Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri 2019-2020

Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri 2019 -- Proses Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri, Urutan Kegiatan Pendaftaran hingga Pantukhir, Mekanisme Pendaftaran dan Tahapan Seleksi Calon Anggota Polri, Alur Pendaftaran dan Seleksi SIPSS, Akpol, Brigadir / Bintara, Tamtama. 2021.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri 2019-2020. Informasi ini ditujukan untuk calon peserta seleksi anggota Polri yang akan melakukan pendaftaran dan mengikuti proses seleksi. Ayo simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Informasi yang admin sampaikan beikut merupakan kelanjutan dari informasi sebelumnya yang berjudul Penerimaan Polri atau Pendaftaran Anggota Polri. Apabila anda belum membaca informasi pada artikel tersebut maka sebaiknya anda membacanya terlebih dahulu.

Kali ini admin akan menyampaikan informasi mengenai Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri.

Alur kegiatan merupakan hal yang wajib untuk kita ketahui apabila kita akan mengikuti kegiatan tersebut. Dalam rangkaian seleksi calon anggota Polri, alur pendaftaran dan seleksi awal hingga pantukhir wajib untuk diketahui oleh setiap calon peserta. Calon peserta harus memahami dan mengetahui dengan tepat alur kegiatan tersebut.

Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri yang akan admin berikan berikut dibedakan menjadi 2 yaitu Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri tingkat Daerah dan Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri tingkat Pusat.

A. Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri tingkat Daerah

1. Pendaftaran Online
  1. Pendaftar membuka website penerimaan.polri.go.id
  2. Tekan tombol Daftar, pilih salah satu macam seleksi
  3. Isi Form Registrasi dengan data yang sebenarnya, catat nomor registrasi & password (untuk melakukan login, perubahan data dan cetak biodata pendaftar)
  4. Tekan tombol printer untuk mencetak biodata, yang nantinya digunakan untuk melakukan verifikasi di Polres atau Polda sebagai Panbanrim
  5. Tekan ikon Microsoft Word untuk mengunduh berkas persyaratan.

2. Verifikasi di Polres dan Polda selaku Panbanrim

Pendaftar melakukan verifikasi di Polres atau Polda sebagai Panbanrim dengan membawa kelengkapan berkas persyaratan. Sekaligus mengukur tinggi dan berat badan. 

3. Pemeriksaan Administrasi Awal di Polres dan Polda

Tahapan pemeriksaan Administrasi Awal di Polres dan Polda selaku Panbanrim ini merupakan lanjutan dan satu kesatuan dari tahapan verifikasi.

4. Penandatanganan Pakta Integritas di Polres atau Polda selaku Panbanrim

Pendaftar melakukan penandatanganan dan pengucapan Pakta Integritas di Polres dan Polda selaku Panbanrim.

5. Pemeriksaan Administrasi Awal di Polda selaku panitia Daerah

Tahapan ini sama dengan pemeriksaan Administrasi Awal di Polres atau Polda selaku Panbanrim, yang membedakan adalah tahapan ini dilakukan di Polda. 

6. Pemeriksaan Kesehatan Tahap 1

Serangkaian kegiatan pemeriksaan medis yang dilaksanakan untuk seleksi pendaftar Calon Taruna Akpol, calon siswa SIPSS, calon siswa Brigadir dan calon siswa Tamtama.

7. Pemeriksaan Psikologi

Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan, dan Tes Psikologi tingkat daerah dilaksanakan secara tertulis. Bagi pendaftar yang lulus Tingkat Daerah, pelaksanaan Tes Psikologi di Tingkat Pusat (untuk AKPOL dan SIPSS) dilaksanakan dengan metode wawancara .

8. Pemeriksaan Uji Akademik

Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh tim pemeriksa akademik terhadap pendaftar, untuk mengukur kondisi jasmani Calon Taruna Akpol, Calon Siswa SIPSS dan Calon Siswa Brigadir.

9. Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2

Pemeriksaan kesehatan tahap 2 meliputi pemeriksaan kesehatan dalam dan laboratorium. 

10. Uji Kemampuan Jasmani & Pemeriksaan Anthropometri

Ujian kesamaptaan jasmani, materi yang diujikan adalah kesamaptaan A, kesamaptaan B, renang dan anthropometri.

11. Pemeriksaan Penelusuran Mental Kepribadian

kegiatan penelusuran yang dilaksanakan secara terus menerus oleh fungsi Paminal, dengan meneliti riwayat dan latar belakang Calon, sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kelulusan / melanjutkan pendidikan / menjalani dinas kepolisian

12. Pemeriksaan Administrasi Akhir

Ujian untuk memeriksa kelengkapan admnistrasi pendaftar tahap akhir. 

13. Sidang Lulus Sementara
  • Sidang Kelulusan Sementara Akhir untuk Brigadir dan Tamtama
  • Sidang Kelulusan Sementara Tingkat Daerah untuk SIPSS dan Akpol

14. Supervisi dari Pusat

Kunjungan dan pengecekan data administrasi selama hasil seleksi di Tingkat Daerah oleh Panitia Pusat.

15. Sidang Penetapan Kelulusan Tingkat Daerah
  • Sidang Penetapan Kelulusan Akhir untuk Brigadir dan Tamtama
  • Sidang Penetapan Kelulusan Tingkat Daerah untuk SIPSS dan Akpol

16. Seleksi Tingkat Pusat

Seleksi Tingkat Pusat HANYA dilaksanakan oleh Calon Taruna Akpol dan Calon Siswa SIPSS yang telah lulus tahapan Seleksi Tingkat Daerah. Sedangkan Calon siswa Brigadir dan Tamtama hanya melaksanakan ujian seleksi Tingkat Daerah.

B. Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri tingkat Pusat

1. Penandatanganan Pakta Integritas

Pendaftar yang lulus seleksi tingkat daerah, menandatangani dan mengucapkan Pakta Integritas tingkat Pusat.

2. Pemeriksaan Administrasi Awal

Ujian untuk memeriksa kelengkapan admnistrasi pendaftar yang lulus tingkat daerah.

3. Pemeriksaan Kesehatan tahap I, II dan Kesehatan Jiwa

Kegiatan pemeriksaan Kesehatan tingkat Pusat, dengan materi pemeriksaan meliputi tahap I dan tahap II dan kesehatan jiwa

4. Pemeriksaan Psikologi & Penelusuran Mental Kepribadian (wawancara)

Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan. dan penelusuran mental kepribadian dengan metode wawancara.

5. Pemeriksaan Uji Akademik

Ujian akademik tingkat pusat terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik) dan TOEFL. Pelaksanaan ujian akademik tingkat Pusat menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

6. Uji Kemampuan Jasmani & Pemeriksaan Anthropometri

Ujian kesamaptaan jasmani, materi yang diujikan adalah kesamaptaan A, kesamaptaan B, renang dan anthropometri.

7. Pemeriksaan Penampilan

Serangkaian kegiatan untuk melakukan pemeriksaan Penampilan.

8. Sidang Penetapan Kelulusan Tingkat Pusat

Pengumuman peserta yang lulus tingkat Pusat untuk dikirim mengikuti pendidikan.


Itulah Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai tahapan seleksi Polri, silahkan kunjungi artikel berikut : Tahapan Seleksi Anggota Calon Polri (SIPSS, Akpol, Brigadir / Bintara, dan Tamtama)


Demikian informasi tentang Alur Pendaftaran dan Seleksi Anggota Polri. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua. Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus tiap tahapan seleksi yang diujikan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan bari bantu bagikan (G+1) atau share (FB) informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.