Pendaftaran POLMED 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pendaftaran.polmed.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLMED Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru POLMED, Penerimaan Mahasiswa Baru POLMED, Pendaftaran Politeknik Negeri Medan, Pendaftaran Kuliah di POLMED, Jalur Masuk POLMED ; SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran POLMED 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini dijukan bagi siswa-siswi lulusan SMA /MA / SMK / sederajat lainnya yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri Medan. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Politeknik Negeri Medan atau dikenal pula dengan nama POLMED adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang berlokasi di Jalan Almamater No. 1, Kampus USU, Padang Bulan, Medan – 20155.

Pendidikan yang diselenggarakan di POLMED adalah pendidikan jenjang Vokasi atau Diploma untuk Diploma 3 dan Diploma 4, program satu tahun, serta program magister terapan.

Pada awal berdirinya tahun 1979 bernama Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) Medan. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 084/O/1997 maka Politeknik USU Medan secara resmi menjadi Politeknik mandiri dengan nama Politeknik Negeri Medan (POLMED)

Jurusan dan Program Studi yang Ada di POLMED, yaitu :

Jurusan Teknik Mesin :
  • Program Studi Teknik Mesin
  • Program Studi Teknik Konversi Energi
  • Program Studi Teknik Rekayasa Pengelasan dan Fabrikasi

Jurusan Teknik Sipil :
  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi TPJJ
  • Program Studi MRKG

Jurusan Teknik Elektro :
  • Program Studi Teknik Listrik
  • Program Studi Teknik Elektronika
  • Program Studi Teknik Telekomunikasi
  • Program Studi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi
  • Program Studi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik

Jurusan Teknik Komputer dan Informatika :
  • Program Studi Teknik Komputer
  • Program Studi Manajemen Informasi
  • Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak
  • Program Studi Teknologi Multimedia Grafis

Jurusan Akuntansi :
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Perbankan dan Keuangan
  • Program Studi Perbankan Syariah
  • Program Studi Akuntansi Keuangan Publik
  • Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi

Jurusan Administrasi Niaga :
  • Program Studi Administrasi Bisnis
  • Program Studi Manajemen Bisnis
  • Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran

Itulah sekilas informasi mengenai kampus Politeknik Negeri Medan (POLMED). Dengan mengetahui informasi di atas, maka kalian telah mengenai sedikit tentang kampus POLMED; sejarahnya, visi, motto, lokasi, program pendidikan, dan program studinya.

Kalian siswa-siswi lulusan SMA / SMK / sederajat yang ingin menempuh pendidikan di POLMED, dapat memilih program pendidikan yang diinginkan, apakah itu Diploma 3 (D3) atau Diploma 4 (D4).

Program pendidikan D3 dilaksanakan selama 3 tahun atau 6 semester, sedangkan program pendidikan D4 dilaksanakan selama 4 tahun atau 8 semester. Pendidikan D4 ini setara dengan program Sarjana (S1).

Untuk program studi yang bisa dipilih dapat dilihat kembali di atas. Pilihan program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kalian miliki. Dengan begitu, maka nantinya saat menjalani perkualiahan pada program studi tersebut bisa berjalan lancar dan nyaman.

Nah, untuk bisa masuk dan menempuh pendidikan di POLMED, maka kalian harus mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi calon mahasiswa baru.

Pendaftaran ini dilakukan disetiap tahun ajaran baru melalui beberapa jalur seleksi seperti jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur mandiri.

Silahkan pilih satu jalur yang tingkat persaingannya tidak begitu ketat sehingga nantinya kalian bisa lulus dari seleksi dan akhirnya diterima sebagai mahasiswa baru POLMED. Namun jika tidak lulus dari satu jalur seleksi, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka.

Berikut ini admin berikan penjelasan mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke POLMED beserta rinciannya. Silahkan baca dan pahami dengan baik.

A. Pendaftaran POLMED Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri di Indonesia yang salah satunya adalah POLMED.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari Sekolah pada tahun ini. Seleksi didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Jalur SNBP ini dibuka untuk kalian yang ingin memilih program Diploma Tiga dan program Sarjana Terapan.

Untuk pendaftaran, diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya. Pemberian rekomendasi dilakukan dengan mengisi data siswa dan data sekolah secara online laman PDSS.


Siswa yang telah direkomendasikan oleh Kepala Sekolah akan diberi kode akses pendaftaran berupa username dan password.

Gunakan kode akses tersebut untuk login ke laman resmi untuk melengkapi data pendaftaran  hingga mencetak kartu peserta.


Untuk informasi penting lainnya seperti persyaratan, laman pendaftaran, prosedur, jadwal, mekanisme seleksi, biaya, pilihan program studi, pilihan Politeknik, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel di bawah ini.
B. Pendaftaran POLMED Jalur UTBK SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah salah jalur masuk ke POLMED yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis berbasis komputer (UTBK), sehingga jalur ini sering pula dsebut dengan jalur UTBK SNBT.

Jalur UTBK SNBT terbuka untuk lulusan SMA / SMK / sederajat lulusan 3 tahun terakhir yang ingin memilih program Diploma Tiga dan program Sarjana Terapan.

Pendaftarannya tidak melalui pihak sekolah, tetapi dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk mengisi data pendaftaran secara lengkap dan benar.

Ada biaya pendaftaran untuk mengisi mengikuti jalur UTBK SNBT ini.

Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, persyaratan, jadwal, biaya, pilihan program studi, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran UTBK SNBT atau Pendaftaran SNBT Online.

C. Pendaftaran POLMED Jalur Mandiri POLMED

Selain jalur seleksi nasional di atas, POLMED juga membuka jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan secara lokal oleh panitia POLMED.

Jalur Mandiri diselenggarakan untuk kalian yang ingin memilih program pendidikan Magister Terapan, program Diploma Tiga, dan program Sarjana Terapan.

Jalur ini terbuka untuk lulusan SMA / SMK / sederajat lulusan 3 tahun terakhir.

Pendaftaran secara online di laman https://mandiri.polmed.ac.id/

Informasi lainnya dapat dicari di laman tersebut.

D. Pendaftaran KIP Kuliah POLMED

POLMED merupakan salah satu perguruan tinggi yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan pada calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu melalui program KIP Kuliah.

KIP Kuliah yang bisa diikuti di POLMED adalah KIP Kuliah jalur SNBP, KIP Kuliah jalur SNBT, dan KIP Kuliah jalur mandiri . 

Untuk pendaftaran KIP Kuliah  dilakukan secara online melalui alamat website resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Penjelasan lebih lanjut seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tanggal pendaftaran, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, keunggulan KIP Kuliah dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

E. Pendaftaran POLMED Jalur Kerjasama

POLMED dan PT. GMF AeroAsia Kembali membuka kelas Kerjasama Pengembangan Program Pendidikan dengan Sertifikasi Basic Aircraft Maintanance (BAM) bidang Air Frame Power Plant A1 dan A4 AMTO Under Remote PT. GMF AeroAsia.

Lulusan jenjang Diploma 3 dari kelas kerja sama ini juga berpeluang di pasar kerja pada dunia Maintenance Refair Overhoul (MRO) pesawat terbang.

Untuk informasi pendaftaran silahkan kunjungi laman mandiri.polmed.ac.id


Itulah penjelasan mengenai jalur-jalur seleksi masuk POLMED beserta rinciannya. Untuk penjelasan lain yang dibutuhkan dapat dibaca melalui website resmi pendaftaran POLMED. 

Catata : Jika ada perubahan / perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di alamat tersebut.


Demikian informasi tentang Pendaftaran POLMED Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kalian semua sebagai bentuk persiapan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLMED. Terima kasih dan salam sukses untuk semua.