Pendaftaran UNISBA 2024/2025 (Universitas Islam Bandung)

pmb.unisba.ac.id 2024 -- PMB UNISBA, Pendaftaran UNISBA Bandung, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISBA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNISBA, Pendaftaran Kuliah di UNISBA, Pendaftaran Jalur PMDK dan USM, Jalur PMB Universitas Islam Bandung, PMB Pascasarjana UNISBA. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran UNISBA 2024/2025 (Universitas Islam Bandung). Informasi ini ditujukan untuk kamu yang berkeinginan untuk kuliah di Universitas Islam Bandung. Namun sebelum membahass mengenai pendaftaran, terlebih dahulu membahas mengenai kampus UNISBA. Nah,. langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Banyak sekali pergurun tinggi swasta di Bandung, diantaranya yaitu UM Bandung, UNINUS, UNISBA, UNPAR, UNIKOM, dan lain-lain.

UNISBA atau Universitas Islam Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di bandung yang merupakan perguruan tinggi islam swasta (PTS Islam) yang terletak di Jalan Taman Sari, Bandung.

Pada awal berdirinya, Universitas Islam Bandung (UNISBA) bernama Perguruan Islam Tinggi atau disingkat PIT yang didirikan pada tanggal 15 November 1958 di bawah naungan YPI atau Yayasan Pendidikan Islam.

Kemudian PIT mengubah nama menjadi Universitas Islam Kiansantang pada tahun 1967, dan kemudian mengubah nama lagi menjadi Universitas Islam Bandung atau UNISBA pada tahun 1969.

Moto yang dimiliki oleh UNISBA yaitu :
Moto dalam Bahasa Arab : Mujahid, Mujtahid , Mujaddid
Moto dalam bahasa Indonesia : Mujahid (Pejuang) , Mujtahid (Peneliti) , Mujaddid (Pembaharu)
Bagi kamu yang berminat untuk kuliah di Bandung, maka UNISBA adalah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menuntut ilmu yang berguna untuk dunia dan akhir.

Banyak pilihan program studi di UNISBA yang bisa kamu pilih, seperti berkut ini.

Fakultas dan Program Studi di UNISBA :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Ilmu Kedokteran
  • Fakultas Ilmu Komunikasi terdiri dari program studi Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Dakwah terdiri dari program studi Komunikasi Penyiaran Islam
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi Psikologi
  • Fakultas MIPA terdiri dari program studi Statistika, Matematika, dan Farmasi
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Pertambangan, Teknik Industri, dan Teknik Planologi
  • Fakultas Syariah terdiri dari program studi Peradilan Agama, dan Keuangan & Perbankan Syariah
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari program studi Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen
  • Fakultas Tarbiyah & Keguruan terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam, dan PG PAUD
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi Magister Ilmu Hukum, Magister Pendidikan Islam, Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Psikologi Profesi, Magister Perancanaan Wilayah dan Kota Kurikulum, dan Doktor Ilmu Hukum

Itulah sekitar infomasi mengenai UNISBA. Dari beberapa program studi yang ada di UNISBA tersebut, silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat yang kamu miliki.

Setelah mengetahui informasi tersebut, selanjutnya kamu perlu mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNISBA agar nantinya kamu bisa memilih satu jalur seleksi dengan tepat. Simak informasinya berikut ini.

I. Pendaftaran UNISBA Jalur PMDK

PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan Akademik adalah jalur seleksi masuk ke UNISBA yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang seleksinya didasarkan pada nilai raport SLTA.

Jalur PMDK ini berlaku untuk seluruh fakultas yang ada di UNISBA. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh calon mahasiswa yang mendaftar di jalur PMDK yaitu :
  • Tidak dipungut biaya pendaftaran
  • Tidak diikutsertakan mengikuti ujian saringan masuk Unisba,
  • Disediakan Beasiswa bagi yang hafidz 30 juz (dinyatakan oleh keterangan LPTQ dan mengikuti wawancara).

Adapun persyaratan dan ketentuan pendaftaran jalur PMDK dapat dilihat di bawah ini.

A. Persyaratan Umum Jalur PMDK
  1. Mengirim email pendaftaran PMDK, lalu mendapat PIN pendaftaran.
  2. Mengisi form pendaftaran online.
  3. Hanya diperbolehkan satu pilihan.
  4. Lulusan SMA / SMK / MA tahun ini atau yang sedang duduk di kelas XII SMA.

