Pengumuman UM-PTKIN 2024/2025 (pengumuman.um-ptkin.ac.id)

Cara Melihat Pengumuman UM-PTKIN 2024 - Cek Pengumuman Kelulusan Hasil UM-PTKIN, Pengumuman Hasil Ujian UM-PTKIN, Pengumuman Hasil Tes UM-PTKIN, Pengumuman Hasil Seleksi UM-PTKIN, Pengumuman Kelulusan UM-PTKIN, Pengumuman Kelulusan Hasil UM-PTKIN, Pengumuman Online UM-PTKIN, Cara Cek Hasil Tes Jalur UM-PTKIN. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pengumuman UM-PTKIN 2024/2025 (pengumuman.um-ptkin.ac.id). Informasi ini ditujukan terutama bagi anda yang telah mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN beberapa waktu yang lalu. Berikut informasinya untuk anda.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN.

Jalur UM-PTKIN dibuka setelah jalur SPAN-PTKIN yang juga merupakan jalur seleksi masuk ke PTKIN namun hanya untuk siswa-siswi berprestasi, sedangkan untuk yang tidak berprestasi dapat mengikuti jalur UM-PTKIN ini.

Tentunya anda telah mengetahui bahwa proses pendaftaran UM-PTKIN dimulai dari pembayaran biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran. Kemudian setelah login mengisi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Setelah proses pendaftaran UM-PTKIN selesai, selanjutnya mengikuti ujian tertulis yang telah tentukan sesuai jadwal pelaksanaan. Tahap akhir dari UM-PTKIN yaitu melihat pengumuman hasil ujian tertulis UM-PTKIN. 

Pengumuman UM-PTKIN merupakan penentuan kelulusan peserta UM-PTKIN untuk diterima atau tidak diterima di PTKIN pilihannya.

Peserta UM-PTKIN yang diterima di PTKIN pilihannya maka selanjutnya harus melakukan pendaftaran ulang di PTKIN penerima. Sedangkan peserta UM-PTKIN yang tidak diterima di PTKIN pilihannya, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri PTKIN atau bisa kuliah di PTS ternama sesuai keinginan.

Ketika pengumuman UM-PTKIN tiba, maka peserta UM-PTKIN secara bersamaan akan mengakses situs resmi pengumuman UM-PTKIN karena ingin melihat sendiri kelulusan dirinya. Dengan demikian, maka situs resmi UM-PTKIN bisa saja mengalami gangguan. Dalam kata lain bahwa situs sulit untuk dibuka / diakses.

Jika hal tersebut terjadi, maka peserta UM-PTKIN harus bersabar menanti hingga situs resmi tersebut kembali normal atau dapat diakses kembali. Ada baiknya peserta untuk mengecek kelulusan UM-PTKIN secara bergantian agar situs resmi tidak mengalami gangguan.

Sebagai pengingat bahwa pengumuman UM-PTKIN akan diumumkan secara online melalui situs resminya di alamat pengumuman.um-ptkin.ac.id 

Bagi peserta yang membutuhkan bantuan mengenai tata cara melihat pengumuman UM-PTKIN, maka disini admin akan memberikan informasi tersebut untuk anda. Simaklah dengan baik.

Tata Cara Melihat Pengumuman UM-PTKIN :
  • Buka situs resmi pengumuman UM-PTKIN di alamat pengumuman.um-ptkin.ac.id
  • Selanjutnya tampil halaman pengumuman, tampilannya kurang lebih seperti berikut ini :
  • Berikutnya anda akan diminta untuk mengisi nomor peserta / nomor pendaftaran anda pada kolom yang tersedia
  • Setelah diisikan, lalu klik tombol "Cek Kelulusan"
  • Selanjutnya akan muncul keterangan tentang kelulusan anda. Baca dengan baik keterangan tersebut.

Itulah tata cara melihat pengumuman UM-PTKIN yang dapat anda lakukan. Ingat!!! Pastikan bahwa pada saat anda mengecek kelulusan UM-PTKIN, situs resmi harus dalam keadaan normal / tidak mengalami error.

Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pengumuman UM-PTKIN (pengumuman.um-ptkin.ac.id) yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua.

Mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca informasi di web ini. Cukup sekian info dari admin dan mari kita berdoa semoga kita semua bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin.