Pendaftaran UNIMUS 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Semarang)

pmb.unimus.ac.id 2024 -- PMB UNIMUS, Pendaftaran UNIMUS Semarang, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMUS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMUS,  Pendaftaran Kuliah di UNIMUS, Jalur Pendaftaran ; Jalur Tes, Jalur Non Tes, Jalur Beasiswa, Jalur PMB Universitas Muhammadiyah Semarang, PMB Pascasarjana UNIMUS. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UNIMUS 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Semarang). Informasi ini ditujukan terutama untuk kamu yang ingin kuliah di kampus Universitas Muhammadiyah Semarang. Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Kuliah di kampus swasta bukanlah suatu masalah. Kuliah dimanapun asalkan belajar dengan sungguh-sungguh dapat menjadikan kamu seorang yang ahli dan handal di bidang ilmu tersebut.

Kampus-kampus di pulau Jawa merupakan kampus-kampus yang telah ternama dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dunia kerja. UNIMUS merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang termasuk salah satu dari beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia yang terletak di Semarang.

Pada awal berdirinya, Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) adalah Perguruan Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Semarang (PTKMS) yang telah berdiri sejak tahun 1982, terdiri dari 3 akademi yaitu : Akademi Keperawatan, Akademi Gizi dan Akademi Analis Kesehatan. 

Melihat bahwa dulunya UNIMUS adalah kampus kesehatan, maka tentu saja bagi kamu yang ingin kuliah di bidang kesehatan, UNIMUS adalah pilihan yang tepat. Pengalaman, fasilitas serta alat-alat praktek kesehatan tentunya sudah lengkap karena memang sudah sejak dulu dipersiapkan untuk praktek mahasiswanya.

Bagi kamu yang ingin kuliah di UNIMUS, maka dapat memilih salah satu dari beberapa program studi yang ada di UNIMUS. Berikut informasinya.

Fakultas dan Program Studi D3, D4 dan S1 UNIMUS
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi S1 Pendidikan Dokter
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari program studi S1 Kedokteran Gigi
  • Fakultas Ilmu Keperawatan & Kesehatan terdiri dari program studi D3 Keperawatan, D3 Ilmu Gizi, D3 Kebidanan, dan D3 Analis Kesehatan, D4 Analis Kesehatan, S1 Keperawatan, S1 Teknologi Pangan, S1 Gizi, dan Profesi Nurse
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari program studi S1 Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi S1 Akuntansi, S1 Manajemen
  • Fakultas Bahasa dan Budaya Asing terdiri dari program studi S1 Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi S1 Statistika, S1 Pendidikan Kimia, dan S1 Pendidikan Matematika

Setelah mengetahui informasi tersebut, maka selanjutnya kamu perlu mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNIMUS. Kamu pun dapat memilihnya salah satu sebagai jalur masuk ke UNIMUS. Berikut informasinya.

UNIMUS membuka 3 jalur seleksi masuk, yaitu jalur Tes, Non Tes, dan Beasiswa. Jalur non tes dibedakan menjadi Permasi dan Permikat, sedangkan jalur beasiswa terbagi menjadi jalur Probea dan Perkoni. Penjelasannya diberikan berikut ini.

A. Jalur Tes CBT / PBT

Jalur tes merupakan jalur seleksi masuk ke UNIMUS melalui tes, baik menggunakan CBT atau PBT.

1. Computer Based Test (CBT)

Calon mahasiswa datang ke kampus untuk mendaftar kemudian langsung melakukan tes ujian masuk dan setelah tes selesai langsung dapat melihat pengumuman. Tes dilaksanakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Semarang.

2. Paper Based Test (PBT)

PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa yang diselenggarakan secara tertulis. Semua calon mahasiswa untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi melakukan seleksi pola seleksi PBT. Khusus Fakultas Kedokteran tersebut, seleksi calon mahasiswa dilakukan dalam dua tahap yaitu PBT dan seleksi Tahap Kedua.

B. Jalur Non Tes

Jalur non tes adalah jalur seleksi masuk ke UNIMUS tanpa tes. Jalur ini dibedakan menjadi jalur Permasi dan jalur Pemikat.

1. Jalur Permasi

Jalur Permasi adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi akademik. Calon mahasiswa dapat dapat memilih seluruh program studi yang ada di Unimus, termasuk S-1 Kedokteran dan Kedokteran Gigi. 

a. Syarat Pendaftaran :
  • Siswa kelas XII SMA / MA / SMK yang pernah berperingkat 1-10 di kelas
  • Melampirkan fotokopi raport semester I-IV 
  • Pas foto 3x4 (tiga lembar).
  • Siswa hanya perlu membayar biaya pendaftaran Rp 100.000,- dan dapat memilih seluruh program studi yang ada di Unimus, termasuk S-1 Kedokteran dan Kedokteran Gigi. 

b. Prosedur Pendaftaran :

Berkas pendaftaran berisi semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PERMASI dimasukkan dalam stofmap warna merah dan dikirimkan ke :
PMB Jalur PERMASI Tahun ...
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG (UNIMUS)
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang 50273
Telp. (024) 76740293/ Fax (024) 76740293
Email : upt.admisi@gmail.com
Website : www.unimus.ac.id
Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia PMB UNIMUS.

