGRI Sarmidi Mangunsarkoro berada di bawah pembinaan Pengurus Daerah VIII PGRI Jawa Timur dan namanya diubah menjadi IKIP PGRI Jawa Timur IKIP PGRI di Surabaya bernama IKIP PGRI Jawa Timur Koordinator Surabaya.
  • Selanjutnya pada tahun 1985 IKIP PGRI Jawa Timur di Surabaya diubah manjadi IKIP PGRI Surabaya
  • Akhirnya pada tahun 1998, IKIP PGRI Surabaya resmi berubah menjadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Unipa Surabaya)

Fakultas dan Program Studi di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Matematika, Pendidikan Moral Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, dan Pendidikan Khusus
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Manajemen, dan Akuntansi
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi Biologi, dan Statistika
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari program studi Teknik Lingkungan, dan Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Fakultas Teknik Industri terdiri dari program studi Teknik Elektro, dan Teknik Industri
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi D3 Kebidanan
  • Pascasarjana terdiri dari program studi Teknologi Pendidikan, dan Pendidikan Olahraga

Informasi di atas merupakan penjelasan mengenai kampus Universitas PGRI Adi Buana. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka kamu bisa memiliki gambaran sedikit tentang kampus ini.

Di setiap tahun ajaran baru, Universitas PGRI Adi Buana selalu melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk lulusan SLTA sederajat ataupun bagi yang telah bekerja.

Penerimaan mahasiswa baru ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk masuk ke Universitas PGRI Adi Buana dan nantinya bisa menuntut ilmu di kampus ini.

Nah, bagi kamu yang berkeinginan untuk menjadi seorang guru, maka Universitas PGRI Adi Buana adalah pilihan yang telah untuk kamu.

Dilihat dari namanya "Universitas PGRI", bahwa PGRI merupakan Persatuan Guru Republik Indonesia. Jadi, di kampus ini kamu akan belajar banyak mengenai cara menjadi guru, cara mengajarkan ilmu pengetahuan kepada siswa, cara mendidik siswa, cara membuat perangkat pembelajaran, dan banyak lagi yang lainnya. 

Itu merupakan gambaran untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di kampus ini. Selain itu ada pula Fakultas lainnya yang bisa dipilih.

Nah, bagi kamu yang tertarik, silahkan melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Lakukan pendaftaran sesuai jadwal dan ketentuan pendaftaran yang telah ditetapkan oleh panitia.

Berikut ini admin sampaikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasisw Baru Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Silahkan disimak dengan baik.

I. Pendaftaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Jenjang Sarjana

A. Syarat Pendaftaran
  1. Peserta adalah lulusan tingkat SMA / SMK / MA atau sederajat.
  2. Peserta menyediakan fotocopy ijazah dan NEM yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
  3. Memberikan fotocopy SKHUN yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
  4. Peserta menyediakan pas foto hitam putih 3 x 4 cm sebanyak  2 lembar.
  5. Fotocopy rapor yang dilegalisir sebanyak l rangkap.
  6. Peserta membayar uang pendaftaran.
  7. Mengisi formulir pendaftaran.
  8. Mengikuti seleksi masuk yang diadakan.
  9. Peserta sehat jasmani dan rohani beserta dengan bukti berkasnya.

B. Cara Pendaftaran

Calon mahasiswa datang ke kampus Universitas PGRI Adi Buana Surabaya untuk membeli formulir pendaftaran kemudian mengisi formulir pendaftaran tersebut secara lengkap dan benar.

Setelah itu, menyerahkan formulir beserta persyaratan pendaftaran kepada panitia. Selanjutnya mengikuti tes yang diselenggarakan sesuai jadwal.

Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan secara online melalui website resmi di alamat www.unipasby.ac.id. Panduannnya baca di web tersebut atau bertanya pada panitia.

C. Jadwal Pelaksanaan

Pendaftaran biasanya dibuka dari bulan Februari sampai September yang terbagi dalam 3 gelombang. Jadwal lengkap dapat dilihat langsung di web resmi UNIPASBY.

II. Pendaftaran Mahasiswa baru Program Pascasarjana 

A. Persyaratan Akademik
  1. Memiliki ijazah Sarjana (S1) bidang kependidikan atau non­-kependidikan dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang ijazahnya diakui atau disamakan dengan  ijazah perguruan tinggi negeri.
  2. Seleksi ujian masuk yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana.
  3. Mendapat rekomendasi / rujukan / referensi dari atasan berkaitan dengan kemampuan akademik serta kepribadian calon mahasiswa.
  4. Bagi calon mahasiswa dari Perguruan Tinggi non-kependidikan dituntut persyaratan tertentu dalam bidang kependidikan diatur dalam peraturan tersendiri.

B. Persyaratan Administrasi
  1. Menyerahkan copy ijazah dan transkrip Sarjana
  2. Melengkapi keterangan tertulis berupa :
    1. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap;
    2. Surat keterangan berkelakuan baik dari kepala jawatan / kantor bagi yang bekerja dan dari polisi bagi yang lain;
    3. Surat keterangan kesehatan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan mampu mengikuti pendidikan;
    4. Daftar riwayat hidup dan pendidikan;
    5. Daftar karya tulis dan prestasi akademik;
    6. Surat ijin / tugas belajar dari atasan bagi yang bekerja;
    7. Surat keterangan tentang kesanggupan pelaksanaan studi;
    8. Menyerahkan judul penelitian/ diskripsi atau karangan profesi;
    9. Rujukan dua orang yang dapat dihubungi mengenai kesanggupan akademik, dan kepribadian calon;
    10. Persyaratan administrasi lain yang berlaku bagi mahasiswa UNIPA Surabaya pada umumnya.

C. Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan langsung dikampus Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Calon mahasiswa datang ke kampus dengan membawa persyaratan, kemudian membeli formulir pendaftaran lalu mengisinya secara lengkap dan menyerahkan bersama berkas lain pada panitia.


Itulah informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dibaca langsung di website resmi Universitas PGRI Adi Buana.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIPASBY

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang berkeinginan untuk kuliah di kampus ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses. Please share this information