Penerimaan Taruna AKPOL 2019-2020

Taruna AKPOL 2019 -- Penerimaan Taruna Taruni AKPOL, Rekrutmen Calon Taruna Taruni AKPOL, Pendaftaran Taruna/i AKPOL, Penerimaan Online Taruna Taruni AKPOL, Pembukaan Penerimaan Taruna Taruni AKPOL Online, Persyaratan Penerimaan Taruna Taruni AKPOL, Persyaratan Pendaftaran Taruna Taruni AKPOL, Akademi Kepolisian, 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Penerimaan Taruna AKPOL 2019-2020. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi anda dalam proses persiapan pendaftaran taruna AKPOL. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

AKPOL atau Akademi Kepolisian adalah lembaga pendidikan akademik yang diselenggarakan oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk mencetak Perwira Polri.

Lulusan dari AKPOL akan mendapatkan jabatan sebagai Inspektur Polisi Dua yang memiliki kualifikasi pemimpin yang berkarakter, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan berlandaskan Tribrata dan Catur Prasetya, pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegak hukum yang terpuji, penyelidik dan penyidik Polri, perwira Polri yang menjadi tauladan, dan segenap tugas penting lainnya.

Pada tahun ini, Kepolisian Republik Indonesia kembali membuka penerimaan AKPOL yang diperuntukkan bagi yang berijazah serendah-rendahnya SMA / Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A, B atau C).

Bagi anda yang selama ini telah memiliki cita-cita menjadi anggota POLRI, maka bisa masuk melalui AKPOL. Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri anda dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.

A. Persyaratan Umum
  1. warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
  2. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  4. sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  5. berumur paling rendah 18 (delapan belas) tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri;
  6. tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK);
  7. berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  8. lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Kepolisian.

B. Persyaratan Khusus
  1. pria / wanita, bukan anggota / mantan Polri / TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri / TNI;
  2. berijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS (bukan lulusan dan atau berijazah Paket A, B dan C) dengan ketentuan:
    • nilai kelulusan rata-rata Hasil Ujian Nasional / UN (bukan nilai gabungan):
      • tahun 2014 dengan nilai rata-rata minimal 6,5;
      • tahun 2015 s.d. 2018 dengan nilai rata-rata minimal 60,00;
      • tahun 2019 akan ditentukan kemudian.
    • nilai kelulusan rata-rata Hasil Ujian Nasional / UN (bukan nilai gabungan) khusus Papua dan Papua Barat:
      • tahun 2014 dengan nilai rata-rata minimal 6,0;
      • tahun 2015 s.d. 2017 dengan nilai rata-rata minimal 60,00;
      • tahun 2018 dengan nilai rata-rata minimal 55,00;
      • tahun 2019 akan ditentukan kemudian
    • bagi  lulusan  tahun  2019 (yang masih kelas XII)  nilai  rapor rata-rata kelas XII semester I minimal  70,00  dan  setelah lulus menyerahkan nilai Ujian Nasional dengan nilai rata-rata yang akan ditentukan kemudian;
    • bagi yang berusia 16 sampai dengan kurang dari 17 tahun dengan ketentuan nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 75,00 dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai Ujian Nasional minimal 75,00.
  3. berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan;
  4. tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku):
    • Pria  : 165  (seratus enam puluh lima) cm;
    •  Wanita  : 163  (seratus enam puluh tiga) cm
  5. belum pernah menikah secara hukum positif / agama / adat, belum pernah hamil / melahirkan, belum pernah memiliki anak biologis (anak kandung) dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan;
  6. tidak bertato / memiliki bekas tato dan tidak ditindik / memiliki bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama / adat;
  7. bagi peserta calon Taruna/i yang telah gagal/TMS karena tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap (inkrah) tidak dapat mendaftar kembali;
  8. mantan Siswa/i  yang diberhentikan tidak dengan hormat dari proses pendidikan oleh lembaga pendidikan yang dibiayai oleh anggaran negara tidak dapat mendaftar;
  9. dinyatakan bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN / BNP / BNK);
  10. membuat surat pernyataan bermaterai bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian yang ditandatangani oleh calon peserta dan diketahui oleh orang tua / wali;
  11. bagi yang memperoleh ijazah dari sekolah di luar negeri, harus mendapat pengesahan dari Dikdasmen Kemdikbud;
  12. berdomisili minimal 1 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga, apabila terbukti melakukan duplikasi / pemalsuan / rekayasa keterangan akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku;
  13. bagi peserta calon Taruna/i yang berasal dari SMA Taruna Nusantara dan SMA Krida Nusantara yang masih kelas XII dapat mendaftar di Polda asal sesuai alamat KTP / KK atau dapat mendaftar untuk SMA Taruna Nusantara di Polda Jateng dan DIY sedangkan untuk SMA Krida Nusantara di Polda Jabar, dengan ketentuan mengikuti kuota kelulusan / perankingan pada Polda asal sesuai domisili KTP / KK;
  14. bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung saat diangkat menjadi Perwira Polri;
  15. memperoleh persetujuan dari orang tua / wali;
  16. tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas dengan suatu instansi lain;
  17. bagi calon Taruna/i yang dinyatakan lulus terpilih agar melampirkan kartu BPJS Kesehatan;
  18. bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai / karyawan:
    • mendapat persetujuan / rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan;
    • bersedia diberhentikan dari status pegawai / karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna/i Akpol