Catatan : Untuk nilai raport skala 4, nilai dikonversi dahulu ke skala 100 dan melampirkan surat keterangan konversi nilai raport pada upload lampiran raport. Surat keterangan harus dari sekolah yang bersangkutan.

* Penyerahan salinan bukti fisik : raport, piagam penghargaan, dan dokumen lainnya.

Catatan Penting !
  • Apabila pengisian nilai rata-rata raport pada formulir PMDK tidak sesuai dengan bukti fisik, maka kepesertaan dijalur PMDK dinyatakan batal.
  • Apabila pada saat wawancara, psikotest atau registrasi tidak menyerahkan salinan bukti fisik, maka peserta PMDK tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut.
  • Peserta Psikotest PMDK diharapkan hadir selambat-lambatnya pukul 07.00 WIB.

B. Panduan Pengisian Formulir PMDK Online
  1. Mendaftar di pmb.unisba.ac.id
  2. Masukkan username dan password pada kotak login di pojok kanan atas web pmb. Username dan password diperoleh melalui email dengan cara daftar online (lihat web pmb, menu pendaftaran PMDK Online) atau diperoleh langsung di sekretariat pmb. Pastikan semua password kapital (huruf dan angka). Jika sudah tekan tombol login. Contoh Username 9036 dan password P01A33U
  3. Jika berhasil login, kemudian klik pada gambar photo untuk upload photo terlebih dahulu, lalu klik tombol browse atau pilih.
  4. Pilih file photo yang akan diupload (photo harus rapih dan sopan, max 50kb). Jika sudah klik tombol open kemudian klik tombol upload.
  5. Jika proses upload berhasil akan ditampilkan pemberitahuan, kemudian klik tombol tutup
  6. Lengkapi formulir PMDK yang masih kosong secara lengkap dan benar (kecuali Tgl. Daftar Ulang).
  7. Perhatikan kotak berwarna kuning, itu menandakan ada beberapa data yang belum diisi. Silahkan lengkapi yang masih kosong dan klik simpan.
  8. Perhatikan untuk nilai raport dan prestasi, semua kotak dengan border merah harus diisi lengkap dan benar sesuai dengan raport. Untuk prestasi boleh diisi boleh tidak. Untuk nilai mata pelajaran tertentu, bisa sebagian komponen nilai diisi bisa juga semuanya diisi (sesuaikan dengan syarat nilai minimal)
  9. Bila menemui pemberitahuan, klik ok kemudian cek kembali total nilai jumlah pelajaran, dan aturan penulisannya (point 8).
  10. Jika semua data sudah benar, klik tombol simpan. Klik ok untuk menutup.
  11. Terakhir klik logout untuk keluar dari aplikasi pmb online.

Informasi lebih lanjut yang dibutuhkan dapat dlihat di pmb.unisba.ac.id. Untuk jadwal PMDK digabung dengan jadwal USM, silahkan lihat dibagian jalur USM.

II. Pendaftaran Online UNISBA Jalur USM

USM atau Ujian Saringan Masuk adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke UNISBA yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Bagi kamu yang berminat, silahkan daftarkan dirimu selama masa pendaftaran dibuka. Berikut informasi pendaftarannya beserta ketentuan lainnya:

A. Syarat Pendaftaran (Secara Umum)
  1. Membayar Biaya Pendaftaran Rp. 300.000,- (untuk 2 pilihan),
  2. Fakultas Psikologi, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Program Studi Farmasi, Program Studi Akuntansi, dan Program Studi Manajemen ditambah biaya psikotes Rp. 200.000,-
  3. Fakultas Kedokteran ditambah biaya open house Rp. 75.000,-
  4. Mengisi formulir online data calon peserta USM dengan lengkap dan benar.
  5. Lulusan SMA / SMK / MA yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir termasuk yang akan lulus pada tahun ini.

