Pendaftaran USU 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.usu.ac.id 2024 -- Pendaftaran USU Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran USU Online, Pendaftaran Online USU, PMB USU, Pendaftaran Mahasiswa Baru USU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USU, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran USU, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs USU, Universitas Sumatera Utara, USU. 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran USU 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru USU. Mari simak pembahasannya.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Medan merupakan salah satu kota yang masuk dalam jajaran kota terbesar di Indonesia. Di Medan, banyak sekali didirikan Perguruan Tinggi Negeri seperti USU, UINSU, UNIMED, dan lain-lain.

USU atau Universitas Sumatera Utara adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Medan yang terletak di Jl. Dr. T. Mansyur No. 9, Medan, Sumatera Utara 20155, Indonesia.

USU telah resmi didirikan pada tanggal 20 November 1957. Moto yang dimiliki USU yaitu "Toward Excellence as University for Industry" atau dalam bahasa Indonesia adalah Menuju Keunggulan sebagai Universitas untuk Industri.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Sumatera Utara (USU) yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Pendidikan Dokter, Biomedik, Ilmu Kedokteran Tropis, Ilmu Kedokteran, Ilmu Anastesi, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Kehakiman Kedokteran, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Patologi Anatomi, Ilmu Patologi Klinik, Ilmu Pencintraan (Radiologi), Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Jiwa, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit Paru, Ilmu Penyakit Syaraf, dan Ilmu Penyakit T.H.T.
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum, dan Kenotariatan
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Agribisnis, Agroekoteknologi, Ilmu Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Kehutanan, Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Ilmu Pertanian 
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Keuangan, dan Kesekretariatan.
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari program studi Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Kedokteran Gigi, dan Ortodontik
  • Fakultas Sastra terdiri dari program studi Sastra Arab, Sastra Batak, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Melayu, Etnomusikologi, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Ilmu Sejarah, Pariwisatan, Sastra Cina, Penciptaan dan Pengkajian Seni, dan Linguistik.
  • Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahui Alam (MIPA) terdiri dari program studi Biologi, Fisika, Fisika Instrumentasi, Kimia, Matematika, Statistik, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Metrologi
  • Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Niaga, Sosiologi, Perpajakan, dan Studi Pembangunan.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi Psikologi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari program studi Ilmu Farmasi, dan Analisis Farmasi
  • Fakultas Keperawatan terdiri dari program studi Pendidikan Keperawatan, Profesi NERS, dan Bidan Pendidik
  • Sekolah Pascasarjana terdiri dari program studi Magister Manajemen, Pengembangan Wilayah, dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Dari sedikit informasi mengenai gambaran USU, mungkin bisa menambah sedikit wawasan bagi anda terutama yang ingin kuliah di USU. Jika anda ingin kuliah di USU, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USU.

Pada tahun ini USU kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan juga jalur mandiri. Selain kedua jalur tersebut, ada pula jalur seleksi nusantara. Berikut informasi selengkapnya mengenai jalur-jalur masuk USU.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Nasional

1. Pendaftaran USU Jalur SNBP

USU adalah salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam seleksi SNBP. Seperti yang kita ketahui bahwa SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi yang dilakukan pada jalur SNBP didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Rekomendasi dari pihak sekolah menjadi langkah awal dari proses pendaftaran SNBP ini. Siswa yang telah direkomendasikan harus melengkapi data pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Penjelasan lain seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi,  jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran USU Jalur SNBT

Selain SNBP, USU juga tergabung pada jalur seleksi nasional SNBT.

SNBT adalah jalur seleksi bersama beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia untuk menjaring calon mahasiswa baru melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa SMA / SM K / sederajat lulusan tiga tahun terakhir termasuk yang lulus sekolah di tahun ini.

Kunjungi laman resmi SNBT untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran secara online sampai dengan mencetak kartu peserta.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, link pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah USU

KIP Kuliah adalah salah satu program pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga ekonomi kurang agar dapat kuliah di Perguruan Tinggi dengan cara memberikan biaya bantuan pendidikan.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

USU juga turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah pada para penerimanya yang memenuhi syarat.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat web kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Info lanjutan seperti syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Nusantara (SPMB)

USU adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi nusantara. Jalur seleksi nusantara ini disebut dengan SPMB Nusantara dimana jalur ini diselenggarakan oleh suatu organ yang disebut P-SPMBN.

