Pendaftaran PDSS SPAN PTKIN Sekolah 2025/2026
PDSS SPAN-PTKIN 2025 -- Panduan Pengisian PDSS SPAN-PTKIN Online, Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN untuk Login Sekolah dan Siswa, Tata Cara Pengisian PDSS SPAN-PTKIN, Halaman Login Sekolah dan Siswa ke PDSS SPAN-PTKIN, Cara Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN.
Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran PDSS SPAN PTKIN Sekolah 2025/2026. Informasi ini ditujukan untuk sekolah yang akan mendaftarkan siswanya di PDSS SPAN-PTKIN dan juga untuk siswa yang akan login ke PDSS SPAN-PTKIN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.
PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa adalah pusat pengelolaan data sekolah dan siswa yang merupakan bagian dari proses pendaftaran seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, baik di PTN ataupun PTKIN.
PDSS SPAN-PTKIN merupakan bagian dari proses pendaftaran SPAN-PTKIN yang dilakukan oleh sekolah untuk merekomendasikan siswa-siswi berprestasinya dengan mengisi sejumlah data untuk mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN.
Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN ini merupakan pendaftaran tahap awal SPAN-PTKIN sebagai rekomendasi Kepala Sekolah atas siswa-siswinya untuk mengikuti SPAN-PTKIN.
Banyak sekali data-data yang harus diisi oleh pihak sekolah di PDSS SPAN-PTKIN, diantaranya yaitu NPSN, Akreditas Sekolah, SK. Kepala Sekolah, Profil Sekolah, Profil Kepala Sekolah, Biodata Siswa, Prestasi Siswa dan buktinya, Kuota Siswa, Nilai Siswa, KKM, dan lain sebagainya sesuai ketentuan.
Data-data tersebut harus diisi dengan lengkap dan benar karena sangat berperan penting dalam proses pendaftaran dan proses seleksi jalur SPAN-PTKIN.
Perlu ketahui bahwa seleksi jalur SPAN-PTKIN ini didasarkan pada prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain yang relevan, tanpa melalui ujian tertulis.
Dalam arti lain bahwa nilai-nilai siswa yang diisikan pada saat pengisian data di PDSS SPAN-PTKIN harus lengkap dan benar karena akan dijadikan dasar proses seleksi dan penentuan kelulusan siswa. Selain nilai-nilai siswa, data-data lainpun yang diisikan harus lengkap dan benar akan dijadikan bahan pertimbangan kelulusan.
I. Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN oleh Sekolah
Berikut ini admin diberikan panduan pengisian data di PDSS SPAN-PTKIN untuk Sekolah. Simak informasinya dengan baik.
A. Alur Registrasi PDSS
- Daftar Sekolah
- Akses laman pdss.ptkin.ac.id
- Masukkan NPSN, kode registrasi sekolah, nomor HP, nomor WA, dan email kepala sekolah.
- Daftar Berhasil
- Registrasi berhasil, password akan dikirim melalui email kepala sekolah yang dimasukkan pada saat pendaftaran
- Login
- Akses laman pdss.ptkin.ac.id . Pilih login masukkan NPSN dan password yang didapat dari kepala sekolah
- Pengisian PDSS
- Cek data informasi sekolah
- Cek data jurusan
- Unggah KKM'unggah nilai siswa
- Finalisasi
- Cek data siswa yang didaftarkan
- Infokan ke siswa
B. Tata Cara Registrasi PDSS
- Akses laman https://span.ptkin.ac.id/ lalu pilih PDSS, atau langsung akses laman https://pdss.ptkin.ac.id/
- Pilih menu Daftarkan Sekolah
- Tampilan Registrasi Sekolah. Siapkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah.
- Masukan NPSN Sekolah kemudian pilih Lanjutkan Pendaftaran
- Masukan Kode Registrasi Sekolah (kode registrasi sekolah dapat diperoleh pada akun Dapodik Sekolah), kemudian pilih Lanjutkan Pendaftaran
- Masukkan Nomor WhatsApp Kepala Sekolah dan Email Kepala Sekolah. Catatan: Email harus aktif dan valid karena password Login Sekolah akan dikirimkan melalui Email tersebut. Kemudian Pilih Lanjutkan Pendaftaran
- Selesai. Buka email dari SPAN-PTKIN, kemudian Pilih Login. Penjelasan lebih lanjut di bagian C di bawah ini.
C. Tata Cara Login PDSS
- Akses laman https://span.ptkin.ac.id/ lalu pilih PDSS , atau langsung akses laman https://pdss.ptkin.ac.id/
- Masukan NPSN dan Password yang diperoleh dari email Kepala Sekolah atau WhatsApp Kepala Sekolah kemudian Pilih Login
Setelah login lalu mengisi data PDSS seperti di bagian D di bawah ini.
D. Tata Cara Pengisian PDSS
Pengisian PDSS dapat dilakukan apabila sekolah sudah melakukan Registrasi Sekolah dan Login pada laman https://pdss.ptkin.ac.id/. Setelah Login, sekolah wajib melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Cek Profil Sekolah
Cek Kembali Profil sekolah, data Profil sekolah diambil dari data DAPODIK dan data EMIS. Pilih "Perbaruan Data Sekolah" jika data belum sesuai, sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik (https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/) atau melalui EMIS.
Bagi Satuan Pendidikan Pondok Pesantren yang tidak memiliki bentuk jurusan pada Data Induk Pendidikan wajib memilih Jenis Sekolah yang paling sesuai dengan Izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI
2. Pilih Kurikulum yang diterapkan sekolah kemudian pilih Simpan
3. Pilih Pengaturan Jurusan
4. Pilih Perbarui Data Sekolah
5. Cek Data Jurusan dan Data Jumlah Siswa
Jika data sudah sesuai maka pilih "Pengisian KKM"
Jika data belum sesuai, sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik bagi satuan Pendidikan dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ atau melalui EMIS Madrasah pada laman https://emis.kemenag.go.id/ atau EMIS Pondok Pesantren pada laman https://emispendis.kemenag.go.id/pdpontrenv2/
6. Menyesuaikan Mata Pelajaran dan Mengunduh File template Excel KKM
Pilih "Sesuakan Mata Pelajaran"
Mata Pelajaran wajib akan tampil sesuai dengan jenis Satuan Pendidikan. Satuan Pendidikan diantaranya MA / SMA / SMK / Pondok Pesantren / PDF / PKPPS / Muadalah Mualimin / Muadalah Salafiyah. Satuan Pendidikan Wajib melakukan Input Nilai sesuai mata pelajaran wajib yang telah ditentukan oleh sistem SPAN-PTKIN dan Satuan Pendidikan dapat menambahkan mata pelajaran.
Pilih "Simpan"
Pilih "(Langkah 1) Unduh file excel KKM"
Pilih "OK"
7. Mengisi File Excel KKM
Hasil file unduhan KKM akan disesuaikan dengan data pada Dapodik, seperti halnya dengan Mata Pelajaran, secara otomatis disesuaikan dengan jenis sekolah. Sekolah hanya diijinkan merubah/mengisi kolom NILAI.
8. Mengunggah File Excel KKM
Setelah mengisi file KKM, maka sekolah melakukan Unggah File Excel KKM
Pilih "(Langkah 2) Unduh file excel KKM"
Kemudian pilih file Excel KKM dan pilih Open.
9. Hasil Unggah KKM
Cek Kembali data KKM yang sudah diunggah, jika terjadi kesalahan KKM sekolah dapat langsung memperbaikinya dengan cara klik kolom nilai KKM.
10. Pilih Data Siswa
11. Pilih Perbarui Data Siswa
Cek kembali Data Siswa (NISN, Nama, Jurusan, Jenis Kelamin). Jika data belum sesuai maka sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik pada Link https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ atau https://nisn.data.kemdikbud.go.id/; atau melalui EMIS Madrasah dan Pontren bagi Satuan Pendidikan di bawah Kementerian Agama RI pada laman https://emis.kemenag.go.id/ atau https://emispendis.kemenag.go.id/pdpontrenv2/
12. Mengunggah Nilai Siswa
Jika data siswa sudah sesuai maka sekolah dapat mengunggah nilai siswa dengan memilih Nilai Siswa
Pilih "(Langkah 1) Unduh file excel nilai siswa"
Unduh File Excel Nilai Siswa semua Jurusan
Kemudian isi File Nilai Siswa semua jurusan
Selajutnya pilih "(Langkah 2) Unggah excel nilai siswa"
Pilih salah satu file import_nilai_siswa_ips_xxxxxx.xls kemudian pilih Open.
Lakukan Kembali Pilih "(Langkah 2) Unggah excel nilai siswa"
Pilih salah satu file import_nilai_siswa_ipa_xxxxxx.xls kemudian pilih Open
Jumlah File Excel import_nilai_siswa_jurusan_xxxxx tergantung jumlah jurusan yang ada pada sekolah masing-masing sesuai data yang terdaftar pada Dapodik
13. Nilai Berhasil Diunggah
Akan muncul tampilan jika nilai berhasil diunggah
E. Finalisasi PDSS
Sebelum melakukan Finalisasi, sekolah diharapkan melakukan pengecekan ulang apakah nilai siswa berhasil terunggah pada sistem, pastikan semua kolom "Lengkap" Sekolah dapat melakukan tahapan Finalisasi dengan cara melakukan klik tombol "Finalisasi"
Tahapan terakhir, perhatikan informasi pengisian PDSS sebelum melakukan Finalisasi PDSS. Pilih "Finalisasi PDSS" untuk melakukan tahapan terakhir
F. Cetak Data Siswa
Setelah melakukan Finalisasi PDSS sekolah mencetak Data Siswa.
Pilih "Cetak Data Siswa". Hasil cetakan Data Siswa kemudian diberikan ke siswa
G. Kontak SPAN PTKIN
Sekolah dapat menghubungi panitia melalui :
Email : info@span-ptkin.ac.idWebsite : https://span-ptkin.ac.idWhatsapp: 081578901020 (chat)Alamat Panitia SPAN-UM PTKIN:Rektorat Lantai 2 Kampus 3 UIN WalisongoJl. Prof. Dr. Hamka Ngaliyan,Semarang, Jawa Tengah 50185
II. Pendaftaran SPAN-PTKIN oleh Siswa
Siswa yang telah didaftarkan di PDSS SPAN-PTKIN oleh pihak sekolah selanjutnya dapat melakukan registrasi akun SPAN PTKIN di laman siswa.ptkin.ac.id menggunakan NISN, NPSN, tanggal lahir, dan email aktif. Password akun akan di kirimkan ke email.
Selanjutnya login ke laman siswa.ptkin.ac.id untuk melakukan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.
Tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN oleh siswa akan diberikan secara lengkap pada artikel : Panduan Pendaftaran SPAN PTKIN untuk Siswa
Untuk informasi seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, tahapan seleksi, jumah pilihan PTKIN dan prodi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel berikut :
Catatan : Apabila ada perubahan dengan tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN di tahun ini maka ikuti yang ada di website resmi.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN Sekolah. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN Sekolah.
Cukup sekian informasi dari admin dan mari kita sama-sama berdoa semoga kita semua diberikan kemudahan dalam menyelesaikan segala urusan yang dihadapi. Aamiin. Please share this information.