Persyaratan Pendaftaran TNI AU 2018-2019

Persyaratan TNI AU 2018 -- Syarat Pendaftaran TNI AU, Persyaratan Pendaftaran Caba dan Catam TNI AU Online, Syarat Pendaftaran Taruna AAU / Perwira / Bintara / Tamtama, Persyaratan Pendaftaran Anggota TNI AU, Tentara Nasional Republik Indonesia. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Persyaratan Pendaftaran TNI AU 2018-2019. Informasi ini ditujukan bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan menjadi calon anggota TNI AU. Mari simak informasi selengkapnya seperti berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya tentang Penerimaan Anggota TNI AU. Pada artikel tersebut telah dijelaskan apa saja anggota TNI AU, siapa yang bisa mendaftar, serta keterangan penting lainnya. Bagi yang belum membacanya, silahkan baca terlebih dahulu.

Setelah mengetahui dan memahami informasi tersebut, maka anda akan lebih mudah memahami informasi ini "Persyaratan Pendaftaran TNI AU"

Untuk bisa mendaftarkan diri menjadi calon anggota TNI AU, maka persiapan awal yang harus dilakukan adalah melengkapi dan memenuhi persyaratan pendaftaran TNI AU. Berikut admin berikan informasinya untuk anda.

1. Persyaratan Pendaftaran AAU

A. Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Usia pada saat pembukaan pendidikan pertama yaitu serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.
  5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh POLRI.
  6. Sehat jasmani dan rohani.
  7. Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

B. Persyaratan Khusus
  1. Pria / Wanita dan bukan berstatus TNI / Polri dan PNS.
  2. Lulusan SMA / MA jurusan IPA. 
  3. Memiliki nilai UN rata-rata IPA sesuai ketentuan untuk tiap tahun kelulusan. (akan dupdate nanti)
    • Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kembuddikdasmen dan atau Kemenristek dan Dikti.
    • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam masa pendidikan.
    • Mempunyai tinggi badan minimal 163 cm bagi Pria dan 157 cm bagi Wanita serta memiliki berat badan yang seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
    • Bersedia melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI AU dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    • Harus ada persetujuan dari orang tua/wali.
    • Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan, maka persyaratan administrasi lainnya harus disertai dengan:
      • Surat persetujuan dari Kepala Jawatan yang bersangkutan.
      • Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima menjadi Taruna/Taruni Akademi Angkatan Udara.
    • Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian yang meliputi : Administrasi, Skrining Pom, Kesehatan umum dan jiwa, Kesamaptaan  jasmani (samapta A dan B, renang serta postur), Mental ideologi, Psikologi, dan Akademis.
    • Bagi orang tua/wali bersedia menanda tangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun (bermaterai). 

    2. Persyaratan Pendaftaran Bintara TNI AU

    A. Persyaratan Umum
    1. Warga Negara Indonesia.
    2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
    4. Berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama.
    5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.
    6. Sehat jasmani dan rohani.
    7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
    8. Lulus pendidikan pertama untuk membentuk prajurit siswa menjadi prajurit.

    B. Persyaratan Khusus
    1. Untuk Bintara PK pria berijazah SMA/MA IPA, SMK Teknik / Teknologi / Paramedis (kecuali yang berhubungan dengan pelayaran, perkapalan, perikanan, pertanian, perkebunan, peternakan, perhotelan,   pariwisata   dan   sekolah musik)  dengan  syarat  melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA / MA / SMK, SKHUN asli serta foto kopi yang telah dilegalisasi (sesuai peraturan Kemendikbud Nomor 29 Tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup) dan buku rapor asli SMA / MA / SMK.
    2. Untuk Bintara PK wanita berijazah SMA/MA semua jurusan dan SMK jurusan paramedis, perkantoran, akuntansi, teknik informatika dan manajemen dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA / MA / SMK, SKHUN asli serta foto kopi yang telah dilegalisasi (sesuai peraturan Kemendikbud Nomor 29 Tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup) dan buku rapor asli SMA / MA / SMK
    3. Tinggi badan sekurang-kurangnya bagi Bintara PK pria 163 cm dan bagi calon Bintara PK wanita 157 cm dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku.
    4. Bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama 10 tahun (bermaterai).