P-SPMBN menyelenggarakan 2 jenis seleksi dan 1 jenis tes yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI. USU tergabung dalam seleksi jalur UMB-PT.

Bagi anda yang ingin kuliah di USU, selain melalui jalur nasional di atas, maka dapat pula melalui jalur UMB-PTdimana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id. Tata cara pendaftaran, biaya seleksi, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca paca artikel Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran UMB-PT.

Info Penting!!!
Pada tahun lalu jalur UMB-PT tidak dibuka. Untuk tahun ini apakah dibuka atau tidak silahkan tanyakan di kampus anda.

C. Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Mandiri

1. Pendaftaran Program Diploma

Bagi anda yang ingin kuliah di USU jenjang Diploma, maka anda bisa mengikuti seleksi masuk melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD).

Alur Pendaftaran SPMPD
  • Calon peserta melakukan pendaftaran di alamat spmpd.usu.ac.id untuk mendapatkan nomor registrasi
  • Membayar biaya pendaftaran melalu BNI (Teller, ATM, SMS Banking). Jika melalui Teller maka harus menunjukkan nomor registrasi
  • Setelah membayar, maka akan mendapatkan password yang dapat digunakan untuk login ke alamat spmpd.usu.ac.id
  • Calon peserta login ke alamat spmpd.usu.ac.id menggunakan nomor registrasi dan password
  • Kemudian melengakapi data pendaftaran dengan memilih program studi, mengunggah foto, dan lain sebagainya.
  • Jika telah terisi semua, silahkan cetak kartu peserta.
Informasi lainnya yang belum diberikan disini dapat dilihat langsung di alamat spmpd.usu.ac.id

2. Pendaftaran Program Ekstensi

USU kembali membuka penerimaan mahasiswa baru program Ekstensi. Jalur ini hanya dibuka untuk Fakultas dan Program studi tertentu saja. Info lebih lanjut dapat dilihat di web USU. Info lebih lanjut dapat anda lihat di http://usu.ac.id/id/article/13/program-ekstensi

3. Pendaftaran Mahasiswa Internasional

Bagi mahasiswa dari luar negeri yang ingin kuliah di USU jenjang Sarjana, maka bisa mengikuti seleksi jalur mahasiswa internasional (International Student Admission). Jalur ini hanya dibuka pada beberapa program studi saja di bidang kesehatan. Informasi lebih lanjut silahkan lihat di https://isa.usu.ac.id/

4. Pendaftaran Sekolah Pascasarjana

Selain menerima mahasiswa jenjang Diploma dan Sarjana, USU juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Jalur penerimaan Pascasarjana USU terdiri dari 2 macam yaitu jalur mandiri dan jalur menpora. Silahkan ikuti salah satu jalur tersebut.

Tata Cara Pendaftaran
  • Peserta mengakses alamat www.sps.usu.ac.id/pendaftaran
  • Kemudian pilih menu pendaftaran program studi, klik "create"
  • Akan muncul nomor tagihan / nomor ujian
  • Cetak / print billing statement dan lakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk
  • Masukkan nomor tagihan / nomor ujian ke bs.sps.usu.ac.id
  • Setelah membayar di Bank, login kembali ke situs pendaftaran untuk mengupload foto
  • Klik menu pendaftaran program studi dan cetak "kartu ujian, surat rekomendasi, dan biodata diri"
  • Mengikuti ujian dengan membaca kartu ujian dan berkas lain yang telah ditentukan

Informasi penerimaan jenjang Pascasarjana USU yang belum disampaikan disini dapat anda baca selengkapny di web Pascasarjana USU di alamat www.sps.usu.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran USU Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru USU.

Admin disini turut selalu mendoakan agar pembaca web ini yang ikuti seleksi masuk USU diberi kelancaran dalam mengikuti proses seleksi dan mudah-mudahnnya nantinya bisa lulus seleksi dan bisa kuliah di USU.

Sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang sukses sejak muda. Aamiin. Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.