C. Berkas Persyaratan Pendaftaran

Silahkan anda download berkas persyaratan pendaftaran Taruna AKPOL di halaman web penerimaan Polri dengan menekan gambar Microsoft Word yang ada.

D. Tata Cara Pendaftaran Online Taruna AKPOL
  1. Buka alamat Penerimaan AKPOL di alamat : penerimaan.polri.go.id
  2. Pilih jenis seleksi Taruna AKPOL lalu klik tombol "daftar"
  3. Selanjutnya isi biodata pendaftaran anda secara benar.
  4. Setelah mengisi data pendaftaran, maka akan mendapatkan nomor registrasi dan password.
  5. Gunakan nomor registrasi dan password untuk login ke penerimaan.polri.go.id. Menu login ada disebelah kanan atas.
  6. Setelah login, lalu lengkapi biodata pendaftaran anda.
  7. Jika telah selesai mengisi data pendaftaran, cetaklah tanda bukti pendaftaran online.
  8. Bawa tanda bukti pendaftaran online bersama berkas persyaratan saat melakukan verifikasi dan Pemeriksaan Administrasi Awal di Polda atau Polres

E. Tempat Pendaftaran

Setelah melakukan pendaftaran secara online, selanjutnya menyerahkan berkas-berkas persyaratan dan tanda bukti pendaftaran online ke Polda atau Polres di daerah anda.

F. Tahapan Seleksi Taruna AKPOL

Taruna AKPOL akan diseleksi ditingkat daerah dan ditingkat pusat. Calon peserta yang lulus seleksi ditingkat daerah harus mengikuti seleksi berikutnya di tingkat pusat.

Informasi lebih lanjut mengenai tahapan seleksi taruna AKPOL silahkan baca pada artikel : Tahapan Seleksi Taruna AKPOL

G. Jadwal Pendaftaran Taruna AKPOL

Silahkan kunjungi artikel : Jadwal Pendaftaran Anggota Polri

H. Biaya Pendaftaran dan Biaya Seleksi Taruna AKPOL

Biaya pendaftaran dan biaya seleksi taruna AKPOL adalah gratis. Jadi hati-hati terhadap oknum yang meminta bayaran kepada anda.

Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan dapat anda baca secara langsung di alamat web penerimaan Polri : penerimaan.polri.go.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi dan lain-lain, maka yang berlaku adalah yang ada di web tersebut.

Mari Baca Juga :

Itulah informasi mengenai Penerimaan Taruna AKPOL. Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Demikian informasi dari admin. Jangan lupa untuk like halaman web kami dan berbagi (G+1) info ini pada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan anda.