Batas Umur Masuk TNI / Pendaftaran Anggota TNI 2024-2025

Batas Umur Masuk TNI 2024 -- Batas Umur Pendaftaran TNI, Batas Usia Masuk Anggota TNI, Batas Umur Masuk TNI AD, TNI AU, dan TNI AL, Batas Umur Masuk Akmil, AAL, dan AAU, Persyaratan Usia-Umur Pendaftaran TNI, Batasan Umur Masuk Anggota TNI AD-AL-AU. 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Batas Umur Masuk TNI / Pendaftaran Anggota TNI 2024-2025. Informasi ini ditujukan bagi para calon pendaftar yang akan mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI AD, TNI AL, atau TNI AU. Langsung saja simak infomasi selengkapnya di bawah ini.


TNI atau Tentara Nasional Indonesia adalah angkatan perang yang dimiliki oleh Indonesia yang bertugas menjaga keamanan negara di darat, di laut, dan di udara. Di darat ada TNI AD, di laut ada TNI AL, dan di udara ada TNI AU.

Untuk bisa menjadi salah satu anggota TNI AD, TNI AL, atau TNI AU, maka diawali dengan melakukan pendaftaran. Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI, maka perlu diketahui beberapa persyaratan pendaftaran seperti umur, waktu pendaftaran, lulusan pendidikan, tinggi badan, dan lain-lain.

Umur adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI, baik itu TNI AD, TNI AL, ataupun TNI AU. Jadi, tidak sembarangan orang yang bisa mendaftarkan diri.

Umur atau usia remaja adalah waktu yang tepat untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI. Usia ini dimiliki oleh siswa-siswi tingkat SMA / sederajat. Siswa-siswi tingkat SMA sederajat memiliki kesempatan yang besar untuk mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI.

Untuk kalian yang memiliki cita-cita menjadi anggota TNI, inilah kesempatannya. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Nanti setelah lulus dari Sekolah, langsung saja daftarkan diri. Namun jangan lupa, penuhi juga persyaratan lainnya.

Setelah proses pendaftaran, akan diseleksi melalui beberapa tahapan. Ada seleksi administrasi, seleksi ujian tertulis, ujian fisik, wawancara, dan lainnya.

Diusia kalian yang sedang bugar-bugarnya, tentu saja ujian fisik bukanlah hal yang sulit, hanya perlu berlatih sesering mungkin agar terbiasa. Untuk ujian lainnya, kali kalian perlu belajar mempelajari materi-materi yang kemungkinan besar akan diujikan. Berlatih juga untuk ujian wawancara jika ada.

Setelah serangkaian proses seleksi dilalui dan dinyatakan lulus, kemudian menempuh pendidikan pada masa tertentu. Setelah selesai masa studi, lalu turun ke lapangan untuk menjalankan tugas sebagai anggota TNI.

Begitulah gambaran singkat proses pendaftaran hingga turun tugas ke lapangan bagi seorang anggota TNI. Nah, untuk mengetahui secara rinci Batas Umur Masuk TNI / Pendaftaran Anggota TNI, langsung saja simak penjabarannya di bawah ini.

A. Batas Umur Masuk Anggota TNI AD

1. Bintara TNI AD
  • Umur minimal 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun

2. Tamtama TNI AD
  • Umur minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun

3. Akademi Militer (Akmil)
  • Umur minimal 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun


B. Batas Umur Masuk Anggota TNI AL

1. Bintara TNI AL
  • Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun

2. Tamtama TNI AL
  • Usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun

3. Akademi Angkatan Laut (AAL)
  • Usia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun


C. Batas Umur Masuk Anggota TNI AU

1. Bintara TNI AU
  • Berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun

2. Tamtama TNI  AU
  • Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun

3. Akademi Angkatan Udara (AAU)
  • Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.


D. Batas Umur Masuk Mabes TNI 

1. Tenaga Kesehatan TNI
  • Usia maksimal 26 tahun bagi yang berijazah D-3
  • Usia maksimal 30 tahun bagi yang berijazah S-1
  • Usia maksimal 32 tahun bagi yang berijazah S-1 profesi

2. Perwira Prajurit Karir TNI
  • Usia maksimal 26 tahun bagi yang berijazah D-3
  • Usia maksimal 30 tahun bagi yang berijazah S-1
  • Usia maksimal 32 tahun bagi yang berijazah S-1 profesi

3. Mahasiswa Beasiswa TNI
  • Usia tidak lebih dari 25 tahun

4. PSDP Penerbangan
  • Berusia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun

Itulah informasi mengenai Batas Umur Masuk TNI / Pendaftaran Anggota TNI. Silahkan diperhatikan, dan jika memenuhi batasan umur di atas silahkan daftarkan diri namun juga harus memenuhi persyaratan lainnya juga.


Demikian penyampaian ini. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih.