Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian UM-PTKIN 2024/2025

pengumuman.um-ptkin.ac.id 2024 -- Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian UM-PTKIN, Cara Cek / Melihat Pengumuman Kelulusan UM-PTKIN, Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil UM-PTKIN Online, Tanggal / Jadwal Pengumuman UM-PTKIN, Cara Cek / Melihat Pengumuman UM-PTKIN Online, Laman Resmi dan Laman Mirror PTKIN. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan berbagi informasi mengenai Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian UM-PTKIN 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi para peserta UM-PTKIN yang sebentar lagi akan segera melihat pengumuman kelulusan. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.


UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia, baik itu UIN, IAIN, ataupun STAIN. 

Sebelum UM-PTKIN ini, ada jalur seleksi sebelumnya yang telah selesai dilaksanakan, yaitu jalur SPAN-PTKIN. Peserta yang mengikuti UM-PTKIN ini merupakan peserta yang telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN tetapi tidak lulus, atau peserta yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti SPAN-PTKIN lalu mengikuti UM-PTKIN saja.

Jadi, jalur UM-PTKIN ini dapat dikatakan sebagai jalur seleksi alternatif untuk masuk ke PTKIN selain jalur SPAN-PTKIN.

Nah, bagi para peserta UM-PTKIN yang beberapa waktu yang lalu telah mengikuti ujian, maka sebentar lagi akan segera melihat pengumuman kelulusan hasil seleksi. Admin merekomendasikan agar para peserta melihat pengumuman UM-PTKIN melalui layar laptop / notebook karena tampilannya lebih luas. Namun sebelum itu, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu :
  • laptop / notebook
  • modem / wifi
  • kuota internet yang cukup dengan kecepatan tinggi
  • dan nomor peserta UM-PTKIN

Setelah hal-hal di atas dipersiapkan, berarti kalian siap menyambut pengumuman UM-PTKIN. Siapkan juga mental untuk menerima apapun hasil UM-PTKIN yang akan di dapat nanti. Yakinlah semua itu adalah yang terbaik untuk kalian.

Perlu diketahui bahwa, dalam menentukan kelulusan UM-PTKIN, panitia telah menetapkan nama-nama peserta yang memenuhi kriteria kelulusan yang dilihat dari hasil ujian tertulis yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Hanya peserta yang memenuhi kriteria kelulusan yang akan dinyatakan lulus seleksi.

Pada saat pengumuman UM-PTKIN tiba, pastikan bahwa situs resmi pengumuman UM-PTKIN tidak sedang error atau sulit dibuka. Jika situs sedang error atau sulit dibuka, maka sebaiknya ditunggu terlebih dahulu agar kembali normal.

Dalam mengecek / melihat pengumuman UM-PTKIN, mungkin sebagian peserta UM-PTKIN ada yang merasa kesulitan tentang bagaimana cara mengecek atau melihatnya. Untuk itu, disini admin akan memberikan bantuan dengan menyajikan informasi tata cara mengecek atau melihat pengumuman UM-PTKIN. Langsung saja baca tata caranya di bawah ini.

Catat : Sebagai pengingat bahwa pengumuman UM-PTKIN diumumkan pada secara online melalui web resmi.

Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian UM-PTKIN :
  1. Buka situs resmi Pengumuman UM-PTKIN di alamat : pengumuman.um-ptkin.ac.id
  2. Masukkan nomor peserta pada kolom yang tersedia
  3. Lalu klik "Lihat Hasil"
  4. Kemudian muncul keterangan kelulusan anda. Baca keterangan tersebut dengan baik, apakah anda dinyatakan lulus atau tidak.

Itulah cara melihat pengumuman UM-PTKIN. Jika ada perbedaan, maka dapat disesuaikan saja dengan tata cara di tahun ini, karena tata cara di atas berdasarkan tata cara di tahun sebelumnya.

Ingat!!!
Pastikan situs resmi tidak sedang error atau sulit dibuka. Jika hal itu terjadi, maka silahkan ditunggu terlebih dahulu. Error terjadi karena peserta UM-PTKIN mengakses situs resmi secara bersamaan sehingga memberatkan server.

Admin mengucapkan selamat kepada peserta UM-PTKIN yang dinyatakan lulus seleksi. Segera cari informasi pendaftaran ulang di PTKIN penerima, baik informasi melalui situs resmi atau informasi dari pihak kampus secara langsung.

Bagi peserta UM-PTKIN yang dinyatakan tidak lulus seleksi, bersabarlah, segera bangkit da semangat kembali. Kalian masih bisa masuk ke PTKIN yang diminati dengan mengikuti jalur seleksi mandiri yang masih dibuka. Temukan informasi jalur mandiri PTKIN di blog ini dan di situs resmi. Atau kalian juga bisa mendaftarkan diri untuk kuliah di kampus negeri atau kampus swasta ternama yang ada di Indonesia.

Informasi pengumuman UM-PTKIN ini juga bisa dibaca pada artikel berikut : 

Demikianlah informasi mengenai Cara Cek / Melihat Pengumuman Hasil Tes / Seleksi / Ujian UM-PTKIN. Semoga informasi ini bisa membantu para peserta UM-PTKIN dalam melakukan pengecekan kelulusan. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Thanks very much