2. Jalur Pemikat

Jalur Pemikat jalur seleksi masuk ke UNIMUS yang diperuntukkan bagi siswa yang memiliki minat dan bakat khusus. 

Adapun minat dan bakat yang perlu dimiliki calon mahasiswa adalah prestasi-prestasi di bidang non akademik. Misalnya, Juara MTQ, Juara Karya Ilmiah Remaja, Juara Menyanyi, Juara Festival Seni Budaya, dan sebagainya.

a. Persyaratan :

Untuk  mendaftar pada Jalur Pemikat, calon mahasiswa cukup menyertakan syarat :
  1. Fotokopi nilai raport semester I-IV
  2. pas foto 3X4 (tiga lembar),
  3. Fotokopi sertifikat kejuaraan minat dan bakat yang dimiliki.
Sama dengan Jalur Permasi, seleksi pada jalur ini siswa membayar biaya pendaftaran Rp. 100.000,- dan dapat memilih seluruh prodi di Unimus, kecuali S-1 Pendidikan Dokter dan S-1 Pendidikan Dokter Gigi.

b. Prosedur Pendaftaran :

Berkas pendaftaran berisi semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi calon peserta seleksi PEMIKAT dimasukkan dalam stopmaf warna biru dan dimasukkan sampul coklat (bagi yang dikirim per pos) dan ditujukan ke : 
PMB Jalur PEMIKAT Tahun ...
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG (UNIMUS)
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang 50273
Tel. (024) 76740293/ Fax (024) 76740293
Email : upt.admisi@gmail.com
Website : www.unimus.ac.id
Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia PMB UNIMUS.

C. Jalur Beasiswa

Jalur beasiswa dibedakan menjadi 2 yaitu Probea dan Perkoni.

1. Jalur Probea

Program Beasiswa Dhuafa (Probea) merupakan jalur masuk ke UNIMUS yang diperuntukkan bagi siswa dari keluarga tidak mampu maupun calon mahasiswa yang berasal dari Panti Asuhan.

Calon mahasiswa dapat mengikuti seleksi tanpa dipungut biaya pendaftaran dengan menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau panti asuhan, serta surat rekomendasi pimpinan Muhammadiyah setempat bagi kader persyarikatan, serta memenuhi syarat lainnya yang ditentukan.

a. Persyaratan :
  1. Menyertakan fotokopi nilai raport dari semester I-IV yang sudah dilegalisir, 
  2. Menyertakan surat permohonan beasiswa kepada Rektor. 
Calon mahasiswa yang mendaftar melalui Jalur Probea dapat memilih program studi yang ditawarkan Unimus dan wajib mengikuti proses seleksi.

b. Prosedur Pendaftaran :

Berkas pendaftaran berisi semua persyaratan disertai kelengkapan persyaratan calon peserta seleksi PROBEA dimasukkan dalam stopmaf warna kuning dan dimasukkan sampul coklat (bagi yang dikirim per pos) dan ditujukan ke : 
PMB Jalur PROBEA Tahun ...
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG (UNIMUS) 
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang 50273
Tel. (024) 76740293 
Fax (024) 76740293 
Email : admisi@unimus.ac.id
Website : www.unimus.ac.id
Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia di kampus terpadu UNIMUS. 

2. Jalur Perkoni

Jalur Perkoni diperuntukkan bagi siswa yang memiliki bakat sebagai atlit. Unimus tidak hanya membebaskan biaya kuliah kepada mahasiswa yang diterima melalui jalur ini, tetapi juga memberikan uang pembinaan. 

a. Persyaratan :
  1. Calon mahasiswa harus memiliki sertifikat kejuaraan olahraga minimal tingkat kabupaten/kota,
  2. Menyertakan surat rekomendasi dari KONI
  3. Fotokopi raport semester I-IV,
  4. Surat permohonan beasiswa kepada Rektor.

Calon mahasiswa dapat memilih program studi yang ditawarkan UNIMUS dan lolos seleksi.

b. Prosedur Pendaftaran :

Berkas pendaftaran berisi semua persyaratan disertai kelengkapan persyaratan calon peserta seleksi PERKONI dimasukkan dalam stopmaf warna hijau dan dimasukkan sampul coklat (bagi yang dikirim per pos) dan ditujukan ke : 
UPT ADMISI & PMB Jalur PERKONI Tahun ...
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG (UNIMUS) 
Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang 50273
Tel. (024) 76740293 
Fax (024) 76740293 
Email : admisi.unimus@gmail.com
Website : www.unimus.ac.id 
Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia di kampus terpadu UNIMUS. 

Jadwal Pelaksanaan Semua Jalur

Pendaftaran dibuka hingga 3 gelombang yang dimulai dari bulan Januari hingga September. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di web resmi

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNIMUS. Silahkan pilih salah satu jalur seleksi sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakatmu.

Untuk informasi lain yang kamu butuhkan dapat dibaca langsung di website resmi PMB UNIMUS. Apabila ada perubahan atau perubahan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi PMB UNIMUS di alamat pmb.unimus.ac.id

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNIMUS (Universitas Muhammadiyah Semarang). Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di UNIMUS.

Persiapkan dirimu sebaik mungkin, semoga harapanmu untuk diterima sebagai mahasiswa baru UNIMUS dapat terkabulkan. Amin. Please share this article. Thank you.