Pendaftaran UM-PTKIN 2024/2025 (syarat, cara, jadwal, dll)

um.ptkin.ac.id 2024 -- Pendaftaran UM-PTKIN Online, PMB Jalur UM-PTKIN, Info Pendaftaran UM-PTKIN, Panduan Pendaftaran UM-PTKIN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN, Pendaftaran Online UM-PTKIN, Tata Cara Mendaftar UM-PTKIN, Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN, Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN, Jalur Seleksi Nasional (UM-PTKIN), Jalur Seleksi Ujian / Tes Tertulis, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2026. 2027.

Baiklah, pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran UM-PTKIN 2024/2025 (syarat, cara, jadwal, dll). Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memberikan panduan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran UM-PTKIN. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari ikuti proses pembahasannya berikut ini.


http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UM-PTKIN atau yang memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

UM-PTKIN ini merupakan jalur seleksi nasional dimana seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis dari masing-masing peserta. Hasil ujian tertulis yang dimiliki peserta yang memenuhi kriteria yang sesuai dengan ketentuan panitia UM-PTKIN, maka peserta tersebut nantinya memiliki peluang yang besar untuk dinyatakan lulus seleksi.

Penyelenggaraan UM-PTKIN dilaksanakan secara bersamaan oleh UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia yang dikoordinasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Melalui seleksi UM-PTKIN diharapkan dapat menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan yang baik yang diprediksikan dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dengan tepat waktu.

UM-PTKIN merupakan kelanjutan dari SPAN-PTKIN. Kedua jalur tersebut merupakan jalur masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Perbedaannya yaitu : SPAN-PTKIN dilakukan tanpa ujian tertulis dan khusus untuk siswa (calon mahasiswa) yang berprestasi, sedangkan UM-PTKIN dilaksanakan melalui ujian tertulis untuk semua calon peserta lulusan SMA / sederajat untuk tiga tahun terakhir.

Bagi calon peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SPAN-PTKIN tetapi tidak lulus, serta bagi calon peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SPAN-PTKIN, maka dapat mengikuti seleksi UM-PTKIN.

Untuk dapat mengikuti seleksi UM-PTKIN, maka terlebih dahulu kalian harus dapat memenuhi persyaratan pendaftarannya. Berikut informasinya.

A. Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / SPM / PDF / PKPPS / sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024.
    • Peserta lulusan tahun 2022 dan 2023 wajib memiliki Ijazah / Surat Keterangan Lulus (SKL), 
    • Peserta lulusan 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL) / Pengumuman Lulus / KTP / Kartu Siswa.
  2. Peserta wajib memiliki:
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
    • Email yang aktif dan dapat dihubungi;
    • Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi ketika akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi UM-PTKIN. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, silahkan melakukan pendaftaran UM-PTKIN.

Berikut ini admin akan memberikan informasi mengenai alur pendaftaran UM-PTKIN yang dapat dilakukan saat akan mendaftar UM-PTKIN

B. Alur Pendaftaran / Registrasi UM-PTKIN

1. Pendaftaran dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
  1. Daftar Akun
    • Calon peserta bisa login menggunakan akun SPAN PTKIN, atau bagi yang belum memiliki akun dapat memilih "Daftar Akun"
  2. Isi Data
    • Masukkan NISN, tanggal lahir, nomor WA dan email aktif.
  3. Password
    • Password akun akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan
  4. Login
    • Login dengan NISN dan password yang telah didapatkan, kemudian lengkapi formulir online yang tersedia
  5. Cetak Invoice
    • Cetak invoice tagihan pembayaran
  6. Pembayaran
    • Lakukan pembayaran sesuai tagihan melalui moteode pembayaran yang tersedia

2. Pemilihan Program Studi, Pemilihan Titik Lokasi Ujian, Cetak Kartu Ujian, Ujicoba, dan Ujian SSE UM-PTKIN dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
  1. Login
    • Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali lagi ke laman https://um.ptkin.ac.id
  2. Unggah Foto
    • Unggah file foto berwarna dengan ukuran sesuai ketentuan
  3. Pilih Prodi
    • Calon peserta dapat memilih maksimal 3 program studi. Urutan pemilihan menunjukkan prioritas
  4. Titik Lokasi Ujian
    • Calon peserta memilih tiitk lokasi ujian
  5. Cetak Kartu
    • Cetak kartu peserta ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal
  6. Mengikuti Ujicoba dan Ujian UM PTKIN
    • Ikuti ujicoba dan ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian

