Pendaftaran UNSIL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unsil.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSIL Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, Pendaftaran UNSIL Online, Pendaftaran Online UNSIL, PMB UNSIL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIL, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNSIL, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNSIL, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNSIL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan dalam persiapan pendaftaran mahasiswa baru UNSIL. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Jawa barat merupakan suatu provinsi di Indonesia yang ibu kotanya adalah Bandung. Di Jawa Barat banyak sekali berdiri PTN ternama seperti UNSIL, UI, IPB, UPI, UNPAD, UNSIKA, ITB, UIN SGD, dan lain-lain.

Bagi anda yang ingin kuliah, maka anda bisa memilih Jawa Barat sebagai provinsi tempat anda kuliah dan anda bisa memilih PTN yang ada di provinsi ini.

UNSIL atau Universitas Siliwangi adalah salah satu Universitas Negeri yang ada di Jawa Barat yang terletak di Jl. Siliwangi No. 24, Jawa Barat, Indonesia. Moto dari Universitas Siliwangi (UNSIL) adalah "Tri Gatra Citra".

Pada saat ini, UNSIL telah memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascaarjana, yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari program studi : Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi dan Tata Niaga, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa Indonesia,
  • Fakultas Ekonomi tterdiri dari program studi : Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Manajemen Keuangan dan Perbankan
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi : Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Fakultas Pertanian, Agribisnis, Agroteknologi.
  • Fakultas Agama Islam (FAI) terdiri dari program studi Ekonomi Islam.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) terdiri dari program studi : Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari program studi : Ilmu Politik.
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari program studi : Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Agribisnis, dan Manajemen

Dari beberapa program studi yang telah diselenggarakan ole UNSIL mungkin salah satunya ada yang anda minati, Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSIL dengan memilih program studi yang anda minati.

Pada saat anda ingin mendaftar di UNSIL, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UNSIL untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Hal tersebut penting untuk anda ketahui karena dengan mengetahui jalur-jalur seleksi masuk UNSIL maka anda dapat menentukan jalur mana yang harus anda ikuti sebagai jalur masuk UNSIL.

Pada tahun ini, UNSIL membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur tersebut merupakan jalur yang dapat anda pilih ketika ingin mendaftarkan diri di UNSIL. Informasi selengkapnya mengenai jalur nasional dan jalur mandiri UNSIL dapat anda pahami berikut ini.

A. Seleksi Masuk UNSIL Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk menyeleksi mahasiswa baru secara nasional melalui jalur SNBP atau SNBT.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswa berprestasi yang akan lulus sekolah tahun ini dan untuk biaya seleksinya gratis.

Jalur SNBT diperuntukkan bagi peserta lulusan 3 tahun terakhir yang tidak harus berprestasi tinggi dan biaya pendaftaran ditanggung oleh peserta.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai pendaftaran jalur SNBP dan SNBT.

1. Pendaftaran UNSIL Jalur SNBP

SNBP adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang diperuntukan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Salah satunya masuk ke UNSIL.

Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport, portofolio akademik, dan prestasi lain yang relevan.

Pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi dari kepala sekolah dengan mengisi data di PDSS. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lainnya seperti informasi biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNSIL Jalur SNBT

SNBT  jalur seleksi nasional masuk ke PTN bagi siswa SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir dengan seleksi yang dilakukan melalui ujian tulis UTBK.

Jika ingin mendaftar UNSIL melalui jalur SNBT, silahkan kunjungi laman resmi SNBT untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Saat mengisi formulit online di bagian pilihan PTN, pilih UNSIL sebagai PTN pilihan pertama,

Informasi lebih lanjut seperti jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan pengumuman SNBT, lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNSIL

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu kerena memang penghasilan orang tuanya rendah. Calon mahasiswa yang demikian itu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi.

Namun, Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah dapat melakukan pendaftaran ke alamat web : kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Untuk informasi berupa panduan pendaftaran KIP Kuliah, persyaratan pendaftaran KIP Kuliahbesarnya biaya KIP Kuliah, jadwal pelaksanaan KIP Kuliah, dan ketentuan lainnya dapat anda baca selengkapnya pada artikel yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Seleksi Masuk UNSIL Jalur Mandiri

Jalur mandiri UNSIL dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Bagi anda yang ingin mengikusi seleksi jalur mandiri, silahkan daftarkan diri anda.

Alur pendaftaran jalur mandiri UNSIL jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana 
  1. Buka alamat website pmb.unsil.ac.id
  2. Pilih program pendidikan D3, S1, atau S2.
  3. Isilah formulir pendaftaran online tahap awal
  4. Kemudian cetak slip pembayaran biaya seleksi dari hasil pengisian formulir tersebut.
  5. Pada slip pembayaran tertera kode pembayaran / nomor formulir
  6. Membayar biaya seleksi di Bank BTN atau Bank Mandiri di seluruh Indonesia dengan mambawa slip pembayaran tersebut.
  7. Setelah membayar akan mendapatkan user dan password yang dapat digunakan untuk login
  8. Login kembali ke alamat pmb.unsil.ac.id untuk melengkapi formulir pendaftaran online berupa data diri, sekolah ,data orang tua, dan lain-lain.
  9. Setelah selesai, cetak kartu tanda peserta
  10. Mengikuti ujian dengan membawa kartu peserta ujian, foto copy ijazah yang telah dilegalisir atau tanda lulus/SKHUN, dan kartu identitas (KTP/SIM/Kartu pelajar) pada saat wawancara.

Itulah alur pendaftaran yang dapat anda lakukan pada saat mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNSIL untuk jalur mandiri.

1. Pendaftaran Jenjang Diploma UNSIL

Bagi anda yang ingin kuliah di UNSIL pada jenjang Diploma, maka anda dapat mengikuti seleksi jalur mandiri ini. Alur pendaftaran telah dijelaskan di atas.

2. Pendaftaran Jenjang Sarjana UNSIL

Bagi yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi pada saat pengumuman anda dinyatakan tidak lulus seleksi, maka anda dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri jenjang Sarjana.

3. Pendaftaran Jenjang Pascasarjana UNSIL

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNSIL, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri Pascasarjana. Pendaftaran dibuka untuk beberapa gelombang.

Penting!!!
Informasi lebih lanjut mengenai seleksi jalur mandiri UNSIL yang belum dibahas disini dapat anda baca di alamat pmb.unsil.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNSIL (Universitas Siliwangi). Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNSIL.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UNSIL melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi di web ini.

Sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang berilmu tinggi dan bisa menggunakan ilmu tersebut untuk meraih kesuksesan semuda mungkin. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.