B. Panduan Pengisian Formulir USM Online
  1. Mendaftar melalui alamat : pmb.unisba.ac.id
  2. Masukkan username dan password yang didapat pada saat pembelian di sekretariat atau bank pada kotak login di pojok kanan atas web pmb. Pastikan semua password kapital (huruf dan angka). Jika sudah tekan tombol login. Contoh Username 1 dan password P01A33U
  3. Jika berhasil login, kemudian klik pada gambar photo untuk upload photo terlebih dahulu lalu klik tombol browse atau pilih
  4. Pilih file photo yang akan diupload (photo harus rapi dan sopan, max 50kb). Jika sudah klik tombol open kemudian klik tombol upload
  5. Jika proses upload berhasil akan ditampilkan seperti di layar lalu klik tombol tutup
  6. Lengkapi formulir USM yang masih kosong secara lengkap dan benar (kecuali nomor test, ruang ujian tulis, ruang psikotest dan soal tidak perlu diisi).
  7. Perhatikan kotak input berwarna merah, itu menandakan kotak tersebut harus diisi. Untuk keterangannya ada dibagian atas formulir di kotak berwarna kuning.
  8. Pilih fakultas pilihan 1 (pilihan pertama) anda kemudian pilih prodi pilihan 1 (pilihan pertama) kemudian isi upf minimal (lihat tabel biaya kuliah di web pmb).
  9. Bila mengambil 2 pilihan, isi pilihan 2 seperti pilihan 1.
  10. Bila upf yang diisi kurang dari upf minimal akan ditampilkan pemberitahuan seperti gambar dibawah. 
  11. Klik ok untuk menutup.
  12. Jika semua data sudah benar dan lengkap klik tombol simpan dan klik ok untuk menutup.
  13. Bila anda ingin terdaftar sebagai peserta USM di gel 1, 2 atau 3, maka anda harus cetak kartu ujian di rentang jadwal gelombang (lihat jadwal gel di slip pembelian form atau web pmb). Untuk cetak kartu ujian, klik tombol cetak kartu ujian dan akan muncul pemberitahuan ok dan cancel. Klik cancel untuk membatalkan. Klik ok jika yakin akan mencetak kartu ujian
  14. Jika setelah klik ok tidak tampil kartu ujian tetapi muncul gambar pada browser anda, klik pengaturan kemudian klik izinkan pop-up untuk pmb.unisba.ac.id. setelah itu klik cetak kartu ujian lagi.
  15. Tampilan kartu ujian yang siap dicetak. Klik icon printer untuk mencetak kartu ujian dengan terlebih dahulu mengatur kertas yaitu A5 lanscape atau A4 portrait
  16. Formulir akan terkunci otomatis.
  17.  Terakhir klik logout untuk keluar dari aplikasi pmb online.

C. Jadwal Pelaksanaan Jalur PMDK dan USM
  • Pendaftaran dibuka hingga 3 gelombang tergantung kuota penerimaan. Pendaftaran dimulai sekitar bulan Januari hingga Agustus
  • Pembelian Formulir pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 s.d 15.00 WIB (kecuali hari libur), dan Sabtu pukul 08.00 s.d 14.00 WIB
  • Registrasi Mahasiswa Baru pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 s.d 15.00 WIB (kecuali hari libur)

III. Pendaftaran Bidikmisi UNISBA 

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki kemampuan akademik baik (berprestasi).

Bagi calon mahasiswa UNISBA yang demikian itu, maka bisa mendaftar jalur Bidikmisi dengan syarat sebagai berikut :
  1. Memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu/SKTM (yang bisa dipertanggungjawabkan), 
  2. Berprestasi (ditunjukkan dengan sertifikat)
  3. Lulus seleksi masuk UNISBA
  4. Berdomisili di Bandung

Keterangan lebih lanjut dapat hubungi Panitia PMB (Bidikmisi) dengan alamat Jl. Tamansari No. 24 Bandung 022-420.5546 ext, 325, 333, 109

IV. Pendaftaran Program Pascasarjana UNISBA

UNISBA juga melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Program Pascasarjana. Untuk kamu yang ingin kuliah program Pascasarjana di UNISBA, maka silahkan melakukan pendaftaran dengan mengakses informasinya di alamat pasca.unisba.ac.id. Untuk informasi lainnya, silahkan akses alamat tersebut.

V. Pusat Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru :
Fakultas Kedokteran Lantai Dasar
Jl. Tamansari No. 22 Bandung
Telepon (022) 423 1243
Telepon (022) 420 3368
Ext. 7000 (Infomasi PMB) atau 6120 (Layanan Teknis)
Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNISBA, baik jenjang Sarjana ataupun Pascasarjana. Silahkan ikuti jalur seleksi yang berpeluang besar untuk kelulusanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perubahan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNISBA di alamat pmb.unisba.ac.id 

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNISBA (Universitas Islam Bandung). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di UNISBA. Terima kasih telah membaca artikel ini. Please share this article.