Pendaftaran UII 2019/2020 (Universitas Islam Indonesia)

pmb.uii.ac.id 2019 -- Admisi PMB UII Yogyakarta, Pendaftaran UII, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UII, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII, Pendaftaran Kuliah di UII, Jalur Pendaftaran UII ; Jalur CBT, PBT, PSB, PHA, Pendaftaran Mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia. 2021. 2022.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UII 2019/2020 (Universitas Islam Indonesia). Informasi ini ditujukan untuk kamu yang berkeinginan kuliah di UII. Sebelum membahas mengenai pendaftaran, terlebih dahulu kita mengenal tentang kampus UII.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Universitas Islam Indonesia atau UII adalah perguruan tinggi swasta (PTS) ternama di Indonesia yang terletak di Yogyakarta yang termasuk dalam jajaran PTS tertua di Indonesia. Status sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Islam (STI) yang telah didirikan pada 8 Juli 1945 di Jakarta.

Lokasi kampus UII :
  • Kampus Terpadu di Jl. Kaliurang km 14.5, Sleman, Yogyakarta 55584
  • Kampus Condongcatur di Ringroad Utara, Condongcatur, Depok, Sleman 55283
  • Kampus Taman Siswa di Jl. Taman Siswa No. 158 Yogyakarta 55111

Fakultas dan Program Studi di UII :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari : Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Ilmu ekonomi, Pendidikan Profesi Akuntansi, Doktoral Ilmu Ekonomi, dan Diploma Ekonomi.
  • Fakultas Hukum terdiri dari : Ilmu Hukum, Profesi Advokat, Magister Hukum, Magister Kenotariatan, dan Doktoral Hukum.
  • Fakultas Ilmu Agama Islam terdiri dari : Pendidikan Islam, Hukum Islam, Ekonomi Islam, Magister Studi Islam, dan Doktoral Studi Islam.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari : Pendidikan Dokter.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Statistika, Ilmu Kimia, Farmasi, Profesi Apoteker, dan Diploma Kimia Analisis.
  • Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya terdiri dari : Psikologi, Magister Psikologi, Magister Profesi Psikolog, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Diploma Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Inggris.
  • Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan terdiri dari : Teknik Sipil, Arsitektur, Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr), Teknik Lingkungan, dan Magister Teknik Sipil.
  • Fakultas Teknologi Industri terdiri dari : Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Eletro, Teknik Mesin, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Informatika, International Program, Industrial Engineering, Business and Economics, dan Law.

Itulah informasi mengenai kampus UII. Dengan mengetahui gambaran singkat mengenai UII, semoga kecintaan terhadap kampus ini bisa mulai dirasakan.

Ketika kamu nanti bergabung dengan UII, kamu akan menemukan pengalaman belajar yang unik yang menggabungkan ilmu pengetahuan yang ditawarkan dalam berbagai pilihan program pendidikan dan dipadukan dengan pelaksanaan nilai-nilai keislaman untuk mengembangkan akhlak yang baik, karakter yang berintegritas, dan berbagai kegiatan bakat-minat untuk mengembangkan potensimu dengan maksimal.

Masa depan yang cerah adalah tujuan yang diharapkan bisa diraih. Salah satu caranya adalah dengan kuliah ditempat yang tepat. UII adalah kampus yang tepat untuk kamu yang ingin belajar ilmu pengetahuan yang dipadukan dengan ilmu-ilmu keislaman seperti yang dijelaskan di atas.
Baca juga : Pendaftaran Kuliah di PTS Islam
Di setiap tahun ajaran baru, UII selalu melakukan seleksi peneriman mahasiswa baru untuk Program Diploma, Sarjana, Profesi, Magister, dan Doktor, melalui jalur CBT, PBT, PSB, dan PHA. 

Kamu dapat memilih salah satu jalur seleksi yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kamu miliki. Admin turut mendoakan untukmu semoga kamu lulus seleksi melalui jalur seleksi yang kamu ikuti.
Baca juga : Pendaftaran Kuliah di PTS Muhammadiyah
Bagi yang tertarik dan ingin melakukan pendaftaran, silahkan baca secara lengkap penjelasan mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UII berikut ini.

Sebelum memahami tentang jalur-jalur seleksi masuk UII, maka baca terlebih dahulu pahami bagaimana cara mendapatkan Nomor Induk Utama (NIU).

Apa itu NIU?

NIU atau Nomor Induk Utama adalah identitas pokok yang wajib dimiliki oleh pendaftar pada semua pola seleksi. Pembuatan NIU dilakukan di awal proses pendaftaran (sebelum pembelian formulir) secara daring (online) melalui laman web admisi.uii.ac.id

Berapa kali NIU harus dibuat?

Pmbuatan NIU cukup 1 (satu) kali saja meskipun berulang kali melakukan pendaftaran pada jalur-jalur seleksi lainnya.

Apa persyaratan membuat NIU?

