Pendaftaran UNSIQ 2024/2025 (Universitas Sains Al-Qur'an)

pmb.unsiq.ac.id 2024 -- PMB UNSIQ Jawa Tengah, Pendaftaran UNSIQ Wonosobo, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIQ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIQ, Pendaftaran Kuliah di UNSIQ, Jalur Pendaftaran Reguler & Jalur Prestasi, PMB Pascasarjana UNSIQ, Jalur Pendaftaran PMB Universitas Sains Al-Qur'an Wonosobo.  2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UNSIQ 2024/2025 (Universitas Sains Al-Qur'an). Informasi ini ditujukan untuk kamu yang ingin kuliah di Universitas Sains Al-Qur'an. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Di Jawa Tengah, banyak sekali perguruan tinggi ternama yang cocok dijadikan sebagai tempat menuntut ilmu, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternama di Jawa Tengah yang berbasis islam yaitu UNSIQ.

UNSIQ atau Universitas Sains Al-Qur'an merupakan Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTS Islam) yang mengintegrasikan AL-Qur’an dan Sains Modern.

Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ) didirikan atas prakarsa Al Maghfurlah KH. Muntaha Al Hafidz (Pengasuh Pondok Pesantren Al Asy'ariyyah Kalibeber Wonosobo) untuk mewujudkan pesantren luhur Al Qur'an.

Berdasarkan SK. Mendiknas RI Nomor 87/D/0/2001 berdirilah UNSIQ merupakan gabungan dari IIQ (Institut Ilmu Al Qur'an), Akper IIQ dan STIE YPIIQ.

Bagi kamu yang ingin lebih mendalami Al-Qur'an, terutama untuk lulusan dari Madrasah Aliyah atau Pesantren, dan lainnya, maka kuliah di UNSIQ adalah pilihan tepat. Disini kamu bisa kuliah sambil lebih mendalami Al-Qur'an dan Sains.

Adapun pilihan program studi di UNSIQ yang bisa kam pilih pada saat mendaftar sebagai mahasiswa baru yaitu sebagai berikut.

Fakultas dan Jurusan / Program Studi di UNSIQ
  • Program Pasca Sarjana (Pps) terdiri dari program studi Magister Pendidikan Islam S.2, Magister Studi Islam S.2
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam S.1, Pendidikan Fisika S.1, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah S.1, Pendidikan Bahasa Arab S.1, dan Pendidikan Guru Roudhotul Athfal S.1
  • Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik (FKSP) terdiri dari program studi Komunikasi Penyiaran Islam S.1, dan Ilmu Politik S.1
  • Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) terdiri dari program studi Hukum Keluarga Islam S.1, Hukum Ekonomi Syari'ah S.1, Ilmu Qur'an dan Tafsir S.1, Ilmu Hukum S.1, Perbankan Syari'ah S.1
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari program studi Akuntansi S.1, Manajamen S.1
  • Fakultas Ilmu Kesehatn (FIKES) terdiri dari program studi Keperawatan D.3, Kebidanan D.3
  • Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) terdiri dari Program Sastra Inggris S.1
  • Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) terdiri dari Arsitektur S.1, Teknik Sipil S.1, Teknik Informatika S.1, Manajemen Informatika D.3, Teknik Elektro D.3, Teknik Mesin D.3

Itulah pilihan program studi di UNSIQ. Silahkan pilih salah satu sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakatmu. Selanjutnya kamu perlu mengetahui informasi tentang penerimaan mahasiswa baru UNSIQ. Simak informasinya berikut ini.

A. Syarat Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Menyerahkan fotokopi ijazah/Surat tanda kelulusan dan surat keterangan hasil ujian yang telah dilegalisasi (bagi yang sudah ada) sebanyak 1 (satu) lembar
  3. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 2x3 sebanyak 1 lembar
  4. Menyerahkan file foto berwarna ukuran 120x200 pixel gaya formal menggunakan flasdisk
  5. Melengkapi berkas pendaftaran dengan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga
  6. Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan
  7. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank Jateng menggunakan nomer pendaftaran (tidak menggunakan rekening)
  8. Menyerahkan secara lengkap segala persyaratan pendaftaran pada saat mendaftar
  9. Untuk jurusan Keperawatan atau Kebidanan silahkan datang langsung ke UNSIQ gedung Fakultas Ilmu Kesehatan

