Pendaftaran UNISMUH 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Makassar)

pmb.unismuh.ac.id 2024 -- PMB UNISMUH, Pendaftaran UNISMUH Makassar, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISMUH, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNISMUH,  Pendaftaran Kuliah di UNISMUH, Jalur Pendaftaran ; Jalur Undangan, Jalur Umum dan Konversi, Jalur PMB Universitas Muhammadiyah Makassar, PMB Pascasarjana UNISMUH. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UNISMUH 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Makassar). Informasi ini disampaikan untuk kamu yang berkeinginan untuk kuliah di kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Langsung simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Perguruan Tinggi Muhammadiyah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Perguruan tinggi muhammadiyah yang ada di Makassar dikenal dengan nama UNISMUH.

Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) adalah salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang berada di Makassar yang didirikan pada tanggal 19 Juni 1963 sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Bagi kamu yang ingin kuliah, maka bisa kuliah di UNISMUH karena disini kampusnya sangat nyaman dan prestasinya cukup banyak sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Bisa kuliah di UNISMUH menjadi satu kebanggaan tersendiri.

Ada cukup banyak pilihan program studi yang bisa dipilih pada saat kamu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di UNISMUH, berikut informasinya untuk kamu.

Fakultas dan Program Studi di UNISMUH
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Pendidikan Dokter, dan Profesi Dokter
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Pengairan, Elektro, dan Arsitekstur
  • Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Islam, dan Perpajakan
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Teknologi Pendidikan, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PPKHB)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari program studi Ilmu Adaministrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Agribisnis, Budidaya Perairan, Manajemen Hutan, dan Agroteknologi
  • Fakultas Agama Islam terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Komunikasi Penyiaran Islam, dan Al Ahwal As Syaksiyah
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi Magister Manajemen, Magister Administrasi Publik, Magister Agama Islam, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Agrisbisnis, Magister Pendidikan Dasar, dan Magister Agribisnis

Itulah beberapa fakultas dan program studi yang ada di UNISMUH, silahkan pilih salah astu program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat yang kamu miliki.

Selanjutnya kamu perlu mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNISMUH beserta ketentuan pendaftarannya. Mari simak di bawah ini.

A. Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISMUH
  1. Fotocopy Ijazah dilegalisir atau SKHU, Kartu Keluarga / KTP
  2. Yang Mendaftar di Kedokteran hanya dari jurusan IPA SMA / MA
  3. Usia ijazah 4 tahun (Kecuali yang sudah bekerja) membawa Keterangan Kerja dari instansinya
  4. Pas Foto 3x4=2 Lembar (pas foto resmi terbaru)
  5. Membayar biaya pendaftaran Rp.750.000,- untuk Calon Maba Kedokteran, Non Kedokteran Rp.250.000,-, dan untuk Pascasarjana Rp.500.000,- (Bank Mitra Unismuh)
  6. Bagi Jalur Undangan, membawa Rekomendasi dari PDM, PMW, Kepala Sekolah, dengan melampirkan fotocopy raport 3 semester terakhir (dilegalisisr) & bukti prestasi

          B. Info Biaya Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISMUH
          1. Biaya Pendaftaran (S1) Rp. 250.000
          2. Biaya Pendaftaran (Kedokteran) Rp. 750.000, dan Pascasarjana sebesar Rp. 500.000,-
          3. Pembayaran SPP termasuk Registrasi, Bank, dan Pesantren.
          4. Pembayaran BPP termasuk UAS, Her, Infaq, dan Kesehatan.
          5. Pembayaran tidak termasuk Lab/Praktikum/PPL, KKN/KKP/Magang, Seminar, Proposal, Skripsi, Perpustakaan, dan Wisuda.
          6. Pascasarjana tidak termasuk Matrikulasi, Tesis, dan Wisuda.
          7. Uang pembangunan hanya dibayar sekali selama menjadi Mahasiswa.

          C. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UNISMUH

          Penerimaan mahasiswa baru dibuka melalui jalur berikut ini :

          1. Jalur Undangan

          Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dan mendapatkan undangan dari UNISMUH untuk mengikuti seleksi tanpa tes, namun didasarkan pada prestasi yang dimiliki.

          2. Jalur Umum dan Konversi

          Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru umum yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis / tes tertulis.

          D. Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISMUH

          Cara Pendaftaran calon mahasiswa baru UNISMUH dapat dilakukan secara online ataupun secara langsung di kampus UNISMUH. 

          Pendaftaran online dilakukan dengan mengakses alamat pmb.unismuh.ac.id. Calon peserta telebih dahulu membuat akun dengan mengklik menu "Registrasi PMB" kemudian mengisi data akun. Setelah akun terbuat, lalu login untuk mengisi data pendaftaran secara online.

          Sedangkan pendaftaran secara langsung dilakukan di kampus UNISMUH yaitu di Kantor UPT-PMB setiap jam kerja, baik untuk jalur undangan ataupun jalur umum dn konversi.

          E. Jadwal Pendaftaran

          Pendaftaran dibuka sekitar bulan April hingga Agustus. Untuk kepastian jadwal maka dapat dilihat langsung di website resmi UNISMUH.


          Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UNISMUH. Untuk informasi lainnya yang kamu butuhkan dapat dibaca langsung di website resmi di alamat pmb.unismuh.ac.id atau bertanya pada panitia PMB di kampus UNISMUH.

          Catatan : Apabila ada perubahan atau perubahan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNISMUH

          Baca juga ;

          Demikialah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNISMUH (Universitas Muhammadiyah Makassar). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di UNISMUH.

          Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di UNISMUH melalui jalur seleksi yang kamu ikuti. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses untuk semua. Share it.