    C. Persyaratan Tambahan
    1. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    2. Sanggup mengganti seluruh kerugian biaya yang telah dikeluarkan oleh Negara apabila mengundurkan diri sebelum pendidikan pertama berakhir.
    3. Sanggup mengganti seluruh kerugian biaya yang telah dikeluarkan oleh Negara apabila mengundurkan diri sebelum ikatan dinas pertama berakhir (biaya pendidikan, gaji, tunkin).
    4. Bagi orang tua atau wali harus menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun (bermaterai).
    5. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai / karyawan harus mendapatkan persetujuan/ijin resmi dari Kepala jawatan/instansi yang bersangkutan dan bersedia mengundurkan diri dari status pegawai/karyawan bila lulus dan diterima masuk pendidikan pertama.
    6. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah lulus pendidikan pertama, yang diketahui oleh orang tua/wali, Lurah/Kepala Desa dan Kantor Urusan Agama (KUA)/catatan sipil setempat (bermaterai).
    7. Mendapat persetujuan dari orang tua bagi calon siswa yang belum berumur 21 tahun atau persetujuan wali bagi calon yang kedua orang tuanya sudah meninggal atau berhalangan tetap.
    8. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian masuk.
    9. Diutamakan putera suku asli daerah

    3. Persyaratan Pendaftaran Tamtama TNI AU

    A. Persyaratan Umum
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 
    3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945.
    4. Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan. 
    5. Tidak  memiliki  catatan  kriminalitas  yang  dikeluarkan  secara  tertulis  oleh  Polri.
    6.  Sehat jasmani dan rohani.
    7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

    B. Persyaratan Khusus
    1. Pendidikan terakhir serendah-rendahnya SLTA / sederajat, dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SKHUN dan raport SLTP asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi (sesuai Peraturan Kemendikbud Nomor 29 tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup).
    2. Tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm dengan berat badan seimbang / ideal menurut ketentuan yang berlaku.
    3. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama selama sepuluh tahun.
    4. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah lulus pendidikan pertama, yang diketahui oleh orang tua/wali, Lurah/Kepala Desa dan Kantor Urusan Agama (KUA)/catatan sipil setempat (bermaterai).
    5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    6. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya.
    7. Bagi yang sudah bekerja dengan melampirkan:
      • Surat persetujuan/izin dari kepala instansi yang bersangkutan.
      • Surat pernyataan bersedia diberhentikan dari status karyawan, bila diterima menjadi Prajurit TNI.
    8. Bagi orang tua atau wali bersedia menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun (bermaterai).
    9. Mendapat persetujuan dari orang tua bagi calon siswa yang belum berumur 21 tahun atau persetujuan wali bagi calon yang kedua orang tuanya sudah meninggal dunia atau berhalangan tetap.
    10. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian seleksi penerimaan.
    11. Diutamakan putera suku asli daerah.

    Khusus untuk persyaratan pendaftaran Perwira Prajurit Karier TNI dan keterangan terkait silahkan baca pada artikel Penerimaan Perwira Prajurit Karier TNI

    Itulah persyaratan-persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh calon anggota TNI AU. Setelah anda dapat memenuhi persyaratan pendaftaran seperti di atas, maka selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran.

    Untuk informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, lokasi pendaftaran, biaya, dan keterangan penting lainnya silahkan anda baca selengkapnya pada artikel berikut ini.

    Baca Selengkapnya :

    Baca Juga : Persyaratan Pendaftaran TNI AD  ,  Persyaratan Pendaftaran TNI AL

    Demikianlah informasi tentang Persyaratan Pendaftaran TNI AU yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua.

    Admin selaku pengurus web ini mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda dan juga turut mendoakan yang terbaik untuk anda.

    Ayo turut berbagi (G+1) informasi ini atau share (FB) pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami. Terima kasih dan sampai jumpa kembali.