Itulah proses atau cara pendaftaran UM-PTKIN yang dapat dilakukan mulai dari awal hingga mencetak kartu ujian UM-PTKIN. Informasi lebih rinci dapat dibaca pada Tata Cara Pendaftaran UM-PTKIN

Pada saat pendaftaran, kalian akan diberi kesempatan untuk memilih beberapa PTKIN dan program studinya. Ketentuan lebih jelas akan diberikan berikut ini

C. Pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN
  1. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
  2. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
  3. Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang sangat diminati.

Itulah jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN. Selanjutnya kalian perlu mengetahui kriteria apa yang menjadi dasar penilaian panitia dalam menentukan kelulusan peserta UM-PTKIN. Berikut informasinya.

D. Materi Ujian UM-PTKIN 

1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:
  • Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
  • Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
  • Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.
2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

E. Tipe Ujian UM-PTKIN

Hanya ada satu tipe ujian UM-PTKIN yaitu Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

F. Kriteria Penerimaan UM-PTKIN
  1. Telah lulus satuan pendidikan menengah atas (SMA / MA / Sederajat)
  2. Lulus UM-PTKIN tahun ini
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN
  5. Melakukan Pendaftaran Ulang pada PTKIN Penerima.

Selanjutnya kalian juga perlu mengetahui jadwal pelaksanaan UM-PTKIN agar saat mendaftar tidak terlambat. Berikut jadwal selengkapnya.

G. Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN 2024
  • Pendaftaran / Pembayaran : 06 Mei 2024 pukul 08.00 WIB - 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • Finalisasi Pendaftaran : 06 Mei 2024 pukul 08.00 WIB - 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
  • Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN : Dimulai pada 29 Juni 2024 pukul 15.00
  • Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN : 24 Juni - 04 Juli 2024
  • Pengumuman : 17 Juli 2024, Baca : Pengumuman hasil ujian tulis 
  • Pendaftaran ulang di masing-masing PTKIN

Itulah informasi yang harus diperhatikan dengan baik. Sebagai pelengkap informasi, admin akan memberikan daftar nama-nama PTKIN yang telah tergabung dalam UM-PTKIN. Berikut selengkapnya.

H. Daftar PTKIN pada UM-PTKIN

Daftar PTKIN Zona 1
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sumatera Utara Medan
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Imam Bonjol Padang
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bukittinggi
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Batusangkar
  9. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Lhokseumawe
  10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah
  11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Bengkalis
  12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Sultan Abdurrahman
  14. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Mandailing Natal

Daftar PTKIN Zona 2
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Fatah Palembang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Intan Lampung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bengkulu
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kerinci Jambi
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Curup
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Metro
  8. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Daftar PTKIN Zona 3
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pontianak
  6. Pendaftaran UM-PTKIN UNSIKA

Daftar PTKIN Zona 4
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Walisongo Semarang
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Surakarta
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Purwokerto
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Salatiga
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pekalongan
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kudus

Daftar PTKIN Zona 5
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya
  3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Antasari Banjarmasin
  4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Mataram
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Jember
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Samarinda
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palangkaraya
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Tulungagung
  9. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Madura
  10. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kediri
  11. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ponorogo

Daftar PTKIN Zona 6
  1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Alauddin Makassar
  2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Amai Gorontalo
  3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ambon
  4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Manado
  5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Dato Karama Palu
  6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palopo
  7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kendari
  8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ternate
  9. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pare-Pare
  10. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bone
  11. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Fattahul Muluk Papua
  12. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sorong
  13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Majene

Itulah daftar PTKIN yang tergabung dalam UM-PTKIN. Silahkan dipilih sesuai keinginan

Baca Juga :

Demikianlah informasi-informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UM-PTKIN (syarat, cara, jadwal, dll). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian dalam persiapan pendaftaran UM-PTKIN.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UM-PTKIN.

Silahkan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat yang membutuhkan. Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus seleksi UM-PTKIN dan diterima di PTKIN pilihanmu.

Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjungi. Mari kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita dalam menuju kesuksesan. Aamiin.