Pembuatan NIU dilakukan dengan mengisi data diri yang disyaratkan di dalam laman web admisi.uii.ac.id pada saat mendaftar. Selain itu, kamu juga wajib mengunggah salinan file (hasil scan) Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK – C1) dan pas foto berwarna terbaru.

Itulah hal yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa sebelum melakukan pendaftaran, yaitu membuat NIU yang akan digunakan untuk mendaftar secara online.

Nah, ada satu lagi, Bank tempat pembayaran biaya pendaftaran :
  • Bank Mandiri, Bank Bukopin, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, BPD DIY Syariah di kantor kas UII (berlokasi di Kampus Terpadu UII) atau melalui kantor cabang di seluruh Indonesia.

Setelah memahami inforamasi di atas, selanjutnya, admin berikan informasi lengkap seputar jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UII. Silahkan disimak dengan baik.

A. Jalur Computer Based Test (CBT)

Computer Based Test (CBT) adalah pola seleksi calon mahasiswa baru UII yang seleksinya diselenggarakan dengan menggunakan Komputer, baik yang dilaksanakan di Kampus Terpadu UII maupun beberapa lokasi di luar Kampus Terpadu UII.

1. Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran CBT
  1. Melakukan proses pendaftaran secara daring (online) di admisi.uii.ac.id sampai mendapatkan nomor tagihan.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank dengan menyebutkan nomor tagihan
  3. Menyerahkan kepada petugas syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut:
    • Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk / Paspor / Kartu Siswa / Surat Izin Mengemudi / Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
    • Slip pembayaran CBT;
    • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Khusus pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang masih berlaku berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT atau 4,5 untuk IELTS.
  4. Mengerjakan soal UPCM di Ruang Komputer CBT.
  5. Setelah selesai mengerjakan soal UPCM, pendaftar mendapatkan hasil seleksi

2. Jadwal Pelaksanaan CBT

CBT di Kampus Terpadu UII dilaksanakan dari bulan Desember tahun sebelumnya hingga Agustus tahun ini setiap hari Senin s.d. Sabtu pada pukul 08.00 – 14.00 WIB. Sedangkan CBT di Luar Kampus Terpadu UII dilaksanakan dari Januari hingga Juni. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di laman web admisi.uii.ac.id

B. Jalur Paper Based Test (PBT)

Paper Based Test (PBT) merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru UII yang diselenggarakan melalui ujian tertulis yang terdiri atas pola PBT Mandiri dan PBT Potensi. 

Pola seleksi PBT dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri.
  • PBT Potensi. Pada pola seleksi ini hasil nilai UPCM akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Sumbangan Catur Dharma. Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan. PBT Potensi dibuka untuk seluruh program studi.
  • PBT Mandiri. Pada pola seleksi ini nilai UPCM akan menentukan kelulusan pendaftar, sedangkan besar Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa.

1. Prosedur dan Persyaratan PBT
  1. Melakukan proses pendaftaran secara online di admisi.uii.ac.id hingga mendapatkan nomor tagihan.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PBT melalui Bank dengan menyebutkan nomor tagihan
  3. Pendaftar wajib datang di Sekretariat PPMB di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) untuk melanjutkan proses pendaftaran :
    • Menyerahkan syarat-syarat pendaftaran kepada petugas berupa:
      1. Cetakan kartu ujian;
      2. Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk / Paspor / Kartu Siswa / Surat Izin Mengemudi / Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
      3. Slip pembayaran PBT;
      4. Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS.
      5. Khusus Pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter harus melampirkan fotokopi Akte Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun) dan fotokopi rapor SMA atau sederajat Jurusan IPA (MIA) Semester 2, 3, dan 4 atau 3, 4, dan 5.
      6. Khusus pendaftar yang memilih Seleksi PBT Mandiri diharuskan mengisi surat pernyataan yang berisi kesanggupan pembayaran Sumbangan Dana Catur Dharma dan kesediaan tidak akan menarik kembali semua dana yang sudah dibayarkan. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh orang tua atau wali.
    • Melakukan pengambilan foto pendaftar oleh petugas.
    • Melakukan perekaman sidik jari pendaftar oleh petugas.
    • Penempelan foto dan validasi kartu ujian oleh petugas.
  4. Pendaftar mengerjakan PBT sesuai jadwal dan lokasi.
  5. Pada jadwal yang telah ditentukan, pendaftar melihat dan mendownload hasil pengumuman seleksi PBT di laman admisi.uii.ac.id :

2. Jadwal Pendaftaran

PBT biasanya dibuka dalam beberapa gelombang yang dibuka dari bulan Desember tahun sebelumnya hingga bulan Juli tahun ini. Jadwal selengkapnya bisa di cek langsung di website resmi.

C. Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB)

Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru UII yang diperuntukkan bagi memiliki prestasi di bidang akademik, olah raga, seni, dan budaya yang seleksinya dilakukan tanpa tes

1. Pola Seleksi PSB terdiri dari 4 (Empat) Kategori, Yaitu:
  1. Kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik
  2. Kategori Siswa Beprestasi Bidang Olah Raga Dan Seni
  3. Kategori Beasiswa Duafa
  4. Kategori Prioritas Daerah Tertinggal, Terdepan & Terluar

2. Prosedur Pendaftaran PSB (Semua Kategori)
  1. Melakukan proses pendaftaran secara online di admisi.uii.ac.id. Proses ini dapat dilakukan dimana saja (tidak harus datang ke lokasi tes)
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PSB dengan menyebutkan nomor tagihan. 
  3. Pengisian data diri dan prestasi sesuai dengan kategori PSB yang dipilih (Prestasi Bidang Akademik; Prestasi Bidang Olah Raga dan Seni; Beasiswa Duafa; atau Prioritas Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar) secara online melalu laman web admisi.uii.ac.id
  4. Melakukan login di admisi.uii.ac.id untuk mencetak hasil isian formulir PSB secara mandiri.
  5. Mengirimkan via pos atau menyerahkan secara langsung kepada petugas PMB UII syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut:
    • Hasil isian formulir PSB;
    • Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk / Paspor / Kartu Siswa / Surat Izin Mengemudi/Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
    • Slip pembayaran PSB;
    • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Fotokopi Rapor;
    • Dokumen pendukung yang disyaratkan sesuai kategori PSB yang dipilih.
  6. Pada jadwal yang telah ditentukan, pendaftar melihat dan mendownload pengumuman hasil seleksi PSB di laman admisi.uii.ac.id

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dibuka dalam beberapa tahap yang dimulai dari bulan Januari hingga Agustus. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di webiste resmi.

D. Jalur Penelusuran Hafiz Alquran (PHA)

Penelusuran Hafiz Alquran (PHA) yaitu pola seleksi yang ditujukan untuk siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Alquran minimal 10 juz.

Bagi pendaftar yang lolos seleksi melalui kategori ini dapat mengikuti seleksi Beasiswa Hafiz / Hafizah Alquran. Syarat minimal untuk lolos seleksi dan mendapatkan Beasiswa Hafiz / Hafizah Alquran adalah hafal Alquran minimal 20 juz. Info lebih lanjut dapat dilihat di website resmi

1. Syarat Pendaftaran jalur PHA
  1. Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan nol – Kurikulum 2013) pada semester 4 dan semester 5;
  2. Hafal Alquran minimal 10 juz;
  3. Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
  4. Menyertakan bukti pembayaran biaya pendaftaran;
  5. Menyertakan sertifikat hafalan/syahadah;
  6. Menyertakan form asesmen diri yang telah diisi. Form asesmen diri dapat diunduh di web PMB
  7. Khusus Pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4.0 untuk IELTS. Pada awal tahun ke-2, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS.
  8. Khusus Pendaftar di Prodi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor SMA atau sederajat disyaratkan minimal 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada Semester 2, 3 dan 4 atau Semester 3, 4, dan 5.

2. Prosedur Pendaftaran 
  1. Melakukan proses pendaftaran secara online di admisi.uii.ac.id
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PHA dengan menyebutkan nomor tagihan
  3. Mengisi data prestasi secara daring (online) melalui laman web admisi.uii.ac.id
  4. Melakukan login di admisi.uii.ac.id untuk mencetak hasil isian formulir PHA secara mandiri.
  5. Mengirimkan via pos atau menyerahkan secara langsung kepada petugas PMB UII syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut:
    • Hasil isian Formulir PHA;
    • Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk / Paspor / Kartu Siswa / Surat Izin Mengemudi/Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
    • Slip pembayaran PHA;
    • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Fotokopi rapor;
    • Sertifikat hafalan / syahadah;
    • Form asesmen diri yang telah diisi.
  6. Hadir dan mengikuti seleksi PHA sesuai jadwal yang ditentukan. Seleksi berupa ujian lisan praktik hafalan Alquran.
  7. Pada jadwal yang telah ditentukan, pendaftar melihat dan mendownload pengumuman hasil seleksi PHA di laman admisi.uii.ac.id

3. Jadwal Pendaftaran

Rentang waktu pendaftaran PHA biasanya dibuka dari Desember tahun sebelumnya hingga Agustus tahun ini. Jadwal lengkap dapat dilihat di website resmi


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UII. Silahkan daftarkan dirimu pada jalur seleksi yang diingikan.

Catatan penting !!
  • Untuk informasi lain yang diperlukan dapat ditemukan langsung di website resmi PMB UII
  • Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web PMB UII

Mari baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UII (Universitas Islam Indonesia). Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran dan pencerahan untuk kamu yang akan kuliah di UII.

Amin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di UII melalui jalur seleksi yang kamu ikuti. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga berhasil. Please share this article to your friends.