Pendaftaran UMTAS 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)

www.umtas.ac.id 2024 -- PMB UMTAS, Pendaftaran UMTAS, Pendaftaran Mahasiswa Baru UMTAS, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UMTAS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMTAS, Pendaftaran Kuliah di UMTAS, Jalur Pendaftaran UMTAS ; Jalur Tes (CBT / PBT), Jalur Undangan Khusus / Raport / PMDK, Jalur PBUP, Jalur PBMP, Pendaftaran Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan membagikan infromasi tentang Pendaftaran UMTAS 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya). Informasi ini ditujukan untuk lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di UMTAS. Sebelum membahas mengenai pendaftaran, terlebih dahulu kita mengenal kampus UMTAS.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Tasikmalaya adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat. Di Tasikmalaya terdapat Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang bernama Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya atau disingkat dengan nama UMTAS adalah salah satu Perguruan Tinggi Muhamadiyah di Indonesia yang berada di Tasikmalaya, tepatnya di Jalan Tamansari Gobras No. 29, Mulyasari, Tamansari, Mulyasari, Tamansari, Tasikmalaya, Jawa Barat 46196

Bentuk awal dari perguruan tinggi ini adalah STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya yang kemudian berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS).

Perubahan tersebut didasarkan pada Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia Nomor 598/E/O2014 Tanggal 17 Oktober 2014 tentang Ijin Perubahan Bentuk STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya menjadi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Salah satu tujuan penyelenggaraan UMTAS yaitu mewujudkan Universitas yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan pengembangan sumber daya manusia yang cerdas dan mencerahkan.

Adapun fakultas dan program studi yang ada di UMTAS yang nantinya bisa dipilih pada saat pendaftaran mahasiswa baru dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas dan Program Studi di UMTAS :
  • Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) terdiri dari Prodi S1 Keperawatan, Prodi D3 Keperawatan, Prodi D3 Kebidanan, dan Prodi Profesi Ners
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari Prodi S1 Bimbingan dan Konseling (BK), Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Prodi S1 Pendidikan Guru PAUD, Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi (PTI)
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari Prodi S1 Teknik Pertambangan, Prodi S1 Teknik Mesin, Prodi S1 Teknik Elektro, dan Prodi S1 Teknik Lingkungan

Itulah sedikit informasi mengenai kampus Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS). Setelah mengenal kampus UMTAS, tentu kamu semakin berminatkan untuk kuliah di kampus ini kan

Nah, berikut ini admin berikan informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru UMTAS untuk kamu. Silahkan dibaca dengan baik, lalu cermati jalur seleksi maka yang mau diikuti.

I. Persyaratan Umum dan Khusus Mahasiswa Baru UMTAS

A. Persyaratan Umum
  1. Calon mahasiswa adalah Siswa lulusan SLTA dibuktikan dengan Ijazah atau SKL
  2. Usia Maksimal pada saat pendaftaran adalah 24 Tahun,
  3. Tidak buta warna, dan gangguan pendengaran
  4. Mengisi formulir pendaftaran
  5. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran : 2 x 3, 3 x 4, dan 4 x 6 masing-masing sebanyak 4 lembar (latar berwarna merah)
  6. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah atau kepolisian
  7. Surat ijin dan pernyataan dari orang tua

B. Persyaratan Khusus
  1. Khusus Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes); Tinggi badan perempuan minimal 150 cm dan laki-laki 155 cm.
  2. Bagi Mahasiswa regular kelas khusus tidak dibatasi usia.
  3. Bagi calon mahasiswa regular kelas khusus atau ners melampirkan ijazah dan transkrip terakhir
  4. Menyerahkan foto copy raport semester I-V, dilegalisir oleh kepala sekolah dan atau fotocopi sertifikat penghargaan bagi yang masuk jalur PBMP dan undangan khusus;
  5. Surat ijin dari pimpinan instansi tempat bekerja

II. Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru UMTAS

Jalur pendaftaran mahasiswa baru UMTAS dibedakan menjadi 2 yaitu jalur tanpa tes dan jalur tes.

A. Jalur Tanpa Tes

Jalur tanpa tes terdiri dari Jalur Penelusuran Bakat, Minat dan Prestasi (PBMP), Penjaringan Bibit Unggul Persyarikatan (PBUP), dan Jalur Undangan Khusus / Raport / PMDK.

1. Jalur PBMP

PMBP atau Jalur Penelusuran Bakat, Minat dan Prestasi adalah jalur seleksi tanpa tes masuk ke UMTAS yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan olahraga.

