Pendaftaran UNINUS 2024/2025 (Universitas Islam Nusantara)

pmb.uninus.ac.id 2024 -- PMB UNINUS Bandung, Pendaftaran UNINUS, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Islam Nusantara, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNINUS, Pendaftaran Kuliah di UNINUS, Pendaftaran Jalur USM, PMB Pascasarjana UNINUS, Jalur Pendaftaran PMB Universitas Islam Nusantara Bandung Jawa Barat.  2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UNINUS 2024/2025 (Universitas Islam Nusantara). Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Islam Nusantara. Langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Banyak sekali perguruan tinggi swasta (PTS) ternama di Bandung, salah satunya yaitu UNINUS. UNINUS atau Universitas Islam Nusantara adalah Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTS Islam) yang yang unggul dan mandiri yang didasarkan pada nilai-nilai ke-Islam-an dan kebangsaan.

Universitas Islam Nusantara (UNINUS) berdiri pada 30 November 1959 yang berlokasi di Jl. Soekarno - Hatta No. 530 Kota Bandung. Pada saat awal didirikannya bernama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU) kemudian mengalami perubahan menjadi UNINUS.

Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di UNINUS, maka silahkan daftarkan dirimu. Adapun pilihan program studi yang ada di UNINUS dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas dan Program Studi di UNINUS yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Prodi Manajemen, dan Prodi Akuntansi
  • Fakultas Teknik terdiri dari Prodi Informatika , Prodi Industri, Prodi Elektro
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Prodi Pendidikan Luar Biasa, Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan B. Indonesia, Prodi Pendidikan B. Inggris, Prodi Pendidikan B. Arab, Prodi PPKn , Prodi PG Paud
  • Fakultas Hukum terdiri dari Prodi Ilmu Hukum
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Prodi Agroteknologi
  • Fakultas Ilmu Komunikasi terdiri dari Prodi Ilmu Komnunikasi , Prodi Ilmu Perpustakaan
  • Fakultas Agama Islam  terdiri dari Prodi PAI (Pendidikan Agama Islam) , Prodi PGMI (Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyyah) , Prodi KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) , Perbankan Syariah
  • Program Pascasarjana terdiri dari Manajemen Pendidikan S-2, Manajemen Pendidikan S-2, Magister Ilmu Hukum S-2, Magister Pendidikan Agama Islam S-2 

Itulah beberapa program studi yang ada di UNINUS yang nantinya dapat dipilih pada saat pendaftaran mahasiswa baru UNINUS. Silahkan pilih salah satu program studi yang kamu inginkan sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakatmu.

Jalur penerimaan mahasiswa baru UNINUS dikenal dengan nama USM. USM atau Ujian Saringan Masuk adalah jalur seleksi masuk ke UNINUS yang seleksinya dilakukan melalui ujian secara online atau langsung di kampus.

A. Syarat Pendaftaran Jalur USM :
  1. Fotocopy Ijazah / STTB (SMU / SMK dan Sederajat) di legalisir 3 lembar.
  2. Surat keterangan lulus dari sekolah bagi yang belum memenuhi syarat poin 1.
  3. Pass Photo 2x3, 3x4 masing-masing 3 lembar berwarna.
  4. Fotocopy KTP 1 lembar.
  5. Surat kelakuan baik dari sekolah asal atau dari kepolisian.
  6. Fotocopy kartu keluarga.
  7. Cetak hasil kelulusan.

B. Alur Pendaftaran Jalur USM :
  1. Register dengan membeli formulir pendaftaran di Bank BRI Kantor Kas UNINUS
  2. Login ke web pmb.uninus.ac.id
  3. Lengkapi Biodata Anda
  4. Melakukan Pembayaran
  5. Melakukan Verifikasi Pembayaran
  6. Login melakukan Isi Soal Tes Online USM di pmb.uninus.ac.id
  7. Tunggu hasil Tes Online USM
  8. Cetak Hasil USM
  9. Mengambil Surat Pengantar Registrasi Ulang
  10. Kalau Mahasiswa Baru Resmi Menjadi Mahasiswa
  11. Mahasiswa baru mendapat NIM

C. Jadwal Pendaftaran :

Pendaftaran dibuka hingga 4 gelombang tergabtung jumlah kuota penerimaan. Pendaftaran dimulai sekitar bulan Mei hingga Agustus. Jadwal lengkap dapat dilihat di web resmi.

D. Syarat Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Asing :
  1. Fotocopy Ijazah / STTB (SMU / SMK dan Sederajat) di legalisir 3 lembar
  2. Surat keterangan lulus dari sekolah bagi yang belum memenuhi syarat poin 1
  3. Pass Photo 2x3, 3x4 masing- masing 3 lembar berwarna
  4. Fotocopy KTP 1 lembar
  5. Surat kelakuan baik dari sekolah asal atau dari kepolisian
  6. Biaya pendaftaran Rp. 200.000 (sebelum ujian online)
  7. Mempunya kartu KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UNINUS. Untuk informasi yang diperlukan lainnya dapat dibaca langsung di web PMB UNINUS.

Jika kamu berminat, silahkan daftarkan dirimu di UNINUS dengan mengikuti semua ketentuannya.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang berlaku di website resmi PMB UNINUS.

Baca juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran UNINUS (Universitas Islam Nusantara). Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat dan bisa memberika pencerahan untuk kamu.

Disini admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di UNINUS. Terima kasih admin sampaikan atas waktu yang kamu luangkan untuk membaca artikel ini. Please share this article.