B. Ketentuan Pendaftaran
  1. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.
  2. Calon mahasiswa baru dapat melakukan pindah program studi sesuai pilihan ke-2 melalui sistem PMB pada menu biodata sebelum melakukan tes penerimaan.
  3. Jika calon mahasiswa yang mengajukan pindah program studi diluar pilihan ke-2 atau calon mahasiswa dari ilmu kesehatan pindah di luar ilmu kesehatan, maka dianggap mendaftar baru dan membayar biaya pendaftaran sesuai gelombang yang berlaku saat mengajukan pindah.
  4. Bagi calon mahasiswa baru setelah dinyatakan diterima, tidak bisa melakukan pengajuan pindah program studi.
  5. Bagi calon mahasiswa yang pindah perguruan tinggi (keluar dari UNSIQ) setelah dinyatakan diterima dan melakukan herregistrasi (daftar ulang), biaya pendidikan hanya dapat dikembalikan sebesar 25% dari total biaya yang telah dibayarkan.
  6. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima, tetapi belum bisa herregistrasi (daftar ulang) sebagaimana batas waktu pembayaran dalam ketentuan (tercantum dalam surat keterangan diterima, kurang lebih 15 Hari setelah dinyatakan diterima), maka apabila akan melanjutkan pendidikan di UNSIQ disarankan melaporkan ke bagian registrasi dan/atau bagian data dan informasi serta melakukan pendaftaran baru mahasiswa baru pada gelombang berikutnya (dianggap sebagai mahasiswa baru pada gelombang berikutnya).
  7. Bagi calon mahasiswa yang tidak mengikuti uji seleksi sebagaimana tanggal yang sudah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri.
  8. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima dan tidak melakukan herregistrasi (daftar ulang) dan tidak melaporkan ke bagian registrasi dan/atau bagian data dan informasi dianggap mengundurkan diri.
  9. Persyaratan pengajuan beasiswa tidak dapat kami terima setelah dinyatakan diterima.

C. Alur Pendaftaran Online
  1. Buka alamat pmb.unsiq.ac.id
  2. Klik menu "Formulir Pendaftaran"
  3. Isi biodata pendaftaran hingga mendapatkan nomor pendaftaran dan password
  4. Login ke pmb.unsiq.ac.id dengan nomor pendaftaran dan password dengan klik "Login Pendaftaran"
  5. Lengkapi biodata pendaftaran
  6. Cetak kertu peserta

D. Jadwal Pelaksanaan

Pendaftaran dibuka hingga 3 gelombang tergantung kuota penerimaan yang dibuka dari bulan Februari hingga Agustus. Jadwal lengkap dapat dilihat di web PMB UNSIQ.

E. Rincian Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di UNSIQ terdiri dari :
  1. Biaya SKS dikalikan jumlah SKS pada tiap semester
  2. Infaq Pengembangan diangsur 2x (SMT 1 dan SMT 2)
  3. Biaya SPP

Biaya tambahan tiap semester :
  1. Praktikum bila ada
  2. Kemahasiswaan
  3. Pengembangan IT / Akses wifi.id

Biaya tambahan hanya semester 1 :
  • Dana OSPEK, Atribut, Buku panduan, Pembinaan Komputer, Pembinaan Tahfidz, Pengembangan Teknologi Informasi, Pembinaan bahasa

F. Kontak Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru
Jl. Raya Kalibeber Km. 03
Wonosobo
Telp :
(0286) 321873
Fax : (0286) 324160
G. Beasiswa

UNSIQ memberikan fasilitas beasiswa bagi mahasiswa baru, program beasiswa yang disediakan : 
  • Hufadz (Tahfidz) Rp. 250.000 / Semester
  • Mahasiswa Miskin Rp. 850.000 / Semester
  • Kerjasama Bebas Biaya SPP 2 Semester
  • Prestasi Bebas biaya SPP 3 Semester

Itulah informasi seputar penerimaan mahasiswa baru UNSIQ. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dibaca langsung di web PMB UNSIQ di alamat pmb.unsiq.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di web PMB UNSIQ.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNSIQ (Universitas Sains Al-Qur'an). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kamu yang ingin kuliah di UNSIQ.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk share informasi ini pada teman lainnya.