Mahasiswa baru yang masuk melalui jalur PBMP akan melewati test praktik untuk menguji bakat dan kemampuannya. Nantinya mahasiswa baru yang diterima melalui jalur ini akan diberi reward berupa keringanan-keringanan beban biaya studi serta pengembangan bakatnya melalui bimbingan khusus sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Ketentuan calon mahasiswa yang dapat mendaftar melalui jalur PBMP adalah :
  1. Siswa-siswi berprestasi di sekolahnya minimal rangking 3, yang dibuktikan dengan raport dan atau sertifikat penghargaan dalam bidang ilmu pengetahuan, serta rekomendasi / keterangan dari kepala sekolah yang bersangkutan.
  2. Siswa-siswi berprestasi dalam bidang Seni, olahraga, dan keagamaan minimal tingkat kota/ kabupaten sebagai juara serendah-rendahnya juara III dibuktikan dengan sertifikat penghargaan.
  3. Siswa-siswi yang memiliki hapalan al-Qur`an minimal 3 Juz
  4. Siswa-siswi yang memiliki bakat dan potensi di bidang seni dan olahraga berdasarkan hasil pemantauan dosen yang berkompeten.
  5. Khusus calon mahasiswa yang memilih program studi yang berada dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan harus mengikuti test kesehatan, tinggi badan untuk perempuan 150 cm dan laki laki 155 cm, sebagai syarat akhir kelulusan.

2. Jalur PBUP

PBUP atau Penjaringan Bibit Unggul Persyarikatan adalah jalur seleksi tanpa tes masuk ke UMTAS yang ditujukan bagi yang calon mahasiswa yang aktif di organisasi otonomo (ORTOM) Muhammadiyah, serta memiliki potensi untuk menjadi kader persyarikatan di daerahnya.

Bagi mahasiswa baru dari jalur PBMP disediakan reward berupa keringanan-keringanan beban biaya studi berupa pembebasan biaya SPP Tetap selama kuliah di UMTAS.

Ketentuan calon mahasiswa yang dapat mendaftar melalui jalur PBUP adalah :
  1. Calon mahasiswa aktif di salah satu ORTOM Muhammadiyah dibuktikan dengan kartu anggota.
  2. Mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan persyarikatan (PCM / PDM)

3. Jalur Undangan Khusus / Raport / PMDK

Jalur Undangan Khusus merupakan jalur tanpa tes masuk ke UMTAS yang diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki nilai rata-rata raport minimal 7 yang didaftarkan melalui guru BP atau mendaftar sendiri dengan mengirimkan berkas melalui pos.

Ketentuan pada jalur ini adalah sebagai berikut :
  1. Calon mahasiswa yang memiliki rata-rata nilai raport minimal 7 (tujuh)
  2. Mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan fotokopi raport yang telah dilegalisir.
  3. Mendapatkan rekomendasi dari sekolah yang bersangkutan.
  4. Penilaian nilai raport calon mahasiswa melalui undangan khusus dilakukan secara langsung oleh panitia pendaftaran (disediakan formula perhitungannya)
  5. Khusus calon mahasiswa yang memilih program studi yang berada dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan, harus mengikuti test kesehatan sebagai syarat akhir kelulusan

B. Jalur Tes

Jalur Tes terbagi menjadi 2 yaitu jalur tes menggunakan komputer (CBT), dan jalur tes tertulis (PBT).

1. Jalur CBT

CBT atau Computer Based Test adalah jalur masuk ke UMTAS yang tes-nya dilakukan menggunakan komputer.

Sistem seleksi jalur CBT yaitu one day service, artinya calon mahasiswa datang ke kampus UMTAS untuk mendaftar, kemudian mengikuti tes, dan dapat melihat hasil tes di hari itu juga. Sebelum mendaftar, persiapkan semua berkas pendaftaran yang disyaratkan.

2. Jalur PBT

PBT atau Paper Based Test adalah jalur seleksi masuk ke UMTAS yang tes-nya dilakukan dengan menggunakan soal dalam bentuk print out (lembar kertas)

III. Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UMTAS

Pendaftaran calon mahasiswa baru UMTAS dapat dilakukan secara langsung ataupun secara online. Pendaftaran langsung dilakukan di kampus UMTAS, sedangkan pendaftaran online dilakukan dengan mengisi data online di laman web http://www.umtas.ac.id/pmbonline

IV. Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru UMTAS

Jadwal pendaftaran mahasiswa baru UMTAS biasanya dibuka dari bulan Januari hingga September yang terbagi dalam 3 gelombang untuk jalur tertentu.


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UMTAS beserta ketentuan pendaftaran dan hal terkait lainnya. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat di web resmi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UMTAS di alamat www.umtas.ac.id

Baca juga :
Demikian informasi dari admin tentang Pendaftaran UMTAS (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya). Semoga informasi di atas dapat memberikan gambaran untuk kamu yang ingin kuliah di UMTAS.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini pada teman lainnya dan mengajak mereka membaca artikel di blog ini. Cukup sekian dan salam sukses selalu.