Pendaftaran UNIPMA 2024/2025 (Universitas PGRI Madiun)

pmb.unipma.ac.id 2024 -- PMB UNIPMA Madiun, Pendaftaran Universitas PGRI Madiun, Cara Pendaftaran Online Universitas PGRI Madiun, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun, Pendaftaran Kuliah di Universitas PGRI Madiun, Jalur Pendaftaran Universitas PGRI Madiun, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UNIPMA 2024/2025 (Universitas PGRI Madiun). Informasi ini ditujukan untuk siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat atau mahasiswa pindahan yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas PGRI Madiun. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Universitas PGRI Madiun atau yang dikenal pula dengan nama UNIPMA adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berlokasi di Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, Jawa Timur, Indonesia

Universitas PGRI Madiun pada awalnya berstatus sebagai IKIP PGRI Madiun yang didirikan pada tahun 1975.

Visi dari Universitas PGRI Madiun yaitu menjadi perguruan tinggi yang unggul di tingkat nasional dan menghasilkan lulusan yang cerdas, berdaya saing, dan memiliki kemampuan berwirausaha.

Fakultas dan Program Studi di UNIPMA :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan Konseling, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, & Pendidikan Teknik Elektro
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari program studi Akuntansi, dan Manajemen
  • Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS) terdiri dari program studi Farmasi, dan Ilmu Keolahragaan
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari program studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Kimia,  dan Teknik Elektro
  • Program Pascasarjana (S2) terdiri dari program studi Pendidikan Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Itulah sedikit informasi mengenai kampus Universitas Madiun (UNIPMA). Dengan membaca informasi di atas, mudah-mudahan wawasan kita semakin bertambah dari hari ke hari.

Menambah wawasan merupakan suatu keharusan bagi kamu dan kita semua yang ingin menjadi seorang yang sukses di masa depan. Melihat, membaca, mendengar, menyimak, saling berbagi infromasi adalah beberapa cara dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan.

Kuliah merupakan suatu cara untuk menambah wawasan. Cara-cara di atas semuanya ada di bangku kuliah. Bukan hanya itu, di bangku kuliah, kamu bisa menambah dan mengembangkan kemampuanmu di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Universitas Madiun (UNIPMA) adalah salah satu kampus yang bisa dipilih sebagai tempat kuliah. Disini kamu bisa belajar banyak bagaimana mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, mengajarkannya, dan terus mengembangkan itu sehingga kesuksesan masa depan yang diimpikan bisa diraih. Amin.

Berikut ini admin berikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UNIPMA. Bagi kamu yang berminat, silahkan lakukan pendaftaran. Baca terlebih dahulu informasinya di bawah ini.

A. Pendaftaran UNIPMA Jalur Bebas Tes

Jalur Bebas Tes merupakan jalur seleksi masuk ke UNIPMA yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi. Jalur bebas tes ada 2, yaitu jalur PMDK dan jalur PNAUN.

1. Penerimaan Berdasarkan Minat dan Kemampuan (Jalur PMDK)
  1. Berlaku untuk semua Program Studi.
  2. Rata-rata nilai rapor kelas X, XI, dan XII semester V minimal 7,0 untuk pilihan semua Program Studi, dan nilai mata pelajaran spesifikasi sesuai dengan Program Studi yang dipilih minimal 7,0.
  3. Persyaratan : 
    • Membayar uang pendaftaran
    • Fotokopi rapot semester 1 s/d 5 (1 lembar) 
    • Fotokopi KK / KTP (1 lembar) 
    • Pas foto 3x4 (2 lembar)

2. Penerimaan Berdasarkan Nilai UN (PNUAN)
  1. Rata-rata Nilai UN minimal 7,0 dan nilai mata pelajaran spesifikasi sesuai dengan Program Studi yang  dipilih minimal 7,0.
  2. Apabila nilai UN belum diterbitkan, pendaftaran dapat dilakukan dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah dengan melampirkan fotocopy nilai rapor kelas X, XI, dan XII semester V.
  3. Jalur bebas tes diperuntukkan bagi pendaftar Gelombang I, II, III dengan Ijazah / STTB / DANUN / Surat Keterangan Lulus untuk kelulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  4. Persyaratan : 
    • Membayar uang pendaftaran 
    • Fotokopi Ijazah / STTB / DANUN / Surat Keterangan Lulus (1 lembar) 
    • Fotokopi KK / KTP (1 lembar) 
    • Pas foto 3x4 (2 lembar)

* Jalur bebas tes pada suatu Program Studi bisa ditutup, jika Program Studi tersebut telah terpenuhi kuotanya.

B. Pendaftaran UNIPMA Jalur Tes

Jalur Tes merupakan jalur seleksi masuk ke UNIPMA yang seleksinya dilakukan melalui tes. Ketentuannya sebagai berikut :
  1. Calon peserta yang tidak memenuhi kriteria pada jalur bebas tes dapat mendaftar di jalur ini
  2. Memilih Program Studi yang tidak sesuai dengan jurusan di SLTA
  3. Tahun ijazah SLTA sebelum tahun ini.
  4. Persyaratan : 
    • Membayar uang pendaftaran
    • Fotokopi Ijazah / STTB / DANUN (1 lembar) 
    • Fotokopi KK / KTP (1 lembar) 
    • Pas foto 3x4 (2 lembar) 
    • Mengikuti tes sesuai jadwal yang ditentukan.

C. Persyaratan Khusus / Tambahan

Setelah dinyatakan lolos seleksi, ada ketentuan tambahan bagi calon mahasiswa yang mengambil Program Studi Farmasi, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Ilmu Keolahragaan :
  1. Wajib melampirkan surat keterangan sehat dari dokter (1 lembar).
  2. Mengikuti tes tidak buta warna di klinik UNIPMA, bagi calon mahasiswa yang mengambil Program Studi Farmasi, Teknik Kimia, dan Teknik Industri.
  3. Tes ketrampilan dasar Keolahragaan bagi calon mahasiswa yang mengambil Program Studi Ilmu Keolahragaan.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNIPMA. Silahkan ikuti jalur seleksi yang kamu minati. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran UNIPMA, silahkan baca langsung di website resmi PMB UNIPMA atau bertanya langsung di kampus UNIPMA.

Catatan penting : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web UNIPMA

Baca juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran UNIPMA (Universitas PGRI Madiun). Semoga bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk berkunjungi kesini lagi bersama teman lainnya. Thanks.