Pendaftaran UNMUH Jember 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Jember)

uptpmb.unmuhjember.ac.id 2024 -- UPT PMB UNMUH Jember, Pendaftaran UNMUH Jember, Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUH Jember, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUH Jember, Pendaftaran Kuliah di UNMUH Jember, Jalur Pendaftaran UNMUH Jember ; Jalur PMDK, SMPTM, Minat & Bakat, Transfer, Jalur PMB Universitas Muhammadiyah Jember, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran UNMUH Jember 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Jember). Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Muhammadiyah Jember. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Universitas Muhammadiyah Jember atau dikenal dengan sebutan UNMUH Jember adalah salah satu Perguruan Tinggi milik Persyarikatan Muhammadiyah yang didirikan berdasarkan Piagam Pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah Nomor : 047/III-JTM.81/81 tertanggal 1 September 1981 dan disetujui oleh Pemerintah berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor :0172/Q/1982 tertanggal 10 Mei 1982. 

Visi dari Universitas Muhammadiyah Jember yaitu menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam IPTEKS bernafaskan nilai-nilai Keislaman.

UNMUH Jember berlokasi di Jl. Karimata No. 49, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121. Website : www.unmuhjember.ac.id | Telp. (0331) 420029 | Fax. 337957

Bagi kamu yang ingin kuliah di kampus UNMUH Jember, ayo silahkan daftarkan dirimu selama mas pendaftaran dibuka dengan mengikut semua ketentuan yang berlaku. Adapun pilihan program studi yang ada di UNMUH Jember dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas dan Program Studi di UNMUH Jember :
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari program studi Pend. B.Inggris, Pend. B.Indonesia, Pend. Matematika, Pend. Biologi, Pend. Agama Islam (PAI), dan Pend. Guru-PAUD
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Akuntansi, dan Manajemen
  • Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) terdiri dari program studi Ilmu Keperawatan, & Keperawatan (D3)
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi Psikologi
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Agroteknologi, dan Agribisnis
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Informatika, dan Manajemen Informatika (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) terdiri dari program studi Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Komunikasi
  • Akademi Pariwisata terdiri dari program studi Perhotelan (D3)
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi Magister Ilmu Manajemen (S2)

Dari beberapa program studi yang ada di UNMUH Jember tersebut, mungkin salah satunya ada yang kamu minati. Untuk itu, silahkan daftarkan dirimu lalu pilih program studi tersebut.

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui informasi berikutnya mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNMUH Jember. Ayo simak lagi di bawah ini.

I. Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUH Jember

A. Jalur PMDK

PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan adalah jalur seleksi yang ditujukan untuk semua siswa kelas XII SMA / SMK / MA / Sederajat yang akan lulus tahun ini, yang memiliki minat atau kemampuan di bidang tertentu. Seleksi awal berdasar pada pencapaian prestasi akademik kelas X s.d XII (semester 1 s.d 5).

1. Syarat Pendaftaran :
  1. Menyerahkan 4 Lembar Pas Foto Ukuran 3×4
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran (GRATIS)–>download form pendaftaran
  3. Non-FIKES : Minimal Rata-rata Raport semester 1-5 > 7.00
  4. FIKES : Minimal Rata-rata Raport semester 1-5 > 8.00

2. Jadwal Pelaksanaan :

Pendaftaran biasanya dibuka dari bulan Desember tahun sebelumnya hingga bulan Juni tahun ini. Kepastian jadwal dapat dilihat di website resmi

B. Jalur SMPTM

SMPTM atau Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah adalah jalur seleksi yang ditujukan untuk siswa-siswi yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yaitu UNMUH Jember.

1. Syarat Pendaftaran :
  1. Menyerahkan 4 Lembar Pas Foto Ukuran 3×4
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran –>download form pendaftaran
  3. Menyerahkan 2 lembar fotocopy Ijazah (Untuk FIKES harus dari jurusan IPA/SMK Keperawatan)

2. Jadwal Pelaksanaan :

Pendaftaran jalur SMPTM dibuka hingga 3 gelombang yang biasanya dimulai dari bulan Maret hingga Agustus. Kepastian jadwal dapat dilihat di web resmi

C. Jalur Minat & Bakat

Jalur Minat & Bakat merupakan jalur tambahan guna mendapatkan potongan biaya perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga jalur ini dapat diambil dengan mengikuti jalur tanpa tes (PMDK) atau melalui jalur tes (SMPTM Gel. 1 – 3) dengan syarat menyertakan piagam penghargaan / sertifikat lomba-lomba minimal tingkat Kabupaten/Kota.

D. Jalur Transfer (Pindah / Melanjutkan Studi ke D3/S1)

Jalur Transfer ini dikhususkan untuk para mahasiswa yang sedang studi namun ingin pindah universitas dan juga bagi lulusan Diploma Universitas Tertentu yang ingin melanjutkan studi (S1) di Universitas Muhammadiyah Jember.

Syarat Pendaftaran Jalur Transfer :
  1. Melampirkan Transkrip Nilai dari Universitas Asal (bagi yang pindah universitas melampirkan transkrip nilai semester paling akhir yang telah ditempuh)
  2. Foto 4 Lembar ukuran 3×4

II. Cara Pendaftaran

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar di UNMUH Jember dapat mendownload formulir pendaftaran di uptpmb.unmuhjember.ac.id lalu mengisinya secara lengkap dan kemudian menyerahkan ke panitia bersamaan dengan berkas lainnya yang disyaratkan.

Atau langsung mendaftar di kampus UNMUH Jember, atau mendaftar secara kolektif yang dikoordinasi oleh pihak Sekolah.

III. Kontak Panitia

UPT-PMB Universitas Muhammadiyah Jember :
Jl. Karimata No. 49 Jember
Telp. : (0331) 420029 | Fax. 337957
Kotak Pos : 104-Jember 68121
Website :  http://uptpmb.unmuhjember.ac.id
mail : pmb@unmuhjember.ac.id
admin : rian@unmuhjember.ac.id
IV. Beasiswa di UNMUH Jember

Cukup banyak beasiswa yang disediakan oleh UNMUH Jember bagi calon mahasiswa atau mahasiswa lamanya, yaitu :
  • Bidik Misi
  • PPA
  • PBM
  • Djarum Beswan
  • Bantuan Pendidikan bagi yang tidak mampu

Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNMUH Jember beserta ketentuan dan hal terkait lainnya. Silahkan ikuti jalur seleksi yang diprediksikan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNMUH Jember di alamat uptpmb.unmuhjember.ac.id

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNMUH Jember (Universitas Muhammadiyah Jember). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di UNMUH Jember .

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di UNMUH Jember melalui jalur seleksi yang kamu ikuti. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Please share.